Pengertian Persoalan Sosial Berdasarkan Ahli

Istilah duduk masalah sosial mengandung dua kata, yakni duduk masalah dan sosial. Kata “sosial” membedakan duduk masalah ini dengan duduk masalah ekonomi, politik, fisika, kimia, biologi dan duduk masalah lainnya meskipun bidang-bidang ini masih terkait dengan duduk masalah sosial. Kata “sosial” antara lain mengacu pada masyarakat, relasi sosial, struktur sosial, dan organisasi sosial. Sementara itu, kata “masalah” mengacu pada kondisi, situasi atau sikap yang tidak diinginkan, bertentangan, aneh, tidak benar, dan sulit.

Ada aneka macam pandangan para tokoh sosiologi wacana duduk masalah sosial. Pandangan itu antara lain sebagai berikut.
1. Arnold Rose, menyampaikan bahwa duduk masalah sosial sanggup didefinisikan sebagai suatu situasi yang telah memengaruhi sebagian besar masyarakat sehingga mereka percaya bahwa situasi itu yaitu lantaran dari kesulitan mereka. Situasi itu sanggup diubah.

2. Raab dan Selznick, berpandangan bahwa duduk masalah sosial yaitu duduk masalah relasi sosial yang menantang masyarakat itu sendiri atau membuat kendala atas kepuasan banyak orang.

3. Richard dan Richard, beropini bahwa duduk masalah sosial yaitu contoh sikap dan kondisi yang tidak diinginkan dan tidak sanggup diterima oleh sebagian besar anggota masyarakat.


4. Soerjono Soekanto*, menyampaikan bahwa duduk masalah sosial yaitu suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

5. Bulmer dan Thompson, duduk masalah sosial ialah suatu kondisi yang terjadi di mana sanggup mengancam nilai-nilai di dalam masyarakat, sehingga sanggup berakibat pada sebagian besar dari anggota masyarakat.

6. Martin S. Weinberg, duduk masalah sosial merupakan situasi yang dinyatakan sebagai keadaan yang bertentang dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup penting, di mana masyarakat setuju melaksanakan suatu tindakan guna mengubah situasi tersebut.

7. Lesli, duduk masalah sosial yaitu suatu kondisi yang kuat terhadap kehidupan sebagai besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan dan alhasil perlu tindakan untuk mengatasi atau memperbaikinya.

8. Soetomo, duduk masalah sosial ialah suatu kondisi yang tidak diinginkan terjadi oleh sebagai besar dari warga masyarakat.

Ada dua elemen penting terkait dengan definisi duduk masalah sosial. Elemen yang pertama yaitu elemen objektif. Elemen objektif menyangkut keberadaan suatu kondisi sosial. Sementara itu, elemen subjektif dari duduk masalah sosial menyangkut pada iktikad bahwa kondisi sosial tertentu berbahaya bagi masyarakat dan harus diatasi.


Download di Sini

Baca Juga
1. Konsep Sosiologi. Permasalahan Sosial
2. Conformity dan Deviation
3. Perilaku Menyimpang. Korupsi
4. Kewirausahaan
5. Kebutuh Dasar
6. Memahami patologi suatu realitas
7. Pandangan Sosiologis terhadap Masalah Sosial

Materi Sosiologi yang Berkaitan 
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel