Soal Ujian Nasional (Un) Sosiologi Bahan Kelas X Tahun 2017

1. Beberapa fakta sosial disajikan sebagai dasar untuk menyusun teori gres yang dipakai untuk menyempurnakan teori yang sudah lama. Pernyataan tersebut memperlihatkan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan bersifat ...
A. Kumulatif
B. Non etis
C. Empiris
D. Teoritis
E. Kritis

2. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berkembang di Eropa. Perkembangan sosiologi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yakni revolusi industri di Inggris. Pada perkembangannya revolusi industri mengakibatkan masalah-masalah sosial tertentu yang ikut memengaruhi perkembangan sosiologi di Eropa yaitu ....
A. Pergolakan rakyat terhadap tuan tanah yang ada
B. Terjadinya kudeta pada masyarakat Inggris
C. Naiknya nilai emas yang mempengaruhi merkantilisme
D. Pendistribusian ekonomi dan kekuasaan di Inggris yang baik
E. Pengangguran besar-besaran yang menjadikan revolusi sosial


3. Dina seorang cukup umur putri. Dia sering pulang malam tanpa alasan yang jelas. Di samping itu, Dina sering berpesta sampai larut malam, sehingga mengganggu kenyamanan para tetangga. Akhirnya masyarakat mencela. Celaan masyarakat tersebut menyadarkan Dina untuk tidak mengulangi perbuatannya. Berdasarkan konsep dasar sosiologi cara mengatasi permasalahan yang dilakukan rnasyarakat bertujuan untuk ...
A. Menjaga ketertiban sosial
B. Mencegah penyimpangan
C. Mengembangkan budaya malu
D. Menciptakan sistem hukum
E. Menegakkan sistem hukum

4. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Media massa memegang tugas penting dalam pemberitaan
2) Kandungan zat berbahaya di dalam minuman dan makanan
3) Kebiasaan masyarakat mengonsumsi minuman beralkohol
4) Sekelompok orang melaksanakan demo di depan istana negara
5) Hubungan sesama muslim diikat oleh nilai-nilai Al Qur'an
Dari pola di atas yang termasuk kajian sosiologi yakni ...
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

5. Sejak kecil anak sudah diajarkan oleh orang tuanya biar gemar menolong orang lain tanpa pamrih alasannya yakni saling menolong dalam kebaikan itu merupakan perbuatan mulia. Kini anak itu sudah besar. Saat ia naik kendaraan umum, ia segera memperlihatkan tempat duduknya kepada seorang ibu hamil yang tidak mendapat dingklik dengan tulus sesuai dengan didikan orang tuanya. Fungsi nilai dari pola tersebut yakni ...
A. Petunjuk  dalam  berfikir, berperasaan, dan berperilaku
B. Pembentuk solidaritas mekanis kelompok atau masyarakat
C. Penjaga stabilitas budaya kelompok atau masyarakat
D. Pendorong individu mencapai harapan atau harapan
E. Pengawas dengan daya tekan dan pengikat tertentu

6. Perhatikan gambar berikut! 

Syarat terjadinya interaksi sesuai gambar tersebut yakni adanya ....
A. Kontak sosial primer langsung
B. Kontak sosial sekunder Iangsung
C. Kontak  yang diterima  pihak ketiga
D. Kontak sosial sekunder tidak langsung
E. Kontak dengan memakai media sosial

7. Pemerintah tempat melaksanakan relokasi penduduk yang ada di tempat rawan peristiwa ke tempat yang lebih aman. Untuk itu pemerintah tempat setempat melaksanakan obrolan dengan para warga yang akan dipindah biar warga memahami tujuan dilakukan relokasi. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial pada ilustrasi tersebut yakni ...
A. Usaha untuk bersaing dengan warga sekitar
B. Adanya keinginan untuk menahan dampak dari luar
C. Kerja sama yang baik antara dua pihak yang bekerja sama
D. Keinginan untuk hidup di tempat yang kondusif dari bencana
E. Merealisasikan keinginan untuk hidup lebih maju dan nyaman

8. Beberapa negara terlibat konflik mengenai batas teritorial. Untuk menuntaskan kasus tersebut, mereka bersepakat membawanya ke Mahkamah Internasional. Alasan menentukan adjudikasi dalam proses penyelesaian konflik yakni alasannya yakni ...
A. Pihak yang berkonflik sanggup menolak pendapat pihak ketiga
B. Pihak yang berkonflik sulit mengakui kesalahan masing-masing
C. Salah satu pihak yang berkonflik mempunyai kekuatan yang lebih kuat
D. Dapat menuntaskan konflik secara adil dan berkekuatan aturan tetap
E. Konflik  sanggup diselesaikan bila pihak yang bertikai berkekuatan seimbang

9. Anak-anak yang lahir dan besar di lingkungan suku bangsa Jawa dikenalkan dan dibiasakan berpikir, bersikap, dan berperilaku sesuai adab dan budaya Jawa. Tujuan sosialisasi sesuai pola tersebut yakni ...
A. Mendidik anak biar berpribadi sesuai kemajuan zaman
B. Memberi toleransi pada penyimpangan biar tradisi berubah
C. Membentuk pribadi ideal sesuai nilai dan norma masyarakat
D. Mempertahankan tradisi masyarakat Jawa yang dikemas secara modern
E. Memperkenalkan budaya kepada masyarakat lain melalui sikap anak

10. Contoh tahap perkembangan diri seseorang:
1) Budi menjadi ketua senat mahasiswa Fakultas Hukum
2) Dalam usia relatif muda, Susi menjadi anggota DPRD tingkat I
3) Jessy mengikuti sikap kakaknya mencoret-coret tembok rumahnya
4) Dewi melanjutkan bisnis orang tuanya di bidang perjuangan transportasi taksi
5) Adinda menyanyi lagu kesukaannya di kamar tidurnya dengan bunyi gembira
Yang termasuk tahap generalized others adaJah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)


11. Seorang anak mengalami kekerasan di dalam keluarganya. Ayahnya sering berlaku berangasan sehingga anak merasa takut dan tertekan. Kini ia lebih sering bermain dengan temannya yang gemar mengonsumsi minuman keras dan penyalahgunaan narkotika. Penyimpangan tersebut berupa sosialisasi tidak tepat di dalam keluarga yaitu ...
A. Keluarga tidak utuh alasannya yakni hilangnya sebagian anggota
B. Keluarga tidak sanggup menjadi panutan dalam bersikap
C. Peran ayah lebih banyak didominasi dalam mencari nafkah keluarga
D. Keluarga gagal menanamkan nilai dan norma yang baik
E. Kepribadian seorang anak sangat dipengaruhi oleh teman

12. Dalam upacara bendera sering dijumpai para siswa tidak tertib dan hikmat. Hal demikian tidak baik kalau dibiarkan alasannya yakni para siswa tidak bisa menyerap nilai-nilai kebangsaan yang sudah dibangun oleh para pendiri bangsa ini. Guru melaksanakan pengendalian sosial persuasif terhadap siswa-siwa tersebut dengan cara ...
A. Seluruh siswa diminta untuk mengulang pelaksanaan upacara bendera
B. Meminta orang renta untuk mendidik anaknya ihwal jiwa nasionalis
C. Menghimbau para wali kelas biar lebih efektif memperlihatkan sanksi
D. Memberi eksekusi pada anak yang tidak tertib biar mereka jera
E. Membimbing siswa ihwal perlunya mempunyai jiwa patriotik

13. Di sentra kota sering dijumpai pedagang kaki lima menggelar dagangannya di tubuh jalan sehingga mengakibatkan kemacetan. Para pedagang tersebut merasa kondusif berjualan alasannya yakni setiap hari memperlihatkan uang keamanan kepada oknum aparat. Keadaan tersebut menambah kemacetan dan kesemrawutan kota. Daiam hal ini forum pengendalian yang tidak berfungsi yakni ...
A. Keluarga
B. Kepolisian
C. Sekolah
D. Agama
E. Ekonomi

14. Anak jalanan yang mengemis di jalan raya menggambarkan adanya kemiskinan di tempat itu. Kadang para orang renta melibatkan anaknya untuk mengemis untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bagi sebagian anak mengemis merupakan profesi yang sanggup ia jalankan setiap hari. Mengemis bagi mereka merupakan cara mendapat uang yang gampang sebagai alternatif dari keterbatasan mendapatan pekerjaan yang layak. Faktor penyebab problem tersebut yakni ...
A. Realistis dengan keterbatasan kemampuan diri
B. Pasrah alasannya yakni tidak mendapat pekerjaan
C. Kepatuhan anak pada perintah orang tua
D. Keinginan untuk memenuhi kebutuhan
E. Malas dan tidak mau bekerja keras

15. Perilaku kriminal tidak hanya dilakukan oleh masyarakat bawah tetapi masyarakat kelas atas bisa melaksanakan hal yang sama ibarat korupsi. Korupsi telah rnenyebabkan kehidupan masyarakat sengsara, harga-harga kebutuhan pokok mahal, infrastruktur hancur, dan kualitas layanan masyarakat menjadi buruk. Latar belakang terjadinya permasalahan sosial tersebut yakni ...
A. Pola hidup materialistis dan belum adanya sistem yang menjamin biar tidak terjadi penyimpangan anggaran
B. Pendapatan negara dari sektor pajak cukup tinggi sehingga korupsi tidak memengaruhi  APBN
C. Kesenjangan sosial ekonomi memicu sikap kriminal oleh masyarakat kelas atas
D. Hukuman bagi koruptor terlalu ringan sehingga tidak mengakibatkan imbas jera bagi pelaku
E. Rakyat tidak pernah protes meskipun infrastruktur rusak dan harga kebutuhan pokok mahal

16. Demi memperoleh laba yang besar, oknum produsen kuliner menambahkan materi kimia berbahaya biar kuliner menjadi menarik, tekstur lebih kenyal dan awet. Upaya pegawanegeri melarang penggunaan materi berbahaya tersebut tidak sepenuhnya berhasil alasannya yakni sulitnya kontrol di lapangan. Dampak tanda-tanda sosial tersebut bagi derajat kesehatan masyarakat yakni ...
A. Masyarakat bawah tetap membeli kuliner rneskipun terbuat dari materi sintetis
B. BPOM hanya memperlihatkan hukuman ringan bagi pembuat kuliner bemasalah
C. Kesehatan masyarakat makin jelek akhir kuliner yang tidak sehat
D. Apotek dan toko kimia secara sembunyi melayani pembelian zat berbahaya
E. Makanan mengandung zat berbahaya dikonsumsi masyarakat miskin


Kunci Jawaban

Download

Video Soal dan Kunci Jawaban Ujian Nasional Sosiologi (UN) Materi Kelas X Tahun 2017 (Youtube Chanel. https://youtu.be/2vgNdnIMvGg )

Lihat Juga 
1. Materi Sosiologi Acuan Klik di Sini
2. Bedah Soal Ujian Nasional Sosiologi Tahun 2018 Klik di Sini
3. Soal Ujian Nasional (UN) Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2017
4. Soal Ujian Nasional (UN) Sosiologi Materi Kelas XI Tahun 2017

Soal-Soal Lain
Kelas X
1. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Pengendalian Sosial
2. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Penyimpangan Sosial
3. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
4. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Nilai dan Norma Sosial
5. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Interaksi Sosial
6. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Teori dan Pengetahuan Sosiologi

Referensi Soal 

1. Soal Ujian Nasional Sosiologi (UN) Materi Kelas X Tahun 2018
2. Soal Ujian Nasional (UN) Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2017 
3. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2016
4. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2015
5. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2014
6. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2013
7. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2012
8. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2011 9. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2010

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel