Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Sosiologi Bahan Kelas X Belahan 4. Sosialisasi Dan Pembentukan Kepribadian
1. Seorang anak wanita berumur lima tahun gemar bermain tugas seakan-akan ia yaitu seorang ibu. Ia berpura-pura berbelanja, menyapu dan memasak. Kondisi ini memperlihatkan bahwa anak berada dalam tahapan sosialisasi...
a. Play stage
b. Game stage
c. Significant others
d. Preparatory stage
e. Generalized stage
2. Pelantikan Presiden dan Wapres diliput oleh banyak sekali stasiun televisi. Selain itu, koran dan majalah-majalah menampilkan isu wacana peresmian tersebut. Seluruh masyarakat Indonesia sanggup mengetahui proses peresmian serta kegiatan kerja yang akan dilaksanakan Presiden dan Wakil Presiden. Dengan demikian, media massa mempunyai fungsi...
a. Menyampaikan nilai dan norma
b. Mendorong masyarakat menjaga persatuan
c. Mengajak membentuk kehidupan damai
d. Mengomunikasikan rencana dalam menjalankan pemerintahan
e. Memberikan informasi wacana hasil pembangunan
3. Agung telah menuntaskan pendidikan SMA. Melalui bimbingan konseling, ia disarankan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke sekolah tinggi tinggi dengan mengambil jurusan sosiologi. Kegiatan di atas termasuk tipe sosialisasi...
a. Formal
b. Primer
c. Represif
d. Nonformal
e. Partisipatoris
4. Beberapa polwan melaksanakan sosialisasi wacana pemerkosaan terhadap anak. Sosialisasi dilakukan di hadapan orang tua, guru, dan siswa. Tujuan sosialisasi yang dilakukan oleh beberapa polwan adalah...
a. Mengajarkan pendidikan yang sesuai umur anak
b. Membentuk kepribadian anak sesuai nilai dan norma sosial
c. Membantu anak semoga sanggup menyesuaikan diri dalam lingkungan sekolah dan masyarakat
d. Mengembangkan sikap waspada orang tua, guru, dan siswa terhadap pelecehan seksual
e. Mengarahkan orang bau tanah dan guru dalam mendidik anak sehingga anak terhindar dari kekerasan
5. Setelah bergaul dengan sobat sebayanya, Dodi memperlihatkan perubahan sikap dan sikap yang cenderung kurang disukai lingkungannya. Bentuk sosialisasi yang ditempuh Dodi yaitu sosialisasi...
a. Tidak langsung
b. Sekunder
c. Preventif
d. Represif
e. Primer
6. Di sekolah para guru tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga mengajarkan wacana nilai-nilai huruf yang berkhasiat dalam kehidupan anak. Fungsi guru sebagai biro sosialisasi pada deskripsi tersebut adalah...
a. Membantu anak semoga kehidupannya sukses
b. Mengajarkan nilai dan norma sosial pada anak
c. Menciptakan insan yang bertanggung jawab kepada masyarakat
d. Mendewasakan anak semoga bisa berperan dalam kehidupan masyarakat
e. Membantu anak untuk memahami materi pembelajaran
7. Keluarga menanamkan nilai dan norma kepada anaknya sesuai nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Kondisi ini mengindikasikan bahwa sosialisasi bertujuan...
a. Menjaga keselarasan sosial
b. Membentuk kepribadian
c. Menjaga korelasi sosial
d. Memengaruhi tindakan seseorang
e. Membentuk integrasi sosial
8. Seorang anak desa bisa memakai internet sehabis berguru di sekolah. Kemampuan tersebut dipakai untuk mencari tambahan pengetahuan dan informasi wacana materi pelajaran. Media sosialisasi menurut referensi tersebut adalah...
a. Media massa dan sobat sebaya
b. Teman sepergaulan dan sekolah
c. Media massa dan masyarakat
d. Sekolah dan media massa
e. Masyarakat dan sekolah
9. Anita telah bisa menyadari tugas dan status orang lain. Ia juga telah bisa menempatkan diri sesuai status dan tugas sosialnya dalam perusahaan kawasan ia bekerja serta dalam lingkungan masyarakat. Kondisi ini memperlihatkan bahwa Anita telah memasuki tahap sosialisasi...
a. Generalized other
b. Significant other
c. Preparatory
d. Game stage
e. Play stage
10. Seorang mahasiswa melihat tumpukan sampah plastik di lingkungan sekitarnya. Mahasiswa tersebut mencari banyak sekali informasi dari majalah dan artikel mengenai cara mengolah limbah plastik. Akhirnya, ia merintis perjuangan pembuatan kerajinan dari limbah plastik. Berkat usahanya, ia sanggup membuka lapangan kerja sekaligus kawasan berguru keterampilan bagi masyarakat sekitar.
Peran media massa sebagai biro sosialisasi menurut insiden di atas adalah...
a. Menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan perubahan sosial
b. Meletakkan dasar kepribadian seseorang semoga menjadi pribadi sukses
c. Melatih seseorang semoga bisa memahami tugas sosial dalam masyarakat
d. Menyampaikan informasi untuk menambah pengetahuan dan wawasan
e. Mendorong seseorang bertindak sesuai nilai dan norma dalam masyarakat
11. Di kelas guru melaksanakan kegiatan pembelajaran, memperlihatkan penguatan, dan membuka lembaga diskusi semoga murid-murid berdikari dan bertanggungjawab. Meskipun antara guru dan murid tampak akrab, di antara mereka tetap menjaga moral sebagaimana lazimnya korelasi guru dan murid. Sosialisasi yang dikembangkan di sekolah tersebut termasuk tipe sosialisasi...
a. Primer
b. Formal
c. Sekunder
d. Nonformal
e. Partisipatoris
12. Sejak menjadi ketua karang taruna di kawasan tinggalnya, Andri lebih peka terhadap permasalahan sosial di sekitarnya. Ia selalu mengelola gagasan mengatasi permasalahan sosial secara terang dan terperinci. Fungsi biro sosialisasi kelompok persahabatan bagi Andri adalah...
a. Sarana mencari mitra sebagai suplemen kebutuhan adanya persahabatan
b. Penambah pengalaman berorganisasi secara individual dan kelompok
c. Sarana mencari pemimpin melalui pemilihan yang jujur dan adil
d. Sarana membuat lingkungan yang ideal dalam masyarakat
e. Pembentuk kepribadian yang tanggap terhadap problem sekitar
13. Sebuah keluarga secara bebuyutan mengajarkan kepada anaknya wacana kejujuran dan kedisiplinan. Tujuan keluarga mengajarkan kejujuran dan kedisiplinan semoga anak mempunyai kepribadian unggul. Kondisi itu memperlihatkan bahwa sosialisasi bertujuan membentuk kepribadian yang sesuai...
a. Kebudayaan
b. Warisan biologis
c. Tindakan individu
d. Pengalaman individu
e. Perkembangan zaman
14. Melati merupakan fresh graduate dari universitas negeri terkenal. Berkat kepandaiannya, ia sanggup bekerja sebagai manager di perusahaan terkenal. Dalam perusahaan tersebut Melati berguru wacana banyak hal menyerupai profesionalitas, loyalitas, dan integritas. Agen sosialisasi yang membentuk kepribadian Melati adalah...
a. Keluarga
b. Media massa
c. Teman sebaya
d. Lingkungan kerja
e. Lingkungan sekolah
15. Alex dahulu merupakan remaja yang santun dan selalu menaati nilai dan norma sosial. Sejak bergabung dengan club sepeda motor, Alex sering keluar malam dan melaksanakan balap sepeda motor di jalan raya. Peran club sepeda motor sebagai media sosialisasi adalah...
a. Mengajarkan nilai dan norma sosial
b. Melatih sportivitas dan solidaritas
c. Menambah wawasan dan pengalaman
d. Membentuk kepribadian dalam berperilaku
e. Mengembangkan pola pikir sistematis
Download Soal di Sini
Kunci Jawaban
Baca Juga
Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Lihat Juga
1. Materi Sosiologi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
2. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Klik di Sini
3. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Klik di Sini
4. Soal-Soal Sosiologi Kelas X. Kompetensi Sosialisasi Klik di Sini
a. Play stage
b. Game stage
c. Significant others
d. Preparatory stage
e. Generalized stage
2. Pelantikan Presiden dan Wapres diliput oleh banyak sekali stasiun televisi. Selain itu, koran dan majalah-majalah menampilkan isu wacana peresmian tersebut. Seluruh masyarakat Indonesia sanggup mengetahui proses peresmian serta kegiatan kerja yang akan dilaksanakan Presiden dan Wakil Presiden. Dengan demikian, media massa mempunyai fungsi...
a. Menyampaikan nilai dan norma
b. Mendorong masyarakat menjaga persatuan
c. Mengajak membentuk kehidupan damai
d. Mengomunikasikan rencana dalam menjalankan pemerintahan
e. Memberikan informasi wacana hasil pembangunan
3. Agung telah menuntaskan pendidikan SMA. Melalui bimbingan konseling, ia disarankan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke sekolah tinggi tinggi dengan mengambil jurusan sosiologi. Kegiatan di atas termasuk tipe sosialisasi...
a. Formal
b. Primer
c. Represif
d. Nonformal
e. Partisipatoris
4. Beberapa polwan melaksanakan sosialisasi wacana pemerkosaan terhadap anak. Sosialisasi dilakukan di hadapan orang tua, guru, dan siswa. Tujuan sosialisasi yang dilakukan oleh beberapa polwan adalah...
a. Mengajarkan pendidikan yang sesuai umur anak
b. Membentuk kepribadian anak sesuai nilai dan norma sosial
c. Membantu anak semoga sanggup menyesuaikan diri dalam lingkungan sekolah dan masyarakat
d. Mengembangkan sikap waspada orang tua, guru, dan siswa terhadap pelecehan seksual
e. Mengarahkan orang bau tanah dan guru dalam mendidik anak sehingga anak terhindar dari kekerasan
5. Setelah bergaul dengan sobat sebayanya, Dodi memperlihatkan perubahan sikap dan sikap yang cenderung kurang disukai lingkungannya. Bentuk sosialisasi yang ditempuh Dodi yaitu sosialisasi...
a. Tidak langsung
b. Sekunder
c. Preventif
d. Represif
e. Primer
6. Di sekolah para guru tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga mengajarkan wacana nilai-nilai huruf yang berkhasiat dalam kehidupan anak. Fungsi guru sebagai biro sosialisasi pada deskripsi tersebut adalah...
a. Membantu anak semoga kehidupannya sukses
b. Mengajarkan nilai dan norma sosial pada anak
c. Menciptakan insan yang bertanggung jawab kepada masyarakat
d. Mendewasakan anak semoga bisa berperan dalam kehidupan masyarakat
e. Membantu anak untuk memahami materi pembelajaran
7. Keluarga menanamkan nilai dan norma kepada anaknya sesuai nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Kondisi ini mengindikasikan bahwa sosialisasi bertujuan...
a. Menjaga keselarasan sosial
b. Membentuk kepribadian
c. Menjaga korelasi sosial
d. Memengaruhi tindakan seseorang
e. Membentuk integrasi sosial
8. Seorang anak desa bisa memakai internet sehabis berguru di sekolah. Kemampuan tersebut dipakai untuk mencari tambahan pengetahuan dan informasi wacana materi pelajaran. Media sosialisasi menurut referensi tersebut adalah...
a. Media massa dan sobat sebaya
b. Teman sepergaulan dan sekolah
c. Media massa dan masyarakat
d. Sekolah dan media massa
e. Masyarakat dan sekolah
9. Anita telah bisa menyadari tugas dan status orang lain. Ia juga telah bisa menempatkan diri sesuai status dan tugas sosialnya dalam perusahaan kawasan ia bekerja serta dalam lingkungan masyarakat. Kondisi ini memperlihatkan bahwa Anita telah memasuki tahap sosialisasi...
a. Generalized other
b. Significant other
c. Preparatory
d. Game stage
e. Play stage
10. Seorang mahasiswa melihat tumpukan sampah plastik di lingkungan sekitarnya. Mahasiswa tersebut mencari banyak sekali informasi dari majalah dan artikel mengenai cara mengolah limbah plastik. Akhirnya, ia merintis perjuangan pembuatan kerajinan dari limbah plastik. Berkat usahanya, ia sanggup membuka lapangan kerja sekaligus kawasan berguru keterampilan bagi masyarakat sekitar.
Peran media massa sebagai biro sosialisasi menurut insiden di atas adalah...
a. Menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan perubahan sosial
b. Meletakkan dasar kepribadian seseorang semoga menjadi pribadi sukses
c. Melatih seseorang semoga bisa memahami tugas sosial dalam masyarakat
d. Menyampaikan informasi untuk menambah pengetahuan dan wawasan
e. Mendorong seseorang bertindak sesuai nilai dan norma dalam masyarakat
11. Di kelas guru melaksanakan kegiatan pembelajaran, memperlihatkan penguatan, dan membuka lembaga diskusi semoga murid-murid berdikari dan bertanggungjawab. Meskipun antara guru dan murid tampak akrab, di antara mereka tetap menjaga moral sebagaimana lazimnya korelasi guru dan murid. Sosialisasi yang dikembangkan di sekolah tersebut termasuk tipe sosialisasi...
a. Primer
b. Formal
c. Sekunder
d. Nonformal
e. Partisipatoris
12. Sejak menjadi ketua karang taruna di kawasan tinggalnya, Andri lebih peka terhadap permasalahan sosial di sekitarnya. Ia selalu mengelola gagasan mengatasi permasalahan sosial secara terang dan terperinci. Fungsi biro sosialisasi kelompok persahabatan bagi Andri adalah...
a. Sarana mencari mitra sebagai suplemen kebutuhan adanya persahabatan
b. Penambah pengalaman berorganisasi secara individual dan kelompok
c. Sarana mencari pemimpin melalui pemilihan yang jujur dan adil
d. Sarana membuat lingkungan yang ideal dalam masyarakat
e. Pembentuk kepribadian yang tanggap terhadap problem sekitar
13. Sebuah keluarga secara bebuyutan mengajarkan kepada anaknya wacana kejujuran dan kedisiplinan. Tujuan keluarga mengajarkan kejujuran dan kedisiplinan semoga anak mempunyai kepribadian unggul. Kondisi itu memperlihatkan bahwa sosialisasi bertujuan membentuk kepribadian yang sesuai...
a. Kebudayaan
b. Warisan biologis
c. Tindakan individu
d. Pengalaman individu
e. Perkembangan zaman
14. Melati merupakan fresh graduate dari universitas negeri terkenal. Berkat kepandaiannya, ia sanggup bekerja sebagai manager di perusahaan terkenal. Dalam perusahaan tersebut Melati berguru wacana banyak hal menyerupai profesionalitas, loyalitas, dan integritas. Agen sosialisasi yang membentuk kepribadian Melati adalah...
a. Keluarga
b. Media massa
c. Teman sebaya
d. Lingkungan kerja
e. Lingkungan sekolah
15. Alex dahulu merupakan remaja yang santun dan selalu menaati nilai dan norma sosial. Sejak bergabung dengan club sepeda motor, Alex sering keluar malam dan melaksanakan balap sepeda motor di jalan raya. Peran club sepeda motor sebagai media sosialisasi adalah...
a. Mengajarkan nilai dan norma sosial
b. Melatih sportivitas dan solidaritas
c. Menambah wawasan dan pengalaman
d. Membentuk kepribadian dalam berperilaku
e. Mengembangkan pola pikir sistematis
Download Soal di Sini
Baca Juga
Kunci Jawaban
Baca Juga
Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS)
1. Materi Sosiologi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
2. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Klik di Sini
3. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Klik di Sini
4. Soal-Soal Sosiologi Kelas X. Kompetensi Sosialisasi Klik di Sini