Pengertian Forum Sosial Berdasarkan Ahli

Apa bergotong-royong yang dimaksud forum sosial? Untuk menjelaskannya, sanggup dikutip definisi dari beberapa ahli:
1. Bruce J. Cohen, forum sosial merupakan sistem referensi sosial yang tersusun rapi dan secara relatif bersifat permanen serta mengandung sikap tertentu yang kokoh dan terpadu demi pemuasan dan pemenuhan kebutuhan pokok manusia.

2. Harry M. Johnson, forum sosial yaitu seperangkat norma yang terinstitusionalisasi (institiutionalized), yaitu:
• Telah diterima sejumlah besar anggota sistem sosial
• Ditanggapi secara sungguh-sungguh
• Diwajibkan, dan terhadap pelanggarnya dikenakan hukuman tertentu

3. Koentjaraningrat*, yang dimaksud dengan forum sosial yaitu sistem yang dikembangkan menjadi wahana sehingga memungkinkan warga masyarakat untuk berinteraksi berdasarkan referensi resmi. Atau suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada kegiatan untuk memenuhi kebutuhan kompleks khusus dalam kehidupan manusia.

4. Soerjono Soekanto*, forum sosial yaitu himpunan norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat.

5. Paul Horton dan Chester L. Hunt, forum sosial yaitu sistem norma-norma sosial dan hubungan-hubungan yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

6. Peter L. Berger*, forum sosial yaitu suatu mekanisme yang menyebabkan perbuatan insan ditekan oleh referensi tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

7. Mayor Polak, forum sosial yaitu suatu kompleks atau sistem peraturan-peraturan dan susila istiadat yang mempertahankan nilai-nilai yang penting.


8. W. Hamilton, forum sosial yaitu tata cara kehidupan kelompok, yang apabila dilanggar akan dijatuhi banyak sekali derajat sanksi.

9. Robert MacIver dan C.H. Page, forum sosial yaitu mekanisme atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat.

10. Leopold Von Wiese dan Becker, forum sosial yaitu jaringan proses hubungan antarmanusia dan antarkelompok yang berfungsi memelihara hubungan itu serta pola-polanya sesuai dengan minat dan kepentingan individu dan kelompoknya.

11. William Kornblum, forum sosial dibuat untuk memenuhi kebutuhan atau sarana untuk mewujudkan kebutuhan pokok manusia.

12. Alvin L. Bertrand, forum sosial pada hakikatnya yaitu sekumpulan dari norma-norma sosial (struktur-struktur sosial) yang sudah diciptakan semoga sanggup melakukan fungsi masyarakat. Lembaga-lembaga tersebut mencakup sekumpulan norma dan bukan norma yang bangun sendiri.

13. Summer*, forum sosial dilihat dari sudut kebudayaan diartikan sebagai cita-cita, perbuatan, sikap dan perlengkapan-perlengkapan kebudayaan, yang mempunyai sifat abadi serta yang bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Yang terpenting yaitu semoga ada keteraturan dan integrasi dalam masyarakat.

14. Roucek dan Warren, forum sosial yaitu bermacam referensi yang sudah mempunyai kedudukan niscaya atau tetap untuk mempersatukan bermacam-macam kebutuhan insan yang timbul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapat persetujuan dengan cara-cara yang sudah tidak terelakkan lagi, untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.

15. Fitcher, forum sosial yaitu suatu sistem hubungan-hubungan sosial yang mengandung nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam perjuangan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

16. Selo Soemardjan* dan Soelaeman Soemardi, forum sosial yaitu semua norma-norma dari segala tingkat yang berkisar pada suatu keperluan pokok dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu kelompok yang diberi nama forum kemasyarakatan.

Dengan demikian, forum sosial sanggup disimpulkan sebagai sekumpulan norma yang tersusun secara sistematis yang dibuat dalam rangka memenuhi banyak sekali kebutuhan hidup insan yang bersifat khusus (Kun Maryati dan Juju Suryawati : 2012).


Download di Sini

Baca Juga
1. Bentuk-Bentuk Keluarga
2. Kekuasaan, Wewenang, dan Kepemimpinan
3. Konsep Lembaga Sosial (Social Institutions)
4. Konsep Sosiologi. Peran Sosial
5. Legitimasi
6. Lembaga Kemasyarakatan (Lembaga Sosial)
7. Perkawinan
8. Tipe-Tipe Lembaga Sosial
9. Pranata Sosial
10. Pranata dan Lembaga 

Materi Sosiologi yang Berkaitan
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 3. Lembaga Sosial (KTSP)
2. Materi Ujian Nasional Kompetensi Lembaga Sosial
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel