Soal Pendalaman Bahan Pilihan Ganda Kelas Xii. Penilaian Semester Genap [Buku 1]
1. Ilmu yaitu kumpulan pengetahuan yang telah diuji dan disusun berdasarkan urutan dan pengertian yang menyeluruh serta...
a. Beraturan
b. Berhubungan
c. Berurutan
d. Bersisian
e. Berseberangan
2. Ilmu pengetahuan meliputi pengetahuan, metode untuk memperoleh ilmu pengetahuan, dan disusun secara sistematis. Hal ini diungkapkan oleh...
a. Dewey
b. Soleman B. Taneko
c. Woody
d. Donald Ary
e. Parsons
3. Suatu budi sehat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali...
a. Logis
b. Analitis
c. Rasional
d. Baik
e. Merupakan suatu fakta
4. Menurut Dewey, proses budi sehat insan melalui tahapan sebagai berikut, kecuali...
a. Timbul rasa kesulitan dalam bentuk adaptasi terhadap suatu peralatan, sifat, ataupun membuktikan hal-hal yang muncul secara tiba-tiba
b. Perasaan kesulitan ini selanjutnya diberi definisi dalam bentuk permasalahan
c. Timbul suatu kemungkinan pemecahan berupa perkiraan-perkiraan, dugaan sementara, atau teori
d. Ide pemecahan diuraikan secara rasional melalui pembentukan implikasi
e. Memberikan pembuktian apa adanya, baik keterangan ataupun percobaan
5. Berpikir deduktif dirumuskan sebagai suatu cara berpikir ilmiah yang bertolak dari pernyataan atau alasan yang bersifat umum ke khusus, dengan memakai kaidah logika tertentu. Cara ini diperkenalkan oleh...
a. John
b. Donald Ary
c. Aristoteles
d. Woody
e. Parsons
6. Penalaran yang disertai dengan suatu dugaan sementara (hipotesis) adalah...
a. Deduktif
b. Induktif
c. Pendekatan ilmiah
d. Penelitian
e. Persuasif
7. Penelitian yaitu pencarian atas sesuatu (inquiry) secara sistematis, dengan pengutamaan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang sanggup dipecahkan. Definisi ini dikemukakan oleh...
a. John (1949)
b. Woody (1972)
c. Donald Ary (1982)
d. Parsons (1946)
e. Whitney (1960)
8. Berikut ini yang bukan merupakan tahap-tahap penelitian adalah...
a. Memilih masalah
b. Tahap analisis
c. Memilih seni administrasi penelitian dan menyebarkan instrumen
d. Menyelesaikan masalah
e. Mengumpulkan dan menafsirkan data
9. Seorang peneliti harus mempunyai perilaku objektif, artinya...
a. Seorang peneliti harus mempunyai kemampuan untuk menyelenggarakan penelitian dengan memakai metode tertentu
b. Seorang peneliti harus sanggup memisahkan antara pendapat pribadi dengan fakta yang ada
c. Seorang peneliti harus bekerja berdasarkan fakta yang diperoleh
d. Seorang peneliti tidak gampang percaya
e. Seorang peneliti harus selalu menganalisis setiap pernyataan yang muncul
10. Peneliti harus mempunyai daya khayal ilmiah, kreatif, ide-ide yang rasional serta menghindari jiplakan, ini termasuk kriteria...
a. Daya nalar
b. Orisinalitas
c. Akurat
d. Konsentrasi
e. Kewaspadaan
11. Beberapa hal penting sebagai materi pertimbangan dalam pengumpulan data di lapangan yaitu sebagai berikut, kecuali...
a. Alat/instrumen pengumpul data
b. Kualifikasi orang yang mengumpulkan data
c. Situasi lapangan
d. Pengumpul data yaitu orang yang eksklusif mengambil data dari sumber data di lapangan
e. Data boleh diambil siapa saja dan bersumber dari mana saja
12. Metode pengumpulan data dengan mengamati secara eksklusif di lapangan disebut...
a. Metode wawancara
b. Metode observasi
c. Metode kuesioner
d. Metode proyektif
e. Metode sosiometri
13. Metode wawancara yaitu proses memperoleh keterangan dengan cara...
a. Bertanya eksklusif kepada objek penelitian
b. Mengamati secara eksklusif di lapangan
c. Membuat daftar pertanyaan
d. Mengumpulkan data dari suatu situasi
e. Memilih, berkomunikasi, dan berinteraksi dari individu-individu
14. Seorang siswa berhasil menyusun laporan penelitian untuk lomba karya ilmiah remaja. Data-data diperoleh dari acara mengunjungi beberapa perpustakaan dan museum. Teknik pengumpulan data yang dilakukan siswa tersebut adalah...
a. Angket
b. Wawancara
c. Dokumen
d. Observasi
e. Analisis media massa
15. Dalam wawancara, semua responden harus dianggap sama, jangan memihak kepada sebagian responden. Hal ini merupakan perilaku pewawancara dalam bertanya yang disebut...
a. Netral
b. Adil
c. Ramah
d. Sopan
e. Baik
16. Sekumpulan pertanyaan yang butir-butirnya bekerjasama dengan dilema penelitian disebut...
a. Observasi
b. Wawancara
c. Kuesioner
d. Instrumen
e. Pengukuran
17. Keuntungan memakai metode wawancara yaitu sebagai berikut, kecuali...
a. Salah satu teknik terbaik untuk mendapat data pribadi
b. Tidak terbatas pada tingkat pendidikan tertentu, asalkan responden sanggup berbicara dengan baik
c. Untuk objek yang luas diharapkan pewawancara yang banyak jumlahnya
d. Dapat dijadikan komplemen teknik pengumpulan data lainnya
e. Sebagai penguji terhadap data yang didapat dengan teknik pengumpulan lainnya
18. Kekurangan memakai metode kuesioner adalah...
a. Dapat dibagikan secara serentak kepada banyak responden
b. Tidak memerlukan hadirnya peneliti lantaran kuesioner sanggup dikirimkan
c. Hanya bisa dipakai bila responden sanggup membaca dan menulis
d. Dapat dijawab oleh responden berdasarkan kesempatan dan waktu yang tersedia
e. Bersifat standar sehingga semua responden mendapat pertanyaan yang sama
19. Skala pengukuran dibedakan menjadi empat menyerupai di bawah ini, kecuali...
a. Skala koordinat
b. Skala nominal
c. Skala ordinal
d. Skala interval
e. Skala rasio
20. Hubungan antara dua variabel yang saling imbas memengaruhi disebut...
a. Hubungan simetris
b. Hubungan asimetris
c. Hubungan timbal balik
d. Hubungan horizontal
e. Hubungan vertikal
21. Jarak antara skor tertinggi dengan skor terendah dalam suatu sebaran disebut...
a. Range
b. Mean
c. Modus
d. Median
e. Interval
22. Agar penulisan laporan penelitian terarah dan memenuhi unsur-unsur ilmiah, harus memenuhi syarat-syarat di bawah ini, kecuali...
a. Tepat tujuan
b. Sistematis
c. Harus meyakinkan
d. Memiliki kejelasan berdasarkan kaidah ilmu
e. Menarik
23. Laporan yang berisi inti sari dari laporan lengkap disebut...
a. Artikel ilmiah
b. Laporan ringkas
c. Laporan sementara
d. Laporan untuk administrator
e. Laporan untuk pembuat keputusan
24. Sebuah laporan ilmiah harus berisi hal-hal menyerupai di bawah ini, kecuali...
a. Pernyataan perihal dilema yang ingin dipecahkan dalam penelitian
b. Prosedur penelitian, yang meliputi desain penelitian
c. Hasil penelitian dan penemuan-penemuan
d. Laporan ringkas
e. Implikasi yang sanggup ditarik dari penelitian tersebut
25. Pernyataan-pernyataan perihal penulisan laporan, masalah-masalah yang dihadapi selama penelitian, siapa saja yang memberi pemberian dalam penelitian, serta ucapan terima kasih kepada banyak sekali pihak disebut...
a. Abstrak
b. Pendahuluan
c. Kata pengantar
d. Tujuan penelitian
e. Rumusan permasalahan
26. Bagian yang terpenting bagi pembaca, alasannya yaitu ada yang sanggup dipelajari dari penelitian tersebut dan bagaimana kekerabatan antara inovasi dengan masalah-masalah penelitian yang telah dirumuskan dinamakan...
a. Analisis data
b. Validasi instrumen
c. Hipotesis
d. Hasil penelitian
e. Penyajian data
27. Setiap peneliti yang sedang mengerjakan suatu penelitian niscaya memakai materi referensi, bila ada bab dari materi rujukan yang dikutip dalam laporan penelitian maka akan dicantumkan dalam...
a. Daftar pustaka
b. Indeks
c. Catatan kaki
d. Daftar isi
e. Daftar tabel
28. Secara umum, diskusi sanggup dibedakan menjadi empat, yaitu...
a. Diskusi panel, simposium, seminar, dan diskusi kelas
b. Diskusi panel, rapat tahunan, seminar, dan simposium
c. Rapat tahunan, simposium, diskusi kelas, dan kursus
d. Seminar, simposium, kursus, dan penataran
29. Diskusi yang dilakukan sehabis masing-masing pembicara mengemukakan pendapatnya disebut...
a. Simposium
b. Seminar
c. Rapat tahunan
d. Diskusi panel
e. Penataran
30. Pertemuan ilmiah yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membahas suatu dilema di bawah pimpinan moderator disebut...
a. Simposium
b. Kursus
c. Seminar
d. Diskusi panel
e. penataran
Download Soal di Sini
Soal Esai Klik di Sini
Kunci Jawaban Klik di Sini
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas XII. Evaluasi Semester Genap [KTSP]
2. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Evaluasi Semester Genap [buku 2]
3. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 6. Penulisan Laporan Penelitian [KTSP]
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 6. Penulisan Laporan Penelitian [KTSP] [buku 2]
5. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 5. Pengolahan Data [KTSP]
6. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 5. Pengolahan Data [KTSP] [buku 2]
7. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 4. [KTSP]
8. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 4. Pengumpulan Data [KTSP] [buku 2]
9. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 4. Penelitian Sosial dan Penulisan Laporan Penelitian [KTSP] [buku 1]
10. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP]
11. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP] [buku 2]
12. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP] [buku 1]
Baca Juga
1. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII. Semester Genap
2. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 8. Penyusunan dan Penyajian Laporan Penelitian
3. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 7. Pengumpulan dan Pengolahan (Analisis) Data
4. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 6. Hakikat Penelitian Sosial
5. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 5. Rancangan Penelitian Sosial
6. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII. Semester Genap
7. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 8. Penyusunan dan Penyajian Laporan Penelitian
8. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 7. Pengumpulan dan Pengolahan (Analisis) Data
9. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 6. Hakikat Penelitian Sosial
10. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 5. Rancangan Penelitian Sosial
Materi Ajar
1. Materi Kelas XII Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP]
2. Materi Kelas XII Bab 5. Pengumpulan Data [KTSP]
3. Materi Kelas XII Bab 6. Pengolahan Data [KTSP]
4. Materi Kelas XII Bab 7. Penulisan Laporan Penelitian [KTSP]
a. Beraturan
b. Berhubungan
c. Berurutan
d. Bersisian
e. Berseberangan
2. Ilmu pengetahuan meliputi pengetahuan, metode untuk memperoleh ilmu pengetahuan, dan disusun secara sistematis. Hal ini diungkapkan oleh...
a. Dewey
b. Soleman B. Taneko
c. Woody
d. Donald Ary
e. Parsons
3. Suatu budi sehat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali...
a. Logis
b. Analitis
c. Rasional
d. Baik
e. Merupakan suatu fakta
4. Menurut Dewey, proses budi sehat insan melalui tahapan sebagai berikut, kecuali...
a. Timbul rasa kesulitan dalam bentuk adaptasi terhadap suatu peralatan, sifat, ataupun membuktikan hal-hal yang muncul secara tiba-tiba
b. Perasaan kesulitan ini selanjutnya diberi definisi dalam bentuk permasalahan
c. Timbul suatu kemungkinan pemecahan berupa perkiraan-perkiraan, dugaan sementara, atau teori
d. Ide pemecahan diuraikan secara rasional melalui pembentukan implikasi
e. Memberikan pembuktian apa adanya, baik keterangan ataupun percobaan
5. Berpikir deduktif dirumuskan sebagai suatu cara berpikir ilmiah yang bertolak dari pernyataan atau alasan yang bersifat umum ke khusus, dengan memakai kaidah logika tertentu. Cara ini diperkenalkan oleh...
a. John
b. Donald Ary
c. Aristoteles
d. Woody
e. Parsons
6. Penalaran yang disertai dengan suatu dugaan sementara (hipotesis) adalah...
a. Deduktif
b. Induktif
c. Pendekatan ilmiah
d. Penelitian
e. Persuasif
7. Penelitian yaitu pencarian atas sesuatu (inquiry) secara sistematis, dengan pengutamaan bahwa pencarian ini dilakukan terhadap masalah-masalah yang sanggup dipecahkan. Definisi ini dikemukakan oleh...
a. John (1949)
b. Woody (1972)
c. Donald Ary (1982)
d. Parsons (1946)
e. Whitney (1960)
8. Berikut ini yang bukan merupakan tahap-tahap penelitian adalah...
a. Memilih masalah
b. Tahap analisis
c. Memilih seni administrasi penelitian dan menyebarkan instrumen
d. Menyelesaikan masalah
e. Mengumpulkan dan menafsirkan data
9. Seorang peneliti harus mempunyai perilaku objektif, artinya...
a. Seorang peneliti harus mempunyai kemampuan untuk menyelenggarakan penelitian dengan memakai metode tertentu
b. Seorang peneliti harus sanggup memisahkan antara pendapat pribadi dengan fakta yang ada
c. Seorang peneliti harus bekerja berdasarkan fakta yang diperoleh
d. Seorang peneliti tidak gampang percaya
e. Seorang peneliti harus selalu menganalisis setiap pernyataan yang muncul
10. Peneliti harus mempunyai daya khayal ilmiah, kreatif, ide-ide yang rasional serta menghindari jiplakan, ini termasuk kriteria...
a. Daya nalar
b. Orisinalitas
c. Akurat
d. Konsentrasi
e. Kewaspadaan
11. Beberapa hal penting sebagai materi pertimbangan dalam pengumpulan data di lapangan yaitu sebagai berikut, kecuali...
a. Alat/instrumen pengumpul data
b. Kualifikasi orang yang mengumpulkan data
c. Situasi lapangan
d. Pengumpul data yaitu orang yang eksklusif mengambil data dari sumber data di lapangan
e. Data boleh diambil siapa saja dan bersumber dari mana saja
12. Metode pengumpulan data dengan mengamati secara eksklusif di lapangan disebut...
a. Metode wawancara
b. Metode observasi
c. Metode kuesioner
d. Metode proyektif
e. Metode sosiometri
13. Metode wawancara yaitu proses memperoleh keterangan dengan cara...
a. Bertanya eksklusif kepada objek penelitian
b. Mengamati secara eksklusif di lapangan
c. Membuat daftar pertanyaan
d. Mengumpulkan data dari suatu situasi
e. Memilih, berkomunikasi, dan berinteraksi dari individu-individu
14. Seorang siswa berhasil menyusun laporan penelitian untuk lomba karya ilmiah remaja. Data-data diperoleh dari acara mengunjungi beberapa perpustakaan dan museum. Teknik pengumpulan data yang dilakukan siswa tersebut adalah...
a. Angket
b. Wawancara
c. Dokumen
d. Observasi
e. Analisis media massa
15. Dalam wawancara, semua responden harus dianggap sama, jangan memihak kepada sebagian responden. Hal ini merupakan perilaku pewawancara dalam bertanya yang disebut...
a. Netral
b. Adil
c. Ramah
d. Sopan
e. Baik
16. Sekumpulan pertanyaan yang butir-butirnya bekerjasama dengan dilema penelitian disebut...
a. Observasi
b. Wawancara
c. Kuesioner
d. Instrumen
e. Pengukuran
17. Keuntungan memakai metode wawancara yaitu sebagai berikut, kecuali...
a. Salah satu teknik terbaik untuk mendapat data pribadi
b. Tidak terbatas pada tingkat pendidikan tertentu, asalkan responden sanggup berbicara dengan baik
c. Untuk objek yang luas diharapkan pewawancara yang banyak jumlahnya
d. Dapat dijadikan komplemen teknik pengumpulan data lainnya
e. Sebagai penguji terhadap data yang didapat dengan teknik pengumpulan lainnya
18. Kekurangan memakai metode kuesioner adalah...
a. Dapat dibagikan secara serentak kepada banyak responden
b. Tidak memerlukan hadirnya peneliti lantaran kuesioner sanggup dikirimkan
c. Hanya bisa dipakai bila responden sanggup membaca dan menulis
d. Dapat dijawab oleh responden berdasarkan kesempatan dan waktu yang tersedia
e. Bersifat standar sehingga semua responden mendapat pertanyaan yang sama
19. Skala pengukuran dibedakan menjadi empat menyerupai di bawah ini, kecuali...
a. Skala koordinat
b. Skala nominal
c. Skala ordinal
d. Skala interval
e. Skala rasio
20. Hubungan antara dua variabel yang saling imbas memengaruhi disebut...
a. Hubungan simetris
b. Hubungan asimetris
c. Hubungan timbal balik
d. Hubungan horizontal
e. Hubungan vertikal
21. Jarak antara skor tertinggi dengan skor terendah dalam suatu sebaran disebut...
a. Range
b. Mean
c. Modus
d. Median
e. Interval
22. Agar penulisan laporan penelitian terarah dan memenuhi unsur-unsur ilmiah, harus memenuhi syarat-syarat di bawah ini, kecuali...
a. Tepat tujuan
b. Sistematis
c. Harus meyakinkan
d. Memiliki kejelasan berdasarkan kaidah ilmu
e. Menarik
23. Laporan yang berisi inti sari dari laporan lengkap disebut...
a. Artikel ilmiah
b. Laporan ringkas
c. Laporan sementara
d. Laporan untuk administrator
e. Laporan untuk pembuat keputusan
24. Sebuah laporan ilmiah harus berisi hal-hal menyerupai di bawah ini, kecuali...
a. Pernyataan perihal dilema yang ingin dipecahkan dalam penelitian
b. Prosedur penelitian, yang meliputi desain penelitian
c. Hasil penelitian dan penemuan-penemuan
d. Laporan ringkas
e. Implikasi yang sanggup ditarik dari penelitian tersebut
25. Pernyataan-pernyataan perihal penulisan laporan, masalah-masalah yang dihadapi selama penelitian, siapa saja yang memberi pemberian dalam penelitian, serta ucapan terima kasih kepada banyak sekali pihak disebut...
a. Abstrak
b. Pendahuluan
c. Kata pengantar
d. Tujuan penelitian
e. Rumusan permasalahan
26. Bagian yang terpenting bagi pembaca, alasannya yaitu ada yang sanggup dipelajari dari penelitian tersebut dan bagaimana kekerabatan antara inovasi dengan masalah-masalah penelitian yang telah dirumuskan dinamakan...
a. Analisis data
b. Validasi instrumen
c. Hipotesis
d. Hasil penelitian
e. Penyajian data
27. Setiap peneliti yang sedang mengerjakan suatu penelitian niscaya memakai materi referensi, bila ada bab dari materi rujukan yang dikutip dalam laporan penelitian maka akan dicantumkan dalam...
a. Daftar pustaka
b. Indeks
c. Catatan kaki
d. Daftar isi
e. Daftar tabel
28. Secara umum, diskusi sanggup dibedakan menjadi empat, yaitu...
a. Diskusi panel, simposium, seminar, dan diskusi kelas
b. Diskusi panel, rapat tahunan, seminar, dan simposium
c. Rapat tahunan, simposium, diskusi kelas, dan kursus
d. Seminar, simposium, kursus, dan penataran
29. Diskusi yang dilakukan sehabis masing-masing pembicara mengemukakan pendapatnya disebut...
a. Simposium
b. Seminar
c. Rapat tahunan
d. Diskusi panel
e. Penataran
30. Pertemuan ilmiah yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membahas suatu dilema di bawah pimpinan moderator disebut...
a. Simposium
b. Kursus
c. Seminar
d. Diskusi panel
e. penataran
Download Soal di Sini
Baca Juga
- Soal Pendalaman Pilihan Ganda Bahan Sosiologi Kelas Xii Kepingan 4. Kearifan Lokal Dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
- Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas Xii Kepingan 3. Ketimpangan Sosial Sebagai Efek Perubahan Sosial Di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
- Soal Pendalaman Esai Bahan Sosiologi Kelas Xii. Penilaian Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
Kunci Jawaban Klik di Sini
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas XII. Evaluasi Semester Genap [KTSP]
2. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Evaluasi Semester Genap [buku 2]
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 6. Penulisan Laporan Penelitian [KTSP] [buku 2]
5. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 5. Pengolahan Data [KTSP]
6. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 5. Pengolahan Data [KTSP] [buku 2]
7. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 4. [KTSP]
8. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 4. Pengumpulan Data [KTSP] [buku 2]
9. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 4. Penelitian Sosial dan Penulisan Laporan Penelitian [KTSP] [buku 1]
10. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP]
11. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP] [buku 2]
12. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP] [buku 1]
Baca Juga
1. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII. Semester Genap
2. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 8. Penyusunan dan Penyajian Laporan Penelitian
3. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 7. Pengumpulan dan Pengolahan (Analisis) Data
4. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 6. Hakikat Penelitian Sosial
5. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XII Bab 5. Rancangan Penelitian Sosial
6. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII. Semester Genap
7. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 8. Penyusunan dan Penyajian Laporan Penelitian
8. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 7. Pengumpulan dan Pengolahan (Analisis) Data
9. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 6. Hakikat Penelitian Sosial
10. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 5. Rancangan Penelitian Sosial
Materi Ajar
1. Materi Kelas XII Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial [KTSP]
2. Materi Kelas XII Bab 5. Pengumpulan Data [KTSP]
3. Materi Kelas XII Bab 6. Pengolahan Data [KTSP]
4. Materi Kelas XII Bab 7. Penulisan Laporan Penelitian [KTSP]