Soal Pendalaman Bahan Pilihan Ganda Kelas Xi. Penilaian Semester Genap [Buku 1]

1. Menurut Clifford Geertz, masyarakat beragam ditandai oleh...
a. Persamaan ras
b. Perbedaan kebudayaan
c. Ikatan politik yang sama
d. Ikatan primordial
e. Ikatan kedaerahan

2. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Kekayaan budaya bangsa yang beraneka ragam
2) Menumbuhkan sentimen primordialisme
3) Memperkuat keberadaan politik aliran
4) Mengembangkan industri pariwisata
5) Mendorong terjadinya akulturasi
Dari pernyataan di atas, yang merupakan kelebihan dari masyarakat beragam yaitu pernyataan nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 1, 4, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 2, 4, dan 5

3. Contoh orang-orang yang termasuk ras khusus Austroloid yaitu orang...
a. Papua
b. Bushman
c. Indian
d. Aborigin
e. Ainu

4. Suatu suku bangsa yaitu segolongan insan yang terikat oleh identitas akan kesatuan...
a. Wilayah
b. Kebudayaan
c. Ekonomi
d. Politik
e. Kelas sosial

5. Kemajemukan masyarakat menurut suku bangsa di Indonesia ditandai dengan adanya keyakinan dari kelompok masyarakat itu, bahwa...
a. Adanya bahasa dan budaya yang beranekaragam
b. Pernah di jajah oleh bangsa yang sama
c. Ras yang ada di Indonesia sangat banyak
d. Asal-usul masyarakat Indonesia hanya satu ras
e. Mereka berasal dari nenek moyang yang sama

6. Awal terbentuknya agama atau sistem religi yaitu kesadaran insan akan adanya jiwa yang sifatnya abstrak, yang merupakan suatu substansi yang berbeda dengan fisik atau jasmani. Pendapat ini dikemukakan oleh...
a. E.B. Taylor
b. Emile Durkheim
c. Furnival
d. Geertz
e. Van den Berghe

7. Unsur pokok suatu religi yang paling gampang dilihat ditengah-tengah masyarakat, sehingga terlihat berbeda-beda adalah...
a. Emosi keagamaan
b. Sistem kepercayaan
c. Kelompok keagamaan
d. Sistem upacara agama
e. Rumah ibadah

8. Perhatikan kiprah berikut ini!
1) Ibu rumah tangga merawat anak-anak
2) Perempuan bertugas mengandung bayi sampai lahir
3) Laki-laki pencari nafkah untuk keluarga
4) Fisik pria umumnya lebih berpengaruh dari fisik perempuan
5) Pekerjaan sopir, teknisi, dan tukang yaitu pekerjaan laki-laki
Peran yang sesuai dengan gender adalah...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 5
c. 1, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 4
e. 2, 4, dan 5

9. Perbedaan antara konsep “gender” dan “jenis kelamin” yaitu sebagai berikut, kecuali...
a. Gender dibentuk melalui proses/konstruksi sosial dan jenis kelamin dibawa semenjak lahir
b. Gender sanggup berubah-ubah dan jenis kelamin tidak sanggup diubah
c. Gender diwariskan melalui sosialisasi dan jenis kelamin diwariskan melalui kelahiran
d. Gender ciri seorang yang remaja dan jenis kelamin ciri seorang yang masih anak-anak
e. Gender terlihat secara sosiokultural dan jenis kelamin terlihat secara fisik


10. Fungsi klan kecil yaitu sebagai berikut, kecuali...
a. Memelihara harta pusaka dan hak ulayat
b. Melakukan perjuangan produktif
c. Menyelenggarakan kehidupan agama
d. Melakukan segala acara gotong royong
e. Mengatur perkawinan dan memelihara watak istiadat

11. Menurut Furnival, menurut konfigurasi dan komunitas etnisnya, masyarakat beragam dibedakan sebagai berikut, kecuali...
a. Masyarakat beragam dengan komposisi seimbang
b. Masyarakat beragam dengan mayoritas dominan
c. Masyarakat beragam dengan minoritas dominan
d. Masyarakat beragam dengan kemampuan masing-masing
e. Masyarakat beragam dengan fragmentasi

12. Penduduk Indonesia terdiri atas banyak sekali ras. Keanekaragaman ras ini dilatarbelakangi oleh proses...
a. Pembaharuan dan pembauran
b. Penjajahan dan penetrasi
c. Perdagangan dan penjajahan
d. Pendidikan dan modernisasi
e. Pergaulan dan asimilasi

13. Masyarakat beragam merupakan suatu masyarakat yang menganut banyak sekali sistem nilai yang dianut oleh banyak sekali kesatuan sosial. Definisi ini dikemukakan oleh...
a. Pierre L. van den Berghe
b. Dr. Nasikun
c. Furnival
d. Emile Durkheim
e. E.B. Taylor

14. Secara horizontal (diferensiasi), kebhinekaan masyarakat Indonesia sanggup dilihat dari hal-hal berikut ini, kecuali...
a. Perbedaan fisik atau ras
b. Perbedaan suku bangsa
c. Perbedaan agama
d. Perbedaan jenis kelamin
e. Perbedaan selera

15. Perhatikan beberapa tanda-tanda sosial sebagai berikut!
1) Primordialisme dalam masyarakat semakin bertambah
2) Setiap primordialisme mempunyai pedoman sendiri
3) Sanksi-sanksi terhadap pelanggaran tidak dilaksanakan
4) Tindakan masyarakat tidak sesuai dengan norma yang berlaku
Gejala yang sanggup menyebabkan disintegrasi sosial berkaitan dengan problem aturan adalah...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4

16. Tiga faktor utama yang mendorong terbentuknya kemajemukan bangsa Indonesia adalah...
a. Latar belakang historis, kondisi geografis, terbuka terhadap budaya luar
b. Kondisi geografis, iklim, penduduk
c. Penduduk, iklim, latar belakang historis
d. Latar belakang historis, penduduk, tidak mendapatkan budaya luar
e. Terbuka terhadap budaya luar, pendidikan, kondisi geografis

17. Berdasarkan tingkatannya, konflik terbagi atas...
a. Konflik tingkat ideologi, dan tingkat politik
b. Konflik tingkat rasial dan tingkat agama
c. Konflik antaretnis dan tingkat politik
d. Konflik tingkat ideologi dan tingkat rasial
e. Konflik tingkat agama dan tingkat ideologi

18. Faktor-faktor yang tidak mendukung integrasi sosial di Indonesia adalah...
a. Adanya semangat persatuan dan kesatuan
b. Adanya pandangan hidup yang sama
c. Adanya jiwa dan semangat bahu-membahu yang kuat
d. Adanya semangat menonjolkan bahasa tempat masing-masing
e. Adanya rasa senasib sepenanggungan akhir penjajahan


19. Di bawah ini, yang tidak termasuk tanda-tanda awal disintegrasi atau disorganisasi sosial adalah...
a. Adanya persamaan pandangan antara anggota masyarakat mengenai tujuan yang semula dijadikan pegangan atau patokan masing-masing masyarakat
b. Norma-norma masyarakat tidak sanggup berfungsi dengan baik
c. Terjadinya kontradiksi antara norma-norma yang ada di dalam masyarakat
d. Sanksi yang diberikan kepada yang melanggar norma tidak dilaksanakan dengan konsisten
e. Tindakan warga masyarakat tidak lagi sesuai dengan norma-norma

20. Proses pembentukan norma-norma dan nilai-nilai gres semoga harmonis dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang telah mengalami perubahan disebut...
a. Disintegrasi
b. Konflik
c. Integrasi
d. Reintegrasi
e. Diferensiasi

21. Proses melalui mana seseorang meninggalkan tradisi budaya mereka sendiri untuk menjadi bab dari budaya yang berbeda disebut...
a. Integrasi
b. Asimilasi
c. Self-regregration
d. Pluralisme
e. Disintegrasi

22. Berikut yaitu beberapa perilaku kritis yang harus dikembangkan dalam masyarakat yang beranekaragam, kecuali...
a. Mengembangkan perilaku saling menghargai
b. Meninggalkan perilaku primordialisme
c. Menegakkan supremasi hukum
d. Mengembangkan rasa nasionalisme
e. Membiarkan konflik berkepanjangan tanpa penyelesaian

23. Konflik yaitu fenomena negatif yang sanggup terjadi jika...
a. Ada semangat persatuan dan kesatuan
b. Unsur yang berbeda dalam masyarakat tidak bisa mengatasi perbedaan
c. Adanya pandangan hidup yang sama
d. Memiliki semangat kolaborasi yang kokoh
e. Memiliki rasa senasib sepenanggungan

24. Sekalipun integrasi sosial tidak pernah sanggup dicapai secara sempurna, namun secara fundamental, sistem sosial selalu cenderung bergerak ke arah keseimbangan yang bersifat dinamis, ini dikatakan oleh...
a. Penganut pendekatan konflik
b. Penganut pendekatan fungsionalisme struktural
c. Penganut konflik tingkat ideologi
d. Penganut konflik tingkat politik
e. Penganut konflik rasial

25. Konflik dan disintegrasi sanggup diatasi melalui...
a. Konsiliasi, mediasi, dan intervensi
b. Konsiliasi, mediasi, dan arbitrasi
c. Mediasi, intervensi, dan interaksi
d. Interaksi, intervensi, dan asimilasi
e. Arbitrasi, asimilasi, dan toleransi

26. Perbedaan individu atau kelompok dalam tingkatan-tingkatan secara hierarki, atau perbedaan dalam kelas-kelas yang berbeda tingkatan dalam suatu sistem sosial dinamakan...
a. Perbedaan suku bangsa
b. Perbedaan fisik
c. Perbedaan agama
d. Perbedaan secara vertikal
e. Perbedaan secara horizontal

27. Interseksi merupakan persilangan atau pertemuan keanggotaan suatu kelompok sosial dari banyak sekali seksi, baik berupa suku bangsa, agama, jenis kelamin, kelas sosial, dan lain-lain dalam suatu masyarakat majemuk. Pendapat ini dikemukakan oleh...
a. Soerjono Soekanto
b. Karl Marx
c. Joseph Schumpeter
d. Wilbert Moore
e. Kingsley Davis

28. Kelompok sosial di mana para anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni, bersifat alamiah dan kekal, dan didasarkan pada perasaan cinta atau perasaan batin yang berpengaruh dinamakan...
a. Paguyuban
b. Patembayan
c. Konsolidasi
d. Akulturasi
e. Primordialisme

29. Dalam politik aliran, kalangan terpelajar, pamong praja, dan berpendidikan, serta sering berpusat di kantor pemerintah disebut...
a. Golongan santri
b. Golongan priyayi
c. Golongan abangan
d. Golongan borjuis
e. Golongan rendah


Download Soal di Sini
Soal Esai Klik di Sini 
Kunci Jawaban Klik di Sini

Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas XI. Evaluasi Semester Genap [KTSP] 
2. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI. Evaluasi Semester Genap [buku 2]
3. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XI Bab 6. [KTSP] 
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 6. Masyarakat Multikultural [KTSP] [Buku 2]
5. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XI Bab 5. [KTSP]
6. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 5. Kelompok sosial [KTSP] [Buku 2]
7. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 5. Perkembangan Kelompok dalam Masyarakat Multikultural [KTSP] [Buku 1]
8. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XI Bab 4. [KTSP]
9. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 4. Kebudayaan [KTSP] [Buku 2]
10. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 4. Masyarakat Multikultural [KTSP] [Buku 1]

Baca Juga     
1. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XI. Semester Genap
2. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XI Bab 6. Kelompok Sosial
3. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas XI Bab 7. Masyarakat Multikultural
4. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI. Semester Genap
5. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 7. Masyarakat Multikultural
6. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 6. Kelompok Sosial
           
Materi Ajar
1. Bab 4 Kelas XI. Kebudayaan [KTSP]
2. Bab 5 Kelas XI. Kelompok Sosial [KTSP]
3. Bab 6 Kelas XI. Masyarakat Multikultural [KTSP]

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel