Pengertian Mobilitas Sosial Berdasarkan Ahli

Pada dasarnya setiap individu selalu merasa tidak puas terhadap status dan tugas yang dimilikinya. Itulah sebabnya, bila memungkinkan, individu akan berupaya melaksanakan mobilitas ke lapisan sosial atas untuk memperoleh status sosial serta tugas yang lebih terhormat. Namun dalam proses mobilitas sosial tersebut, tidak tertutup kemungkinan bahwa individu sanggup pula jatuh ke lapisan sosial bawah.

Mengutip pendapat para andal sosiologi, pengertian mobilitas sosial sanggup diuraikan sebagai berikut.
1. Horton dan Hunt, mobilitas sosial sanggup diartikan sebagai suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya, atau gerak dari strata satu ke strata lainnya.

2. Soerjono Soekanto*, mobilitas sosial ialah gerak dari satu posisi sosial ke posisi sosial lainnya. Yang harus diingat di sini ialah seseorang takan sanggup berpindah ke posisi yang lebih baik jikalau memang tidak ada posisi yang diperuntukkan baginya. Selain itu, dalam rangka berpindah ke posisi yang lebih baik, setiap orang pun harus mempunyai karakteristik dan kemampuan memasuki status tersebut.


3. William Kornblum, mobilitas sosial ialah perpindahan individu-individu, keluarga-keluarga, dan kelompok sosialnya dari satu lapisan ke lapisan sosial lainnya.

4. Michael S. Bassis, mobilitas sosial ialah perpindahan ke atas atau ke bawah lingkungan sosio ekonomi yang mengubah status sosial seseorang dalam masyarakat.

5. H. Edward Ransford, mobilitas sosial ialah perpindahan ke atas atau ke bawah dalam lingkungan sosial secara hierarki.

6. Kimbal Young dan Raymond W. Mack, mobilitas sosial ialah suatu mobilitas dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.

7. Robert M.Z. Lawang*, mobilitas sosial ialah perpindahan posisi dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain atau dari satu dimensi ke dimensi yang lainnya.


Download di Sini

Materi Sosiologi yang Berkaitan
1. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Mobilitas Sosial (KTSP)
2. Materi Ujian Nasional Kompetensi Mobilitas Sosial 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel