Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
Teknik ini merupakan bab dari metode mencar ilmu kooperatif, di mana penerima didik bekerja dalam kelompok untuk menuntaskan beberapa soal yang dibentuk oleh guru. Teknik ini juga sanggup dipakai untuk pelaksanaan penilaian atau ujian. Prosedur pelaksanaan teknik ini yakni sebagai berikut.
a. Guru menciptakan beberapa soal yang terkait dengan topik yang dibahas, masing-masing soal ditulis pada selembar kertas. Kemudian, lembaran soal tersebut ditempelkan lembaran di atas meja atau pada dinding ruangan. Perhatikan bahwa materi untuk menempelkan doal dipilih yang gampang untuk dibersihkan.
b. Guru mengelompokkan penerima didik dengan jumlah kelompok sebanyak soal yang dibuat.
c. Guru menugaskan masing-masing kelompok untuk menelaah soal dan menulis tanggapan di bawah soal pada lembaran yang sama. Tulisan harus gampang dibaca dan ringkas semoga gampang dipahami kelompok lain.
d. Semua kelompok lalu berpindah ke meja lain yang ditempelkan soal yang berbeda dan menambahkan tanggapan yang mungkin belum dikerjakan oleh kelompok sebelumnya. Kelompok lain juga sanggup memperlihatkan koreksi atas tanggapan yang telah ditulis. Perpindahan kelompok dilakukan hingga semua soal dibahas oleh semua kelompok.
e. Pada soal yang terakhir, kelompok menciptakan ringkasan yang akan dilaporkan di depan kelas. Masing-masing kelompok menciptakan ringkasan untuk soal yang berbeda.
f. Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk memaparkan ringkasan penyelesaian soal yang paling sempurna di depan kelas
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Merangkum
11. One Minute Paper
12. Muddiest Point
13. Belajar Berpasangan
14. Student Question
15. Teknik Merujuk Gambar
16. Ask the Winner
17. Berpunggungan (Back to Back)
18. Jeopardy
19. Cluster
20. Hot Seat
21. Opini Teman
22. Teknik Brain Borrow
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide
a. Guru menciptakan beberapa soal yang terkait dengan topik yang dibahas, masing-masing soal ditulis pada selembar kertas. Kemudian, lembaran soal tersebut ditempelkan lembaran di atas meja atau pada dinding ruangan. Perhatikan bahwa materi untuk menempelkan doal dipilih yang gampang untuk dibersihkan.
b. Guru mengelompokkan penerima didik dengan jumlah kelompok sebanyak soal yang dibuat.
c. Guru menugaskan masing-masing kelompok untuk menelaah soal dan menulis tanggapan di bawah soal pada lembaran yang sama. Tulisan harus gampang dibaca dan ringkas semoga gampang dipahami kelompok lain.
d. Semua kelompok lalu berpindah ke meja lain yang ditempelkan soal yang berbeda dan menambahkan tanggapan yang mungkin belum dikerjakan oleh kelompok sebelumnya. Kelompok lain juga sanggup memperlihatkan koreksi atas tanggapan yang telah ditulis. Perpindahan kelompok dilakukan hingga semua soal dibahas oleh semua kelompok.
e. Pada soal yang terakhir, kelompok menciptakan ringkasan yang akan dilaporkan di depan kelas. Masing-masing kelompok menciptakan ringkasan untuk soal yang berbeda.
f. Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk memaparkan ringkasan penyelesaian soal yang paling sempurna di depan kelas
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Merangkum
11. One Minute Paper
12. Muddiest Point
13. Belajar Berpasangan
14. Student Question
15. Teknik Merujuk Gambar
16. Ask the Winner
17. Berpunggungan (Back to Back)
18. Jeopardy
19. Cluster
20. Hot Seat
21. Opini Teman
22. Teknik Brain Borrow
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide