Soal Pendalaman Pilihan Ganda Bahan Sosiologi Kelas Xii Kepingan 4. Kearifan Lokal Dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
A. Pilihlah balasan yang paling tepat
1. Tradisi-tradisi yang dimiliki masyarakat Indonesia banyak yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal, menyerupai yang terlihat pada masyarakat Bali di bidang pertanian, yaitu...
A. Sistem sengkedan pada lahan yang berbukit
B. Melaksanakan upacara ngaben bagi yang meninggal
C. Setiap hari memberi sesajen pada arwah leluhur
D. Penduduk dihentikan menebang pohon di hari tertentu
E. Burung yang dianggap sakral tidak boleh diburu
2. Munculnya kearifan lokal tidak tiba secara instan, tetapi merupakan suatu proses dari ...
A. Hasil penelitian yang dilakukan secara berulang
B. Cerminan dari kebiasaan masyarakat setempat
C. Fenomena ihwal situasi dan kondisi masyarakat
D. Nilai tradisi yang menyatu dalam kehidupan masyarakat
E. Nilai budaya yang telah ditinggalkan oleh masyarakat
3. Larangan membunuh ular pada masyarakat petani di Jawa sanggup dikategorikan dalam bentuk kearifan lokal, karena...
A. Ular bermanfaat sebagai pemangsa tikus di sawah
B. Populasi ular di sawah semakin berkurang
C. Ular dipandang sebagai binatang keramat
D. Dapat mengganggu keseimbangan sistem
E. Dapat dibudidayakan sebagai komoditas ekonomi
4. Fungsi kearifan lokal yang mengandung makna sosial dalam rangka mewujudkan integrasi di masyarakat di antaranya terdapat pada upacara...
A. Pemilihan kepala desa yang ditentukan oleh sistem senioritas
B. Membaca dongeng rakyat semoga kebudayaan lokal tidak punah
C. Gotong royong pindahkan rumah panggung masyarakat Bugis Makassar
D. “ngeuyeuk seureuh” pada ijab kabul orang Sunda
E. Tujuh bulanan kehamilan anak pertama
5. Tana ‘ulen pada masyarakat Dayak merupakan pola kearifan lokal yang berguna dalam...
A. Konservasi lingkungan alam
B. Pemanfaatan sumber daya alam
C. Membuka lahan pertanian baru
D. Menangkap binatang buruan
E. Menyimpan cadangan air
6. Praktik subak di Bali merupakan pola salah satu fungsi kearifan lokal, yaitu...
A. Pengembangan sumber daya insan dan sumber daya alam
B. Pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan
C. Konservasi dan pelestarian sumber daya alam
D. Pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan
E. Tempat musyawarah dan pengambilan keputusan
7. Kearifan lokal akrab kaitannya dengan kondisi geografis suatu masyarakat, nilai-nilai dalam kearifan lokal menjadi modal utama dalam mengarungi kehidupan masyarakat, seperti...
A. Membangun lingkungan yang tertata sesuai dengan kebutuhan lebih banyak didominasi masyarakat
B. Membangun masyarakat tanpa merusak tatanan sosial dengan lingkungan sosial
C. Kerja sama dengan komunitas lain untuk mendapat laba yang lebih besar
D. Melakukan upaya memperbaiki ekonomi masyarakat sekitar lingkungannya
E. Mengadakan pemilihan kepala kawasan yang calonnya merupakan putra daerah
8. Pariwisata berkelanjutan di Indonesia merupakan wujud tanggung jawab masyarakat dengan prinsip melibatkan masyarakat lokal dalam pembangunan. Hal ini bertujuan untuk...
A. Menyeimbangkan kebutuhan rekreasi wisatawan dengan masyarakat lokal
B. Memperoleh banyak masukan dari banyak sekali pihak dalam pembangunan pariwisata
C. Terwujudnya kualitas hidup masyarakat lokal dan masyarakat pendatang
D. Meningkatkan rasa peduli masyarakat wisata terhadap kelestarian lingkungan alam
E. Mendapatkan tempat rekreasi yang sehat dan nyaman dengan biaya murah
9. Hakikat pemberdayaan komunitas lokal mempunyai tujuan semoga masyarakat menjadi...
A. Peduli lingkungan sekitar kehidupannya
B. Mandiri dalam mengatasi masalahnya
C. Komunitas yang siap berpartisipasi dalam pembangunan
D. Kekuatan dalam memberdayakan aset-aset yang dimilikinya
E. Mampu mencari sarana dan prasarana untuk menyebarkan kreasinya
10. Dalam melaksanakan pemberdayaan komunitas, partisipasi seluruh anggota masyarakat sangatlah penting. Hal ini disebabkan partisipasi merupakan...
A. Strategi yang potensial dalam meningkatkan kualitas kehidupan seluruh aspek kehidupan masyarakat
B. Modal awal dar pembangunan yang merupakan perintah dari pihak yang mempunyai wewenang
C. Kegiatan bersama antara pihak-pihak yang terlibat dalam pinjaman modal awal pembangunan
D. Keikutsertaan masyarakat dalam rangka mengevaluasi hasil kegiatannya di lingkungan komunitas
E. Gerakan untuk menumbuhkembangkan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian lingkungannya
11. Pemberdayaan komunitas lokal dalam pembangunan mencakup beberapa tahapan. Keterlibatan masyarakat dalam perencanaan meliputi...
A. Pengelolaan hasil pembangunan bagi masyarakat
B. Pemanfaatan hasil pembangunan bagi masyarakat
C. Memperlancar pelaksanaan jadwal pembangunan
D. Mempersiapkan anggaran untuk melaksanakan pembangunan
E. Mengevaluasi hasil pembangunan untuk dijadikan tolok ukur perbaikan program
12. Unsur-unsur partisipasi sosial yang sanggup mendukung keberhasilan suatu program, antara lain...
A. Tanggung jawab sosial dan janji masyarakat
B. Pemahaman masyarakat terhadap suatu program
C. Komunikasi yang intensif antarwarga masyarakat
D. Melakukan kegiatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
E. Memotivasi orang lain untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan
13. Ada majemuk tipe partisipasi terhadap pemberdayaan masyarakat. Misalnya, masyarakat berpartisipasi dalam melaksanakan analisa bersama yang mengarah pada perencanaan kegiatan dan mereka mempunyai andil dalam penyelenggaraan seluruh kegiatan. Contoh kegiatan kelompok masyarakat semacam ini termasuk dalam tipe partisipasi...
A. Fungsional
B. Interaktif
C. Konsultasi
D. Representatif
E. Intensif materiil
14. Peran pemerintah dalam pemberdayaan komunitas lokal yang paling penting ialah sebagai...
A. Pengambil keputusan
B. Fasilitator teknologi
C. Mengevaluasi program
D.Penyedia tenaga ahli
E. Pendamping kegiatan di lapangan
15. Agar bangsa kita yang mempunyai banyak sekali kearifan lokal tidak hilang tertelan arus globalisasi, kita harus mempunyai seni administrasi pemberdayaan komunitas dengan cara...
A. Menyediakan lingkungan yang aman bagi pengembangan potensi budaya yang dimiliki masyarakat lokal
B. Mengupayakan hak-hak demokratis individu untuk dilibatkan dalam perencanaan pembangunan masyarakat lokal
C. Membangun akhlak masyarakat semoga mempunyai keterbukaan terhadap budaya-budaya luar yang masuk
D. Menciptakan pembangunan ekonomi yang lebih berpusat pada kesejahteraan rakyat
E. Memperkuat nilai-nilai dan norma-norma leluhur yang ada di masyarakat semoga tetap terjaga sebagai bentuk kearifan lokal
16. Pemberdayaan masyarakat lokal berkaitan dengan kepemimpinan hanya akan efektif jika...
A. Mampu menggerakkan partisipasi masyarakat untuk selalu bekerja sama dalam banyak sekali kegiatan
B. Mampu menumbuhkan atau memanfaatkan pemimpin lokal untuk membantu kelancaran kegiatan pemberdayaan
C. Kegiatan pemberdayaan harus dilaksanakan dengan bijak dan hati-hati semoga perubahan yang terjadi tidak menyebabkan dampak yang negatif
D. Pemberdayaan harus sanggup memaksimalkan sumber daya yang dimiliki masyarakat lokal
E. Memperbanyak latihan keterampilan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat lokal
17. Motif “batik parang” mempunyai arti petuah untuk tidak pernah menyerah. Hal tersebut merupakan pola dari kearifan lokal dalam...
A. Karya-karya masyarakat
B. Pemanfaatan sumber daya alam
C. Mitos masyarakat
D. Bidang pertanian
E. Cerita budaya
18. Aktor pemberdayaan komunitas masyarakat yang mempunyai bentuk output tugas sebagai pihak yang menawarkan konsultasi dan rekomendasi kebijakan adalah...
A. Pemerintah
B. Swasta
C. Masyarakat
D. LSM
E. Lembaga internasional
19. Manfaat dan laba yang sanggup dirasakan oleh komunitas petani menanam sayur dengan sistem tumpangsari adalah...
A. Dapat menstabilkan harga pangan di pasaran
B. Dapat mengantisipasi kenaikan harga sayuran di pasaran
C. Memiliki cadangan persediaan sayuran jikalau harga kurang baik
D. Dapat menopang kelangsungan ekonomi keluarga
E. Tidak ada tanah atau lahan yang menganggur lantaran terisi tanaman sayuran
20. Salah satu pola kearifan lokal dalam penanggulangan kemiskinan ialah kebijakan keamanan pangan dengan mendirikan lumbung padi menyerupai yang terdapat pada masyarakat Baduy. Pendirian lumbung padi ini tentunya mempunyai tujuan, yaitu...
A. Menghimpun hasil panen padi dari warga masyarakat
B. Merupakan cadangan atau persediaan jikalau panen gagal
C. Persediaan dalam mengantisipasi bahaya kekurangan pangan
D. Untuk memenuhi kebutuhan pokok warga masyarakat
E. Melestarikan warisan budaya nenek moyang
Kunci Jawaban
Download
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
Materi Ajar
Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
1. Tradisi-tradisi yang dimiliki masyarakat Indonesia banyak yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal, menyerupai yang terlihat pada masyarakat Bali di bidang pertanian, yaitu...
A. Sistem sengkedan pada lahan yang berbukit
B. Melaksanakan upacara ngaben bagi yang meninggal
C. Setiap hari memberi sesajen pada arwah leluhur
D. Penduduk dihentikan menebang pohon di hari tertentu
E. Burung yang dianggap sakral tidak boleh diburu
2. Munculnya kearifan lokal tidak tiba secara instan, tetapi merupakan suatu proses dari ...
A. Hasil penelitian yang dilakukan secara berulang
B. Cerminan dari kebiasaan masyarakat setempat
C. Fenomena ihwal situasi dan kondisi masyarakat
D. Nilai tradisi yang menyatu dalam kehidupan masyarakat
E. Nilai budaya yang telah ditinggalkan oleh masyarakat
3. Larangan membunuh ular pada masyarakat petani di Jawa sanggup dikategorikan dalam bentuk kearifan lokal, karena...
A. Ular bermanfaat sebagai pemangsa tikus di sawah
B. Populasi ular di sawah semakin berkurang
C. Ular dipandang sebagai binatang keramat
D. Dapat mengganggu keseimbangan sistem
E. Dapat dibudidayakan sebagai komoditas ekonomi
4. Fungsi kearifan lokal yang mengandung makna sosial dalam rangka mewujudkan integrasi di masyarakat di antaranya terdapat pada upacara...
A. Pemilihan kepala desa yang ditentukan oleh sistem senioritas
B. Membaca dongeng rakyat semoga kebudayaan lokal tidak punah
C. Gotong royong pindahkan rumah panggung masyarakat Bugis Makassar
D. “ngeuyeuk seureuh” pada ijab kabul orang Sunda
E. Tujuh bulanan kehamilan anak pertama
5. Tana ‘ulen pada masyarakat Dayak merupakan pola kearifan lokal yang berguna dalam...
A. Konservasi lingkungan alam
B. Pemanfaatan sumber daya alam
C. Membuka lahan pertanian baru
D. Menangkap binatang buruan
E. Menyimpan cadangan air
6. Praktik subak di Bali merupakan pola salah satu fungsi kearifan lokal, yaitu...
A. Pengembangan sumber daya insan dan sumber daya alam
B. Pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan
C. Konservasi dan pelestarian sumber daya alam
D. Pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan
E. Tempat musyawarah dan pengambilan keputusan
7. Kearifan lokal akrab kaitannya dengan kondisi geografis suatu masyarakat, nilai-nilai dalam kearifan lokal menjadi modal utama dalam mengarungi kehidupan masyarakat, seperti...
A. Membangun lingkungan yang tertata sesuai dengan kebutuhan lebih banyak didominasi masyarakat
B. Membangun masyarakat tanpa merusak tatanan sosial dengan lingkungan sosial
C. Kerja sama dengan komunitas lain untuk mendapat laba yang lebih besar
D. Melakukan upaya memperbaiki ekonomi masyarakat sekitar lingkungannya
E. Mengadakan pemilihan kepala kawasan yang calonnya merupakan putra daerah
8. Pariwisata berkelanjutan di Indonesia merupakan wujud tanggung jawab masyarakat dengan prinsip melibatkan masyarakat lokal dalam pembangunan. Hal ini bertujuan untuk...
A. Menyeimbangkan kebutuhan rekreasi wisatawan dengan masyarakat lokal
B. Memperoleh banyak masukan dari banyak sekali pihak dalam pembangunan pariwisata
C. Terwujudnya kualitas hidup masyarakat lokal dan masyarakat pendatang
D. Meningkatkan rasa peduli masyarakat wisata terhadap kelestarian lingkungan alam
E. Mendapatkan tempat rekreasi yang sehat dan nyaman dengan biaya murah
9. Hakikat pemberdayaan komunitas lokal mempunyai tujuan semoga masyarakat menjadi...
A. Peduli lingkungan sekitar kehidupannya
B. Mandiri dalam mengatasi masalahnya
C. Komunitas yang siap berpartisipasi dalam pembangunan
D. Kekuatan dalam memberdayakan aset-aset yang dimilikinya
E. Mampu mencari sarana dan prasarana untuk menyebarkan kreasinya
10. Dalam melaksanakan pemberdayaan komunitas, partisipasi seluruh anggota masyarakat sangatlah penting. Hal ini disebabkan partisipasi merupakan...
A. Strategi yang potensial dalam meningkatkan kualitas kehidupan seluruh aspek kehidupan masyarakat
B. Modal awal dar pembangunan yang merupakan perintah dari pihak yang mempunyai wewenang
C. Kegiatan bersama antara pihak-pihak yang terlibat dalam pinjaman modal awal pembangunan
D. Keikutsertaan masyarakat dalam rangka mengevaluasi hasil kegiatannya di lingkungan komunitas
E. Gerakan untuk menumbuhkembangkan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian lingkungannya
11. Pemberdayaan komunitas lokal dalam pembangunan mencakup beberapa tahapan. Keterlibatan masyarakat dalam perencanaan meliputi...
A. Pengelolaan hasil pembangunan bagi masyarakat
B. Pemanfaatan hasil pembangunan bagi masyarakat
C. Memperlancar pelaksanaan jadwal pembangunan
D. Mempersiapkan anggaran untuk melaksanakan pembangunan
E. Mengevaluasi hasil pembangunan untuk dijadikan tolok ukur perbaikan program
12. Unsur-unsur partisipasi sosial yang sanggup mendukung keberhasilan suatu program, antara lain...
A. Tanggung jawab sosial dan janji masyarakat
B. Pemahaman masyarakat terhadap suatu program
C. Komunikasi yang intensif antarwarga masyarakat
D. Melakukan kegiatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
E. Memotivasi orang lain untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan
13. Ada majemuk tipe partisipasi terhadap pemberdayaan masyarakat. Misalnya, masyarakat berpartisipasi dalam melaksanakan analisa bersama yang mengarah pada perencanaan kegiatan dan mereka mempunyai andil dalam penyelenggaraan seluruh kegiatan. Contoh kegiatan kelompok masyarakat semacam ini termasuk dalam tipe partisipasi...
A. Fungsional
B. Interaktif
C. Konsultasi
D. Representatif
E. Intensif materiil
14. Peran pemerintah dalam pemberdayaan komunitas lokal yang paling penting ialah sebagai...
A. Pengambil keputusan
B. Fasilitator teknologi
C. Mengevaluasi program
D.Penyedia tenaga ahli
E. Pendamping kegiatan di lapangan
15. Agar bangsa kita yang mempunyai banyak sekali kearifan lokal tidak hilang tertelan arus globalisasi, kita harus mempunyai seni administrasi pemberdayaan komunitas dengan cara...
A. Menyediakan lingkungan yang aman bagi pengembangan potensi budaya yang dimiliki masyarakat lokal
B. Mengupayakan hak-hak demokratis individu untuk dilibatkan dalam perencanaan pembangunan masyarakat lokal
C. Membangun akhlak masyarakat semoga mempunyai keterbukaan terhadap budaya-budaya luar yang masuk
D. Menciptakan pembangunan ekonomi yang lebih berpusat pada kesejahteraan rakyat
E. Memperkuat nilai-nilai dan norma-norma leluhur yang ada di masyarakat semoga tetap terjaga sebagai bentuk kearifan lokal
16. Pemberdayaan masyarakat lokal berkaitan dengan kepemimpinan hanya akan efektif jika...
A. Mampu menggerakkan partisipasi masyarakat untuk selalu bekerja sama dalam banyak sekali kegiatan
B. Mampu menumbuhkan atau memanfaatkan pemimpin lokal untuk membantu kelancaran kegiatan pemberdayaan
C. Kegiatan pemberdayaan harus dilaksanakan dengan bijak dan hati-hati semoga perubahan yang terjadi tidak menyebabkan dampak yang negatif
D. Pemberdayaan harus sanggup memaksimalkan sumber daya yang dimiliki masyarakat lokal
E. Memperbanyak latihan keterampilan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat lokal
17. Motif “batik parang” mempunyai arti petuah untuk tidak pernah menyerah. Hal tersebut merupakan pola dari kearifan lokal dalam...
A. Karya-karya masyarakat
B. Pemanfaatan sumber daya alam
C. Mitos masyarakat
D. Bidang pertanian
E. Cerita budaya
18. Aktor pemberdayaan komunitas masyarakat yang mempunyai bentuk output tugas sebagai pihak yang menawarkan konsultasi dan rekomendasi kebijakan adalah...
A. Pemerintah
B. Swasta
C. Masyarakat
D. LSM
E. Lembaga internasional
19. Manfaat dan laba yang sanggup dirasakan oleh komunitas petani menanam sayur dengan sistem tumpangsari adalah...
A. Dapat menstabilkan harga pangan di pasaran
B. Dapat mengantisipasi kenaikan harga sayuran di pasaran
C. Memiliki cadangan persediaan sayuran jikalau harga kurang baik
D. Dapat menopang kelangsungan ekonomi keluarga
E. Tidak ada tanah atau lahan yang menganggur lantaran terisi tanaman sayuran
20. Salah satu pola kearifan lokal dalam penanggulangan kemiskinan ialah kebijakan keamanan pangan dengan mendirikan lumbung padi menyerupai yang terdapat pada masyarakat Baduy. Pendirian lumbung padi ini tentunya mempunyai tujuan, yaitu...
A. Menghimpun hasil panen padi dari warga masyarakat
B. Merupakan cadangan atau persediaan jikalau panen gagal
C. Persediaan dalam mengantisipasi bahaya kekurangan pangan
D. Untuk memenuhi kebutuhan pokok warga masyarakat
E. Melestarikan warisan budaya nenek moyang
Kunci Jawaban
Download
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
Soal-Soal Lain
1. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum 2013) di Sini
2. Soal Pendalaman Materi Esai, Skala Sikap, Penilaian Diri, dan Kecakapan Hidup Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013) di Sini
3. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum 2013) di Sini
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013) di Sini
5. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
6. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 5. Perencanaan Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
7. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 6. Evaluasi Aksi Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
8. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
9. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 5. Perencanaan Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
10. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 6. Evaluasi Aksi Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
11. Soal Pendalaman Materi Esai, Skala Sikap, Penilaian Diri, dan Kecakapan Hidup Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) di Sini
12. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) di Sini
13. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial [Kurikulum 2013] di Sini
14. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial [Kurikulum 2013] di Sini
1. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum 2013) di Sini
2. Soal Pendalaman Materi Esai, Skala Sikap, Penilaian Diri, dan Kecakapan Hidup Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013) di Sini
3. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum 2013) di Sini
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013) di Sini
5. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
6. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 5. Perencanaan Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
7. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 6. Evaluasi Aksi Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
8. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
9. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 5. Perencanaan Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
10. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 6. Evaluasi Aksi Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013] di Sini
11. Soal Pendalaman Materi Esai, Skala Sikap, Penilaian Diri, dan Kecakapan Hidup Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) di Sini
12. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) di Sini
13. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial [Kurikulum 2013] di Sini
14. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial [Kurikulum 2013] di Sini
Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)