Difusi

Difusi ialah proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan secara meluas sehingga melewati batas kawasan di mana kebudayaan itu timbul (Soekanto, 1993:150). Dalam proses difusi ini akrab kaitannya dengan konsep penemuan (pembaharuan).

Menurut Everett M. Rogers dalam karyanya Diffusion of Innovation (1993), cepat tidaknya suatu proses difusi sangat akrab hubungannya dengan empat elemen pokok, yaitu (a) sifat inovasi; (b) komunikasi dengan kanal tertentu; (c) waktu yang tersedia; (d) sistem sosial warga masyarakat.
a. Sifat inovasi
Maksud dari suatu kebudayaan yang dianggap gres itu, apakah benar-benar mempunyai tingkat keunggulan yang sanggup diandalkan? Apakah kebudayaan yang dianggap gres itu sanggup dipelajari oleh mereka? Semuanya itu mempertanyakan baik dari sisi kemampuan peserta budaya baru, tingkat kecanggihan, akomodasi untuk dipelajari, dan sebagainya.

b. Komunikasi dengan kanal tertentu
Sebagai contoh, suatu penemuan budaya akan cepat berdifusi (menyebar) kalau melalui saluran-saluran yang mempunyai kesamaan-kesamaan antara penyebar pembaharu dengan sasaran masyarakatnya.

Baik itu dalam bahasa, budaya, kepercayaan, tingkat pendidikan, dan lain sebagainya.

c. Tentang waktu
Hal ini berkaitan dengan kecepatan peserta dalam memahami difusi pembaharu itu sendiri maupun kepekaan seseorang terhadap inovasi. Artinya, walaupun peserta cukup usang dihimbau mengikuti difusi inovasi, tetapi alasannya ialah beliau tidak peka terhadap kebutuhan yang bersifat gres maka pembaharuan hampir tidak ada artinya.

d. Tentang sistem sosial warga masyarakat
Maksudnya ialah menunjang tidaknya terhadap pembaharuan. Biasanya, kelompok masyarakat elit, dan terdidik lebih cepat dalam menyikapi pembaharuan budaya. Sebaliknya, dalam masyarakat tradisional dan kurang terdidik cenderung lebih lambat dalam mendapatkan pembaharuan budaya (Rogers, 1983).


Download di Sini

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel