Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Sosiologi Bahan Kelas Xii Potongan 4. Pengumpulan Data
1. Perhatikan indikator berikut!
1) Memperoleh informasi lebih mendalam
2) Dapat menilai/mengetahui kejujuran informasi/data
3) Data sanggup diperoleh secara cepat dalam jumlah besar
4) Kehadiran peneliti tidak diutamakan
5) Pertanyaan sanggup lebih dikembangkan
Kelebihan teknik wawancara ditunjukkan oleh nomor...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 1), 2), dan 5)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
2. Kelebihan instrumen pengumpulan data melalui angket/kuesioner adalah...
a. Memerlukan kehadiran peneliti
b. Menjangkau responden dalam jumlah banyak
c. Menciptakan kekerabatan baik dengan responden
d. Mengembangkan pertanyaan yang telah dirumuskan
e. Menyampaikan pertanyaan secara tepat
3. Peneliti melaksanakan tanya jawab dan menulis pernyataan/poin penting dari keterangan informan untuk memperoleh data utama langsung. Adapun kelemahan teknik pengumpulan data tersebut adalah...
a. Tidak sanggup dijangkau banyak sekali lapisan
b. Dapat diperoleh dalam jumlah besar
c. Waktu yang dibutuhkan relatif lama
d. Data yang diperoleh tidak spesifik
e. Kejujuran informan sulit diketahui
4. Keunggulan memakai angket sebagai teknik pengumpulan data dibanding teknik lainnya adalah...
a. Sangat bergantung pada waktu luang responden
b. Peneliti sanggup mengetahui kejujuran informan
c. Kehadiran peneliti tidak terlalu berpengaruh
d. Dapat memperoleh data lebih mendalam
e. Dapat mengetahui kondisi responden secara langsung
5. Peneliti ingin mengambarkan kebenaran suatu fenomena dilihat dari beberapa variabel. Peneliti menciptakan indikator dari setiap variabel untuk dituangkan dalam daftar pertanyaan yang akan disebar dan dijawab responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti tersebut adalah...
a. Angket/kuesioner
b. Dokumentasi
c. Wawancara
d. Observasi
e. Literatur
6. Peneliti ingin memperoleh informasi mengenai pandangan masyarakat terhadap kebijakan gres yang diterapkan pemerintah daerah. Peneliti melaksanakan survei dengan menyebar daftar pertanyaan yang disertai pilihan balasan dan uraian alasan semoga responden sanggup menentukan dan menyebarkan jawaban. Jenis pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah...
a. Observasi
b. Wawancara
c. Angket tertutup
d. Angket terbuka
e. Angket campuran
7. Peneliti menciptakan daftar pertanyaan untuk mempermudah proses pengambilan informasi. Selanjutnya, peneliti melaksanakan sesi tanya jawab kepada informan sesuai daftar pertanyaan yang telah disusun. Informan hanya menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan yang diajukan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah...
a. Wawancara mendalam
b. Wawancara terstruktur
c. Observasi partisipatif
d. Observasi nonpartisipatif
e. Angket/kuesioner
8. Sejarawan di salah satu universitas melaksanakan penelitian di kawasan kota usang Semarang. Berdasarkan foto, data/arsip peninggalan Belanda, peneliti sanggup menjelaskan tugas penting kawasan kota usang pada masa penjajahan Belanda. Dengan demikian, teknik pengumpulan data utama yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah...
a. Kuesioner
b. Observasi
c. Wawancara
d. Uji lapangan
e. Dokumentasi
9. Metode observasi partisipasi merupakan salah satu metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Kelebihan pengumpulan data melalui observasi partisipasi tersebut adalah...
a. Diperlukan biaya yang relatif murah dan waktu yang pendek untuk mendapat data
b. Jawaban responden yang diperoleh lebih sanggup dipertanggungjawabkan kebenarannya
c. Responden bersedia mengungkapkan keterangan yang tidak ingin diberikan kepada peneliti
d. Diperlukan waktu menunggu yang singkat untuk memperoleh hasil yang diharapkan
e. Dapat memperoleh data dan keterangan dari subjek yang diteliti secara eksklusif pada dikala itu juga
10. Angket mempunyai banyak bentuk, salah satunya angket tertutup. Kelebihan angket tertutup dibanding instrumen lain adalah...
a. Responden mempunyai kesempatan untuk menyesuaikan isi pemikiran
b. Variasi balasan sanggup memperluas wawasan peneliti
c. Responden sanggup mengisi angket sesuai alternatif balasan yang tersedia
d. Sulit mengolah alasannya ialah banyak balasan yang diajukan responden
e. Menjawab item soal di angket makan waktu yang lama
11. Wawancara merupakan percakapan yang diarahkan pada problem tertentu. Kegiatan ini merupakan proses tanya jawab secara verbal dari dua orang atau lebih yang saling berhadapan secara fisik (secara langsung). Salah satu kelebihan instrumen pengumpulan data melalui wawancara adalah...
a. Menggali informasi lebih dalam
b. Tidak makan waktu lama
c. Dapat dijawab pada waktu senggang
d. Praktis diolah data penelitiannya
e. Responden menjawab pertanyaan dengan bebas
12. Pedoman wawancara yang dibentuk oleh seorang peneliti merupakan salah satu bentuk instrumen penelitian yang sering digunakan untuk memperoleh data berkualitas. Adapun kelebihan dari instrumen tersebut antara lain...
a. Informan bebas menawarkan pendapat dari pertanyaan yang diajukan
b. Responden sanggup menawarkan balasan sesuai daftar pertanyaan
c. Responden sanggup saling memengaruhi secara pribadi dengan peneliti
d. Dapat diketahui tingkat pemahaman pihak yang diwawancarai
e. Instrumen sanggup digunakan dalam waktu singkat
13. Instrumen pengamatan jalannya upacara bendera di suatu sekolah sebagai berikut.
Kelebihan instrumen observasi di atas adalah...
a. Data lengkap termasuk yang tersembunyi
b. Mampu merekam kejadian dikala itu
c. Cocok untuk responden yang sibuk
d. Praktis dijawab oleh responden
e. Praktis menemui responden
14. Apabila kita meneliti upacara adab di Minangkabau kemudian kita berada dan ikut dalam prosesi di program tersebut sehingga data yang diperoleh lebih akurat, maka hal itu memperlihatkan teladan pengumpulan data dengan cara…
a. Studi kepustakaan
b. Angket/kuesioner
c. Observasi partisipasi
d. Wawancara
e. Dokumentasi
15. Beberapa ciri pengumpulan data:
(1) Cepat memperoleh data dari sumber yang terpencar di banyak sekali tempat
(2) Mendapatkan data mengenai kejadian yang terjadi dengan lebih sempurna
(3) Menciptakan tanda-tanda yang diteliti sesuai dengan rancangan penelitian
(4) Masyarakat yang diteliti tidak terganggu oleh acara peneliti
Di antara ciri tersebut yang termasuk kelebihan metode observasi non-partisipasi untuk pengumpulan data adalah…
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
Download Soal di Sini
Kunci Jawaban
Baca Juga
Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Lihat Juga
1. Materi Sosiologi Pengumpulan Data
2. Soal-Soal Sosiologi Kelas XII. Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
3. Soal-Soal Sosiologi Kelas XII. Kompetensi Metode Penelitian Sosial Klik di Sini
4. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Pengumpulan Data dalam Penelitian Klik di Sini
5. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Metode Penelitian Sosial Klik di Sini
6. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Prosedur atau Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
1) Memperoleh informasi lebih mendalam
2) Dapat menilai/mengetahui kejujuran informasi/data
3) Data sanggup diperoleh secara cepat dalam jumlah besar
4) Kehadiran peneliti tidak diutamakan
5) Pertanyaan sanggup lebih dikembangkan
Kelebihan teknik wawancara ditunjukkan oleh nomor...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 1), 2), dan 5)
d. 2), 4), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
2. Kelebihan instrumen pengumpulan data melalui angket/kuesioner adalah...
a. Memerlukan kehadiran peneliti
b. Menjangkau responden dalam jumlah banyak
c. Menciptakan kekerabatan baik dengan responden
d. Mengembangkan pertanyaan yang telah dirumuskan
e. Menyampaikan pertanyaan secara tepat
3. Peneliti melaksanakan tanya jawab dan menulis pernyataan/poin penting dari keterangan informan untuk memperoleh data utama langsung. Adapun kelemahan teknik pengumpulan data tersebut adalah...
a. Tidak sanggup dijangkau banyak sekali lapisan
b. Dapat diperoleh dalam jumlah besar
c. Waktu yang dibutuhkan relatif lama
d. Data yang diperoleh tidak spesifik
e. Kejujuran informan sulit diketahui
4. Keunggulan memakai angket sebagai teknik pengumpulan data dibanding teknik lainnya adalah...
a. Sangat bergantung pada waktu luang responden
b. Peneliti sanggup mengetahui kejujuran informan
c. Kehadiran peneliti tidak terlalu berpengaruh
d. Dapat memperoleh data lebih mendalam
e. Dapat mengetahui kondisi responden secara langsung
5. Peneliti ingin mengambarkan kebenaran suatu fenomena dilihat dari beberapa variabel. Peneliti menciptakan indikator dari setiap variabel untuk dituangkan dalam daftar pertanyaan yang akan disebar dan dijawab responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti tersebut adalah...
a. Angket/kuesioner
b. Dokumentasi
c. Wawancara
d. Observasi
e. Literatur
6. Peneliti ingin memperoleh informasi mengenai pandangan masyarakat terhadap kebijakan gres yang diterapkan pemerintah daerah. Peneliti melaksanakan survei dengan menyebar daftar pertanyaan yang disertai pilihan balasan dan uraian alasan semoga responden sanggup menentukan dan menyebarkan jawaban. Jenis pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah...
a. Observasi
b. Wawancara
c. Angket tertutup
d. Angket terbuka
e. Angket campuran
7. Peneliti menciptakan daftar pertanyaan untuk mempermudah proses pengambilan informasi. Selanjutnya, peneliti melaksanakan sesi tanya jawab kepada informan sesuai daftar pertanyaan yang telah disusun. Informan hanya menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan yang diajukan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah...
a. Wawancara mendalam
b. Wawancara terstruktur
c. Observasi partisipatif
d. Observasi nonpartisipatif
e. Angket/kuesioner
8. Sejarawan di salah satu universitas melaksanakan penelitian di kawasan kota usang Semarang. Berdasarkan foto, data/arsip peninggalan Belanda, peneliti sanggup menjelaskan tugas penting kawasan kota usang pada masa penjajahan Belanda. Dengan demikian, teknik pengumpulan data utama yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah...
a. Kuesioner
b. Observasi
c. Wawancara
d. Uji lapangan
e. Dokumentasi
9. Metode observasi partisipasi merupakan salah satu metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Kelebihan pengumpulan data melalui observasi partisipasi tersebut adalah...
a. Diperlukan biaya yang relatif murah dan waktu yang pendek untuk mendapat data
b. Jawaban responden yang diperoleh lebih sanggup dipertanggungjawabkan kebenarannya
c. Responden bersedia mengungkapkan keterangan yang tidak ingin diberikan kepada peneliti
d. Diperlukan waktu menunggu yang singkat untuk memperoleh hasil yang diharapkan
e. Dapat memperoleh data dan keterangan dari subjek yang diteliti secara eksklusif pada dikala itu juga
10. Angket mempunyai banyak bentuk, salah satunya angket tertutup. Kelebihan angket tertutup dibanding instrumen lain adalah...
a. Responden mempunyai kesempatan untuk menyesuaikan isi pemikiran
b. Variasi balasan sanggup memperluas wawasan peneliti
c. Responden sanggup mengisi angket sesuai alternatif balasan yang tersedia
d. Sulit mengolah alasannya ialah banyak balasan yang diajukan responden
e. Menjawab item soal di angket makan waktu yang lama
11. Wawancara merupakan percakapan yang diarahkan pada problem tertentu. Kegiatan ini merupakan proses tanya jawab secara verbal dari dua orang atau lebih yang saling berhadapan secara fisik (secara langsung). Salah satu kelebihan instrumen pengumpulan data melalui wawancara adalah...
a. Menggali informasi lebih dalam
b. Tidak makan waktu lama
c. Dapat dijawab pada waktu senggang
d. Praktis diolah data penelitiannya
e. Responden menjawab pertanyaan dengan bebas
12. Pedoman wawancara yang dibentuk oleh seorang peneliti merupakan salah satu bentuk instrumen penelitian yang sering digunakan untuk memperoleh data berkualitas. Adapun kelebihan dari instrumen tersebut antara lain...
a. Informan bebas menawarkan pendapat dari pertanyaan yang diajukan
b. Responden sanggup menawarkan balasan sesuai daftar pertanyaan
c. Responden sanggup saling memengaruhi secara pribadi dengan peneliti
d. Dapat diketahui tingkat pemahaman pihak yang diwawancarai
e. Instrumen sanggup digunakan dalam waktu singkat
13. Instrumen pengamatan jalannya upacara bendera di suatu sekolah sebagai berikut.
a. Data lengkap termasuk yang tersembunyi
b. Mampu merekam kejadian dikala itu
c. Cocok untuk responden yang sibuk
d. Praktis dijawab oleh responden
e. Praktis menemui responden
14. Apabila kita meneliti upacara adab di Minangkabau kemudian kita berada dan ikut dalam prosesi di program tersebut sehingga data yang diperoleh lebih akurat, maka hal itu memperlihatkan teladan pengumpulan data dengan cara…
a. Studi kepustakaan
b. Angket/kuesioner
c. Observasi partisipasi
d. Wawancara
e. Dokumentasi
15. Beberapa ciri pengumpulan data:
(1) Cepat memperoleh data dari sumber yang terpencar di banyak sekali tempat
(2) Mendapatkan data mengenai kejadian yang terjadi dengan lebih sempurna
(3) Menciptakan tanda-tanda yang diteliti sesuai dengan rancangan penelitian
(4) Masyarakat yang diteliti tidak terganggu oleh acara peneliti
Di antara ciri tersebut yang termasuk kelebihan metode observasi non-partisipasi untuk pengumpulan data adalah…
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
Baca Juga
- Soal Ulangan Final Semester Ganjil (Uas) Tahun 2019 Kelas Xii Sosiologi Pilihan Ganda
- Soal Ulangan Harian Sosiologi Uraian. Ketimpangan Sosial Sebagai Efek Perubahan Sosial Di Tengah Globalisasi
- Soal Ulangan Harian Sosiologi Pilihan Ganda. Ketimpangan Sosial Sebagai Pengaruh Perubahan Sosial Di Tengah Globalisasi
Kunci Jawaban
Baca Juga
Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Lihat Juga
1. Materi Sosiologi Pengumpulan Data
2. Soal-Soal Sosiologi Kelas XII. Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
3. Soal-Soal Sosiologi Kelas XII. Kompetensi Metode Penelitian Sosial Klik di Sini
4. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Pengumpulan Data dalam Penelitian Klik di Sini
5. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Metode Penelitian Sosial Klik di Sini
6. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Prosedur atau Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini