Jerome Bruner. Empat Tema Wacana Pendidikan
Dalam bukunya (Bruner, 1960), Bruner mengemukakan empat tema pendidikan. Tema pertama mengemukakan pentingnya arti struktur pengetahuan. Kurikulum hendaknya mementingkan struktur pengetahuan. Hal ini perlu alasannya yaitu dengan struktur pengetahuan, kita menolong para siswa untuk melihat bagaimana fakta-fakta yang kelihatannya tidak mempunyai hubungan, sanggup dihubungkan satu dengan yang lain, dan pada gosip yang telah mereka miliki.
Tema kedua ialah wacana kesiapan belajar. Menurut Bruner (1966: 29), kesiapan terdiri atas penguasaan keterampilan yang lebih sederhana yang sanggup mengizinkan seseorang untuk mencapai keterampilan yang lebih tinggi. Kesiapan untuk geometri Euclidian misalnya, sanggup diperoleh dengan memperlihatkan kesempatan pada para siswa untuk membangun konstruksi-konstruksi yang makin kompleks dengan memakai poligon-poligon.
Tema yang ketiga menekankan nilai intuisi dalam proses pendidikan. Dengan intuisi, yang dimaksud oleh Bruner (190: 13) yaitu teknik-teknik intelektual untuk hingga pada formulasi tentatif tanpa melalui langkah-langkah analitis untuk mengetahui apakah formulasi itu merupakan kesimpulan yang sahih atau tidak. Hal yang dikemukakan oleh Bruner ini ialah semacam educated guess yang kerap kali dipakai oleh para ilmuwan, artis, dan orang-orang kreatif lainnya.
Tema keempat dan terakhir ialah wacana motivasi atau impian untuk berguru dan cara-cara yang tersedia pada para guru untuk merangsang motivasi itu. Pengalaman-pengalaman pendidikan yang merangsang motivasi ialah pengalaman di mana para siswa berpartisipasi secara aktif dalam menghadapi alamnya. Menurut Bruner, pengalaman berguru semacam ini sanggup dicontohkan oleh pengalaman berguru inovasi yang intuitif.
Sumber
Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga. Jakarta
Download
Baca Juga
1. Jerome Bruner. Biografi Psikolog
2. Teori Belajar dari Bruner
3. Jerome Bruner. Model dan Kategori
4. Jerome Bruner. Belajar Sebagai Proses Kognitif
5. Jerome Bruner. Belajar Penemuan
Tema kedua ialah wacana kesiapan belajar. Menurut Bruner (1966: 29), kesiapan terdiri atas penguasaan keterampilan yang lebih sederhana yang sanggup mengizinkan seseorang untuk mencapai keterampilan yang lebih tinggi. Kesiapan untuk geometri Euclidian misalnya, sanggup diperoleh dengan memperlihatkan kesempatan pada para siswa untuk membangun konstruksi-konstruksi yang makin kompleks dengan memakai poligon-poligon.
Tema yang ketiga menekankan nilai intuisi dalam proses pendidikan. Dengan intuisi, yang dimaksud oleh Bruner (190: 13) yaitu teknik-teknik intelektual untuk hingga pada formulasi tentatif tanpa melalui langkah-langkah analitis untuk mengetahui apakah formulasi itu merupakan kesimpulan yang sahih atau tidak. Hal yang dikemukakan oleh Bruner ini ialah semacam educated guess yang kerap kali dipakai oleh para ilmuwan, artis, dan orang-orang kreatif lainnya.
Tema keempat dan terakhir ialah wacana motivasi atau impian untuk berguru dan cara-cara yang tersedia pada para guru untuk merangsang motivasi itu. Pengalaman-pengalaman pendidikan yang merangsang motivasi ialah pengalaman di mana para siswa berpartisipasi secara aktif dalam menghadapi alamnya. Menurut Bruner, pengalaman berguru semacam ini sanggup dicontohkan oleh pengalaman berguru inovasi yang intuitif.
Sumber
Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga. Jakarta
Baca Juga
Baca Juga
2. Teori Belajar dari Bruner
3. Jerome Bruner. Model dan Kategori
4. Jerome Bruner. Belajar Sebagai Proses Kognitif
5. Jerome Bruner. Belajar Penemuan