Soal-Soal Sosiologi Kelas X. Kompetensi Sosialisasi
1. Ketua RT mengundang keluarga Pak Hadi sebagai warga gres dalam program rapat rutin warga RT 01. Dalam rapat tersebut ketua RT menjelaskan beberapa aturan menyerupai tamu wajib lapor, jam mencar ilmu pukul 19.00-21.00, dan larangan mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi di lingkungan RT 01. Tujuan sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Memberi pengetahuan perihal nilai dan norma sosial
B. Menciptakan integrasi antara warga RT 01 dan RT lain
C. Mengurangi kesenjangan antarwarga di lingkungan RT 01
D. Mewariskan nilai dan norma kepada warga pendatang
E. Menjadi teladan RT lain untuk membuat kedisiplinan
2. Rini melanjutkan kuliah di Bandung, sedangkan orang tuanya tinggal di Aceh. Ibunya selalu ingin mengetahui kabar Rini. Oleh alasannya ialah itu, dia sering menghubungi Rini melalui telepon seluler atau mengirim pesan melalui WhatsApp. Bentuk sosialisasi yang dilakukan ibu dan Rini ialah sosialisasi...
A. Tidak langsung
B. Partisipatoris
C. Sekunder
D. Langsung
E. Represif
3. Orang bau tanah mempunyai kewajiban mengajari anaknya aneka macam hal, terutama tata tertib. Seorang anak yang diajari tata tertib semenjak kecil cenderung menjadi anak yang disiplin dan taat hukum. Tujuan sosialisasi menurut pernyataan tersebut adalah...
A. Memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan
B. Mengajarkan cara berkomunikasi ekspresi secara efektif
C. Membiasakan individu mematuhi nilai dan norma sosial
D. Menciptakan integrasi dalam masyarakat
E. Menumbuhkan kesetiakawanan sosial
4. Febri terpilih menjadi ketua OSIS di sekolahnya. Sejak ketika itu ia menjadi lebih bijak dan tegas dalam menuntaskan permasalahan organisasi. Ia selalu mempunyai ilham yang solutif dan gampang diterima oleh teman-temannya. Media sosialisasi organisasi OSIS tersebut bagi Febri berfungsi sebagai...
A. Ajang berkompetisi antarindividu dalam organisasi
B. Sarana mencari mitra sebagai suplemen kebutuhan persahabatan
C. Pembentuk kepribadian yang tanggap terhadap dilema kelompok
D. Sarana membuat kondisi sosial yang stabil dalam masyarakat
E. Sarana mencari pemimpin melalui pemilihan yang adil
5. Sosialisasi dilakukan untuk menanamkan nilai dan norma sosial kepada anggota masyarakat. Pernyataan yang mengatakan teladan sosialisasi represif ialah...
A. Fina diberi hukuman oleh perusahaan alasannya ialah bolos bekerja selama sehari
B. Bu Risma mengajari penerima didik menari tarian tradisional setiap hari Sabtu
C. Pak Budi menghubungi anaknya yang berada di luar kota melalui video call
D. Tio dan teman-temannya membersihkan lingkungan kelas sesuai jadwal piket
E. Kapolres melaksanakan sosialisasi cara-cara melindungi diri dari agresi pembegalan
6. Perhatikan indikator berikut
1) Anak bisa melaksanakan kiprah yang seharusnya dilakukan dalam masyarakat
2) Anak mulai menjiplak sikap orang cukup umur meskipun belum sempurna
3) Anak mulai mengenal nilai dan norma sosial melalui orang tua
4) Anak bisa memahami dirinya sendiri
5) Anak telah cukup umur dan mengetahui perihal kehidupan bermasyarakat
Ciri tahap persiapan (preparatory stage) dalam sosialisasi ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
7. Pak Irwan mengenalkan budaya kawasan kepada penerima didiknya. Beliau menjelaskan setiap kawasan mempunyai budaya berbeda. Sebagai generasi muda, penerima didik wajib menjaga dan melestarikan budaya daerah. Tujuan sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Membantu individu mengikuti keadaan dengan budaya lain
B. Memberi petunjuk untuk mewujudkan integrasi sosial
C. Mewariskan nilai dan norma sosial kepada generasi penerus
D. Mencegah terjadinya sikap menyimpang dalam masyarakat
E. Memberi kebebasan kepada masyarakat untuk menentukan kebudayaan
8. Perhatikan indikator berikut
1) Anak mulai menyadari bahwa lingkungan menuntut dirinya untuk memahami nilai dan norma menyerupai yang diajarkan orang tua
2) Anak mulai mengenal lingkungan hidupnya, orang tua, dan masyarakat sekitar
3) Anak sanggup menjiplak sikap orang dewasa
Indikator tersebut mengatakan pembentukan kepribadian pada tahap...
A. Generalized stage
B. Preparatory stage
C. Significant others
D. Game stage
E. Play stage
9. Rita anak seorang pengusaha kaya. Ia sekolah di Sekolah Menengan Atas favorit di kotanya. Ketika bergaul ia hanya menentukan sahabat yang kaya. Sepulang sekolah, Rita dan teman-temannya selalu nongkrong di kafe. Perilaku tersebut mengakibatkan prestasi mencar ilmu Rita menurun. Ilustrasi tersebut mengatakan dampak media sosialisasi terhadap perkembangan kepribadian yaitu...
A. Membentuk kepercayaan diri rendah
B. Menyebabkan seseorang merasa tertekan
C. Menyebabkan seseorang berperilaku hedonis
D. Memberi kesempatan untuk berprestasi
E. Membentuk kepribadian yang supel dan ramah
10. Seorang anak ajun rumah tangga mempunyai sifat rajin dan tekun belajar. Ia pun berhasil menuntaskan kuliah sampai jenjang S2. Ia dihormati oleh masyarakat alasannya ialah berhasil meningkatkan status sosial keluarganya. Ilustrasi tersebut menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara status sosial dan...
A. Kepribadian
B. Pendidikan
C. Ketekunan
D. Keturunan
E. Kerajinan
11. Sepulang sekolah Tito selalu membantu ibunya menjual surat kabar di persimpangan lampu merah. Tindakan tersebut dilakukan untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga alasannya ialah ayahnya telah meninggal. Berdasarkan tahap perkembangan diri, proses sosialisasi yang dialami Tito termasuk tahap generalized other karena...
A. Mampu melaksanakan sesuatu yang dilakukan orang lain
B. Menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang berlaku
C. Mampu memahami kiprah yang dilakukan dalam masyarakat
D. Menjalin hubungan sosial hanya dengan lingkungan terdekat
E. Mempersiapkan diri untuk mengenal dunia melalui interaksi
12. Ina selalu memperoleh sanjungan dari manajer alasannya ialah hasil pekerjaannya selalu memuaskan. Selain itu, Ina menjadi karyawan yang supel dan ramah semenjak menjabat sekretaris. Padahal ketika awal masuk perusahaan Ina dikenal sebagai karyawan yang pendiam dan pemalu. Media sosialisasi yang berperan mengubah kepribadian Ina adalah...
A. Keluarga
B. Lingkungan kerja
C. Kelompok bermain
D. Lingkungan sekolah
E. Lingkungan masyarakat
13. Sebagai penerima didik yang disiplin, Wuri selalu mengumpulkan kiprah tepat waktu. Wuri tidak ingin diberi eksekusi oleh guru alasannya ialah terlambat mengumpulkan tugas. Ilustrasi tersebut mengatakan proses sosialisasi terjadi pada tahap game stage yaitu...
A. Mulai memahami dirinya dan menjiplak sikap orang bau tanah
B. Menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat
C. Mulai memahami kiprah dan peraturan yang berlaku
D. Meniru sikap orang cukup umur secara lebih sempurna
E. Memiliki pendapat sendiri dalam memecahkan masalah
14. Beberapa polwan bekerja sama dengan pihak sekolah mengadakan sosialisasi perihal pemerkosaan terhadap anak. Pihak sekolah turut mengundang orang bau tanah penerima didik dalam sosialisasi tersebut. Sosialisasi tersebut diikuti penerima didik, orang tua, dan guru. Tujuan sosialisasi menurut uraian tersebut adalah...
A. Mengarahkan orang bau tanah dan guru untuk mencegah anak bergaul dengan sahabat di luar sekolah
B. Mengembangkan sikap waspada orang tua, guru, dan penerima didik terhadap pelecehan seksual
C. Membantu penerima didik untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan sekolah dan masyarakat
D. Membentuk kepribadian penerima didik yang aktif dan pemberani
E. Mengajarkan pendidikan aksara sesuai usia penerima didik
15. Redo merupakan mahasiswa tingkat simpulan yang belum menuntaskan skripsinya. Ia menjadi pemalas semenjak mengenal Joni yang sering mengajaknya nongkrong dan mabuk-mabukan. Akibatnya, skripsinya terbengkalai dan Redo terancam drop out. Dampak sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Mengubah kebiasaan jelek seseorang
B. Mempererat interaksi sosial antarindividu
C. Menyebabkan seseorang berperilaku menyimpang
D. Membantu individu mengikuti keadaan dengan lingkungan
E. Merusak norma kesopanan yang berlaku dalam masyarakat
16. Perhatikan ilustrasi berikut
Masyarakat Jawa Barat mempunyai ragam seni dan budaya. Untuk menjaga kelestarian budaya, pemerintah kawasan Jawa Barat memasukkan mata pelajaran muatan lokal di sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Adapun bahan yang diajarkan di antaranya tarian tradisional, lagu daerah, dan bahasa daerah.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, sosialisasi yang dilakukan pemerintah bertujuan biar generasi muda...
A. Menjaga integrasi antarkelompok
B. Memahami nilai-nilai budaya daerah
C. Menjaga hubungan sosial masyarakat
D. Menjaga sikap sesuai impian pemerintah
E. Menjaga keteraturan hidup dalam masyarakat
17. Pada awal tahun fatwa penerima didik gres wajib mengikuti kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD). Kegiatan tersebut biasanya diselenggarakan oleh OSIS. Melalui kegiatan tersebut, penerima didik sanggup mengenal lingkungan, teman, dan guru-guru baru. Peserta didik juga dikenalkan dengan aneka macam peraturan yang berlaku. Selain itu, penerima didik diperlukan mempunyai sikap tertib dan disiplin dalam mematuhi peraturan. Media sosialisasi yang dipakai untuk menanamkan nilai dan norma menurut uraian tersebut adalah...
A. Kelompok bermain
B. Lingkungan kerja
C. Media massa
D. Keluarga
E. Sekolah
18. Salah satu kiprah orang bau tanah dalam keluarga ialah mengarahkan anak menjadi pribadi yang baik. Ketika anak melaksanakan kesalahan, orang bau tanah wajib menasihati. Anak juga wajib menghormati orang tua. Bentuk sosialisasi tersebut termasuk sosialisasi...
A. Primer
B. Otoritatif
C. Sekunder
D. Ekualitatif
E. Tidak langsung
19. Bu Santi mengajari Rika perihal upacara budbahasa yang berlaku di daerahnya. Tindakan ini dilakukan biar Rika lebih memahami dan mengenal fungsi upacara budbahasa dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Menciptakan integrasi dalam keluarga
B. Mencegah terjadinya sikap menyimpang
C. Membentuk kepribadian sesuai kebudayaan
D. Menciptakan integrasi sosial antarkelompok
E. Membantu individu mengikuti keadaan dengan masyarakat lain
20. Banyak anak kecil bermain menjadi polisi atau menjadi dokter. Ia belum memahami alasan polisi menangkap penjahat atau dokter menyelidiki pasien. Tahap perkembangan diri anak pada ilustrasi tersebut digolongkan play stage karena...
A. Anak mulai menempatkan diri pada posisi orang lain
B. Anak sanggup menjiplak sikap dengan lebih sempurna
C. Anak mulai menyadari peraturan yang berlaku
D. Peran yang dilakukan anak mulai berkurang
E. Anak mulai bersiap mengenal dirinya
Download di Sini
Kunci Jawaban Klik di Sini
Lihat Juga
1. Materi Sosiologi Sosialisasi
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi Klik di Sini
3. Video Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi Klik di Sini
4. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Klik di Sini
5. Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Klik di Sini
6. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Sosialisasi dan pembentukan kepribadian Klik di Sini
7. Materi Pengayaan Klik di Sini
A. Memberi pengetahuan perihal nilai dan norma sosial
B. Menciptakan integrasi antara warga RT 01 dan RT lain
C. Mengurangi kesenjangan antarwarga di lingkungan RT 01
D. Mewariskan nilai dan norma kepada warga pendatang
E. Menjadi teladan RT lain untuk membuat kedisiplinan
2. Rini melanjutkan kuliah di Bandung, sedangkan orang tuanya tinggal di Aceh. Ibunya selalu ingin mengetahui kabar Rini. Oleh alasannya ialah itu, dia sering menghubungi Rini melalui telepon seluler atau mengirim pesan melalui WhatsApp. Bentuk sosialisasi yang dilakukan ibu dan Rini ialah sosialisasi...
A. Tidak langsung
B. Partisipatoris
C. Sekunder
D. Langsung
E. Represif
3. Orang bau tanah mempunyai kewajiban mengajari anaknya aneka macam hal, terutama tata tertib. Seorang anak yang diajari tata tertib semenjak kecil cenderung menjadi anak yang disiplin dan taat hukum. Tujuan sosialisasi menurut pernyataan tersebut adalah...
A. Memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan
B. Mengajarkan cara berkomunikasi ekspresi secara efektif
C. Membiasakan individu mematuhi nilai dan norma sosial
D. Menciptakan integrasi dalam masyarakat
E. Menumbuhkan kesetiakawanan sosial
4. Febri terpilih menjadi ketua OSIS di sekolahnya. Sejak ketika itu ia menjadi lebih bijak dan tegas dalam menuntaskan permasalahan organisasi. Ia selalu mempunyai ilham yang solutif dan gampang diterima oleh teman-temannya. Media sosialisasi organisasi OSIS tersebut bagi Febri berfungsi sebagai...
A. Ajang berkompetisi antarindividu dalam organisasi
B. Sarana mencari mitra sebagai suplemen kebutuhan persahabatan
C. Pembentuk kepribadian yang tanggap terhadap dilema kelompok
D. Sarana membuat kondisi sosial yang stabil dalam masyarakat
E. Sarana mencari pemimpin melalui pemilihan yang adil
5. Sosialisasi dilakukan untuk menanamkan nilai dan norma sosial kepada anggota masyarakat. Pernyataan yang mengatakan teladan sosialisasi represif ialah...
A. Fina diberi hukuman oleh perusahaan alasannya ialah bolos bekerja selama sehari
B. Bu Risma mengajari penerima didik menari tarian tradisional setiap hari Sabtu
C. Pak Budi menghubungi anaknya yang berada di luar kota melalui video call
D. Tio dan teman-temannya membersihkan lingkungan kelas sesuai jadwal piket
E. Kapolres melaksanakan sosialisasi cara-cara melindungi diri dari agresi pembegalan
6. Perhatikan indikator berikut
1) Anak bisa melaksanakan kiprah yang seharusnya dilakukan dalam masyarakat
2) Anak mulai menjiplak sikap orang cukup umur meskipun belum sempurna
3) Anak mulai mengenal nilai dan norma sosial melalui orang tua
4) Anak bisa memahami dirinya sendiri
5) Anak telah cukup umur dan mengetahui perihal kehidupan bermasyarakat
Ciri tahap persiapan (preparatory stage) dalam sosialisasi ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
7. Pak Irwan mengenalkan budaya kawasan kepada penerima didiknya. Beliau menjelaskan setiap kawasan mempunyai budaya berbeda. Sebagai generasi muda, penerima didik wajib menjaga dan melestarikan budaya daerah. Tujuan sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Membantu individu mengikuti keadaan dengan budaya lain
B. Memberi petunjuk untuk mewujudkan integrasi sosial
C. Mewariskan nilai dan norma sosial kepada generasi penerus
D. Mencegah terjadinya sikap menyimpang dalam masyarakat
E. Memberi kebebasan kepada masyarakat untuk menentukan kebudayaan
8. Perhatikan indikator berikut
1) Anak mulai menyadari bahwa lingkungan menuntut dirinya untuk memahami nilai dan norma menyerupai yang diajarkan orang tua
2) Anak mulai mengenal lingkungan hidupnya, orang tua, dan masyarakat sekitar
3) Anak sanggup menjiplak sikap orang dewasa
Indikator tersebut mengatakan pembentukan kepribadian pada tahap...
A. Generalized stage
B. Preparatory stage
C. Significant others
D. Game stage
E. Play stage
9. Rita anak seorang pengusaha kaya. Ia sekolah di Sekolah Menengan Atas favorit di kotanya. Ketika bergaul ia hanya menentukan sahabat yang kaya. Sepulang sekolah, Rita dan teman-temannya selalu nongkrong di kafe. Perilaku tersebut mengakibatkan prestasi mencar ilmu Rita menurun. Ilustrasi tersebut mengatakan dampak media sosialisasi terhadap perkembangan kepribadian yaitu...
A. Membentuk kepercayaan diri rendah
B. Menyebabkan seseorang merasa tertekan
C. Menyebabkan seseorang berperilaku hedonis
D. Memberi kesempatan untuk berprestasi
E. Membentuk kepribadian yang supel dan ramah
10. Seorang anak ajun rumah tangga mempunyai sifat rajin dan tekun belajar. Ia pun berhasil menuntaskan kuliah sampai jenjang S2. Ia dihormati oleh masyarakat alasannya ialah berhasil meningkatkan status sosial keluarganya. Ilustrasi tersebut menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara status sosial dan...
A. Kepribadian
B. Pendidikan
C. Ketekunan
D. Keturunan
E. Kerajinan
11. Sepulang sekolah Tito selalu membantu ibunya menjual surat kabar di persimpangan lampu merah. Tindakan tersebut dilakukan untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga alasannya ialah ayahnya telah meninggal. Berdasarkan tahap perkembangan diri, proses sosialisasi yang dialami Tito termasuk tahap generalized other karena...
A. Mampu melaksanakan sesuatu yang dilakukan orang lain
B. Menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang berlaku
C. Mampu memahami kiprah yang dilakukan dalam masyarakat
D. Menjalin hubungan sosial hanya dengan lingkungan terdekat
E. Mempersiapkan diri untuk mengenal dunia melalui interaksi
12. Ina selalu memperoleh sanjungan dari manajer alasannya ialah hasil pekerjaannya selalu memuaskan. Selain itu, Ina menjadi karyawan yang supel dan ramah semenjak menjabat sekretaris. Padahal ketika awal masuk perusahaan Ina dikenal sebagai karyawan yang pendiam dan pemalu. Media sosialisasi yang berperan mengubah kepribadian Ina adalah...
A. Keluarga
B. Lingkungan kerja
C. Kelompok bermain
D. Lingkungan sekolah
E. Lingkungan masyarakat
13. Sebagai penerima didik yang disiplin, Wuri selalu mengumpulkan kiprah tepat waktu. Wuri tidak ingin diberi eksekusi oleh guru alasannya ialah terlambat mengumpulkan tugas. Ilustrasi tersebut mengatakan proses sosialisasi terjadi pada tahap game stage yaitu...
A. Mulai memahami dirinya dan menjiplak sikap orang bau tanah
B. Menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat
C. Mulai memahami kiprah dan peraturan yang berlaku
D. Meniru sikap orang cukup umur secara lebih sempurna
E. Memiliki pendapat sendiri dalam memecahkan masalah
14. Beberapa polwan bekerja sama dengan pihak sekolah mengadakan sosialisasi perihal pemerkosaan terhadap anak. Pihak sekolah turut mengundang orang bau tanah penerima didik dalam sosialisasi tersebut. Sosialisasi tersebut diikuti penerima didik, orang tua, dan guru. Tujuan sosialisasi menurut uraian tersebut adalah...
A. Mengarahkan orang bau tanah dan guru untuk mencegah anak bergaul dengan sahabat di luar sekolah
B. Mengembangkan sikap waspada orang tua, guru, dan penerima didik terhadap pelecehan seksual
C. Membantu penerima didik untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan sekolah dan masyarakat
D. Membentuk kepribadian penerima didik yang aktif dan pemberani
E. Mengajarkan pendidikan aksara sesuai usia penerima didik
15. Redo merupakan mahasiswa tingkat simpulan yang belum menuntaskan skripsinya. Ia menjadi pemalas semenjak mengenal Joni yang sering mengajaknya nongkrong dan mabuk-mabukan. Akibatnya, skripsinya terbengkalai dan Redo terancam drop out. Dampak sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Mengubah kebiasaan jelek seseorang
B. Mempererat interaksi sosial antarindividu
C. Menyebabkan seseorang berperilaku menyimpang
D. Membantu individu mengikuti keadaan dengan lingkungan
E. Merusak norma kesopanan yang berlaku dalam masyarakat
16. Perhatikan ilustrasi berikut
Masyarakat Jawa Barat mempunyai ragam seni dan budaya. Untuk menjaga kelestarian budaya, pemerintah kawasan Jawa Barat memasukkan mata pelajaran muatan lokal di sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Adapun bahan yang diajarkan di antaranya tarian tradisional, lagu daerah, dan bahasa daerah.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, sosialisasi yang dilakukan pemerintah bertujuan biar generasi muda...
A. Menjaga integrasi antarkelompok
B. Memahami nilai-nilai budaya daerah
C. Menjaga hubungan sosial masyarakat
D. Menjaga sikap sesuai impian pemerintah
E. Menjaga keteraturan hidup dalam masyarakat
17. Pada awal tahun fatwa penerima didik gres wajib mengikuti kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD). Kegiatan tersebut biasanya diselenggarakan oleh OSIS. Melalui kegiatan tersebut, penerima didik sanggup mengenal lingkungan, teman, dan guru-guru baru. Peserta didik juga dikenalkan dengan aneka macam peraturan yang berlaku. Selain itu, penerima didik diperlukan mempunyai sikap tertib dan disiplin dalam mematuhi peraturan. Media sosialisasi yang dipakai untuk menanamkan nilai dan norma menurut uraian tersebut adalah...
A. Kelompok bermain
B. Lingkungan kerja
C. Media massa
D. Keluarga
E. Sekolah
18. Salah satu kiprah orang bau tanah dalam keluarga ialah mengarahkan anak menjadi pribadi yang baik. Ketika anak melaksanakan kesalahan, orang bau tanah wajib menasihati. Anak juga wajib menghormati orang tua. Bentuk sosialisasi tersebut termasuk sosialisasi...
A. Primer
B. Otoritatif
C. Sekunder
D. Ekualitatif
E. Tidak langsung
19. Bu Santi mengajari Rika perihal upacara budbahasa yang berlaku di daerahnya. Tindakan ini dilakukan biar Rika lebih memahami dan mengenal fungsi upacara budbahasa dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Menciptakan integrasi dalam keluarga
B. Mencegah terjadinya sikap menyimpang
C. Membentuk kepribadian sesuai kebudayaan
D. Menciptakan integrasi sosial antarkelompok
E. Membantu individu mengikuti keadaan dengan masyarakat lain
20. Banyak anak kecil bermain menjadi polisi atau menjadi dokter. Ia belum memahami alasan polisi menangkap penjahat atau dokter menyelidiki pasien. Tahap perkembangan diri anak pada ilustrasi tersebut digolongkan play stage karena...
A. Anak mulai menempatkan diri pada posisi orang lain
B. Anak sanggup menjiplak sikap dengan lebih sempurna
C. Anak mulai menyadari peraturan yang berlaku
D. Peran yang dilakukan anak mulai berkurang
E. Anak mulai bersiap mengenal dirinya
Download di Sini
Baca Juga
Lihat Juga
1. Materi Sosiologi Sosialisasi
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi Klik di Sini
3. Video Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi Klik di Sini
5. Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Klik di Sini
6. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Sosialisasi dan pembentukan kepribadian Klik di Sini
7. Materi Pengayaan Klik di Sini