Soal Persiapan Ujian Nasional (Un) Sosiologi. Sosialisasi Dan Pembentukan Kepribadian
A. Pilihan Ganda
Pilihlah tanggapan yang benar!
1. Perhatikan indikator berikut!
1) Anak mulai memalsukan sikap orang cukup umur meskipun belum sempurna
2) Anak belum bisa memahami orang-orang di sekitarnya
3) Anak belum bisa memahami dirinya sendiri
4) Anak mulai mengenal nilai dan norma sosial dalam masyarakat
5) Anak telah cukup umur dan mengetahui kehidupan bermasyarakat
Tahap persiapan (preparatory stage) dalam proses sosialisasi ditunjukkan oleh angka...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 5)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 3), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
2. Ajeng merupakan mahasiswi lulusan terbaik di fakultasnya. Ia direkrut menjadi staf keuangan di salah satu perusahaan ternama. Dalam pekerjaannya, ia bisa berguru perihal nilai-nilai abjad menyerupai disiplin, tekun, loyalitas, dan kerja keras dalam mencapai tujuan. Agen sosialisasi yang membentuk kepribadian Ajeng adalah...
a. Keluarga
b. Media massa
c. Teman sebaya
d. Lingkungan kerja
e. Lingkungan sekolah
3. Sosialisasi represif terkadang perlu dilakukan biar sikap anggota masyarakat sesuai nilai dan norma sosial. Pernyataan yang memperlihatkan bentuk sosialisasi tersebut adalah...
a. Pak Harun mengajari penerima didik bela diri setiap hari Sabtu sebagai aktivitas ekstrakurikuler
b. Ketua RT menyosialisasikan peraturan gres terkait tamu yang menginap di rumah warga
c. Ika mengajari tetangga cara mendaur ulang sampah menjadi barang bernilai ekonomis
d. Pihak kepolisian melaksanakan sosialisasi mengenai ancaman narkoba di sekolah
e. Hani memperoleh teguran dari guru BK alasannya ialah sering terlambat masuk kelas
4. Pak Hadi dan Bu Fani mengajarkan anaknya untuk mematuhi tata tertib di rumah. Salah satu tata tertib ialah tidak pulang ke rumah terlalu malam. Pak Hadi dan Bu Fani menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang disiplin dan tidak gampang terjerumus dalam sikap menyimpang. Pola sosialisasi yang dilakukan Pak Hadi dan Bu Fani termasuk sosialisasi...
a. Tidak langsung
b. Sekunder
c. Otoriter
d. Formal
e. Primer
5. Ulfa, Naili, dan Rinda akrab semenjak kuliah. Mereka tinggal di kost yang sama dan setiap hari berangkat kuliah bersama. Setelah wisuda mereka mengadu nasib dan bekerja di perusahaan berbeda. Meskipun demikian, mereka tetap meluangkan waktu untuk berkumpul menyebarkan cerita. Media sosialisasi menurut uraian tersebut adalah...
a. Sekolah
b. Keluarga
c. Teman sebaya
d. Lingkungan kerja
e. Media elektronik
6. Teknologi internet sangat dibutuhkan dalam banyak sekali bidang kehidupan terutama dalam dunia pendidikan. Peserta didik diperlukan “melek literasi” dengan memanfaatkan teknologi internet. Peserta didik sanggup mencari sumber berguru melalui artikel, video, dan berita-berita terbaru. Kondisi tersebut memperlihatkan efek media sosialisai dalam pembentukan kepribadian penerima didik yaitu...
a. Memajukan sistem pendidikan
b. Mendorong sistem berguru secara efektif
c. Menciptakan kepribadian antisosial dalam diri anak
d. Melatih kedisiplinan dan rasa percaya diri penerima didik
e. Memiliki daya pikir kritis dan keratif dalam mengatasi masalah
7. Rizki terpilih menjadi ketua OSIS melalui musyawarah mufakat. Ketika menjadi pemimpin, Rizki dituntut biar bisa menuntaskan permasalahan organisasi secara bijak dan tegas. Oleh alasannya ialah ketegasannya, ia disegani oleh pengurus OSIS dan guru-guru. Media sosialisasi tersebut bagi Rizki berfungsi sebagai...
a. Ajang berkompetisi antarpeserta didik dalam organisasi
b. Sarana mencari pemimpin melalui pemilihan secara adil
c. Pembentuk kepribadian yang tanggap terhadap persoalan kelompok
d. Sarana mencari mitra sebagai komplemen kebutuhan persahabatan
e. Sarana membuat kestabilan dan keharmonisan dalam bidang politik
8. Sebagai orang tua, Pak Bambang dan Bu Ria mengajari anaknya perihal pentingnya mematuhi peraturan yang berlaku. Seorang anak yang diajarkan patuh terhadap peraturan semenjak kecil cenderung menjadi anak yang disiplin. Tujuan sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
a. Menumbuhkan kesetiakawanan sosial
b. Menciptakan integrasi dalam masyarakat
c. Mencegah individu berperilaku menyimpang
d. Memfasilitasi talenta dan keterampilan yang dimiliki anak
e. Mengajarkan anak menyesuaikan diri dengan lingkungan pergaulan
9. Ketika PAUD dan TK, bawah umur biasanya berada dalam tahap bermain sambil belajar. Anak-anak umumnya lebih suka bermain dengan teman-teman sebayanya. Sebagai contoh, anak suka bermain tugas sebagai penjual dan pembeli, sebagai dokter dan pasien, atau sebagai koki dan pelayan restoran. Permainan tersebut secara tidak pribadi memengaruhi pembentukan kepribadian anak. Pembentukan kepribadian anak pada uraian tersebut berlangsung pada tahap...
a. Generalized others
b. Significant others
c. Preparatory stage
d. Play stage
e. Game stage
10. Wawan dan teman-teman sebayanya bermain kasti di lapangan sekolah. Dalam permainan tersebut terdapat dua tim kasti. Semua pihak menaati hukum dan bermain dengan jujur. Berdasarkan ilustrasi tersebut tugas sahabat sebaya dalam pembentukan kepribadian adalah...
a. Menambah wawasan pengetahuan berpikir sistematis
b. Menumbuhkan solidaritas, empati, dan sportivitas
c. Melatih peran-peran sosial di lingkungan keluarga
d. Melatih anak biar berdikari dan berdisiplin tinggi
e. Mengembangkan pola berpikir sistematis
11. Perhatikan indikator berikut!
1) Anak sanggup memalsukan sikap orang cukup umur secara lebih sempurna
2) Anak mulai mengenal lingkungan hidup, orang tua, dan masyarakat sekitar
Indikator tersebut memperlihatkan pembentukan kepribadian pada tahap...
a. Play stage
b. Game stage
c. Significant others
d. Preparatory stage
e. Generalized other
12. Fiona telah bekerja selama beberapa tahun di perusahaan Maju Makmur. Meskipun demikian, Fiona tidak kalah rajin dan disiplin dengan karyawan baru. Fiona selalu menuntaskan pekerjaan dengan baik. Ia pun selalu masuk kerja tepat waktu. Ilustrasi tersebut memperlihatkan proses sosialisasi pada tahap generalized others yaitu...
a. Mulai memahami tugas dan peraturan yang berlaku
b. Meniru sikap orang cukup umur secara lebih sempurna
c. Mulai memahami dirinya dan memalsukan sikap orang tua
d. Menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat
e. Memahami kehidupan sosial dan bisa menjalankan perannya
13. Dinas Sosial Kabupaten Berau bekerja sama dengan lembaga perjaka tingkat kabupaten menyelenggarakan sosialisasi perihal ancaman narkoba dan pergaulan bebas. Pihak lembaga perjaka turut mengundang tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam kegiatan sosialisasi. Tujuan sosialisasi menurut uraian tersebut adalah...
a. Mencegah perjaka dan remaja bergaul dengan sahabat yang tidak dikenal
b. Membentuk kepribadian perjaka yang kritis dan berani melawan kejahatan
c. Membantu para perjaka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat
d. Memupuk semangat perjaka untuk menegakkan persatuan dan kesatuan bangsa
e. Mengembangkan sikap waspada terhadap ancaman narkoba dan pergaulan bebas
14. Sebagai warga baru, keluarga Pak Janu berusaha membaur dengan warga lain. Pak Janu mengikuti perkumpulan rutin bapak-bapak, istri Pak Janu mengikuti kegiatan PKK, dan anak Pak Janu mengikuti kegiatan karang taruna. Mereka selalu aktif dalam kegiatan sosial di kampungnya. Mereka sadar hidup di lingkungan masyarakat harus saling menolong. Proses sosialisasi yang dilakukan Pak Janu dikategorikan dalam tahap generalized other karena...
a. Mempersiapkan diri untuk mengenal dunia luar
b. Memahami tugas yang dilakukan dalam masyarakat
c. Melakukan peniruan terhadap sikap dan tindakan orang lain
d. Menyadari adanya peraturan yang mengatur kehidupan sosialnya
e. Menyadari keberadaan diri dan orang-orang terdekat di sekitarnya
15. Wawasan kebangsaan dalam diri masyarakat dianggap masih rendah. Setiap sekolah diperlukan sanggup mengajarkan wawasan kebangsaan kepada penerima didiknya. Guru perlu menekankan pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi penerus bangsa. Dengan pemahaman perihal wawasan kebangsaan, penerima didik sanggup berpartisipasi dalam mewujudkan tujuan nasional. Tujuan sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
a. Mendorong penerima didik berguru lebih tekun
b. Mempertahankan nilai-nilai tradisi budaya lokal
c. Memperkenalkan pengetahuan gres terhadap penerima didik
d. Menanamkan nasionalisme dan integritas dalam diri penerima didik
e. Meningkatkan partisipasi penerima didik dalam bidang pemerintahan
16. Hari ialah pegawai gres di salah satu perusahaan swasta. Pada hari pertama masuk kerja, ia memperkenalkan diri di hadapan manajer dan teman-teman. Ia meminta bimbingan dan masukan dikala bekerja sama menuntaskan pekerjaan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, bentuk sosialisasi yang dilakukan Heri ialah sosialisasi...
a. Tidak langsung
b. Partisipatoris
c. Ekualitatif
d. Sekunder
e. Primer
17. Interaksi ayah dan ibu sanggup memengaruhi kepribadian seorang anak. Kedua orang bau tanah berperan menawarkan bekal awal sebelum anak terjun dalam masyarakat. Oleh alasannya ialah itu, keluarga berperan sebagai biro sosialisasi primer yang bertujuan...
a. Meningkatkan rasa solidaritas antaranggota masyarakat
b. Memberikan pembelajaran nilai dan norma sosial mendasar
c. Menanamkan kehidupan dan menambah wawasan pengetahuan
d. Melaksanakan tindakan sosial sesuai budaya masyarakat
e. Menjaga keteraturan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat
18. Beberapa polwan bekerja sama dengan pihak sekolah mengadakan sosialisasi perihal pemerkosaan terhadap anak. Pihak sekolah turut mengundang orang bau tanah penerima didik dalam sosialisasi tersebut. Sosialisasi tersebut diikuti penerima didik, orang tua, dan guru. Tujuan sosialisasi menurut uraian tersebut adalah...
A. Mengarahkan orang bau tanah dan guru untuk mencegah anak bergaul dengan sahabat di luar sekolah
B. Mengembangkan sikap waspada orang tua, guru, dan penerima didik terhadap pelecehan seksual
C. Membantu penerima didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah dan masyarakat
D. Membentuk kepribadian penerima didik yang aktif dan pemberani
E. Mengajarkan pendidikan abjad sesuai usia penerima didik
19. Perhatikan ilustrasi berikut
Masyarakat Jawa Barat mempunyai ragam seni dan budaya. Untuk menjaga kelestarian budaya, pemerintah kawasan Jawa Barat memasukkan mata pelajaran muatan lokal di sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Adapun bahan yang diajarkan di antaranya tarian tradisional, lagu daerah, dan bahasa daerah.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, sosialisasi yang dilakukan pemerintah bertujuan biar generasi muda...
A. Menjaga integrasi antarkelompok
B. Memahami nilai-nilai budaya daerah
C. Menjaga hubungan sosial masyarakat
D. Menjaga sikap sesuai impian pemerintah
E. Menjaga keteraturan hidup dalam masyarakat
20. Sosialisasi dilakukan untuk menanamkan nilai dan norma sosial kepada anggota masyarakat. Pernyataan yang memperlihatkan rujukan sosialisasi represif ialah...
A. Fina diberi hukuman oleh perusahaan alasannya ialah bolos bekerja selama sehari
B. Bu Risma mengajari penerima didik menari tarian tradisional setiap hari Sabtu
C. Pak Budi menghubungi anaknya yang berada di luar kota melalui video call
D. Tio dan teman-temannya membersihkan lingkungan kelas sesuai jadwal piket
E. Kapolres melaksanakan sosialisasi cara-cara melindungi diri dari agresi pembegalan
Download
Kunci Jawaban
Lihat Juga
Video Soal Persiapan Ujian Nasional UN Sosiologi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (Youtube Chanel. https://youtu.be/zXtsq9rRrBI )
Pilihlah tanggapan yang benar!
1. Perhatikan indikator berikut!
1) Anak mulai memalsukan sikap orang cukup umur meskipun belum sempurna
2) Anak belum bisa memahami orang-orang di sekitarnya
3) Anak belum bisa memahami dirinya sendiri
4) Anak mulai mengenal nilai dan norma sosial dalam masyarakat
5) Anak telah cukup umur dan mengetahui kehidupan bermasyarakat
Tahap persiapan (preparatory stage) dalam proses sosialisasi ditunjukkan oleh angka...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 5)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 3), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)
2. Ajeng merupakan mahasiswi lulusan terbaik di fakultasnya. Ia direkrut menjadi staf keuangan di salah satu perusahaan ternama. Dalam pekerjaannya, ia bisa berguru perihal nilai-nilai abjad menyerupai disiplin, tekun, loyalitas, dan kerja keras dalam mencapai tujuan. Agen sosialisasi yang membentuk kepribadian Ajeng adalah...
a. Keluarga
b. Media massa
c. Teman sebaya
d. Lingkungan kerja
e. Lingkungan sekolah
3. Sosialisasi represif terkadang perlu dilakukan biar sikap anggota masyarakat sesuai nilai dan norma sosial. Pernyataan yang memperlihatkan bentuk sosialisasi tersebut adalah...
a. Pak Harun mengajari penerima didik bela diri setiap hari Sabtu sebagai aktivitas ekstrakurikuler
b. Ketua RT menyosialisasikan peraturan gres terkait tamu yang menginap di rumah warga
c. Ika mengajari tetangga cara mendaur ulang sampah menjadi barang bernilai ekonomis
d. Pihak kepolisian melaksanakan sosialisasi mengenai ancaman narkoba di sekolah
e. Hani memperoleh teguran dari guru BK alasannya ialah sering terlambat masuk kelas
4. Pak Hadi dan Bu Fani mengajarkan anaknya untuk mematuhi tata tertib di rumah. Salah satu tata tertib ialah tidak pulang ke rumah terlalu malam. Pak Hadi dan Bu Fani menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang disiplin dan tidak gampang terjerumus dalam sikap menyimpang. Pola sosialisasi yang dilakukan Pak Hadi dan Bu Fani termasuk sosialisasi...
a. Tidak langsung
b. Sekunder
c. Otoriter
d. Formal
e. Primer
5. Ulfa, Naili, dan Rinda akrab semenjak kuliah. Mereka tinggal di kost yang sama dan setiap hari berangkat kuliah bersama. Setelah wisuda mereka mengadu nasib dan bekerja di perusahaan berbeda. Meskipun demikian, mereka tetap meluangkan waktu untuk berkumpul menyebarkan cerita. Media sosialisasi menurut uraian tersebut adalah...
a. Sekolah
b. Keluarga
c. Teman sebaya
d. Lingkungan kerja
e. Media elektronik
6. Teknologi internet sangat dibutuhkan dalam banyak sekali bidang kehidupan terutama dalam dunia pendidikan. Peserta didik diperlukan “melek literasi” dengan memanfaatkan teknologi internet. Peserta didik sanggup mencari sumber berguru melalui artikel, video, dan berita-berita terbaru. Kondisi tersebut memperlihatkan efek media sosialisai dalam pembentukan kepribadian penerima didik yaitu...
a. Memajukan sistem pendidikan
b. Mendorong sistem berguru secara efektif
c. Menciptakan kepribadian antisosial dalam diri anak
d. Melatih kedisiplinan dan rasa percaya diri penerima didik
e. Memiliki daya pikir kritis dan keratif dalam mengatasi masalah
7. Rizki terpilih menjadi ketua OSIS melalui musyawarah mufakat. Ketika menjadi pemimpin, Rizki dituntut biar bisa menuntaskan permasalahan organisasi secara bijak dan tegas. Oleh alasannya ialah ketegasannya, ia disegani oleh pengurus OSIS dan guru-guru. Media sosialisasi tersebut bagi Rizki berfungsi sebagai...
a. Ajang berkompetisi antarpeserta didik dalam organisasi
b. Sarana mencari pemimpin melalui pemilihan secara adil
c. Pembentuk kepribadian yang tanggap terhadap persoalan kelompok
d. Sarana mencari mitra sebagai komplemen kebutuhan persahabatan
e. Sarana membuat kestabilan dan keharmonisan dalam bidang politik
8. Sebagai orang tua, Pak Bambang dan Bu Ria mengajari anaknya perihal pentingnya mematuhi peraturan yang berlaku. Seorang anak yang diajarkan patuh terhadap peraturan semenjak kecil cenderung menjadi anak yang disiplin. Tujuan sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
a. Menumbuhkan kesetiakawanan sosial
b. Menciptakan integrasi dalam masyarakat
c. Mencegah individu berperilaku menyimpang
d. Memfasilitasi talenta dan keterampilan yang dimiliki anak
e. Mengajarkan anak menyesuaikan diri dengan lingkungan pergaulan
9. Ketika PAUD dan TK, bawah umur biasanya berada dalam tahap bermain sambil belajar. Anak-anak umumnya lebih suka bermain dengan teman-teman sebayanya. Sebagai contoh, anak suka bermain tugas sebagai penjual dan pembeli, sebagai dokter dan pasien, atau sebagai koki dan pelayan restoran. Permainan tersebut secara tidak pribadi memengaruhi pembentukan kepribadian anak. Pembentukan kepribadian anak pada uraian tersebut berlangsung pada tahap...
a. Generalized others
b. Significant others
c. Preparatory stage
d. Play stage
e. Game stage
10. Wawan dan teman-teman sebayanya bermain kasti di lapangan sekolah. Dalam permainan tersebut terdapat dua tim kasti. Semua pihak menaati hukum dan bermain dengan jujur. Berdasarkan ilustrasi tersebut tugas sahabat sebaya dalam pembentukan kepribadian adalah...
a. Menambah wawasan pengetahuan berpikir sistematis
b. Menumbuhkan solidaritas, empati, dan sportivitas
c. Melatih peran-peran sosial di lingkungan keluarga
d. Melatih anak biar berdikari dan berdisiplin tinggi
e. Mengembangkan pola berpikir sistematis
11. Perhatikan indikator berikut!
1) Anak sanggup memalsukan sikap orang cukup umur secara lebih sempurna
2) Anak mulai mengenal lingkungan hidup, orang tua, dan masyarakat sekitar
Indikator tersebut memperlihatkan pembentukan kepribadian pada tahap...
a. Play stage
b. Game stage
c. Significant others
d. Preparatory stage
e. Generalized other
12. Fiona telah bekerja selama beberapa tahun di perusahaan Maju Makmur. Meskipun demikian, Fiona tidak kalah rajin dan disiplin dengan karyawan baru. Fiona selalu menuntaskan pekerjaan dengan baik. Ia pun selalu masuk kerja tepat waktu. Ilustrasi tersebut memperlihatkan proses sosialisasi pada tahap generalized others yaitu...
a. Mulai memahami tugas dan peraturan yang berlaku
b. Meniru sikap orang cukup umur secara lebih sempurna
c. Mulai memahami dirinya dan memalsukan sikap orang tua
d. Menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat
e. Memahami kehidupan sosial dan bisa menjalankan perannya
13. Dinas Sosial Kabupaten Berau bekerja sama dengan lembaga perjaka tingkat kabupaten menyelenggarakan sosialisasi perihal ancaman narkoba dan pergaulan bebas. Pihak lembaga perjaka turut mengundang tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam kegiatan sosialisasi. Tujuan sosialisasi menurut uraian tersebut adalah...
a. Mencegah perjaka dan remaja bergaul dengan sahabat yang tidak dikenal
b. Membentuk kepribadian perjaka yang kritis dan berani melawan kejahatan
c. Membantu para perjaka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat
d. Memupuk semangat perjaka untuk menegakkan persatuan dan kesatuan bangsa
e. Mengembangkan sikap waspada terhadap ancaman narkoba dan pergaulan bebas
14. Sebagai warga baru, keluarga Pak Janu berusaha membaur dengan warga lain. Pak Janu mengikuti perkumpulan rutin bapak-bapak, istri Pak Janu mengikuti kegiatan PKK, dan anak Pak Janu mengikuti kegiatan karang taruna. Mereka selalu aktif dalam kegiatan sosial di kampungnya. Mereka sadar hidup di lingkungan masyarakat harus saling menolong. Proses sosialisasi yang dilakukan Pak Janu dikategorikan dalam tahap generalized other karena...
a. Mempersiapkan diri untuk mengenal dunia luar
b. Memahami tugas yang dilakukan dalam masyarakat
c. Melakukan peniruan terhadap sikap dan tindakan orang lain
d. Menyadari adanya peraturan yang mengatur kehidupan sosialnya
e. Menyadari keberadaan diri dan orang-orang terdekat di sekitarnya
15. Wawasan kebangsaan dalam diri masyarakat dianggap masih rendah. Setiap sekolah diperlukan sanggup mengajarkan wawasan kebangsaan kepada penerima didiknya. Guru perlu menekankan pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi penerus bangsa. Dengan pemahaman perihal wawasan kebangsaan, penerima didik sanggup berpartisipasi dalam mewujudkan tujuan nasional. Tujuan sosialisasi menurut ilustrasi tersebut adalah...
a. Mendorong penerima didik berguru lebih tekun
b. Mempertahankan nilai-nilai tradisi budaya lokal
c. Memperkenalkan pengetahuan gres terhadap penerima didik
d. Menanamkan nasionalisme dan integritas dalam diri penerima didik
e. Meningkatkan partisipasi penerima didik dalam bidang pemerintahan
16. Hari ialah pegawai gres di salah satu perusahaan swasta. Pada hari pertama masuk kerja, ia memperkenalkan diri di hadapan manajer dan teman-teman. Ia meminta bimbingan dan masukan dikala bekerja sama menuntaskan pekerjaan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, bentuk sosialisasi yang dilakukan Heri ialah sosialisasi...
a. Tidak langsung
b. Partisipatoris
c. Ekualitatif
d. Sekunder
e. Primer
17. Interaksi ayah dan ibu sanggup memengaruhi kepribadian seorang anak. Kedua orang bau tanah berperan menawarkan bekal awal sebelum anak terjun dalam masyarakat. Oleh alasannya ialah itu, keluarga berperan sebagai biro sosialisasi primer yang bertujuan...
a. Meningkatkan rasa solidaritas antaranggota masyarakat
b. Memberikan pembelajaran nilai dan norma sosial mendasar
c. Menanamkan kehidupan dan menambah wawasan pengetahuan
d. Melaksanakan tindakan sosial sesuai budaya masyarakat
e. Menjaga keteraturan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat
18. Beberapa polwan bekerja sama dengan pihak sekolah mengadakan sosialisasi perihal pemerkosaan terhadap anak. Pihak sekolah turut mengundang orang bau tanah penerima didik dalam sosialisasi tersebut. Sosialisasi tersebut diikuti penerima didik, orang tua, dan guru. Tujuan sosialisasi menurut uraian tersebut adalah...
A. Mengarahkan orang bau tanah dan guru untuk mencegah anak bergaul dengan sahabat di luar sekolah
B. Mengembangkan sikap waspada orang tua, guru, dan penerima didik terhadap pelecehan seksual
C. Membantu penerima didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah dan masyarakat
D. Membentuk kepribadian penerima didik yang aktif dan pemberani
E. Mengajarkan pendidikan abjad sesuai usia penerima didik
19. Perhatikan ilustrasi berikut
Masyarakat Jawa Barat mempunyai ragam seni dan budaya. Untuk menjaga kelestarian budaya, pemerintah kawasan Jawa Barat memasukkan mata pelajaran muatan lokal di sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Adapun bahan yang diajarkan di antaranya tarian tradisional, lagu daerah, dan bahasa daerah.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, sosialisasi yang dilakukan pemerintah bertujuan biar generasi muda...
A. Menjaga integrasi antarkelompok
B. Memahami nilai-nilai budaya daerah
C. Menjaga hubungan sosial masyarakat
D. Menjaga sikap sesuai impian pemerintah
E. Menjaga keteraturan hidup dalam masyarakat
20. Sosialisasi dilakukan untuk menanamkan nilai dan norma sosial kepada anggota masyarakat. Pernyataan yang memperlihatkan rujukan sosialisasi represif ialah...
A. Fina diberi hukuman oleh perusahaan alasannya ialah bolos bekerja selama sehari
B. Bu Risma mengajari penerima didik menari tarian tradisional setiap hari Sabtu
C. Pak Budi menghubungi anaknya yang berada di luar kota melalui video call
D. Tio dan teman-temannya membersihkan lingkungan kelas sesuai jadwal piket
E. Kapolres melaksanakan sosialisasi cara-cara melindungi diri dari agresi pembegalan
Download
Kunci Jawaban
Baca Juga
Lihat Juga
Video Soal Persiapan Ujian Nasional UN Sosiologi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (Youtube Chanel. https://youtu.be/zXtsq9rRrBI )