Pengertian Sosialisasi Berdasarkan Ahli

Secara umum, sosialisasi sanggup didefinisikan sebagai proses mencar ilmu yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan perihal nilai* dan norma-norma*, semoga ia bisa berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat. Mengenai definisi ‘sosialisasi’, sanggup pula dikutip pendapat beberapa ahli:
1. Bruce J. Cohen, sosialisasi ialah proses di mana insan mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakatnya, untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitas untuk berfungsi, baik sebagai individu maupun anggota masyarakat.

2. David A. Goslin, sosialisasi ialah proses mencar ilmu yang dialami seseorang untuk memperoleh pengetahuan perihal nilai dan norma-norma, semoga ia sanggup berpartisipasi sebagai anggota kelompok masyarakat.

3. Peter Berger*, sosialisasi ialah proses mencar ilmu seorang anak untuk menjadi anggota yang berpartisipasi di dalam masyarakat.

4. Robert M.Z. Lawang*, sosialisasi sanggup dimaknai sebagai proses mempelajari nilai, norma, peran, dan semua persyaratan lainnya yang dibutuhkan untuk memungkinkan partisipasi efektif dalam kehidupan sosial.

5. Soerjono Soekanto*, sosialisasi merupakan proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.

6. Charlotte Buhler, sosialisasi ialah proses yang membantu individu-individu mencar ilmu dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup dan berpikir kelompoknya semoga ia sanggup berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.

7. Anthony Giddens*, sosialisasi ialah proses di mana seorang anak, atau anggota gres dalam suatu kelompok, mencar ilmu perihal cara hidup suatu masyarakat atau kelompok.

8. Koentjaraningrat*, mendefinisikan sosialisasi sebagai proses mencar ilmu kebudayaan dalam korelasi dengan sistem sosial, di mana seorang individu dari masa bawah umur hingga masa tuanya mencar ilmu pola-pola tindakan dalam interaksi dengan segala macam individu di sekelilingnya.

9. Carol R. Ember, melihat bahwa sosialisasi ialah istilah yang dipakai untuk menggambarkan perkembangan referensi kelakuan, tingkah laku, dan nilai, dalam diri seseorang sesuai dengan impian masyarakatnya.

10. Broom & Selznic, sosialisasi ialah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri seseorang.

11. Stewart, sosialisasi ialah proses memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, dan kebiasaan dalam kebudayaannya.

12. Horton & Hunt, sosialisasi ialah proses di mana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok daerah ia hidup sehingga berubah menjadi satu pribadi yang unik.

13. Karel J.Veeger, sosialisasi ialah suatu proses mencar ilmu mengajar.

14. Irvin L. Child, sosialisasi ialah segenap proses yang menuntut individu membuatkan potensi tingkah laris aktualnya yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.

15. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sosialisasi artinya suatu proses mencar ilmu seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya.


16. Ritcher JR, sosialisasi ialah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang diperlakukannya semoga sanggup berfungsi sebagai orang remaja dan sekaligus sebagai pemain drama aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat.

17. Prof. Dr. Nasution, S.H., sosialisasi ialah proses membimbing individu ke dalam dunia sosial (sebagai warga masyarakat yang dewasa).

18. WrightWright, sosialisasi sebagai proses dikala individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan (sampai tingkat tertentu) norma-norma sosialnya, sehingga membimbing orang itu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain.

19. Sukandar Wiraatmaja, sosialisasi ialah proses mencar ilmu mulai bayi untuk mengenal dan memperoleh sikap, pengertian, gagasan dan referensi tingkah laris yang disetujui oleh masyarakat.

20. Edward Shils, sosialisasi ialah proses sosial yang dijalankan seseorang atau sepanjang umur yang perlu dilalui seorang individu untuk menjadi seorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat itu.

21. Jack Levin dan James L. Spates, sosialisasi ialah proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu.

22. Nursal Luth, sosialisasi ialah suatu proses dikala individu mendapatkan dan mengikuti keadaan dengan masyarakat.

23. John C. Macionis, sosialisasi ialah pengalaman sosial seumur hidup di mana individu sanggup membuatkan potensinya dan mempelajari pola-pola kehidupan.

Sosialisasi berlangsung terus menerus tanpa henti pada tiap-tiap kelompok pergaulan hidup. Ada dorongan-dorongan tertentu yang menciptakan individu harus senantiasa menyesuaikan diri, mematuhi norma-norma*, dan aturan-aturan dalam kelompoknya.


Download di Sini 

Baca Juga
1. Manusia dan Nilai Sosial
2. Sugesti
3. Tipe-Tipe Kepribadian
4. Konsep Diri
5. Persepsi
6. Sikap
7. Kepribadian dan Kebudayaan
8. Konsep Sosiologi. Peran Sosial 
9. Imitasi
10. Mimpi
11. Insting/naluri
12. Pikiran
13. Personalitas
14. Fantasi
15. Kesadaran
16. Frustrasi
17. Motivasi 


Materi Sosiologi yang Berkaitan 
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi     

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel