George Herbert Mead. Konsep Pikiran (Mind)

[Mind, Self and Society, George Herbert Mead]
Pikiran didefinisikan Mead* sebagai suatu proses dan bukan suatu benda, sebagai suatu percakapan batin dengan diri sendiri, tidak ditemukan di dalam individu; bukan intra kranial tetapi suatu fenomena sosial (franks, 2007). Pikiran muncul dan berkembang di dalam proses sosial dan merupakan bab integral dari proses itu. Proses sosial mendahului pikiran; ia bukan produk pikiran, menyerupai yang banyak dipercaya. Oleh alasannya itu, pikiran juga didefinisikan secara fungsional ketimbang secara substantif. Karena itu, kemiripan-kemiripan tersebut dengan ide-ide menyerupai kesadaran, apakah ada sesuatu yang khas pada pikiran? Kita sudah melihat bahwa insan memiliki kemampuan istimewa untuk membangkitkan di dalam dirinya sendiri respons yang ia usahakan timbul pada orang lain.
Satu ciri khas pikiran yaitu kemampuan individu “membangkitkan di dalam dirinya bukan hanya respons tunggal dari orang lain, tetapi boleh dikatakan, respons komunitas secara keseluruhan. Hal itulah yang memberi seorang individu apa yang kita sebut ‘pikiran’. Melakukan apa pun sekarang berarti suatu respons tertentu yang teratur; dan kalau orang memiliki respons itu di dalam dirinya, ia memiliki apa yang kita sebut ‘pikiran’” (Mead, 1934/1962:267). Oleh alasannya itu, pikiran sanggup dibedakan dari konsep-konsep lain yang menyerupai di dalam karya Mead* melalui kemampuannya untuk berespons kepada seluruh komunitas dan mengusahakan suatu respons yang teratur.

Mead* juga melihat pikiran dengan cara lain yang pragmatik. Yakni, pikiran melibatkan proses berpikir yang berorientasi ke arah pemecahan masalah. Dunia konkret penuh dengan masalah, dan fungsi pikiranlah untuk mencoba memecahkan masalah-masalah itu dan memungkinkan insan bekerja secara lebih efektif di dalam dunia.


Download di Sini


Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Baca Juga
1. George Herbert Mead. Biografi
2. George Herbert Mead. Tahap Generalized Other
3. George Herbert Mead. Konsep Diri (Self)
4. George Herbert Mead. Simbol-simbol Signifikan
5. George Herbert Mead. Tahap Perkembangan Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel