Soal Pendalaman Pilihan Ganda Bahan Sosiologi Kelas Xi. Penilaian Semester 1 (Kurikulum Revisi 2016)
A. Pilihlah balasan yang paling tepat
1. Andi mengakui dirinya tergabung dan berperan aktif dalam kelompok Karya Ilmiah Remaja yang diadakan di sekolah tempat ia belajar. Hal tersebut sesuai dengan kriteria suatu kelompok, yaitu...
A. Adanya laba dari suatu kelompok
B. Adanya tujuan yang ingin dicapai oleh suatu kelompok
C. Memiliki teladan interaksi antara anggota kelompok lainnya
D. Pihak yang berinteraksi mendefinisikan dirinya sebagai anggota kelompok
E. Pihak yang berinteraksi didefinisikan oleh orang lain sebagai anggota kelompok
2. Karena adanya kebijakan mengurangi jumlah tenaga kerja, para buruh pabrik bersatu melaksanakan unjuk rasa guna menuntut hak mereka sebagai buruh. Bentuk kelompok sosial yang sesuai dengan perkara tersebut adalah...
A. Publik
B. Kerumunan
C. Massa
D. In-group
E. Membership group
3. Kelompok merupakan sekumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan teladan yang telah mapan. Definisi kelompok sosial tersebut dikemukakan oleh...
A. Paul B. Horton
B. Soerjono Soekanto
C. Robert K. Merton
D. Mayor Polak
E. Roland L. Warren
4. Kelompok terkecil dalam masyarakat adalah...
A. Teman bermain
B. Keluarga
C. Lingkungan RT/RW
D. Kelompok belajar
E. Lingkungan kerja
5. Emile Durkheim membagi kelompok sosial menjadi dua, yakni...
A. In-group dan out-group
B. Membership group dan reference group
C. Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
D. Kelompok primer dan sekunder
E. Paguyuban dan patembayan
6. Di tempat pedesaan sanggup kita jumpai masyarakat yang mempunyai teladan interaksi yang sangat dekat, tidak mengenal pembagian kerja dan solidaritas di antara mereka cukup kuat. Berdasarkan hal tersebut, masyarakat desa termasuk dalam...
A. Solidaritas mekanik
B. Solidaritas organik
C. Paguyuban
D. Patembayan
E. In-group
7. Ibu Anita mengikuti arisan yang diadakan oleh ibu-ibu lain yang berada dalam satu kompleks perumahan yang sama, hal ini diadakan semoga kekerabatan antartetangga lebih mengenal dan dekat. Berdasarkan hal tersebut, kelompok sosial yang terjadi adalah...
A. Membership group
B. Kelompok sekunder
C. Paguyuban menurut tempat tinggal
D. Paguyuban menurut jiwa dan pikiran
E. Patembayan menurut kontrak
8. Segregasi merupakan bentuk dari teladan hubungan...
A. Pluralism
B. Dominasi
C. Integrasi
D. Akulturasi
E. Asimilasi
9. Adanya konflik antarkelompok sosial disebabkan lantaran adanya kelompok mayoritas dan minoritas antarkelompok. Hal ini merupakan akhir dari...
A. Adanya kekerabatan yang saling mendominasi
B. Etnosentrisme kelompok
C. Adanya disintegrasi dalam masyarakat
D. Hubungan dengan budaya absurd yang lebih dominan
E. Kesadaran akan harmoni sosial
10. Suatu keadaan yang tidak sesuai atau adanya gap dari yang diperlukan dengan kondisi realita merupakan pengertian dari...
A. Masalah sosial
B. Masalah
C. Hambatan
D. Kecemburuan sosial
E. Stratifikasi sosial
11. Penyebab problem sosial antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain berbeda-beda. Perbedaan ini antara lain dipengaruhi oleh...
A. Faktor geografis, tingkat pendidikan, dan latar belakang budaya
B. Perbedaan nilai, akidah pengalaman hidup, dan periode sejarah
C. Keyakinan pengalaman hidup periode sejarah, dan tingkat pendidikan
D. Latar belakang budaya, kehidupan ekonomi, dan tingkat pendidikan
E. Faktor geografis, keadaan penduduk, dan latar belakang budaya
12. Suatu konflik yang muncul dalam bentuk prasangka dan diskriminasi yang dimiliki dan dipraktikkan oleh kelompok lebih banyak didominasi terhadap kelompok minoritas merupakan bentuk dari konflik...
A. Ras
B. Agama
C. Kelas
D. Individu
E. Nasional
13. Dalam teori fungsionalis, ada dua pandangan ihwal problem sosial. Kedua pandangan itu adalah...
A. Internal dan eksternal
B. Integrasi dan reintegrasi
C. Simbolis dan nonsimbolis
D. Pandangan klasik dan neoklasik
E. Patologi sosial dan disorganisasi sosial
14. Suatu tindakan penyimpangan yang masuk ke dalam kategori kejahatan ialah ketika...
A. Pelaku melanggar aturan dan merugikan korban baik fisik maupun materi
B. Tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat
C. Adanya penyimpangan yang masih diterima masyarakat
D. Perilaku tersebut merupakan bawaan semenjak lahir
E. Dilakukan berulang-ulang dan menjadi kebiasaan
15. Menurunnya pendapatan perkapita akhir pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi tanpa diimbangi dengan peningkatan produktivitas, merupakan faktor dari masalah...
A. Ketidakadilan sosial
B. Kesenjangan ekonomi
C. Kehidupan sosial
D. Kriminalitas
E. Konflik sosial
16. Di perkotaan, khususnya yang mempunyai pendapatan yang relatif tinggi, akan berbeda tingkat konsumsi dan gaya hidupnya dengan masyarakat yang mempunyai pendapatan rendah. Hal tersebut menunjukkan adanya bentuk kesenjangan...
A. Baru
B. Klasik
C. Ekonomi
D. Gaya hidup
E. Perilaku konsumsi
17. Kesenjangan sosial ekonomi dalam masyarakat masih terasa dalam masyarakat Indonesia. Kunci utama sebagai upaya mengatasi kesenjangan sosial ekonomi adalah...
A. Meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tidak mempunyai keterampilan
B. Memberikan pendidikan yang gratis semoga sanggup diakses masyarakat dan berkhasiat dalam hidupnya kelas
C. Memberi terusan kepada setiap anggota masyarakat untuk menikmati dan memanfaatkan aneka macam akomodasi sosial dan meningkatkan ekonomi
D. Membendung produk absurd masuk ke dalam negeri dan meningkatkan produk lokal
E. Meningkatkan kesejahteraan pedagang kecil dengan memudahkan peminjaman uang pada pedagang
18. Dalam masyarakat adanya pembagian terstruktur mengenai atau penggolongan terhadap perbedaan-perbedaan tertentu yang biasanya sama, sejenis atau secara horizontal menyerupai suku bangsa, pekerjaan, bahkan gender dan jenis kelamin. Klasifikasi masyarakat secara horizontal tersebut dinamakan...
A. Kesetaraan sosial
B. Diferensiasi sosial
C. Stratifikasi sosial
D. Ketidakadilan sosial
E. Harmoni sosial
19. Dosen ialah salah satu pekerjaan yang dianggap mempunyai prestise yang lebih tinggi lantaran adanya kriteria pengetahuan yang dibutuhkan. Berdasarkan hal tersebut, dasar dari stratifikasi sosial adalah...
A. Kekuasaan
B. Keturunan
C. Pendidikan
D. Kedudukan
E. Kehormatan
20. Sistem stratifikasi sosial pada masyarakat feodal Surakarta dan Yogyakarta adalah...
A. Santri, abangan, dan priyayi
B. Pemilik lahan, buruh tani, dan priyayi
C. Raja, olee balang, dan rakyat jelata
D. Bangsawan, priyayi, dan wong cilik
E. Ksatria, brahmana, dan waisya
21. Pada masyarakat feodal anggota masyarakat dari keluarga raja atau kaum darah biru menempati lapisan sosial atas. Gelar tersebut diberikan semenjak lahir menyerupai Raden pada masyarakat Jawa. Hal yang menjadi dasar stratifikasi sosial pada perkara tersebut adalah...
A. Kedudukan
B. Pendidikan
C. Kekuasaan
D. Kekayaan
E. Keturunan
22. Klan sering disebut sebagai kerabat, keluarga atau keluarga luas yang merupakan kesatuan genealogis atau keturunan. Dalam masyarakat Indonesia, terdapat dua bentuk klan utama, yaitu...
A. Matrilineal dan patrilineal
B. Mandagi dan lasut
C. Garis keturunan nenek dan kakek
D. Garis keturunan dari paman dan bibi
E. De rosary dan da costa
23. Masyarakat miskin ibu kota sering terpinggirkan dari kemudahan terusan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang layak lantaran adanya perbedaan kelas. Berdasarkan perkara tersebut, bentuk dari ketidakadilan tersebut adalah...
A. Stereotip
B. Marginalisasi
C. Subordinasi
D. Dominasi
E. Segregasi
24. Suatu kondisi masyarakat yang merujuk pada kesetaraan atau kesederajatan kebudayaan dan perilaku saling menghargai dan menghormati dalam sebuah masyarakat. Kondisi tersebut merupakan cermin dari...
A. Kesetaraan
B. Harmoni sosial
C. Diferensiasi sosial
D. Stratifikasi sosial
E. Tenggang rasa
25. Konsep utama dari kesetaraan adalah...
A. Tidak adanya konflik atas SARA
B. Wujud dari keadilan
C. Kebebasan dari prasangka dan diskriminasi
D. Kesejahteraan untuk masyarakat
E. Toleransi dan perilaku saling menghargai
Kunci Jawaban
Download
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI. Evaluasi Semester 1 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
6. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
Baca Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai. Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial [Kurikulum 2013]
2. Soal Pendalaman Materi Esai. Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial [Kurikulum 2013]
3. Soal Pendalaman Materi Esai. Kelas XI. Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat [Kurikulum 2013]
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI. Evaluasi Semester 1 [Kurikulum 2013]
5. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial [Kurikulum 2013]
6. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 2. Permasalahan Sosial [Kurikulum 2013]
7. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 1. Kelompok Sosial [Kurikulum 2013]
Materi Ajar
Semester 1
Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
Bab 2. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
1. Andi mengakui dirinya tergabung dan berperan aktif dalam kelompok Karya Ilmiah Remaja yang diadakan di sekolah tempat ia belajar. Hal tersebut sesuai dengan kriteria suatu kelompok, yaitu...
A. Adanya laba dari suatu kelompok
B. Adanya tujuan yang ingin dicapai oleh suatu kelompok
C. Memiliki teladan interaksi antara anggota kelompok lainnya
D. Pihak yang berinteraksi mendefinisikan dirinya sebagai anggota kelompok
E. Pihak yang berinteraksi didefinisikan oleh orang lain sebagai anggota kelompok
2. Karena adanya kebijakan mengurangi jumlah tenaga kerja, para buruh pabrik bersatu melaksanakan unjuk rasa guna menuntut hak mereka sebagai buruh. Bentuk kelompok sosial yang sesuai dengan perkara tersebut adalah...
A. Publik
B. Kerumunan
C. Massa
D. In-group
E. Membership group
3. Kelompok merupakan sekumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan teladan yang telah mapan. Definisi kelompok sosial tersebut dikemukakan oleh...
A. Paul B. Horton
B. Soerjono Soekanto
C. Robert K. Merton
D. Mayor Polak
E. Roland L. Warren
4. Kelompok terkecil dalam masyarakat adalah...
A. Teman bermain
B. Keluarga
C. Lingkungan RT/RW
D. Kelompok belajar
E. Lingkungan kerja
5. Emile Durkheim membagi kelompok sosial menjadi dua, yakni...
A. In-group dan out-group
B. Membership group dan reference group
C. Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
D. Kelompok primer dan sekunder
E. Paguyuban dan patembayan
6. Di tempat pedesaan sanggup kita jumpai masyarakat yang mempunyai teladan interaksi yang sangat dekat, tidak mengenal pembagian kerja dan solidaritas di antara mereka cukup kuat. Berdasarkan hal tersebut, masyarakat desa termasuk dalam...
A. Solidaritas mekanik
B. Solidaritas organik
C. Paguyuban
D. Patembayan
E. In-group
7. Ibu Anita mengikuti arisan yang diadakan oleh ibu-ibu lain yang berada dalam satu kompleks perumahan yang sama, hal ini diadakan semoga kekerabatan antartetangga lebih mengenal dan dekat. Berdasarkan hal tersebut, kelompok sosial yang terjadi adalah...
A. Membership group
B. Kelompok sekunder
C. Paguyuban menurut tempat tinggal
D. Paguyuban menurut jiwa dan pikiran
E. Patembayan menurut kontrak
8. Segregasi merupakan bentuk dari teladan hubungan...
A. Pluralism
B. Dominasi
C. Integrasi
D. Akulturasi
E. Asimilasi
9. Adanya konflik antarkelompok sosial disebabkan lantaran adanya kelompok mayoritas dan minoritas antarkelompok. Hal ini merupakan akhir dari...
A. Adanya kekerabatan yang saling mendominasi
B. Etnosentrisme kelompok
C. Adanya disintegrasi dalam masyarakat
D. Hubungan dengan budaya absurd yang lebih dominan
E. Kesadaran akan harmoni sosial
10. Suatu keadaan yang tidak sesuai atau adanya gap dari yang diperlukan dengan kondisi realita merupakan pengertian dari...
A. Masalah sosial
B. Masalah
C. Hambatan
D. Kecemburuan sosial
E. Stratifikasi sosial
11. Penyebab problem sosial antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain berbeda-beda. Perbedaan ini antara lain dipengaruhi oleh...
A. Faktor geografis, tingkat pendidikan, dan latar belakang budaya
B. Perbedaan nilai, akidah pengalaman hidup, dan periode sejarah
C. Keyakinan pengalaman hidup periode sejarah, dan tingkat pendidikan
D. Latar belakang budaya, kehidupan ekonomi, dan tingkat pendidikan
E. Faktor geografis, keadaan penduduk, dan latar belakang budaya
12. Suatu konflik yang muncul dalam bentuk prasangka dan diskriminasi yang dimiliki dan dipraktikkan oleh kelompok lebih banyak didominasi terhadap kelompok minoritas merupakan bentuk dari konflik...
A. Ras
B. Agama
C. Kelas
D. Individu
E. Nasional
13. Dalam teori fungsionalis, ada dua pandangan ihwal problem sosial. Kedua pandangan itu adalah...
A. Internal dan eksternal
B. Integrasi dan reintegrasi
C. Simbolis dan nonsimbolis
D. Pandangan klasik dan neoklasik
E. Patologi sosial dan disorganisasi sosial
14. Suatu tindakan penyimpangan yang masuk ke dalam kategori kejahatan ialah ketika...
A. Pelaku melanggar aturan dan merugikan korban baik fisik maupun materi
B. Tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat
C. Adanya penyimpangan yang masih diterima masyarakat
D. Perilaku tersebut merupakan bawaan semenjak lahir
E. Dilakukan berulang-ulang dan menjadi kebiasaan
15. Menurunnya pendapatan perkapita akhir pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi tanpa diimbangi dengan peningkatan produktivitas, merupakan faktor dari masalah...
A. Ketidakadilan sosial
B. Kesenjangan ekonomi
C. Kehidupan sosial
D. Kriminalitas
E. Konflik sosial
16. Di perkotaan, khususnya yang mempunyai pendapatan yang relatif tinggi, akan berbeda tingkat konsumsi dan gaya hidupnya dengan masyarakat yang mempunyai pendapatan rendah. Hal tersebut menunjukkan adanya bentuk kesenjangan...
A. Baru
B. Klasik
C. Ekonomi
D. Gaya hidup
E. Perilaku konsumsi
17. Kesenjangan sosial ekonomi dalam masyarakat masih terasa dalam masyarakat Indonesia. Kunci utama sebagai upaya mengatasi kesenjangan sosial ekonomi adalah...
A. Meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tidak mempunyai keterampilan
B. Memberikan pendidikan yang gratis semoga sanggup diakses masyarakat dan berkhasiat dalam hidupnya kelas
C. Memberi terusan kepada setiap anggota masyarakat untuk menikmati dan memanfaatkan aneka macam akomodasi sosial dan meningkatkan ekonomi
D. Membendung produk absurd masuk ke dalam negeri dan meningkatkan produk lokal
E. Meningkatkan kesejahteraan pedagang kecil dengan memudahkan peminjaman uang pada pedagang
18. Dalam masyarakat adanya pembagian terstruktur mengenai atau penggolongan terhadap perbedaan-perbedaan tertentu yang biasanya sama, sejenis atau secara horizontal menyerupai suku bangsa, pekerjaan, bahkan gender dan jenis kelamin. Klasifikasi masyarakat secara horizontal tersebut dinamakan...
A. Kesetaraan sosial
B. Diferensiasi sosial
C. Stratifikasi sosial
D. Ketidakadilan sosial
E. Harmoni sosial
19. Dosen ialah salah satu pekerjaan yang dianggap mempunyai prestise yang lebih tinggi lantaran adanya kriteria pengetahuan yang dibutuhkan. Berdasarkan hal tersebut, dasar dari stratifikasi sosial adalah...
A. Kekuasaan
B. Keturunan
C. Pendidikan
D. Kedudukan
E. Kehormatan
20. Sistem stratifikasi sosial pada masyarakat feodal Surakarta dan Yogyakarta adalah...
A. Santri, abangan, dan priyayi
B. Pemilik lahan, buruh tani, dan priyayi
C. Raja, olee balang, dan rakyat jelata
D. Bangsawan, priyayi, dan wong cilik
E. Ksatria, brahmana, dan waisya
21. Pada masyarakat feodal anggota masyarakat dari keluarga raja atau kaum darah biru menempati lapisan sosial atas. Gelar tersebut diberikan semenjak lahir menyerupai Raden pada masyarakat Jawa. Hal yang menjadi dasar stratifikasi sosial pada perkara tersebut adalah...
A. Kedudukan
B. Pendidikan
C. Kekuasaan
D. Kekayaan
E. Keturunan
22. Klan sering disebut sebagai kerabat, keluarga atau keluarga luas yang merupakan kesatuan genealogis atau keturunan. Dalam masyarakat Indonesia, terdapat dua bentuk klan utama, yaitu...
A. Matrilineal dan patrilineal
B. Mandagi dan lasut
C. Garis keturunan nenek dan kakek
D. Garis keturunan dari paman dan bibi
E. De rosary dan da costa
23. Masyarakat miskin ibu kota sering terpinggirkan dari kemudahan terusan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang layak lantaran adanya perbedaan kelas. Berdasarkan perkara tersebut, bentuk dari ketidakadilan tersebut adalah...
A. Stereotip
B. Marginalisasi
C. Subordinasi
D. Dominasi
E. Segregasi
24. Suatu kondisi masyarakat yang merujuk pada kesetaraan atau kesederajatan kebudayaan dan perilaku saling menghargai dan menghormati dalam sebuah masyarakat. Kondisi tersebut merupakan cermin dari...
A. Kesetaraan
B. Harmoni sosial
C. Diferensiasi sosial
D. Stratifikasi sosial
E. Tenggang rasa
25. Konsep utama dari kesetaraan adalah...
A. Tidak adanya konflik atas SARA
B. Wujud dari keadilan
C. Kebebasan dari prasangka dan diskriminasi
D. Kesejahteraan untuk masyarakat
E. Toleransi dan perilaku saling menghargai
Kunci Jawaban
Download
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI. Evaluasi Semester 1 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
6. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
Baca Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai. Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial [Kurikulum 2013]
2. Soal Pendalaman Materi Esai. Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial [Kurikulum 2013]
3. Soal Pendalaman Materi Esai. Kelas XI. Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat [Kurikulum 2013]
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI. Evaluasi Semester 1 [Kurikulum 2013]
5. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial [Kurikulum 2013]
6. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 2. Permasalahan Sosial [Kurikulum 2013]
7. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 1. Kelompok Sosial [Kurikulum 2013]
Materi Ajar
Semester 1
Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
Bab 2. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)