Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas X. Penilaian Simpulan Semester Ganjil [Kurikulum Revisi]
A. Pilihlah balasan yang paling tepat
1. Ilmu yang mempelajari mengenai interaksi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok dalam masyarakat, yaitu pengertian dari...
a. Sejarah
b. Sosiologi
c. Psikologi
d. Ekonomi
e. Antropologi
2. Tokoh yang dikenal sebagai Bapak Sosiologi Indonesia adalah...
a. Imam Prasodjo
b. Effendi Ghazali
c. Selo Soemardjan
d. Kamanto Sunarto
e. Soerjono Soekanto
3. Seorang sosiolog tidak pernah menghakimi atau menilai. Ia hanya berusaha mengatakan analisis objektif terhadap suatu fenomena sosial. Hal mana memang harus dilakukan demi mempertahankan sifat sosiologi yang...
a. Praksis
b. Teoretis
c. Empiris
d. Non-etis
e. Kumulatif
4. Nilai secara umum dikuasai dalam masyarakat Amerika Serikat, di antaranya...
a. Kerja sama dan gotong royong
b. Prestasi dan kesuksesan
c. Kepedulian
d. Religius
e. Tradisi
5. Pak Fadhil yaitu seorang pengusaha tambak udang yang sukses. Walaupun kaya, ia tidak pernah bersikap sombong. Hampir tiap bulan, Pak Fadhil selalu membagikan beras bagi warga miskin di sekitar rumahnya. Ia juga mempunyai kepedulian terhadap nasib anak jalanan yang sering ditemuinya sedang mengamen, menjajakan koran, atau memperlihatkan jasa menyemir sepatu. Perhatiannya tersebut diwujudkan dengan membangun sebuah rumah singgah yang menyediakan daerah berteduh sekaligus belajar. Pak Fadhil mempunyai keinginan bahwa kelak anak jalanan akan bisa mengubah nasibnya menjadi lebih baik.
Tindakan Pak Fadhil memperlihatkan bahwa ia berhasil menanamkan nilai...
a. Kesetiakawanan
b. Kesopanan
c. Ketekunan
d. Kerajinan
e. Keadilan
6. Berikut yaitu karakteristiknya:
1) Kelangsungannya, alasannya didukung tradisi, relatif amatlah besar
2) Dirumuskan dalam bentuk negatif, berupa larangan keras
3) Terjadi tidak terencana
4) Tidak terperinci asal usulnya
5) Dasar eksistensinya tidak pernah dibantah
6) Lazim diikuti oleh rakyat kebanyakan (folk)
Titik persamaan antara folkways dan mores adalah...
a. 1, 2, 3, 4
b. 1, 3, 4, 5
c. 2, 3, 4, 5
d. 3, 4, 5, 6
e. 1, 3, 4, 5
7. Ketika guru berinteraksi dengan murid, seorang guru mengasihi siswa sesuai dengan susila guru. Demikian juga dengan murid, ia harus menghargai dan hormat terhadap gurunya.
Faktor yang mendasari sikap sosial pada pola di atas yaitu norma...
a. Susila
b. Agama
c. Hukum
d. Kebiasaan
e. Kesopanan
8. Mengucapkan salam ketika bertamu, menganggukkan kepala sebagai tanda hormat kepada orang lain, serta membuang sampah pada tempatnya, merupakan pola dari cara-cara bertindak yang digemari oleh masyarakat sehingga dilakukan berulang-ulang. Apabila perbuatan tersebut tidak dilakukan, maka dianggap sebagai penyimpangan. Contoh tersebut memperlihatkan jenis norma yang diterapkan ialah...
a. Mores/tata kelakuan
b. Folkways/kebiasaan
c. Customs/adat
d. Laws/hukum
e. Usage/cara
9. Norma dijadikan pedoman hidup dalam memenuhi kebutuhan sosial karena...
a. Keberadaannya dalam masyarakat
b. Berupa hasil kebudayaan imateril
c. Berisi pedoman hidup yang mutlak
d. Diperlukan dalam kehidupan beragama
e. Berfungsi menjaga keseimbangan sosial
10. Perhatikan sikap berikut!
1) Setahun sekali Rina pulang kampung
2) Keluarga Pak Ali melaksanakan ibadah haji
3) Setiap pulang kerja, ayah membawa oleh-oleh
4) Wajib membayar retribusi pajak bumi dan bangunan
5) Dina melaksanakan upacara turun tanah untuk putrinya
Contoh di atas yang merupakan norma kebiasaan adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 4, dan 5
e. 3, 4, dan 5
11. Perhatikan tindakan berikut!
1) Menulis catatan pelajaran di kelas memakai tangan kanan
2) Memberikan sesuatu kepada orang lain dengan asisten
3) Mengucapkan terima kasih sesudah menerima pertolongan
4) Melambaikan kedua tangan ketika menonton pertandingan
5) Menggunakan asisten ketika bersalaman
Contoh penerapan norma kesopanan adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
12. Suatu interaksi yang terjadi dalam masyarakat selalu diawali dengan...
a. Kontak sosial
b. Jalinan sosial
c. Pekerjaan sosial
d. Hubungan sosial
e. Kehidupan sosial
13. Perhatikan pola realitas sosial berikut!
1) Anggota dewan perwakilan rakyat dan DPD berdebat wacana efektivitas pembangunan nasional
2) Para siswa berkumpul di halaman sekolah untuk menyaksikan pentas musik
3) Siswa mengerjakan kiprah secara sungguh-sungguh supaya menerima nilai terbaik
4) Siswa SMA/MA se-DKI bertanding olah raga untuk memperebutkan Piala Gubernur
Dari pola di atas yang merupakan interaksi sosial dalam bentuk kompetisi ialah...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
14. Perbedaan kepentingan dalam kepengurusan sebuah partai politik menjadikan keluarnya sejumlah anggota dan lantas mendirikan kepengurusan tandingan. Proses interaksi disosiatif yang diambil oleh anggota tersebut berbentuk...
a. Kontravensi
b. Kompromi
c. Konsiliasi
d. Konversi
e. Konflik
15. Dalam upaya menuntaskan konflik sosial di Ambon beberapa waktu yang lalu, pemerintah mempertemukan keinginan pihak-pihak yang bertikai untuk berunding. Kedua pihak mengesampingkan perbedaan kepentingan sehingga tercapai akad bagi penyelesaian konflik tersebut. Kasus tersebut merupakan pola interaksi sosial dalam bentuk...
a. Kompromi
b. Stalemate
c. Konsiliasi
d. Ajudikasi
e. Koersif
16. Perhatikan bentuk-bentuk fasilitas berikut!
1) Kompromi
2) Koersi
3) Mediasi
4) Arbitrasi
Bentuk fasilitas yang membutuhkan kehadiran pihak ketiga untuk membantu menuntaskan persengketaan ialah...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 3 dan 4
17. Beberapa arif balig cukup akal berusaha untuk tampil sama persis dengan tokoh yang dikagumi. Dalam proses interaksi sosial tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor...
a. Identifikasi
b. Motivasi
c. Simpati
d. Empati
e. Sugesti
18. Simbol yang sanggup dimaknai sebagai ‘gerakan pelestarian lingkungan’ adalah...
a. Warna merah
b. Warna hitam
c. Warna putih
d. Warna hijau
e. Warna biru
19. Melalui berguru berprestasi, seorang individu akan menjadi anggota yang berpartisipasi penuh dalam masyarakat. Proses ini dinamakan...
a. Interaksi
b. Sosialisasi
c. Modernisasi
d. Identifikasi
e. Internalisasi
20. Orang bau tanah dari keturunan aristokrat mengajari anaknya bertutur kata dan berperilaku baik sesuai dengan aturan yang berlaku di lingkungan istana. Kegiatan ini merupakan proses sosialisasi yang bertujuan...
a. Mengendalikan fungsi-fungsi organik
b. Membantu memenuhi kebutuhan anak
c. Menanamkan nilai dan kepercayaan pokok
d. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi
e. Membentuk sikap dan kepribadian sesuai strata
21. Pada awal proses pembentukan kepribadian, seseorang biasanya dididik untuk mengenal dasar-dasar pergaulan yang baik dan benar menyerupai cara berbicara, berjalan, dan bertindak. Sosialisasi tersebut dilakukan oleh...
a. Sekolah
b. Kerabat
c. Keluarga
d. Tetangga
e. Teman bermain
22. Arman yang dulunya berambut hitam itu tiba-tiba mengubah warna rambutnya menjadi pirang. Tindakan Arman tersebut dilakukan sesudah sering melihat artis idolanya di televisi yang juga berambut pirang. Agen sosialisasi dari masalah tersebut adalah...
a. Keluarga besar
b. Sekolah formal
c. Teman bermain
d. Media elektronik
e. Lingkungan kerja
23. Anak yang dititipkan di forum pendidikan khusus mengalami proses sosialisasi dengan cara khusus dalam mendapatkan aturan dan nilai-nilai baru. Contoh masalah tersebut termasuk jenis sosialisasi...
a. Primer
b. Umum
c. Tersier
d. Khusus
e. Sekunder
24. Seorang guru sebelum menyajikan bahan pelajaran terlebih dahulu mengingatkan siswa wacana semboyan “Katakan Tidak Untuk Narkoba” dan jikalau terlibat narkoba, siswa diancam pemecatan (dikembalikan ke orang tua). Hal itu merupakan bentuk sosialisasi dalam lingkungan yang bersifat...
a. Formal
b. Terbuka
c. Tertutup
d. Informal
e. Non-formal
25. Seorang ibu selalu mengajarkan pada anaknya bagaimana menyiapkan baju seragam untuk digunakan esok, menata buku pelajaran supaya tidak tertinggal, dan sarapan pagi sebelum berangkat. Peran ibu sangat berarti dalam membentuk kepribadian anak supaya menjadi...
a. Menghargai dan mendengarkan
b. Bertanggung jawab dan mandiri
c. Patuh terhadap aturan dan manja
d. Tergantung orang lain dan manja
e. Anak malas dan tidak bertanggung jawab
Download
Kunci Jawaban
Soal Uraian
1. Ilmu yang mempelajari mengenai interaksi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok dalam masyarakat, yaitu pengertian dari...
a. Sejarah
b. Sosiologi
c. Psikologi
d. Ekonomi
e. Antropologi
2. Tokoh yang dikenal sebagai Bapak Sosiologi Indonesia adalah...
a. Imam Prasodjo
b. Effendi Ghazali
c. Selo Soemardjan
d. Kamanto Sunarto
e. Soerjono Soekanto
3. Seorang sosiolog tidak pernah menghakimi atau menilai. Ia hanya berusaha mengatakan analisis objektif terhadap suatu fenomena sosial. Hal mana memang harus dilakukan demi mempertahankan sifat sosiologi yang...
a. Praksis
b. Teoretis
c. Empiris
d. Non-etis
e. Kumulatif
4. Nilai secara umum dikuasai dalam masyarakat Amerika Serikat, di antaranya...
a. Kerja sama dan gotong royong
b. Prestasi dan kesuksesan
c. Kepedulian
d. Religius
e. Tradisi
5. Pak Fadhil yaitu seorang pengusaha tambak udang yang sukses. Walaupun kaya, ia tidak pernah bersikap sombong. Hampir tiap bulan, Pak Fadhil selalu membagikan beras bagi warga miskin di sekitar rumahnya. Ia juga mempunyai kepedulian terhadap nasib anak jalanan yang sering ditemuinya sedang mengamen, menjajakan koran, atau memperlihatkan jasa menyemir sepatu. Perhatiannya tersebut diwujudkan dengan membangun sebuah rumah singgah yang menyediakan daerah berteduh sekaligus belajar. Pak Fadhil mempunyai keinginan bahwa kelak anak jalanan akan bisa mengubah nasibnya menjadi lebih baik.
Tindakan Pak Fadhil memperlihatkan bahwa ia berhasil menanamkan nilai...
a. Kesetiakawanan
b. Kesopanan
c. Ketekunan
d. Kerajinan
e. Keadilan
6. Berikut yaitu karakteristiknya:
1) Kelangsungannya, alasannya didukung tradisi, relatif amatlah besar
2) Dirumuskan dalam bentuk negatif, berupa larangan keras
3) Terjadi tidak terencana
4) Tidak terperinci asal usulnya
5) Dasar eksistensinya tidak pernah dibantah
6) Lazim diikuti oleh rakyat kebanyakan (folk)
Titik persamaan antara folkways dan mores adalah...
a. 1, 2, 3, 4
b. 1, 3, 4, 5
c. 2, 3, 4, 5
d. 3, 4, 5, 6
e. 1, 3, 4, 5
7. Ketika guru berinteraksi dengan murid, seorang guru mengasihi siswa sesuai dengan susila guru. Demikian juga dengan murid, ia harus menghargai dan hormat terhadap gurunya.
Faktor yang mendasari sikap sosial pada pola di atas yaitu norma...
a. Susila
b. Agama
c. Hukum
d. Kebiasaan
e. Kesopanan
8. Mengucapkan salam ketika bertamu, menganggukkan kepala sebagai tanda hormat kepada orang lain, serta membuang sampah pada tempatnya, merupakan pola dari cara-cara bertindak yang digemari oleh masyarakat sehingga dilakukan berulang-ulang. Apabila perbuatan tersebut tidak dilakukan, maka dianggap sebagai penyimpangan. Contoh tersebut memperlihatkan jenis norma yang diterapkan ialah...
a. Mores/tata kelakuan
b. Folkways/kebiasaan
c. Customs/adat
d. Laws/hukum
e. Usage/cara
9. Norma dijadikan pedoman hidup dalam memenuhi kebutuhan sosial karena...
a. Keberadaannya dalam masyarakat
b. Berupa hasil kebudayaan imateril
c. Berisi pedoman hidup yang mutlak
d. Diperlukan dalam kehidupan beragama
e. Berfungsi menjaga keseimbangan sosial
10. Perhatikan sikap berikut!
1) Setahun sekali Rina pulang kampung
2) Keluarga Pak Ali melaksanakan ibadah haji
3) Setiap pulang kerja, ayah membawa oleh-oleh
4) Wajib membayar retribusi pajak bumi dan bangunan
5) Dina melaksanakan upacara turun tanah untuk putrinya
Contoh di atas yang merupakan norma kebiasaan adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 4, dan 5
e. 3, 4, dan 5
11. Perhatikan tindakan berikut!
1) Menulis catatan pelajaran di kelas memakai tangan kanan
2) Memberikan sesuatu kepada orang lain dengan asisten
3) Mengucapkan terima kasih sesudah menerima pertolongan
4) Melambaikan kedua tangan ketika menonton pertandingan
5) Menggunakan asisten ketika bersalaman
Contoh penerapan norma kesopanan adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
12. Suatu interaksi yang terjadi dalam masyarakat selalu diawali dengan...
a. Kontak sosial
b. Jalinan sosial
c. Pekerjaan sosial
d. Hubungan sosial
e. Kehidupan sosial
13. Perhatikan pola realitas sosial berikut!
1) Anggota dewan perwakilan rakyat dan DPD berdebat wacana efektivitas pembangunan nasional
2) Para siswa berkumpul di halaman sekolah untuk menyaksikan pentas musik
3) Siswa mengerjakan kiprah secara sungguh-sungguh supaya menerima nilai terbaik
4) Siswa SMA/MA se-DKI bertanding olah raga untuk memperebutkan Piala Gubernur
Dari pola di atas yang merupakan interaksi sosial dalam bentuk kompetisi ialah...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4
14. Perbedaan kepentingan dalam kepengurusan sebuah partai politik menjadikan keluarnya sejumlah anggota dan lantas mendirikan kepengurusan tandingan. Proses interaksi disosiatif yang diambil oleh anggota tersebut berbentuk...
a. Kontravensi
b. Kompromi
c. Konsiliasi
d. Konversi
e. Konflik
15. Dalam upaya menuntaskan konflik sosial di Ambon beberapa waktu yang lalu, pemerintah mempertemukan keinginan pihak-pihak yang bertikai untuk berunding. Kedua pihak mengesampingkan perbedaan kepentingan sehingga tercapai akad bagi penyelesaian konflik tersebut. Kasus tersebut merupakan pola interaksi sosial dalam bentuk...
a. Kompromi
b. Stalemate
c. Konsiliasi
d. Ajudikasi
e. Koersif
16. Perhatikan bentuk-bentuk fasilitas berikut!
1) Kompromi
2) Koersi
3) Mediasi
4) Arbitrasi
Bentuk fasilitas yang membutuhkan kehadiran pihak ketiga untuk membantu menuntaskan persengketaan ialah...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 3 dan 4
17. Beberapa arif balig cukup akal berusaha untuk tampil sama persis dengan tokoh yang dikagumi. Dalam proses interaksi sosial tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor...
a. Identifikasi
b. Motivasi
c. Simpati
d. Empati
e. Sugesti
18. Simbol yang sanggup dimaknai sebagai ‘gerakan pelestarian lingkungan’ adalah...
a. Warna merah
b. Warna hitam
c. Warna putih
d. Warna hijau
e. Warna biru
19. Melalui berguru berprestasi, seorang individu akan menjadi anggota yang berpartisipasi penuh dalam masyarakat. Proses ini dinamakan...
a. Interaksi
b. Sosialisasi
c. Modernisasi
d. Identifikasi
e. Internalisasi
20. Orang bau tanah dari keturunan aristokrat mengajari anaknya bertutur kata dan berperilaku baik sesuai dengan aturan yang berlaku di lingkungan istana. Kegiatan ini merupakan proses sosialisasi yang bertujuan...
a. Mengendalikan fungsi-fungsi organik
b. Membantu memenuhi kebutuhan anak
c. Menanamkan nilai dan kepercayaan pokok
d. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi
e. Membentuk sikap dan kepribadian sesuai strata
21. Pada awal proses pembentukan kepribadian, seseorang biasanya dididik untuk mengenal dasar-dasar pergaulan yang baik dan benar menyerupai cara berbicara, berjalan, dan bertindak. Sosialisasi tersebut dilakukan oleh...
a. Sekolah
b. Kerabat
c. Keluarga
d. Tetangga
e. Teman bermain
22. Arman yang dulunya berambut hitam itu tiba-tiba mengubah warna rambutnya menjadi pirang. Tindakan Arman tersebut dilakukan sesudah sering melihat artis idolanya di televisi yang juga berambut pirang. Agen sosialisasi dari masalah tersebut adalah...
a. Keluarga besar
b. Sekolah formal
c. Teman bermain
d. Media elektronik
e. Lingkungan kerja
23. Anak yang dititipkan di forum pendidikan khusus mengalami proses sosialisasi dengan cara khusus dalam mendapatkan aturan dan nilai-nilai baru. Contoh masalah tersebut termasuk jenis sosialisasi...
a. Primer
b. Umum
c. Tersier
d. Khusus
e. Sekunder
24. Seorang guru sebelum menyajikan bahan pelajaran terlebih dahulu mengingatkan siswa wacana semboyan “Katakan Tidak Untuk Narkoba” dan jikalau terlibat narkoba, siswa diancam pemecatan (dikembalikan ke orang tua). Hal itu merupakan bentuk sosialisasi dalam lingkungan yang bersifat...
a. Formal
b. Terbuka
c. Tertutup
d. Informal
e. Non-formal
25. Seorang ibu selalu mengajarkan pada anaknya bagaimana menyiapkan baju seragam untuk digunakan esok, menata buku pelajaran supaya tidak tertinggal, dan sarapan pagi sebelum berangkat. Peran ibu sangat berarti dalam membentuk kepribadian anak supaya menjadi...
a. Menghargai dan mendengarkan
b. Bertanggung jawab dan mandiri
c. Patuh terhadap aturan dan manja
d. Tergantung orang lain dan manja
e. Anak malas dan tidak bertanggung jawab
Download
Kunci Jawaban