Metode Pembelajaran; Tahapan Pembelajaran

Tahapan pembelajaran untuk beberapa metode pembelajaran yang umum dipakai ialah sebagai berikut.
Metode
1. Curah pendapat (Brainstorming), yakni proses berguru berkelompok di mana disajikan suatu masalah, guru mengumpulkan semua ide-ide penerima didik, kelompok berguru memakai kreativitas untuk menemukan penyelesaian masalah. Kegiatan berguru harus diupayakan agar:
a. Fokus pada kuantitas, sebanyak mungkin ilham dikumpulkan dari penerima didik dalam waktu singkat
b. Mencegah kritik
c. Mengembangkan ide-ide kreatif
d. Menggabungkan ide


Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran dan topik yang akan dikaji
- Guru menyajikan permasalahan
- Mengembangkan alternatif penyelesaian problem dengan mengumpulkan ilham sebanyak mungkin dari penerima didik
- Berhenti atau beristirahat sejenak
- Melakukan penilaian dengan memilih, memilah, atau menggabungkan ilham yang positif dan potensial untuk dibahas guna menuntaskan masalah

Metode
2. Studi kasus, di mana disajikan permasalahan faktual dalam kehidupan, lalu penerima didik menuntaskan problem atau mengidentifikasi tindakan untuk mengatasi masalah
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Penyajian dilema atau kasus
- Mempertimbangkan situasi konteks
- Menemukan keputusan
- Menyatakan kesimpulan atau solusi yang sanggup dilakukan

Metode
3. Diskusi, di mana guru memulai diskusi, memancing respons/partisipasi penerima didik, memantau pemahaman penerima didik. Diskusi sanggup dilakukan untuk menyajikan topik baru, meningkatkan kinerja, atau menuntaskan masalah.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru menyajikan topik, tugas, proses, atau ide
- Guru menyajikan pertanyaan terbuka (open ended)
- Peserta didik diminta menjawab pertanyaan yang diajukan
- Guru mengklarifikasi, merangkum, dan mengkaji ulang hasil diskusi

Metode
4. Demonstrasi, di mana guru memperlihatkan dan menjelaskan pelaksanaan kiprah pada penerima didik, lalu penerima didik diminta menjelaskan konsep atau melaksanakan kegiatan yang terkait dengan demonstrasi.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru menyajikan kiprah
- Guru menyajikan demonstrasi
- Guru memulai diskusi dengan mengajukan pertanyaan
- Guru mengecek pemahaman penerima didik
- Peserta didik melaksanakan suatu aktivitas/tugas secara benar

Metode
5. Permainan, di mana penerima didik dilibatkan dalam permainan untuk simulasi suatu kiprah atau topik tertentu.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan metode yang akan dilaksanakan
- Guru memperlihatkan hukum dalam bermain
- Peserta didik memulai permainan
- Evaluasi dilakukan selama permainan dilakukan
- Permainan diakhiri sehabis sukses ataupun gagal

Metode
6. Pembicara tamu, di mana seorang pakar atau jago dari forum yang berbeda didatangkan sebagai narasumber/pembicara.
Tahapan
- Guru memperkenalkan pembicara tamu dan menjelaskan topik yang akan didiskusikan atau dijelaskan
- Pembicara tamu menyajikan informasi
- Dilakukan tanya jawab, atau hanya merupakan info satu arah
- Guru mengecek pemahaman penerima didik (dapat dilakukan pada pertemuan selanjutnya)

Metode
7. Belajar mandiri, di mana penerima didik melaksanakan pembelajaran secara mandiri, contohnya dengan pertolongan modul, media interaktif, dan sebagainya
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru memperlihatkan kiprah pada penerima didik untuk mempelajari bahan berguru dari modul atau media interaktif
- Peserta didik mempelajari bahan pelajaran yang belum dipahami dan mengecek pemahamannya dengan instrumen yang disediakan
- Evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh guru

Metode
8. Kuliah/ceramah, di mana guru menyajikan bahan pembelajaran secara lisan.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru memberikan info secara ekspresi kepada kelompok penerima didik
- Dilakukan tanya-jawab untuk meningkatkan pemahaman penerima didik
- Peserta didik diberi kesempatan untuk mengikuti latihan
- Guru mengecek pemahaman penerima didik

Metode
9. Mentoring, di mana pembelajaran dilaksanakan dengan interaksi individual untuk meningkatkan kepribadian atau profesionalitas, terutama saat penerima didik menemukan kesulitan.
Tahapan
- Kesepakatan (hubungan/interaksi) antara mentor dan penerima didik
- Mentor membimbing penerima didik dalam menentukan tindakan yang efektif
- Mentor melaksanakan tutorial dengan interaksi individual

Metode
10. Diskusi panel, di mana pelatih bersama dengan pembicara tamu atau pakar menjadi pembicara dalam sebuah diskusi, penerima didik memperlihatkan respons terhadap topik yang dipaparkan, lalu narasumber memperlihatkan balasan sesuai dengan sudut pandangnya. Dalam hal ini, tidak ada satu balasan yang paling benar.
Tahapan
- Instruktur/narasumber memaparkan bahan dalam suatu topik secara bergantian sesuai dengan bidangnya
- Peserta diberi kesempatan bertanya
- Narasumber memperlihatkan respons/jawaban dari sudut pandangnya

Metode
11. Pembelajaran teman sejawat, di mana penerima didik berguru dari penerima atau kelompok lainnya.
Tahapan
- Guru menentukan dan melatih penerima didik yang akan jadi narasumber
- Peserta didik yang telah dilatih, memperlihatkan training pada penerima lain
- Guru memantau kemajuan berguru dan memperlihatkan penguatan


Metode
12. Latihan praktik, di mana penerima didik melaksanakan acara sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kondisi yang dikontrol
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru memperlihatkan cara melaksanakan sesuatu tindakan
- Peserta didik diminta melaksanakan kegiatan menyerupai yang dilakukan guru sesuai standar yang ditetapkan
- Guru mengecek keterampilan penerima didik

Metode
13. Penelitian, di mana penerima didik melaksanakan penelitian untuk mencapai tujuan pembelajaran
Tahapan
- Guru memberikan tujuan yang ingin dicapai dan rencana penelitian yang akan dilakukan
- Peserta didik melaksanakan penelitian sesuai dengan instruksi dan tujuan yang ingin dicapai
- Guru memantau kegiatan penelitian yang dilakukan
- Guru mengevaluasi pemahaman penerima didik terkait dengan kegiatan yang dilakukan

Metode
14. Bermain peran, di mana berperan/bertindak dalam suatu simulasi kejadian yang terjadi di lingkungan.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru memaparkan permasalahan
- Pemilihan pemain peran
- Guru dan penerima didik mengatur permainan yang akan dilakukan
- Peserta didik melaksanakan permainan dan diamati penerima didik yang tidak ikut bermain
- Guru melaksanakan penilaian dan membimbing diskusi terkait permasalahan dan permainan yang telah dilakukan

Metode
15. Seminar, di mana penerima didik melaksanakan penyelesaian problem (problem solving) suatu permasalahan tertentu secara berkelompok.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran dan topik yang akan dipelajari
- Kelompok penerima didik dibuat untuk menuntaskan permasalahan
- Peserta menyajikan permasalahan
- Anggota kelompok mengemukakan penyelesaian problem dan melaksanakan diskusi untuk menentukan solusi yang paling sesuai

Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel