Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas Xii Serpihan 5. Rancangan Penelitian Sosial

Berilah tanda (X) pada karakter a, b, c, d, dan e pada tanggapan yang paling benar
 
1. Yang bukan termasuk manfaat dari penelitian sosial ialah...
a. Peningkatan kemampuan
b. Peningkatan keterampilan
c. Meningkatnya pengetahuan masyarakat
d. Merumuskan rekomendasi untuk solusi
e. Menyelesaikan duduk masalah sosial

2. Rancangan penelitian disusun... melaksanakan acara penelitian.
a. Saat
b. Sebelum
c. Setelah
d. Bersamaan

3. Penyusunan rancangan penelitian ialah cuilan dari proses...
a. Persiapan
b. Pengumpulan data
c. Analisis
d. Penarikan kesimpulan
e. Perumusan masalah

4. Rancangan penelitian disebut juga....
a. Skema
b. Laporan
c. Proposal
d. Analisis
e. Uraian

5. Suatu rancangan penelitian mesti memenuhi...
a. Standar ilmiah
b. Pagu biaya
c. Aturan normatif
d. Pengertian dan prinsip
e. Prinsip ekonomi

6. Rancangan penelitian haruslah sistematis, artinya...
a. Tersusun dalam urutan logis
b. Ada kesesuaian antar unsur
c. Terdapat ambiguitas dan ambivalensi
d. Dapat menjelaskan rincian penelitian
e. Mampu menggambarkan garis besar acara penelitian

7. Rancangan penelitian sanggup dikatakan sebagai aliran penelitian sebab memuat...
a. Waktu penelitian
b. Tempat penelitian
c. Inti permasalahan
d. Metode penelitian
e. (a), (b), (c), dan (d) benar

8. Suatu penelitian harus memungkinkan untuk diteliti atau...
a. Realistis
b. Riil
c. Realitas
d. Aktual
e. Faktual

9. Dalam penyusunan rancangan penelitian sosial, duduk masalah yang akan diangkat harus mempunyai nilai...
a. Sosial
b. Etika
c. Kemanusiaan
d. Penelitian
e. Moral

10. Agar menarik, duduk masalah penelitian sanggup dipilih yang sedang aktual, atau diistilahkan...
a. Update
b. Up to date
c. Known
d. Abstract
e. Original

11. Masalah dalam penelitian sebaiknya tidak multi-interpretatif. Maksudnya adalah...
a. Bermanfaat
b. Subjektif
c. Bertentangan dengan nilai dan norma
d. Menimbulkan penafsiran yang berbeda
e. Berdasarkan penafsiran sepihak

12. Masalah penelitian mempunyai tingkat... tertentu.
a. Normatif
b. Ekonomi
c. Jangkauan
d. Luasan


13. Masalah yang dirumuskan harus nonetis atau...
a. Bermanfaat
b. Bebas nilai
c. Subjektif
d. Adil
e. Valid

14. Menentukan topik penelitian berarti menentukan apa yang akan menjadi... penelitian.
a. Pokok
b. Alur
c. Latar
d. Tujuan
e. Manfaat

15. Topik lebih... dibanding judul penelitian.
a. Luas
b. Rinci
c. Terarah
d. Terfokus
e. Sempit

16. Judul penelitian sebaiknya...
a. Singkat, padat, jelas
b. Uraian, dua kalimat
c. Disertai tanda baca
d. Menarik, panjang lebar
e. Jelas, dituangkan dalam beberapa kalimat

17. Agar tidak terjadi pengulangan, semestinya dipilih judul penelitian yang relatif...
a. Aktual
b. Baru
c. Lama
d. Dikenal
e. Menarik

18. Judul penelitian harus menghindari ambiguitas. Arti kalimat tersebut adalah...
a. Sumber bahannya cukup tersedia
b. Memiliki manfaat yang berarti
c. Terbebas dari duplikasi topik
d. Tidak mempunyai arti ganda
e. Cukup menarik untuk diteliti

19. Perhatikan topik di bawah berikut. “Tawuran Antar Pelajar SMA”. Judul penelitian yang tidak berasal dari topik tersebut adalah...
a. Faktor-faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Tawuran Antar Pelajar SMA
b. Hubungan Tawuran Antar Pelajar Sekolah Menengan Atas dengan Berkembangnya Kenakalan Remaja
c. Hubungan Lokasi Sekolah dengan Tawuran Antar Pelajar SMA
d. Dampak Urbanisasi terhadap Kepadatan Penduduk
e. Kepadatan Penduduk dan Agresivitas Pelajar

20. Perhatikan judul penelitian di bawah ini.
1) Latar Belakang Sosial Pelaku Terorisme
2) Kemiskinan di Pedesaan Jawa Timur
3) Prostitusi di Kalangan Remaja
4) Konflik Politik Pasca Pilkada Langsung
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 2 dan 4

21. Perhatikan judul penelitian di bawah ini.
1) Faktor Penyebab Disorganisasi Keluarga
2) Pengaruh Internet terhadap Minat Belajar Siswa/i
3) Seluk Beluk Kehidupan Anak Jalanan
4) Dampak Pornografi terhadap Pelecehan Seksual
Yang merupakan judul penelitian bercorak kualitatif adalah...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 2 dan 4

22. Latar belakang dalam suatu rancangan penelitian selalu diikuti dengan...
a. Perumusan masalah
b. Manfaat penelitian
c. Tujuan penelitian
d. Tinjauan pustaka
e. Metode penelitian


23. Perhatikan hal-hal di bawah ini.
1) Segala sesuatu yang akan dicari jalan keluarnya
2) Dugaan atau kesimpulan sementara
3) Selalu berbentuk kalimat tanya
4) Harus dibuktikan dalam penelitian
Yang merupakan ciri-ciri suatu rumusan duduk masalah ialah...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 2 dan 4

24. Perhatikan langkah-langkah tidak berurutan berikut.
1) Tentukan judul penelitian
2) Korelasikan variabel
3) Tentukan variabel terikat dan bebas
4) Pilih kalimat tanya yang tepat
Urutan langkah merumuskan duduk masalah yang sempurna adalah...
a. 1-2-3-4
b. 1-2-4-3
c. 1-3-2-4
d. 1-3-4-2
e. 4-3-2-1

25. Setelah sepuluh tahun terjerumus dalam lembah pekat prostitusi, si X hasilnya insyaf. Dia melanjutkan kuliah dan berkecimpung di bidang penelitian sosial. Ia tertarik untuk meneliti lebih lanjut wacana seluk beluk praktek prostitusi. Dapat disimpulkan bahwa duduk masalah penelitiannya bersumber dari...
a. Pengamatan sepintas
b. Pengalaman pribadi
c. Perasaan intuisi
d. Bacaan
e. Pernyataan pemegang otoritas

26. Perhatikan topik penelitian berikut. “Prostitusi Remaja”. Bila dibentuk rumusan masalahnya yang bersifat kuantitatif adalah...
a. Bagaimanakah kecenderungan peningkatan prostitusi di kalangan remaja?
b. Bagaimanakah imbas kemiskinan terhadap prostitusi remaja?
c. Bagaimanakah seluk beluk praktek prostitusi remaja?
d. Berapakah jumlah pelacur cukup umur di Kota Jakarta?
e. Bagaimanakah imbas prostitusi terhadap sikap menyimpang?

27. Perhatikan rumusan duduk masalah berikut. “Bagaimanakah persepsi cukup umur wacana korelasi seks pranikah?”. Rumusan duduk masalah tersebut bersifat...
a. Deskriptif
b. Komparatif
c. Simetris
d. Kausal
e. Asimetris

28. Perhatikan rumusan duduk masalah berikut ini. “Apakah ada perbedaan motivasi mencar ilmu pelajar di desa dan kota?”. Rumusan duduk masalah tersebut bersifat...
a. Deskriptif
b. Komparatif
c. Simetris
d. Kausal
e. Asimetris

29. Di bawah ini yang merupakan permasalahan komparatif adalah...
a. Apakah ada perbedaan persepsi siswa dan siswi Sekolah Menengan Atas mengenai makna keperawanan?
b. Apakah ada korelasi antara etos kerja dan peningkatan kesejahteraan?
c. Adakah imbas disorganisasi keluarga terhadap kenakalan remaja?
d. Bagaimanakah fenomena pergaulan bebas di kalangan cukup umur ?
e. Mungkinkah melaksanakan penelitian di Desa Sukatani?

30. Hubungan simetris terdapat pada permasalahan...
a. Apakah ada perbedaan persepsi siswa dan siswi Sekolah Menengan Atas mengenai makna keperawanan?
b. Apakah ada korelasi antara etos kerja dan peningkatan kesejahteraan?
c. Adakah imbas disorganisasi keluarga terhadap kenakalan remaja?
d. Bagaimanakah fenomena pergaulan bebas di kalangan cukup umur ?
e. Mungkinkah melaksanakan penelitian di Desa Sukatani?

31. Hubungan kausal sanggup ditemui dalam permasalahan...
a. Apakah ada perbedaan persepsi siswa dan siswi Sekolah Menengan Atas mengenai makna keperawanan?
b. Apakah ada korelasi antara etos kerja dan peningkatan kesejahteraan?
c. Adakah imbas disorganisasi keluarga terhadap kenakalan remaja?
d. Bagaimanakah fenomena pergaulan bebas di kalangan cukup umur ?
e. Mungkinkah melaksanakan penelitian di Desa Sukatani?

32. Hipotesis hanya merupakan jawaban...
a. Sementara
b. Akhir
c. Ilmiah
d. Dugaan
e. Tetap

33. Pada rancangan penelitian perlu dicantumkan mengenai metode penelitian yang mencakup...
a. Corak penelitian
b. Populasi
c. Sampel
d. Teknik pengumpulan data
e. (a), (b), (c), dan (d) benar

34. Perhatikan judul penelitian berikut. “Dampak Disorganisasi Keluarga terhadap Kenakalan Remaja: Suatu Studi di Kecamatan GGL, Kota XBC”. Yang menjadi variabel terikat ialah...
a. Dampak
b. Disorganisasi keluarga
c. Kenakalan remaja
d. Studi
e. Kecamatan GGL

35. Saat menyusun rancangan penelitian, harus ditentukan juga objek penelitian, yakni...
a. Populasi, sampel, variabel
b. Variabel terikat dan bebas
c. Populasi dan sampel
d. Populasi, sampel, lokasi
e. Populasi, variabel, lokasi

36. Apabila populasi terbagi atas tingkatan-tingkatan kelompok sehingga pengambilan sampel dihentikan dilakukan secara acak sebab setiap tingkatan harus terwakili, maka teknik pengambilan sampel yang sesuai adalah...
a. Random
b. Berstrata
c. Kelompok
d. Bertujuan
e. Proporsi

37. Apabila sampel penelitian tidak sanggup diambil secara acak sebab populasinya heterogen dan terdiri dari beberapa kelompok profesi, maka teknik pengambilan sampel yang sempurna dipakai adalah...
a. Strata
b. Random
c. Cluster
d. Purposive
e. Quota

38. Kenyataan berikut yang mengatakan diterapkannya teknik sampling bertujuan (purposive sampling) ialah...
a. Adjo menarik sampel siswa/i dalam jumlah yang sama untuk kelas X, XI, dan XII
b. Fadhil membuatkan angket di Sekolah Menengan Atas Harapan Mandiri mengenai produk pembalut yang sedang gencar dipromosikan
c. Rendy membagi populasi penelitian menurut jenis kelamin pria dan perempuan, kemudian menentukan sampel sebanyak 50 pria dan 20 perempuan
d. Bembeng mengambil sampel sesuai kriteria yang dibutuhkannya, yakni siswi kelas X SMA, berasal dari keluarga broken home, dan bermasalah di sekolah
e. Wahyu ingin meneliti mengenai kehidupan waria. Kebetulan, ia mempunyai mitra akrab seorang waria, maka ia meminta pertolongan untuk mengenalkannya pada banci lain

39. Rendy mengadakan penelitian wacana kehidupan sosial anak jalanan di Kota Medan. Ketika secara kebetulan ia menemukan anak jalanan di tempat tersebut, mereka eksklusif dijadikan respondennya. Penarikan sampel tersebut dinamakan teknik sampling...
a. Stratified (berstrata)
b. Area (wilayah)
c. Proportional (imbangan)
d. Accidental (insidental)
e. Cluster (kelompok)

40. Buku maupun jurnal ilmiah yang diacu dalam rancangan penelitian dicantumkan dalam...
a. Daftar isi
b. Daftar tabel
c. Indeks
d. Glosarium
e. Daftar pustaka


Baca Juga

Download Soal di Sini
Soal Esai Klik di Sini
Kunci Jawaban Klik di Sini

Lihat Juga
1. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII. Semester Genap 
2. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 8. Penyusunan dan Penyajian Laporan Penelitian
3. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 7. Pengumpulan dan Pengolahan (Analisis) Data
4. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 6. Hakikat Penelitian Sosial 
5. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 5. Rancangan Penelitian Sosial
6. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII. Semester Genap
7. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 8. Penyusunan dan Penyajian Laporan Penelitian
8. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 7. Pengumpulan dan Pengolahan (Analisis) Data
9. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 6. Hakikat Penelitian Sosial

Baca Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas XII. Evaluasi Semester Genap [KTSP]
2. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Evaluasi Semester Genap [buku 2]
3. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Evaluasi Semester Genap [buku 1]
4. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 6. Penulisan Laporan Penelitian [KTSP]
5. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 6. Penulisan Laporan Penelitian [KTSP] [buku 2]
6. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 5. Pengolahan Data [KTSP] 
7. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 5. Pengolahan Data [KTSP] [buku 2]
8. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 4. [KTSP]
9. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 4. Pengumpulan Data [KTSP] [buku 2] 
10. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 4. Penelitian Sosial dan Penulisan Laporan Penelitian [KTSP] [buku 1]                  
11. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP]
12. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP] [buku 2]
13. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP] [buku 1] 

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel