Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Sosialisasi Dan Pembentukan Kepribadian

Pilihlah Jawaban yang Benar!
1. Hari pertama memasuki SMA, Siska mengikuti acara masa orientasi siswa (MOS) yang diadakan di sekolah. Kegiatan tersebut mempunyai kegunaan bagi Siska dan penerima didik lain untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Berdasarkan ilustrasi tersebut, bentuk sosialisasi yang dilakukan Siska ialah sosialisasi...
A. Primer
B. Sekunder
C. Ekualitatif
D. Partisipatoris
E. Tidak langsung

2. Proses sosialisasi sanggup memengaruhi kepribadian seseorang. Keluarga berperan memperlihatkan sosialisasi tingkat pertama kepada anggota keluarganya. Oleh alasannya itu, keluarga berperan sebagai distributor sosialisasi primer yang bertujuan...
A. Meningkatkan rasa solidaritas antaranggota masyarakat
B. Memberikan pembelajaran nilai dan norma sosial mendasar
C. Menanamkan kehidupan dan menambah wawasan pengetahuan
D. Melaksanakan tindakan sosial sesuai dengan budaya masyarakat
E. Menjaga keteraturan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat

3. Sebagai penerima didik baru, Resti mengikuti acara pengenalan di lingkungan sekolah. Dalam acara tersebut, Resti diberikan penyuluhan mengenai pendidikan abjad oleh kepala sekolah. Tujuannya biar Resti dan penerima didik lain sanggup menerapkan nilai-nilai abjad menyerupai kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, serta sikap kritis di lingkungan sekolah. Berdasarkan ilustrasi tersebut, bentuk sosialisasi yang dialami Resti ialah sosialisasi...
A. Primer
B. Sekunder
C. Otoritatif
D. Ekualitatif
E. Partisipatoris


4. Heri merupakan anak pendiam dan tidak suka bersosialisasi di lingkungan masyarakat. Sejak bertemu dengan teman-teman kuliahnya, beliau bermetamorfosis ramah dan gampang bergaul dengan orang lain. Heri juga aktif dalam organisasi desa. Media sosialisasi yang berperan mengubah kepribadian Heri adalah...
A. Keluarga
B. Lingkungan kerja
C. Kelompok bermain
D. Lingkungan sekolah
E. Lingkungan masyarakat

5. Pada ketika ini hampir semua bidang, termasuk pendidikan memerlukan internet. Dalam institusi pendidikan, penerima didik dianjurkan aktif mencari tumpuan mencar ilmu dari aneka macam sumber, termasuk internet untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Kondisi tersebut memperlihatkan imbas media sosialisasi dalam pembentukan kepribadian penerima didik yaitu...
A. Memajukan sistem pendidikan
B. Mendorong mencar ilmu secara efektif
C. Memiliki daya pikir kritis dan kreatif dalam mengatasi masalah
D. Menciptakan kepribadian antisosial dalam diri anak
E. Melatih kedisiplinan dan rasa percaya diri penerima didik

6. Meskipun sibuk bekerja sampai sore, Agus selalu menyempatkan waktu untuk mengikuti acara sosial dalam masyarakat. Ia selalu aktif dalam acara sosial di desa menyerupai acara bahu-membahu dan ronda malam. Ia sadar hidup di lingkungan masyarakat harus saling menolong. Proses sosialisasi yang dilakukan Agus dikategorikan dalam tahap generalized other karena...
A. Melakukan sesuatu yang dilakukan orang lain secara benar
B. Mampu memahami tugas yang dilakukan dalam masyarakat
C. Menjalin komunikasi dan interaksi dengan orang-orang terdekat
D. Mempersiapkan diri untuk mengenal dunia melalui interaksi sosial
E. Menyesuaikan sikap sesuai nilai dan norma sosial dalam masyarakat

7. Pak Murdanu mengajarkan wawasan kebangsaan kepada penerima didik. Beliau menekankan pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi penerus bangsa. Tujuan sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Mendorong penerima didik mencar ilmu lebih tekun
B. Mempertahankan nilai-nilai tradisi budaya lokal
C. Meningkatkan partisipasi penerima didik berdemokrasi
D. Meningkatkan partisipasi penerima didik dalam bidang pemerintahan
E. Menanamkan nasionalisme dan integritas dalam diri penerima didik

8. Perhatikan indikator berikut!
1) Anak mulai menggandakan sikap orang dewasa
2) Anak mulai mengenal nilai dan norma sosial dalam masyarakat
3) Anak belum bisa memahami dirinya sendiri
4) Anak telah remaja dan mengetahui kehidupan bermasyarakat
5) Anak belum bisa memahami orang-orang di sekitarnya
Tahap persiapan (preparatory stage) dalam proses sosialisasi ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

9. Kamelia merupakan fresh graduate dari universitas terkemuka di Sumatra. Berkat ketekunannya dalam belajar, ia lolos seleksi CPNS di instansi pemerintah. Dalam pekerjaannya, ia bisa mencar ilmu perihal nilai-nilai abjad menyerupai loyalitas, integritas, dan jiwa pelayanan terhadap masyarakat. Agen sosialisasi yang membentuk kepribadian Kamelia adalah...
A. Keluarga
B. Media massa
C. Teman sebaya
D. Lingkungan kerja
E. Lingkungan sekolah

10. Sosialisasi represif terkadang perlu dilakukan biar sikap anggota masyarakat sesuai nilai dan norma sosial. Pernyataan yang memperlihatkan bentuk sosialisasi tersebut adalah...
A. Pak Bambang mengajari penerima didik bela diri setiap hari Senin sebagai jadwal ekstrakurikuler
B. Tasya memperoleh surat peringatan dari perusahaan alasannya sering terlambat masuk kerja
C. Pihak kepolisian melaksanakan sosialisasi mengenai ancaman pergaulan bebas di sekolah
D. Ketua RW menyosialisasikan peraturan gres terkait tamu yang menginap di rumah warga
E. Tarmi mengajari tetangga cara mendaur ulang sampah menjadi barang bernilai ekonomis

11. Febri terpilih menjadi ketua karang taruna melalui voting. Ia menjadi lebih bijak dan tegas dalam menuntaskan permasalahan organisasi. Ia selalu mempunyai wangsit cemerlang bagi perkembangan organisasi. Idenya gampang diterima oleh teman-temannya. Media sosialisasi tersebut bagi Febri berfungsi sebagai...
A. Ajang berkompetisi antarindividu dalam organisasi
B. Sarana mencari pemimpin melalui pemilihan yang adil
C. Sarana membuat kestabilan politik dalam masyarakat
D. Pembentukan kepribadian yang tanggap terhadap duduk kasus kelompok
E. Sarana mencari mitra sebagai perhiasan kebutuhan persahabatan

12. Orang bau tanah mempunyai kewajiban mengajari anaknya perihal pentingnya tata tertib. Seorang anak yang diajari tata tertib semenjak kecil cenderung menjadi anak yang disiplin dan taat hukum. Tujuan sosialisasi menurut pernyataan tersebut adalah...
A. Memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan
B. Mengajarkan individu menyesuaikan diri dengan lingkungan pergaulan
C. Mencegah individu berperilaku menyimpang
D. Menciptakan integrasi dalam masyarakat
E. Menumbuhkan kesetiakawanan sosial

13. Perhatikan indikator berikut!
1) Anak mulai mengenal lingkungan hidupnya, orang tua, dan masyarakat sekitar
2) Anak sanggup menggandakan sikap orang remaja secara lebih sempurna
Indikator tersebut memperlihatkan pembentukan kepribadian pada tahap...
A. Generalized other
B. Preparatory stage
C. Significant others
D. Game stage
E. Play stage

14. Sebagai karyawan baru, Santi cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerjanya. Santi selalu menuntaskan pekerjaan dengan baik. Santi juga selalu masuk kerja tepat waktu. Ilustrasi tersebut memperlihatkan proses sosialisasi pada tahap generalized other yaitu...
A. Mulai memahami dirinya dan menggandakan sikap orang tua
B. Menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat
C. Memahami kehidupan bermasyarakat dan bisa menjalankan peranannya
D. Meniru sikap orang remaja secara lebih sempurna
E. Mulai memahami tugas dan peraturan yang berlaku

15. Mahasiswa KKN bekerja sama dengan pihak sekolah mengadakan sosialisasi perihal santunan anak dari pelecehan seksual. Pihak sekolah turut mengundang orang bau tanah penerima didik dalam sosialisasi tersebut. Tujuan sosialisasi menurut uraian tersebut adalah...
A. Mengarahkan orang bau tanah dan guru untuk mencegah anak bergaul dengan sahabat di luar sekolah
B. Mengembangkan sikap waspada orang tua, guru, dan penerima didik terhadap pelecehan seksual
C. Membantu penerima didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah dan masyarakat
D. Membentuk kepribadian penerima didik yang aktif dan berani melawan kejahatan
E. Mengajarkan pendidikan abjad sesuai usia penerima didik

16. Toni berusia 3 tahun sedang bermain dengan teman-teman sebayanya. Ia berperan sebagai koki, sementara sahabat yang lain menjadi pembeli di restoran Toni. Pembentukan kepribadian Toni tersebut berlangsung pada tahap...
A. Game stage
B. Play stage
C. Generalized others
D. Significant others
E. Preparatory stage

17. Saat Reno akan melanjutkan kuliah, ayahnya memberi kesempatan kepada Reno untuk ikut memilih jurusan yang diinginkannya sesuai cita-cita. Pola sosialisasi yang dilakukan ayah Reno menurut ilustrasi tersebut adalah...
A. Partisipatoris
B. Demokrasi
C. Autokrasi
D. Represif
E. Formal

18. Zian dan teman-teman sebayanya bermain sepak bola di halaman rumah. Dalam permainan tersebut terdapat dua tim sepak bola. Semua pihak menaati aturan dan bermain tanpa ada kecurangan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, tugas sahabat sebaya dalam pembentukan kepribadian adalah...
A. Mengembangkan pola berpikir sistematis
B. Melatih anak biar berdikari dan berdisiplin tinggi
C. Melatih peran-peran sosial di lingkungan keluarga
D. Menumbuhkan solidaritas, empati, dan sportivitas
E. Menambah wawasan pengetahuan berpikir sistematis

19. Sepulang sekolah, Arman bekerja menjual koran di persimpangan lampu merah. Tindakan yang dilakukan Arman untuk membantu ibunya mencari nafkah setelah ayahnya meninggal dunia. Dilihat dari tahap perkembangan diri, proses sosialisasi yang sudah dialami Arman termasuk tahap generalized others, yaitu...
A. Menempatkan diri pada posisi orang lain dalam masyarakat
B. Mampu melaksanakan apa yang dilakukan oleh orang lain
C. Menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang berlaku
D. Memiliki relasi interaksi hanya dengan lingkungan terdekat
E. Mempersiapkan diri dalam mengenal dunia sosialnya melalui interaksi


20. Ketika anak mulai bersekolah, ia menerima pendidikan tambahan perihal bagaimana cara bergaul dengan sahabat dan berinteraksi dengan guru di sekolah. Media sosialisasi yang berperan membentuk kepribadian pada pola tersebut adalah…
A. Keluarga inti
B. Sekolah
C. Teman bermain
D. Tempat bekerja
E. Media massa

21. Seorang pegawai yang berasal dari desa, di daerah kerjanya memperlihatkan sikap dan sikap yang berbeda dari teman-temannya yang berasal dari kota, menyerupai cara berbicara, berpakaian, cara mengungkapkan perasaan dan sebagainya. Proses sosialisasi pada pola di atas menerangkan bahwa perkembangan kepribadian pegawai tersebut dipengaruhi oleh…
A. Lingkungan alam
B. Warisan biologis
C. Lingkungan budaya
D. Pengalaman unik
E. Lingkungan kerja

22. Dinda tumbuh menjadi gadis yang mempunyai kepribadian sabar, sopan dan mencintai sesama serta hormat kepada yang lebih bau tanah sebagaimana yang dilatihkan kedua orang tuanya melalui keteladanan. Media atau distributor sosialisasi yang berperan dalam membentuk kepribadian Dinda adalah…
A. Keluarga
B. Sekolah
C. Media massa
D. Lingkungan kerja
E. Kelompok persahabatan

23. Rino selalu mencium tangan ayah dan ibunya sebelum dan setelah bepergian. Rino juga hormat kepada orang lain yang lebih tua. Contoh tersebut merupakan bab dari tujuan sosialisasi yaitu…
A. Menerapkan nilai dan norma yang dibutuhkan masyarakat
B. Menjaga kewibawaan keluarga sebagai pembentuk kepribadian
C. Membentuk kepribadian anak sesuai dengan harapan orang tua
D. Menciptakan generasi muda yang selalu menghormati orang tua
E. Menjadikan anak patuh pada orang bau tanah dan orang yang lebih tua

24. Masyarakat paternalistis cenderung memosisikan pria lebih mayoritas dibandingkan perempuan. Hal ini kuat pada kepribadian dalam masyarakat di mana pria berkewajiban mencukupi kebutuhan alasannya faktor…
A. Pengalaman kelompok
B. Pengalaman unik
C. Latar kebudayaan
D. Warisan biologis
E. Lingkungan fisik

25. Dalam suatu masyarakat, para orang bau tanah merefleksikan kasih sayangnya kepada anak mereka dengan cara mengedepankan kebersamaan sehingga anak mereka mempunyai kepribadian yang tenang, suka bekerja sama, dan tidak suka berkelahi. Contoh tersebut menjelaskan proses pembentukan kepribadian alasannya imbas sosialisasi dengan…
A. Lingkungan sosial
B. Struktur sosial
C. Sifat dasar
D. Tingkat pendidikan
E. Lingkungan fisik


Download
Kunci Jawaban 

Referensi Lainnya
1. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Sosialisasi dan pembentukan kepribadian Klik di Sini 
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi Klik di Sini
3. Soal-Soal Serupa Klik di Sini 
4. Materi Pengayaan Klik di Sini

Baca Juga 
Materi Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Materi Tambahan
Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel