Kunci Tanggapan Dan Pembahasan Soal Un Sosiologi Bahan Kelas Xii Tahun 2015
1. Revolusi yang terjadi di aneka macam negara sanggup mewujudkan perubahan sosial yang fundamental tetapi mendorong munculnya kontradiksi antarkelompok masyarakat. Realita tersebut memperlihatkan bahwa perubahan sosial berdampak negatif yaitu terjadinya...
a. Integrasi sosial
b. Disintegrasi sosial
c. Gerakan sosial
d. Mobilitas sosial
e. Kesenjangan sosial
Jawaban : B. Disintegrasi sosial
2. Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas memperlihatkan pola perubahan sosial yaitu...
a. Bergerak menuju ke arah tujuan tertentu saja
b. Masyarakat berkembang dari solidaritas mekanik ke organik
c. Kehidupan masyarakat berubah secara linier
d. Masyarakat berkembang dari primitif ke modern
e. Tidak ada batas yang terang antara ketiga pola hidup
Jawaban : E. Tidak ada batas yang terang antara ketiga pola hidup
Teori Siklus, melihat perubahan sebagai sesuatu yang berulang-ulang. Apa yang terjadi kini intinya mempunyai kesamaan atau kemiripan dengan yang telah terjadi sebelumnya. Pola perubahan siklus ialah pola perubahan yang mirip spiral.
3. Aksi buruh melalui Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) menuntut perubahan honor sesuai dengan UMP telah menimbulkan kemacetan di jalan raya. Deskripsi ini merupakan contoh disintegrasi sosial dalam bentuk...
a. Pergolakan daerah
b. Demonstrasi
c. Kenakalan remaja
d. Tawuran
e. Kriminalitas
Jawaban : B. Demonstrasi
4. Perhatikan tanda-tanda sosial berikut:
(1) Nilai pasrah terhadap keadaan yang ada
(2) Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
(3) Prasangka jelek terhadap budaya asing
(4) Sistem pelapisan masyarakat yang bersifat terbuka
(5) Sikap menghargai hasil karya orang lain
Yang termasuk dalam faktor penghambat perubahan sosial adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : A. 1, 2, 3
Faktor Penghambat Perubahan Sosial
a. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
b. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat
c. Sikap masyarakat yang masih mengagungkan tradisi masa lampau dan cenderung konservatif
d. Adanya kepentingan yang sudah tertanam besar lengan berkuasa (vested interest)
e. Rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan
f. Prasangka terhadap hal-hal gres atau abnormal atau perilaku yang tertutup
g. Hambatan-hambatan yang bersifat ideologis
h. Kebisaaan tertentu dalam masyarakat yang cenderung sukar diubah sebab sudah mendarah daging
5. Perubahan dalam masyarakat akan terus terjadi seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu faktor yang menimbulkan masyarakat cenderung untuk berubah berkaitan dengan perilaku inovatif adalah...
a. Sadar akan kekuatan yang dimiliki
b. Adanya tekanan dari aneka macam pihak luar
c. Masyarakat yang mempunyai wawasan luas
d. Struktur sosial yang terbuka terhadap perubahan
e. Rasa percaya diri bahwa kesuksesan harus diraih
Jawaban : A. Sadar akan kekuatan yang dimiliki
6. Penemuan peralatan transfortasi modern menggantikan peralatan transfortasi tradisional. Modernisasi tersebut memperlihatkan kenyamanan berupa...
a. Menggantikan sarana yang sudah ada
b. Mengurangi penggunaan materi bakar minyak
c. Memperpendek waktu tempuh perjalanan
d. Membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat
e. Mempercepat laju urbanisasi
Jawaban : C. Memperpendek waktu tempuh perjalanan
7. Pegadaian merupakan contoh forum utang-piutang yang dari sudut perkembangannya termasuk tipe enacted institutions. Ciri-ciri enacted institutions adalah...
a. Sengaja dibuat untuk suatu tujuan tertentu
b. Berkaitan dengan hal-hal yang dianggap masyarakat penting
c. Bertujuan mengawasi etika istiadat dan pranata sosial
d. Berkaitan dengan pranata pendidikan
e. Mempertahankan tata tertib di masyarakat
Jawaban : A. Sengaja dibuat untuk suatu tujuan tertentu
Enacted institution, yaitu forum sosial yang sengaja dibuat untuk mencapai tujuan tertentu
8. Akhir-akhir ini banyak terjadi tawuran pelajar yang hanya dipicu oleh kesalahpahaman saja. Hal itu merupakan jawaban dari kegagalan forum sosial dalam menjalankan fungsi...
a. Memberi pedoman hidup
b. Menjaga keutuhan kelompok
c. Melakukan pengawasan
d. Menanamkan kebisaaan
e. Mengembangkan masyarakat
Jawaban : C. Melakukan pengawasan
9. Perhatikan pernyataan berikut:
(1) Mempunyai anggota lebih dari satu orang
(2) Mempunyai alat kelengkapan yang dipakai mencapai tujuan
(3) Memiliki sumber keuangan forum tersendiri
(4) Memiliki lambang yang menggambarkan fungsi tertentu
(5) Memiliki tingkat kekekalan tertentu
Pernyataan di atas yang memperlihatkan ciri-ciri forum sosial adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : D. 2, 4, 5
Karakteristik Lembaga Sosial
1) Memiliki simbol sendiri.
2) Memiliki tata tertib dan tradisi.
3) Usianya lebih lama
4) Memiliki alat kelengkapan
5) Memiliki ideologi
6) Memiliki tingkat kekebalan/daya tahan
10. Dalam suatu ceramah agama, seorang ustad menekankan pentingnya pendidikan anak secara baik. Anak merupakan karunia dari Allah yang dianugerahkan kepada orang bau tanah untuk dibesarkan, diasuh, dididik, semoga kelak menjadi generasi yang baik. Peran ustad tersebut ditujukan untuk semua kalangan. Peran ustad sebagai cuilan dari forum agama adalah...
a. Memberi petunjuk kepada insan perihal kebaikan dunia dan akherat
b. Mengajarkan cara hidup yang harmonis, tenang dan bahagia
c. Mengajarkan kepada keluarga-keluarga untuk sanggup hidup sejahtera
d. Mengajarkan tata cara ritual peribadatan sesuai agamanya
e. Menjaga masayarakat dari perbuatan jahat dan dosa
Jawaban : A. Memberi petunjuk kepada insan perihal kebaikan dunia dan akherat
11. Pemerintah membangun sawah gres untuk mencukupi stok beras nasional. Target yang ingin dicapai ialah tersedianya beras secara cukup tanpa harus impor. Aktifitas forum ekonomi yang dicontohkan dalam ilustrasi tersebut memperlihatkan fungsi produksi forum ekonomi yaitu…
a. Menetapkan cara pengupahan
b. Melakukan pertakaran baru
c. Menghasilkan materi pangan
d. Menggunakan tenaga kerja
e. Menentukan harga jual
Jawaban : C. Menghasilkan materi pangan
Tujuan dan fungsi forum ekonomi
a. Memberi pedoman untuk mendapat materi pangan
b. Memberikan pedoman untuk melaksanakan pertukaran barang (barter)
c. Memberikan pedoman perihal harga jual beli
d. Memberikan pedoman untuk memakai tenaga kerja
e. Memberikan pedoman perihal cara pengupahan
f. Memberikan pedoman perihal cara pemutusan hubungan kerja
g. Memberi identitas diri bagi masyarakat
12. Merencanakan dan melaksanakan pelayanan sosial serta mengusahakan kebutuhan pokok masyarakat mirip pengadaan dan distribusi pangan, sandang, papan, energy, kesehatan dan pendidikan, merupakan fungsi dari forum politik yang utama yaitu…
a. Mengurangi kemiskinan dan pengangguran yang ada
b. Mensejahterakan masyarakat umum secara nyata
c. Mempertahankan kekuasaan sesuai dengan hukum undang-undang
d. Memperbaiki pertumbuhan ekonomi sehingga tidak terjadi inflasi tinggi
e. Mewujudkan Negara yang bebas dari gangguan kerusuhan
Jawaban : B. Mensejahterakan masyarakat umum secara nyata
Fungsi forum politik
a. Memelihara ketertiban di dalam (internal order)
b. Menjaga keamanan di luar (external security)
c. Mengusahakan kesejahteraan umum (general welfare)
d. Mengatur proses politik
13. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menyelenggarakan pembelajaran
(2) Sarana pendewasaan anak
(3) Mengembangkan talenta anak
(4) Menghambat kesempatan kerja
(5) Memiliki potensi sebagai sarana pembangkangan anak
Dari contoh di atas yang merupakan fungsi laten lembaga pendidikan adalah…
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : E. 3, 4, 5
Fungsi laten (tidak disadari)
a) Mengurangi pengendalian orang tua
b) Menyediakan sarana untuk pembangkangan
c) Mempertahankan sistem kelas sosial
d) Memperpanjang masa remaja
14. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Membentuk kepribadian anak sesuai impian orang tua
(2) Membisaakan kepada anak untuk membereskan tempat tidurnya
(3) Memberi pertolongan kepada seluruh anggota keluarga
(4) Mengajarkan anak untuk mempunyai perilaku disiplin
(5) Memenuhi kebutuhan ekonomi anak
Yang merupakan fungsi sosialisasi dalam keluarga ditunjukkan oleh…
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : B. 1, 2, 4
15. Perhatikan data pada tabel berikut!
Tabel Pemilikan Tanah Petani Desa Wonorejo Kecamatan Mujimulyo Tahun 2010
Ket.
>2 h : Petani kaya
0,5 s.d <2h : Petani subsisten
<0,5 : Petani gurem
Tidak punya lahan : Buruh tani
Simpulan yang sanggup diambil dari data pada tabel di atas adalah…
a. Separuh lebih petani di desa tersebut ialah buruh tani
b. Separuh lebih petani di desa tersebut ialah petani gurem
c. Jumlah petani gurem lebih besar dari buruh tani
d. Sebagian besar petani di desa tersebut ialah petani gurem dan buruh tani
e. Rata-rata petani di desa tersebut merupakan petani subsistem
Jawaban : D. Sebagian besar petani di desa tersebut ialah petani gurem dan buruh tani
16. Ciri teknik pengumpulan data:
(1) Responden sulit menentukan jawaban yang tersedia
(2) Peneliti tidak sanggup menyelami lebih jauh kehidupan responden
(3) Responden yang sibuk sering sulit ditemui
(4) Dibutuhkan waktu usang dan biaya mahal
(5) Hasil wawancara kadang tidak sesuai kebutuhan
Kelemahan teknik wawancara adalah…
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : C. 1, 3, 5
Adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si peneliti dengan obyek penelitian, dalam wawancara ada dua pihak yang terlibat yaitu interviewer (pewawancara), yaitu orang yang mewawancarai/pihak pewawancara dan interviewe (terwawancara), yaitu orang yang diwawancarai.
17. Data penelitian perihal pendapat siswa terhadap profil guru ideal, datanya diperoleh dengan bertanya pribadi kepada para siswa sebagai subjek penelitian. Berdasarkan cara memperolehnya, data tersebut termasuk…
a. Primer
b. Sekunder
c. Kuantitatif
d. Kualitatif
e. Deskriptif
Jawaban : A. Primer
Data frimer; data yang didapat pribadi dari lapangan yang peroleh peneliti melalui wawancara, kuesioner, angket atau observasi.
18. Seorang peneliti melaksanakan kajian mengenai keberhasilan kegiatan wajib berguru 9 tahun di lima provinsi pulau Jawa, tahun 2011. Peneliti membagi tiga zona barat, tengah dan timur untuk mempermudah pengelompokkan data. Berdasarkan deskripsi tersebut maka cara pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian adalah…
a. Proporsional sampling
b. Random sampling
c. Area sampling
d. Group sampling
e. Purposive sampling
Jawaban : C. Area sampling
Sampel wilayah (area probability sampling); Dengan mengambil wakil dari setiap wilayah yang terdapat dalam populasi. Apabila ada perbedaan ciri antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.
19. Peneliti ingin mengetahui mengapa di sekolah “X” yang lokasinya di pedesaan menghasilkan output nilai rata-rata Ujian Nasional tinggi dibandingkan dengan sekolah lain di sekitarnya. Rumusan duduk kasus yang sesuai dari kondisi objek tersebut adalah…
a. Berapa nilai rata-rata ujian nasional di sekolah “X”?
b. Berapa perbedaan nilai rata-rata sekolah “X” dengan sekolah sekitar?
c. Bagaimana pengelolaan KBM di sekolah “X” sehingga nilai rata-rata UN tinggi?
d. Apa yang menimbulkan siswa Sekolah Menengan Atas “X” lebih suka berguru disbanding bermain?
e. Adakah hubungan antara metode mengajar guru dengan nilai rata-rata UN?
Jawaban : C. Bagaimana pengelolaan KBM di sekolah “X” sehingga nilai rata-rata UN tinggi?
20. Judul penelitian: “Pengaruh pencitraan diri melalui media massa terhadap tingkat popularitas selebritis.” Variabel terikat dari judul penelitian tersebut adalah…
a. Pencitraan diri
b. Media massa
c. Tingkat popularitas selebritis
d. Selebritis
e. Pencitraan diri
Jawaban : C. Tingkat popularitas selebritis
Variabel penelitian ialah suatu atribut yang dianggap mencerminkan dan mengungkapkan pengertian atau bangunan pengertian. Contoh : variabel “usia” dan “tinggi tubuh seorang anak”. Dalam penelitian variabel dibedakan menjadi dua, yaitu:
Variabel Bebas, yaitu variabel yang mendahului atau memengaruhi variabel lain
Variabel terikat, yaitu variabel yang merupakan jawaban atau tergantung pada variabel yang mendahuluinya.
21. Seorang peneliti melaksanakan penelitian perihal kehidupan sosial para pengguna internet. Pengumpulan data memakai teknik wawancara dan observasi dengan hasil analisis berupa narasi atau klarifikasi perihal duduk kasus yang diteliti. Uraian di atas memperlihatkan bahwa peneliti tersebut melaksanakan penelitian jenis…
a. Kuantitatif
b. Kualitatif
c. Survey
d. Studi kasus
e. Eksperimen
Jawaban : B. Kualitatif
Data kualitatif; data yang tidak berbentuk angka.
22. Seorang peneliti harus menyusun laporan hasil penelitiannya. Berikut ini yang merupakan manfaat penelitian bagi pemerintah adalah…
a. Menambah khasanah ilmu pengetahuan
b. Mendorong dilakukan penelitian lanjutan
c. Meningkatkan prestasi peneliti
d. Mengimplementasikan semua hasil penelitian
e. Menjadi contoh dalam pengambilan kebijakan
Jawaban : E. Menjadi contoh dalam pengambilan kebijakan
23. Dalam laporan peneltian ilmiah antara lain memuat isi laporan yang menggambarkan pola berpikir ilmiah dalam keseluruhan proses penelitian. Kegunaan cuilan tinjauan pustaka dalam laporan penelitian ialah untuk menggambarkan…
a. Proses pelaksanaan penelitian hingga analisis datanya
b. Seluruh hasil penelitian dan metodologi yang digunakan
c. Hal-hal yang telah diteliti oleh peneliti sebelumnya
d. Pemecahan duduk kasus yang di sanggup ketika peneltian dilakukan
e. Argumentasi singkat perihal hasil penelitian yang dilakukan
Jawaban : E. Argumentasi singkat perihal hasil penelitian yang dilakukan
Download Soal di Sini
Lihat Juga
1. Materi Sosiologi Acuan Klik di Sini
2. Bedah Soal Ujian Nasional Sosiologi Tahun 2018 Klik di Sini
3. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XI Tahun 2015
4. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2015
Soal-Soal Lain
Kelas XII
1. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Penulisan Laporan Penelitian
2. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Pengolahan Data Penelitian
3. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Pengumpulan Data Penelitian
4. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Rancangan Penelitian Sosial
5. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Lembaga Sosial
6. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Modernisasi dan Globalisasi
7. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Perubahan Sosial
Referensi Soal
XII
1. Soal Ujian Nasional Sosiologi (UN) Materi Kelas XII Tahun 2018
2. Soal Ujian Nasional (UN) Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2017
3. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2016
4. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2015
5. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2014
6. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2013
7. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2012
8. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2011
9. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2010
a. Integrasi sosial
b. Disintegrasi sosial
c. Gerakan sosial
d. Mobilitas sosial
e. Kesenjangan sosial
Jawaban : B. Disintegrasi sosial
2. Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas memperlihatkan pola perubahan sosial yaitu...
a. Bergerak menuju ke arah tujuan tertentu saja
b. Masyarakat berkembang dari solidaritas mekanik ke organik
c. Kehidupan masyarakat berubah secara linier
d. Masyarakat berkembang dari primitif ke modern
e. Tidak ada batas yang terang antara ketiga pola hidup
Jawaban : E. Tidak ada batas yang terang antara ketiga pola hidup
Teori Siklus, melihat perubahan sebagai sesuatu yang berulang-ulang. Apa yang terjadi kini intinya mempunyai kesamaan atau kemiripan dengan yang telah terjadi sebelumnya. Pola perubahan siklus ialah pola perubahan yang mirip spiral.
3. Aksi buruh melalui Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) menuntut perubahan honor sesuai dengan UMP telah menimbulkan kemacetan di jalan raya. Deskripsi ini merupakan contoh disintegrasi sosial dalam bentuk...
a. Pergolakan daerah
b. Demonstrasi
c. Kenakalan remaja
d. Tawuran
e. Kriminalitas
Jawaban : B. Demonstrasi
4. Perhatikan tanda-tanda sosial berikut:
(1) Nilai pasrah terhadap keadaan yang ada
(2) Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
(3) Prasangka jelek terhadap budaya asing
(4) Sistem pelapisan masyarakat yang bersifat terbuka
(5) Sikap menghargai hasil karya orang lain
Yang termasuk dalam faktor penghambat perubahan sosial adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : A. 1, 2, 3
Faktor Penghambat Perubahan Sosial
a. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
b. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat
c. Sikap masyarakat yang masih mengagungkan tradisi masa lampau dan cenderung konservatif
d. Adanya kepentingan yang sudah tertanam besar lengan berkuasa (vested interest)
e. Rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan
f. Prasangka terhadap hal-hal gres atau abnormal atau perilaku yang tertutup
g. Hambatan-hambatan yang bersifat ideologis
h. Kebisaaan tertentu dalam masyarakat yang cenderung sukar diubah sebab sudah mendarah daging
5. Perubahan dalam masyarakat akan terus terjadi seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu faktor yang menimbulkan masyarakat cenderung untuk berubah berkaitan dengan perilaku inovatif adalah...
a. Sadar akan kekuatan yang dimiliki
b. Adanya tekanan dari aneka macam pihak luar
c. Masyarakat yang mempunyai wawasan luas
d. Struktur sosial yang terbuka terhadap perubahan
e. Rasa percaya diri bahwa kesuksesan harus diraih
Jawaban : A. Sadar akan kekuatan yang dimiliki
6. Penemuan peralatan transfortasi modern menggantikan peralatan transfortasi tradisional. Modernisasi tersebut memperlihatkan kenyamanan berupa...
a. Menggantikan sarana yang sudah ada
b. Mengurangi penggunaan materi bakar minyak
c. Memperpendek waktu tempuh perjalanan
d. Membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat
e. Mempercepat laju urbanisasi
Jawaban : C. Memperpendek waktu tempuh perjalanan
7. Pegadaian merupakan contoh forum utang-piutang yang dari sudut perkembangannya termasuk tipe enacted institutions. Ciri-ciri enacted institutions adalah...
a. Sengaja dibuat untuk suatu tujuan tertentu
b. Berkaitan dengan hal-hal yang dianggap masyarakat penting
c. Bertujuan mengawasi etika istiadat dan pranata sosial
d. Berkaitan dengan pranata pendidikan
e. Mempertahankan tata tertib di masyarakat
Jawaban : A. Sengaja dibuat untuk suatu tujuan tertentu
Enacted institution, yaitu forum sosial yang sengaja dibuat untuk mencapai tujuan tertentu
8. Akhir-akhir ini banyak terjadi tawuran pelajar yang hanya dipicu oleh kesalahpahaman saja. Hal itu merupakan jawaban dari kegagalan forum sosial dalam menjalankan fungsi...
a. Memberi pedoman hidup
b. Menjaga keutuhan kelompok
c. Melakukan pengawasan
d. Menanamkan kebisaaan
e. Mengembangkan masyarakat
Jawaban : C. Melakukan pengawasan
9. Perhatikan pernyataan berikut:
(1) Mempunyai anggota lebih dari satu orang
(2) Mempunyai alat kelengkapan yang dipakai mencapai tujuan
(3) Memiliki sumber keuangan forum tersendiri
(4) Memiliki lambang yang menggambarkan fungsi tertentu
(5) Memiliki tingkat kekekalan tertentu
Pernyataan di atas yang memperlihatkan ciri-ciri forum sosial adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : D. 2, 4, 5
Karakteristik Lembaga Sosial
1) Memiliki simbol sendiri.
2) Memiliki tata tertib dan tradisi.
3) Usianya lebih lama
4) Memiliki alat kelengkapan
5) Memiliki ideologi
6) Memiliki tingkat kekebalan/daya tahan
10. Dalam suatu ceramah agama, seorang ustad menekankan pentingnya pendidikan anak secara baik. Anak merupakan karunia dari Allah yang dianugerahkan kepada orang bau tanah untuk dibesarkan, diasuh, dididik, semoga kelak menjadi generasi yang baik. Peran ustad tersebut ditujukan untuk semua kalangan. Peran ustad sebagai cuilan dari forum agama adalah...
a. Memberi petunjuk kepada insan perihal kebaikan dunia dan akherat
b. Mengajarkan cara hidup yang harmonis, tenang dan bahagia
c. Mengajarkan kepada keluarga-keluarga untuk sanggup hidup sejahtera
d. Mengajarkan tata cara ritual peribadatan sesuai agamanya
e. Menjaga masayarakat dari perbuatan jahat dan dosa
Jawaban : A. Memberi petunjuk kepada insan perihal kebaikan dunia dan akherat
11. Pemerintah membangun sawah gres untuk mencukupi stok beras nasional. Target yang ingin dicapai ialah tersedianya beras secara cukup tanpa harus impor. Aktifitas forum ekonomi yang dicontohkan dalam ilustrasi tersebut memperlihatkan fungsi produksi forum ekonomi yaitu…
a. Menetapkan cara pengupahan
b. Melakukan pertakaran baru
c. Menghasilkan materi pangan
d. Menggunakan tenaga kerja
e. Menentukan harga jual
Jawaban : C. Menghasilkan materi pangan
Tujuan dan fungsi forum ekonomi
a. Memberi pedoman untuk mendapat materi pangan
b. Memberikan pedoman untuk melaksanakan pertukaran barang (barter)
c. Memberikan pedoman perihal harga jual beli
d. Memberikan pedoman untuk memakai tenaga kerja
e. Memberikan pedoman perihal cara pengupahan
f. Memberikan pedoman perihal cara pemutusan hubungan kerja
g. Memberi identitas diri bagi masyarakat
12. Merencanakan dan melaksanakan pelayanan sosial serta mengusahakan kebutuhan pokok masyarakat mirip pengadaan dan distribusi pangan, sandang, papan, energy, kesehatan dan pendidikan, merupakan fungsi dari forum politik yang utama yaitu…
a. Mengurangi kemiskinan dan pengangguran yang ada
b. Mensejahterakan masyarakat umum secara nyata
c. Mempertahankan kekuasaan sesuai dengan hukum undang-undang
d. Memperbaiki pertumbuhan ekonomi sehingga tidak terjadi inflasi tinggi
e. Mewujudkan Negara yang bebas dari gangguan kerusuhan
Jawaban : B. Mensejahterakan masyarakat umum secara nyata
Fungsi forum politik
a. Memelihara ketertiban di dalam (internal order)
b. Menjaga keamanan di luar (external security)
c. Mengusahakan kesejahteraan umum (general welfare)
d. Mengatur proses politik
13. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menyelenggarakan pembelajaran
(2) Sarana pendewasaan anak
(3) Mengembangkan talenta anak
(4) Menghambat kesempatan kerja
(5) Memiliki potensi sebagai sarana pembangkangan anak
Dari contoh di atas yang merupakan fungsi laten lembaga pendidikan adalah…
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : E. 3, 4, 5
Fungsi laten (tidak disadari)
a) Mengurangi pengendalian orang tua
b) Menyediakan sarana untuk pembangkangan
c) Mempertahankan sistem kelas sosial
d) Memperpanjang masa remaja
14. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Membentuk kepribadian anak sesuai impian orang tua
(2) Membisaakan kepada anak untuk membereskan tempat tidurnya
(3) Memberi pertolongan kepada seluruh anggota keluarga
(4) Mengajarkan anak untuk mempunyai perilaku disiplin
(5) Memenuhi kebutuhan ekonomi anak
Yang merupakan fungsi sosialisasi dalam keluarga ditunjukkan oleh…
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : B. 1, 2, 4
15. Perhatikan data pada tabel berikut!
Tabel Pemilikan Tanah Petani Desa Wonorejo Kecamatan Mujimulyo Tahun 2010
Ket.
>2 h : Petani kaya
0,5 s.d <2h : Petani subsisten
<0,5 : Petani gurem
Tidak punya lahan : Buruh tani
Simpulan yang sanggup diambil dari data pada tabel di atas adalah…
a. Separuh lebih petani di desa tersebut ialah buruh tani
b. Separuh lebih petani di desa tersebut ialah petani gurem
c. Jumlah petani gurem lebih besar dari buruh tani
d. Sebagian besar petani di desa tersebut ialah petani gurem dan buruh tani
e. Rata-rata petani di desa tersebut merupakan petani subsistem
Jawaban : D. Sebagian besar petani di desa tersebut ialah petani gurem dan buruh tani
Baca Juga
16. Ciri teknik pengumpulan data:
(1) Responden sulit menentukan jawaban yang tersedia
(2) Peneliti tidak sanggup menyelami lebih jauh kehidupan responden
(3) Responden yang sibuk sering sulit ditemui
(4) Dibutuhkan waktu usang dan biaya mahal
(5) Hasil wawancara kadang tidak sesuai kebutuhan
Kelemahan teknik wawancara adalah…
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : C. 1, 3, 5
Adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si peneliti dengan obyek penelitian, dalam wawancara ada dua pihak yang terlibat yaitu interviewer (pewawancara), yaitu orang yang mewawancarai/pihak pewawancara dan interviewe (terwawancara), yaitu orang yang diwawancarai.
17. Data penelitian perihal pendapat siswa terhadap profil guru ideal, datanya diperoleh dengan bertanya pribadi kepada para siswa sebagai subjek penelitian. Berdasarkan cara memperolehnya, data tersebut termasuk…
a. Primer
b. Sekunder
c. Kuantitatif
d. Kualitatif
e. Deskriptif
Jawaban : A. Primer
Data frimer; data yang didapat pribadi dari lapangan yang peroleh peneliti melalui wawancara, kuesioner, angket atau observasi.
18. Seorang peneliti melaksanakan kajian mengenai keberhasilan kegiatan wajib berguru 9 tahun di lima provinsi pulau Jawa, tahun 2011. Peneliti membagi tiga zona barat, tengah dan timur untuk mempermudah pengelompokkan data. Berdasarkan deskripsi tersebut maka cara pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian adalah…
a. Proporsional sampling
b. Random sampling
c. Area sampling
d. Group sampling
e. Purposive sampling
Jawaban : C. Area sampling
Sampel wilayah (area probability sampling); Dengan mengambil wakil dari setiap wilayah yang terdapat dalam populasi. Apabila ada perbedaan ciri antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.
19. Peneliti ingin mengetahui mengapa di sekolah “X” yang lokasinya di pedesaan menghasilkan output nilai rata-rata Ujian Nasional tinggi dibandingkan dengan sekolah lain di sekitarnya. Rumusan duduk kasus yang sesuai dari kondisi objek tersebut adalah…
a. Berapa nilai rata-rata ujian nasional di sekolah “X”?
b. Berapa perbedaan nilai rata-rata sekolah “X” dengan sekolah sekitar?
c. Bagaimana pengelolaan KBM di sekolah “X” sehingga nilai rata-rata UN tinggi?
d. Apa yang menimbulkan siswa Sekolah Menengan Atas “X” lebih suka berguru disbanding bermain?
e. Adakah hubungan antara metode mengajar guru dengan nilai rata-rata UN?
Jawaban : C. Bagaimana pengelolaan KBM di sekolah “X” sehingga nilai rata-rata UN tinggi?
20. Judul penelitian: “Pengaruh pencitraan diri melalui media massa terhadap tingkat popularitas selebritis.” Variabel terikat dari judul penelitian tersebut adalah…
a. Pencitraan diri
b. Media massa
c. Tingkat popularitas selebritis
d. Selebritis
e. Pencitraan diri
Jawaban : C. Tingkat popularitas selebritis
Variabel penelitian ialah suatu atribut yang dianggap mencerminkan dan mengungkapkan pengertian atau bangunan pengertian. Contoh : variabel “usia” dan “tinggi tubuh seorang anak”. Dalam penelitian variabel dibedakan menjadi dua, yaitu:
Variabel Bebas, yaitu variabel yang mendahului atau memengaruhi variabel lain
Variabel terikat, yaitu variabel yang merupakan jawaban atau tergantung pada variabel yang mendahuluinya.
21. Seorang peneliti melaksanakan penelitian perihal kehidupan sosial para pengguna internet. Pengumpulan data memakai teknik wawancara dan observasi dengan hasil analisis berupa narasi atau klarifikasi perihal duduk kasus yang diteliti. Uraian di atas memperlihatkan bahwa peneliti tersebut melaksanakan penelitian jenis…
a. Kuantitatif
b. Kualitatif
c. Survey
d. Studi kasus
e. Eksperimen
Jawaban : B. Kualitatif
Data kualitatif; data yang tidak berbentuk angka.
22. Seorang peneliti harus menyusun laporan hasil penelitiannya. Berikut ini yang merupakan manfaat penelitian bagi pemerintah adalah…
a. Menambah khasanah ilmu pengetahuan
b. Mendorong dilakukan penelitian lanjutan
c. Meningkatkan prestasi peneliti
d. Mengimplementasikan semua hasil penelitian
e. Menjadi contoh dalam pengambilan kebijakan
Jawaban : E. Menjadi contoh dalam pengambilan kebijakan
23. Dalam laporan peneltian ilmiah antara lain memuat isi laporan yang menggambarkan pola berpikir ilmiah dalam keseluruhan proses penelitian. Kegunaan cuilan tinjauan pustaka dalam laporan penelitian ialah untuk menggambarkan…
a. Proses pelaksanaan penelitian hingga analisis datanya
b. Seluruh hasil penelitian dan metodologi yang digunakan
c. Hal-hal yang telah diteliti oleh peneliti sebelumnya
d. Pemecahan duduk kasus yang di sanggup ketika peneltian dilakukan
e. Argumentasi singkat perihal hasil penelitian yang dilakukan
Jawaban : E. Argumentasi singkat perihal hasil penelitian yang dilakukan
Download Soal di Sini
Lihat Juga
2. Bedah Soal Ujian Nasional Sosiologi Tahun 2018 Klik di Sini
3. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XI Tahun 2015
4. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2015
Soal-Soal Lain
Kelas XII
1. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Penulisan Laporan Penelitian
2. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Pengolahan Data Penelitian
3. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Pengumpulan Data Penelitian
4. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Rancangan Penelitian Sosial
5. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Lembaga Sosial
6. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Modernisasi dan Globalisasi
7. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Perubahan Sosial
XII
1. Soal Ujian Nasional Sosiologi (UN) Materi Kelas XII Tahun 2018
2. Soal Ujian Nasional (UN) Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2017
3. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2016
4. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2015
5. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2014
6. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2013
7. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2012
8. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2011
9. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2010