Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas Xi Kepingan 7. Masyarakat Multikultural

Berilah tanda (X) pada aksara a, b, c, d, atau e pada tanggapan yang paling benar
 
1. Gerakan multikultural pertama kali di Kanada tahun...
a. 1960
b. 1970
c. 1980
d. 1990
e. 2000

2. Bermulanya konsep masyarakat multikultural di Kanada yaitu sebagai solusi alternatif dari...
a. Kesenjangan sosial ekonomi yang signifikan
b. Konflik korelasi antarras, suku bangsa, agama, dan aliran politik
c. Hambatan dalam proses reformasi
d. Aktivitas korupsi dan nepotisme yang merajalela
e. Ideologi otoriter-militeristik

3. Berikut yaitu prinsip-prinsip yang terkandung dalam multikulturalisme, kecuali...
a. Keanekaragaman
b. Perbedaan
c. Kesederajatan
d. Penghargaan dan demokrasi
e. Individualitas

4. Multikulturalisme sesungguhnya tidak hanya mengacu pada konsep keanekaragaman, tetapi juga bermakna...
a. Kebersamaan dari semua kelompok yang ada
b. Kesetaraan antarperbedaan
c. Kesenjangan antara kelompok sosial yang satu dengan lainnya
d. Pembauran dari kenyataan keanekaragaman
e. Persilangan antarbudaya yang berbeda sehingga menghasilkan bentuk baru

5. Multikulturalisme merupakan paradigma gres dalam upaya...
a. Mencapai keseragaman dari keberagaman
b. Meredam sepenuhnya potensi konflik
c. Membangun kembali korelasi antarmanusia
d. Mengagungkan primordialisme dan etnosentrisme
e. Penciptaan ketundukan demi kepentingan kekuasaan

6. Multikulturalisme... dan... perbedaan
a. Mengakui, mengagungkan
b. Menafikan, menyeragamkan
c. Mengabaikan, mengacuhkan
d. Menghargai, menyamakan
e. Mengagungkan, mempersatukan

7. Pola korelasi sosial antarindividu dalam masyarakat multikultural mempunyai sejumlah sifat, kecuali...
a. Toleran
b. Damai
c. Rukun
d. Konfliktual
e. Demokratis

8. Keberadaan masyarakat multikultural harus mendapatkan kenyataan untuk mewujudkan peace co-existence, yakni...
a. Hidup berdampingan secara damai
b. Hidup bersama walaupun selalu timbul konflik
c. Mempertahankan kelangsungan hidup
d. Menampung keanekaragaman budaya
e. Menghadapi kehidupan kasatmata sehari-hari

9. Hal berikut yang tidak sejalan dengan semangat untuk menyebarkan multikulturalisme adalah...
a. Menghindari cara berpikir dikotomis
b. Berusaha berpikir secara dialektis-kritis
c. Menjadikan orang lain sebagai the other
d. Perbedaan dijadikan peluang untuk saling memahami bahwa anggota-anggota masyarakat mempunyai keunikan masing-masing sebagai realitas
e. Berdialog dan berinteraksi dengan orang lain

10. Bagi masyarakat Indonesia yang telah ada di alam reformasi, konsep masyarakat multikultural merupakan sebuah ideologi yang harus diperjuangkan sebagai landasan bagi...
a. Pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance)
b. Tegaknya demokrasi dan HAM
c. Digulirkannya upaya menyeragaman budaya
d. Pelembagaan demokrasi
e. Bergesernya ideologi keanekaragaman kebudayaan

11. Dari perihal yang berkembang di Indonesia, multikulturalisme tampaknya akan dijadikan paradigma gres dalam...
a. Penyeragaman perbedaan-perbedaan yang selama ini mengakibatkan konflik
b. Meredam potensi konflik yang inheren dalam struktur masyarakat
c. Merajut kembali korelasi antarmanusia
d. Menciptakan jarak sosial yang diharapkan dalam pergaulan
e. Meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup segenap lapisan masyarakat

12. Masyarakat Indonesia yang mutlikultural ditandai dengan keberagaman agama. Secara sosiologis, keberagaman tersebut disebabkan oleh....
a. Kondisi geografis yang berupa kepulauan
b. Hubungan antarnegara yang semakin luas
c. Munculnya banyak sekali organisasi keagamaan
d. Hubungan perdagangan di masa lalu
e. Munculnya sikap primordial pemeluk agama

13. Culturally embeded bermakna bahwa...
a. Manusia niscaya mempunyai kebudayaan tersendiri
b. Manusia terikat oleh kebudayaan
c. Ada sikap saling memahami kebudayaan
d. Perlu menerapkan sudut pandang kebudayaan lain
e. Terjadi pewarisan kebudayaan secara turun-temurun


14. Budaya memilih tingkat... suatu masyarakat.
a. Kecerdasan
b. Kebutuhan
c. Keharmonisan
d. Konsensus
e. Konflik

15. Kebesaran kebudayaan bangsa sejatinya terletak pada...
a. Kepastian untuk berubah
b. Kemampuannya untuk menampung banyak sekali perbedaan
c. Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat
d. Keunggulan SDM dalam banyak sekali bidang
e. Penguasaan IPTEK yang memadai

16. Pluralisme menghendaki dikembangkannya prinsip-prinsip berikut, kecuali...
a. Menghargai kemajemukan
b. Penghormatan terhadap yang lain yang berbeda (the others)
c. Membuka diri terhadap warna-warni keyakinan
d. Keterbukaan untuk saling berguru (inkusivisme)
e. Keterlibatan diri secara pasif di dalam dialog

17. Sikap yang paling sempurna untuk menyikapi pluralitas budaya, etnis, sistem nilai dan agama yaitu melalui...
a. Dialog
b. Tribalisme
c. Pengabaian
d. Paksaan untuk bersatu
e. Tirani minoritas

18. Toleransi dan tenggang rasa mendorong terjadinya... dalam masyarakat.
a. Kontak
b. Komunikasi
c. Pelembagaan
d. Disintegrasi
e. Reintegrasi

19. Keragaman yaitu sebuah realitas yang harus dikelola semoga tercipta...
a. Kerja sama
b. Persaingan
c. Kontravensi
d. Konflik
e. Monokulturalisme

20. Sikap negatif terhadap pluralisme tampak dalam peristiwa...
a. Rendy selalu mengedepankan obrolan dalam menyikapi masalah-masalah yang timbul sebagai konsekuensi dari keragaman budaya
b. Bembeng berusaha menyebarkan toleransi dalam pergaulan
c. Fadhil tak pernah memaksakan nilai-nilai budaya yang dimilikinya kepada orang lain
d. Penegakan hak asasi insan secara yuridis dijadikan prioritas dalam banyak sekali kebijakan negara
e. Tompel dan kelompoknya gemar melaksanakan kekerasan dan intimidasi terhadap kelompok lain

21. Konsep masyarakat beragam (plural society) dicirikan oleh...
a. Kesetaraan dalam korelasi sosial
b. Hubungan antarkelompok sosial yang tidak simetris
c. Keunikan contoh korelasi sosial
d. Kerelaan untuk menundukkan diri
e. Potensi konflik yang menganga

22. Dalam konteks masyarakat majemuk, kelompok-kelompok sosial berbeda tercampur, tapi tidak...
a. Harmonis
b. Konfliktual
c. Berbaur
d. Mengelompok
e. Berkesinambungan


23. Masyarakat kota terdiri dari bermacam-macam kelompok suku bangsa, ras, profesi, serta agama. Mereka sanggup mewujudkan kehidupan yang serasi dengan kesadaran akan kesamaan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Keragaman sosial tersebut menawarkan ciri...
a. Keanekaragaman tingkat status
b. Kehidupan masyarakat transisi
c. Masyarakat yang sudah modern
d. Kehidupan masyarakat industri
e. Kehidupan masyarakat majemuk

24. Indonesia, sebagai suatu masyarakat majemuk, mempunyai struktur yang unik dan khas, baik secara horizontal maupun vertikal. Pernyataan berikut yang menawarkan realitas perbedaan secara vertikal dalam masyarakat beragam Indonesia adalah...
a. Ras
b. Etnis
c. Agama
d. Jenis kelamin
e. Antar lapisan

25. Keanekaragaman masyarakat Indonesia ditandai dengan perbedaan suku bangsa dan adab istiadat. Sumber utama penyebab timbulnya keanekaragaman tersebut bekerjasama dengan...
a. Keadaan geografis
b. Latar belakang historis
c. Pengaruh kebudayaan asing
d. Sumber daya alam yang berbeda
e. Struktur tanah yang berbeda

26. Bentuk geografis wilayah Indonesia yang berupa kepulauan serta keterbatasan sarana komunikasi dan transportasi pada masa kemudian kuat terhadap kemajemukan masyarakat Indonesia berdasarkan...
a. Sistem politik
b. Sumber ekonomi
c. Ragam wilayah
d. Ciri budaya
e. Mata pencaharian

27. Masyarakat Indonesia mempunyai bermacam-macam budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Keragaman budaya tersebut tampak pada...
a. Meningkatnya anggaran pembangunan pendidikan
b. Banyaknya bahasa dan karya seni di nusantara
c. Berkurangnya konflik antarbudaya daerah
d. Membaiknya ekonomi penduduk pedesaan
e. Bertambahnya masyarakat pertanian

28. Masyarakat Indonesia terdiri dari banyak sekali macam suku bangsa dengan unsur bahasa, kebudayaan, mata pencaharian, dan iman yang bermacam-macam pula. Keanekaragaman suku bangsa tersebut disebabkan oleh...
a. Letak yang strategis antara samudera Hindia dan Samudera Pasifik
b. Bentuk geografis yang terdiri lebih dari ribuan pulau sehingga terjadi isolasi
c. Kondisi iklim berbeda antardaerah sehingga terdapat banyak tanaman
d. Struktur tanah yang berbeda antar wilayah sehingga membedakan sumber alam
e. Pengaruh kebudayaan aneh sehingga masyarakat cepat berubah

29. Bangsa Indonesia yang tetap bersatu walaupun majemuk, sanggup terwujud karena...
a. Agama dan bahasa yang sama
b. Terdiri dari satu suku bangsa
c. Asal-usul ras dan ciri fisik yang sama
d. Diferensiasi sosial
e. Interseksi sosial

30. Yang menjadi kekuatan pemersatu (integrating force) dari keragaman etnis dan budaya di Indonesia adalah...
a. Kekayaan budaya etnis
b. Kebudayaan nasional Indonesia
c. Keinginan untuk menyeragamkan kebudayaan
d. Rekonstruksi pemahaman mengenai budaya
e. Pandangan dan filosofi hidup yang sama

31. Adanya masyarakat beragam dengan fragmentasi biasanya ditandai oleh kenyataan...
a. Sejumlah elemen masyarakat menggalang koalisi lintas etnis
b. Dalam masyarakat, masing-masing komunitas mempunyai kekuatan kompetitif yang seimbang
c. Salah satu komunitas mempunyai kekuatan kompetitif lebih besar
d. Rendahnya kemampuan coalition building
e. Satu kelompok etnis minoritas lebih dominan

32. Masing-masing subsistem dalam masyarakat beragam biasanya diikat oleh...
a. Ikatan primordial
b. Ikatan nasionalisme
c. Kesadaran kolektif
d. Konsensus
e. Aturan formal

33. Kelompok aneh yang berkonsentrasi di salah satu pecahan wilayah negara, disebut...
a. A foreign nation group
b. Multiple nationalities
c. Tribal group
d. Tribe
e. A plural society

34. Multiple nationalities mempunyai pengertian bahwa...
a. Kelompok aneh yang berkonsentrasi di salah satu pecahan wilayah negara
b. Sejumlah negara terdiri atas banyak nasionalitas atau subbangsa
c. Kelompok yang tidak mempunyai integritas tinggi
d. Kelompok rasial yang diikat oleh kesatuan bangsa dan adat
e. Kelompok yang terutama dibedakan oleh kelompok kultural dan status ekonomi

35. Di Amerika Serikat, kelompok warga pendatang dari Eropa, mendominasi kelompok Indian yang bergotong-royong yaitu penduduk asli. Hal ini disebut dengan...
a. Genocide
b. Lynching
c. Paternalisme
d. Disfranchisement
e. Dominasi

36. Kelompok radikal Ku Klux Klan di Amerika Serikat, dahulu dan berlanjut secara sporadis sampai ketika ini, masih sering melaksanakan tindakan... terhadap warga kulit gelap yang bermukim di daerah terpencil.
a. Genocide
b. Lynching
c. Paternalisme
d. Disfranchisement
e. Dominasi

37. Pada proses reorganisasi atau reintegrasi, terjadi suatu proses pembentukan nilai dan norma gres agar...
a. Konflik berdampak positif
b. Pelembagaan berlangsung tanpa hambatan
c. Segala perubahan yang muncul segera sanggup ditanggapi
d. Serasi dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang berubah
e. Praktis menyesuaikan diri dan saling disesuaikan

38. Gagasan pendidikan multikultural yang sekarang kerap dikembangkan sebagai perihal ideal di Indonesia dilatari oleh...
a. Potensi konflik yang mengemuka
b. Berlarut-larutnya banyak sekali konflik kesukuan, agama, dan ras
c. Berbagai permasalahan fundamental dalam proses pendidikan
d. Pengakuan terhadap ketidaksetaraan dalam kemajemukan
e. Kebijakan pemerintah yang didominasi oleh etnis tertentu

39. Pendidikan multikultural mengandaikan sekolah dan kelas dikelola sebagai...
a. Arena interaksi
b. Simulasi arena hidup kasatmata yang plural
c. Bagian dari pembelajaran nilai-nilai budaya etnis mayoritas
d. Salah satu kegiatan menundukkan harapan bebas yang dimiliki penerima didik
e. Sarana untuk menumbuhkan individualisme

40. Pembelajaran di dalam kelas multietnis lebih sukar dilaksanakan dari pada kelas yang homogen etnisnya, karena...
a. Banyaknya potensi konflik
b. Sulitnya mengelola keragaman demi membuat keharmonisan
c. Setiap siswa membawa pandangan dan sikap ciri khas budaya masing-masing
d. Setiap siswa/i berbeda budaya pastinya enggan saling bergaul
e. Ketiadaan sarana dan kegiatan yang sanggup menjembatani kesenjangan


Baca Juga

Download Soal di Sini
Soal Esai Klik di Sini
Kunci Jawaban Klik di Sini

Lihat Juga
1. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XI. Semester Genap 
2. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XI Bab 6. Kelompok Sosial
3. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XI Bab 7. Masyarakat Multikultural
4. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI. Semester Genap
5. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 6. Kelompok Sosial 
6. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XI Bab 5. Mobilitas Sosial 
7. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XI Bab 4. Integrasi Sosial
8. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 5. Mobilitas Sosial
9. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 4. Integrasi Sosial

Baca Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas XI. Evaluasi Semester Genap [KTSP]
2. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI. Evaluasi Semester Genap [buku 2] 
3. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI. Evaluasi Semester Genap [buku 1]
4. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XI Bab 6. [KTSP]
5. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 6. Masyarakat Multikultural [KTSP] [Buku 2] 
6. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XI Bab 5. [KTSP]
7. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 5. Kelompok sosial [KTSP] [Buku 2]
8. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 5. Perkembangan Kelompok dalam Masyarakat Multikultural [KTSP] [Buku 1] 
9. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XI Bab 4. [KTSP]
10. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 4. Kebudayaan [KTSP] [Buku 2]
11. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 4. Masyarakat Multikultural [KTSP] [Buku 1]
12. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XI Bab 3. Mobilitas Sosial [KTSP]
13. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 3. Mobilitas Sosial [KTSP] [Buku 2]
14. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 3. Mobilitas Sosial [KTSP] [Buku 1] 

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel