Pengertian Perubahan Sosial Berdasarkan Ahli

Para sosiolog maupun antropolog telah banyak mempersoalkan mengenai pembatasan pengertian perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan. Berikut beberapa pengertian perubahan sosial: 
1. Prof. Selo Soemardjan*
Mendefinisikan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi pada forum kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan teladan sikap di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

2. Robert M.I Lawang*
Perubahan sosial yaitu proses dikala dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang sanggup diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.

3. Gillin dan Gillin
Mengatakan perubahan-perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima, baik lantaran adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun lantaran adanya difusi atau penemuan-penemuan gres dalam masyarakat.

4. Emile Durkheim*
Perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

5. William F. Ogburn*
Ruang lingkup perubahan-perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan yaitu efek besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

6. Bruce J. Cohen
Perubahan sosial yaitu perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu yaitu sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat.

7. Mac Iver
Perubahan-perubahan sosial dikatakannya sebagai perubahan-perubahan dalam bidang kekerabatan sosial (social relationships) atau perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) dalam kekerabatan sosial tersebut.

8. Roucek dan Warren
Perubahan sosial sebagai perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat.

9. Kingsley Davis*
Mengartikan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya tumbuhnya pengorganisasian buruh dalam masyarakat kapitalis telah mengakibatkan perubahan-perubahan dalam kekerabatan antara buruh dengan majikan dan seterusnya mengakibatkan perubahan-perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik.


10. Max Weber*
Perubahan sosial budaya yaitu perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akhir adanya ketidaksesuaian unsur-unsur.

11. Samuel Koening
Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi lantaran sebab-sebab intern maupun ekstern.

12. Robert H. Lauer
Perubahan sosial sebagai perubahan dalam segi fenomena sosial di banyak sekali tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual sampai tingkat dunia.

13. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi
Perubahan sosial merupakan suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam teladan hidup masyarakat, yang meliputi nilai-nilai budaya, teladan sikap kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri.

14. W. Kornblum
Perubahan sosial budaya yaitu perubahan suatu budaya masyarakat secara sedikit demi sedikit dalam jangka waktu lama.

15. Pasurdi Suparlan
Perubahan sosial yaitu perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola kekerabatan sosial yang meliputi sistem status, kekerabatan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.

16. Atkinson dan Brooten
Definisi perubahan merupakan acara atau proses yang menciptakan sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan merupakan proses yang mengakibatkan perubahan teladan sikap individu atau institusi. Ada empat tingkat perubahan yang perlu diketahui yaitu pengetahuan, sikap, perilaku, individual, dan sikap kelompok.

17. Wilbert E. Moore
Perubahan sosial merupakan evolusi rektilinier yang sederhana di mana fungsi waktu berbanding lurus dengan perubahan peradaban. Ia mempercayai bahwa perubahan sanggup ditentukan oleh waktu kapan perubahan itu terjadi.

18. Hans Garth dan C. Wright Mills*
Perubahan sosial yaitu apa pun yang terjadi dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, atau tatanan yang meliputi kekerabatan sosial.


Download di Sini 

Baca Juga
1. Tradisi
2. Urbanisasi
3. Evolusi
4. Kolonialisme
5. Revolusi
6. Peradaban
7. Liberalisme
8. Konservatisme
9. Dampak Perubahan Sosial. Gerakan Sosial
10. Difusi
11. Gerak Kebudayaan
12. Konsep Sosiologi. Patriarki
13. Konsep Sosiologi. Patronase
14. Masyarakat Pedesaan (Rurar Comunity)
15. Masyarakat Perkotaan (Urban Comunity)
16. Tabu 
17. Demonstrasi
18. Konsumerisme
19. Sekularisme

20. Westernisasi 
21. Liberalisme
22. Feminisme
23. Peradaban
24. Komunisme
25. Fasisme
26. Dinamika kependudukan
27. Transmigrasi
28. Demografi
29. Mortalitas 
 


Materi Sosiologi yang Berkaitan 
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel