Soal Pendalaman Bahan Pilihan Ganda Kelas Xii Penggalan 6. Penilaian Agresi Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
1. Evaluasi agresi pemberdayaan komunitas sangat efektif sanggup dilakukan oleh komunitas, yaitu..
a. Hanya sekali melakukannya
b. Berulang-ulang kali dilakukan
c. Tergantung kebutuhan komunitas
d. Berdasarkan jumlah komunitasnya
e. Bermanfaat untuk komunitas
2. Salah satu tujuan penilaian pemberdayaan komunitas antara lain...
a. Mengikuti kemampuan dan tokoh pemberdayaan komunitas tersebut
b. Memungkinkan pencapaian keberhasilan agenda pemberdayaan komunitas
c. Membahagiakan masyarakat yang peduli akan pemberdayaan komunitas
d. Melanggengkan kehidupan masyarakat bagi kelanjutan pemberdayaan komunitas
e. Memihak pemberdayaan komunitas yang pendidikannya tinggi
3. Evaluasi pemberdayaan komunitas sangat ditentukan oleh...
a. Kultur budaya yang tertutup
b. Partisipasi masyarakat global
c. Partisipasi masyarakat lokal
d. Peran serta masyarakat asing
e. Kepribadian bangsa tersebut
4. Istilah penilaian yang sempurna terkait dengan pemberdayaan komunitas yaitu...
a. Baik dan jelek bagi suatu pemberdayaan komunitas
b. Menilai positif suatu pemberdayaan komunitas yang asalnya sama
c. Menilai negatif kalau pemberdayaan komunitas bertikai
d. Kegiatan pribadi pimpinan adab untuk menilai komunitasnya
e. Kegiatan pengamatan dari keadaan suatu objek
5. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Survey awal untuk mengenal lapangan
2) Membandingkan hasil pengamatan dengan data sebelumnya
3) Menetapkan orang-orang yang akan dikomunikasikan
4) Observasi pengamatan
5) Pengambilan keputusan ihwal objek yang dinilai
Berdasarkan pernyataan tersebut di atas yang termasuk aktivitas penilaian yakni nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 4, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 4, dan 5
e. 3, 4, dan 5
6. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Penggunaan pemikiran yang telah ditetapkan
2) Pengumpulan data atau fakta
3) Menetapkan orang-orang yang akan dikomunikasikan
4) Penilaian dan pengambilan keputusan
5) Keputusan tidak bisa diganggu oleh orang lain
Berdasarkan pernyataan tersebut di atas terdapat pokok pikiran yang terkait aktivitas penilaian yaitu nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
7. Evaluasi sebelum agenda yang direncanakan dijalankan atau dilaksanakan disebut...
a. Evaluasi formatif
b. Evaluasi sub sumatif
c. Evaluasi sumatif
d. Evaluasi ekstern
e. Evaluasi intern
8. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Kegunaan empirik
2) Kegunaan teoretik
3) Kegunaan operasional
4) Kegunaan analitis
5) Kegunaan kebijakan
Terdapat tiga matra atau dimensi tujuan penilaian pemberdayaan komunitas yaitu nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
9. Salah satu landasan penilaian bagi pentingnya pemberdayaan komunitas yaitu...
a. Keinginan sesuatu sesuai dengan agenda yang telah direncanakan
b. Keinginan kelompok bagi pengguna komunitas tertentu
c. Tolok ukur keberhasilan pemberdayaan komunitas berikutnya
d. Adanya pemikiran dan pijakan bagi pemberdayaan komunitas
e. Keinginan untuk mencari solusi bila pemberdayaan komunitas bertikai
10. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Mengikuti karakteristik komunitas
2. Objektif menurut fakta yang ada di masyarakat
3. Menggunakan pemikiran yang telah mempunyai standar
4. Menggunakan parameter tertentu
5. Menggunakan alat ukur yang tepat
Prinsip-prinsip penilaian agresi pemberdayaan komunitas yaitu nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
11. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Terjalin komunikasi yang baik dengan komunitas
2) Memiliki tujuan yang terang dan spesifik
3) Menggunakan instrumen yang sempurna dan teliti
4) Evaluasi harus praktis
5) Memerlukan wawancara secara mendalam
Berdasarkan hal-hal di atas, yang termasuk syarat penilaian agresi pemberdayaan komunitas yaitu nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
12. Salah satu alasan pelaksanaan penilaian agresi pemberdayaan komunitas diharapkan yaitu...
a. Bermanfaat bagi masyarakat penerimanya
b. Sudah bersiklus dalam agenda kemasyarakatan
c. Praktis dilaksanakan oleh komunitas apa pun
d. Sesuai dengan karakteristik komunitas yang bersangkutan
e. Berguna bagi komunitas di setiap daerah
13. Salah satu cara pendekatan yang paling murah dalam pelaksanaan penilaian pemberdayaan komunitas adalah...
a. Pendekatan survei
b. Pendekatan indikator
c. Pendekatan lembaga masyarakat
d. Pendekatan kebutuhan
e. Pendekatan informan kunci
14. Perhatikan hal-hal berikut ini!
1) Evaluasi kebijaksanaan
2) Evaluasi proses
3) Evaluasi logistik
4) Evaluasi operasional
5) Evaluasi program
Dari hal-hal berikut ini yang termasuk aktivitas penilaian dalam pendekatan sistem terhadap program-program agresi pemberdayaan komunitas yaitu nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
15. Pelaksanaan pemantauan atau monitoring agresi pemberdayaan komunitas sangat efektif dilakukan yaitu...
a. Setelah selesai aktivitas dilaksanakan
b. Pada awal aktivitas sampai gampang di evaluasi
c. Pada simpulan agenda aktivitas saja
d. Kegiatan pelaksanaan agenda sedang dilaksanakan
e. Ketika aktivitas mengalami problem pendanaan
16. Pendekatan ini dinilai sangat objektif dan alhasil sanggup digeneralisasi yaitu...
a. Pendekatan yang berorientasi pada tujuan
b. Pendekatan yang berfokus pada keputusan
c. Pendekatan eksperimental
d. Pendekatan yang berorientasi pada pemakai
e. Pendekatan yang responsif
17. Perhatikan ciri-ciri berikut ini!
1) Aktif
2) Pasif
3) Reaktif
4) Adaptif
5) Netralitas
Ciri-ciri tersebut di atas yang hampir sama dengan pendekatan yang berorientasi kepada pemakai yakni nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 4, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
18. Evaluasi yang sangat komprehensif dan memakai pendekatan endemik atau memakai ukuran setempat adalah...
a. Pendekatan yang berorientasi pada tujuan
b. Pendekatan yang berfokus pada keputusan
c. Pendekatan eksperimental
d. Pendekatan yang berorientasi pada pemakai
e. Pendekatan yang responsif
19. Salah satu model penilaian pemberdayaan komunitas sanggup menggambarkan entitas dalam bentuk verbal dan goresan pena yaitu...
a. Model naratif
b. Model fisik
c. Model grafik
d. Model matematik
e. Model deskriptif
20. Perhatikan ciri-ciri berikut ini!
1) System Assesment
2) Programe E-Budgeting
3) Programe Planning
4) Programe Certification
5) System Emprovment
Pernyataan tersebut di atas yang termasuk 3 (tiga) model penilaian UCLA yang sempurna yakni nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
Download Soal di Sini
Soal Esai dan Skala Sikap Klik di Sini
Kunci Jawaban Klik di Sini
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum 2013)
2. Soal Pendalaman Materi Esai, Skala Sikap, Penilaian Diri, dan Kecakapan Hidup Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Soal Pendalaman Materi Esai, Skala Sikap, Penilaian Diri, dan Kecakapan Hidup Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013)
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum 2013)
5. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
6. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013)
7. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 6. Evaluasi Aksi Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
8. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 5. Perencanaan Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
9. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
10. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial [Kurikulum 2013]
11. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 5. Perencanaan Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
12. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
13. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial [Kurikulum 2013]
Baca Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
6. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
Materi Ajar
Materi Kelas XII Bab 6. Evaluasi Aksi Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
a. Hanya sekali melakukannya
b. Berulang-ulang kali dilakukan
c. Tergantung kebutuhan komunitas
d. Berdasarkan jumlah komunitasnya
e. Bermanfaat untuk komunitas
2. Salah satu tujuan penilaian pemberdayaan komunitas antara lain...
a. Mengikuti kemampuan dan tokoh pemberdayaan komunitas tersebut
b. Memungkinkan pencapaian keberhasilan agenda pemberdayaan komunitas
c. Membahagiakan masyarakat yang peduli akan pemberdayaan komunitas
d. Melanggengkan kehidupan masyarakat bagi kelanjutan pemberdayaan komunitas
e. Memihak pemberdayaan komunitas yang pendidikannya tinggi
3. Evaluasi pemberdayaan komunitas sangat ditentukan oleh...
a. Kultur budaya yang tertutup
b. Partisipasi masyarakat global
c. Partisipasi masyarakat lokal
d. Peran serta masyarakat asing
e. Kepribadian bangsa tersebut
4. Istilah penilaian yang sempurna terkait dengan pemberdayaan komunitas yaitu...
a. Baik dan jelek bagi suatu pemberdayaan komunitas
b. Menilai positif suatu pemberdayaan komunitas yang asalnya sama
c. Menilai negatif kalau pemberdayaan komunitas bertikai
d. Kegiatan pribadi pimpinan adab untuk menilai komunitasnya
e. Kegiatan pengamatan dari keadaan suatu objek
5. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Survey awal untuk mengenal lapangan
2) Membandingkan hasil pengamatan dengan data sebelumnya
3) Menetapkan orang-orang yang akan dikomunikasikan
4) Observasi pengamatan
5) Pengambilan keputusan ihwal objek yang dinilai
Berdasarkan pernyataan tersebut di atas yang termasuk aktivitas penilaian yakni nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 4, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 4, dan 5
e. 3, 4, dan 5
6. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Penggunaan pemikiran yang telah ditetapkan
2) Pengumpulan data atau fakta
3) Menetapkan orang-orang yang akan dikomunikasikan
4) Penilaian dan pengambilan keputusan
5) Keputusan tidak bisa diganggu oleh orang lain
Berdasarkan pernyataan tersebut di atas terdapat pokok pikiran yang terkait aktivitas penilaian yaitu nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
7. Evaluasi sebelum agenda yang direncanakan dijalankan atau dilaksanakan disebut...
a. Evaluasi formatif
b. Evaluasi sub sumatif
c. Evaluasi sumatif
d. Evaluasi ekstern
e. Evaluasi intern
8. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Kegunaan empirik
2) Kegunaan teoretik
3) Kegunaan operasional
4) Kegunaan analitis
5) Kegunaan kebijakan
Terdapat tiga matra atau dimensi tujuan penilaian pemberdayaan komunitas yaitu nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
9. Salah satu landasan penilaian bagi pentingnya pemberdayaan komunitas yaitu...
a. Keinginan sesuatu sesuai dengan agenda yang telah direncanakan
b. Keinginan kelompok bagi pengguna komunitas tertentu
c. Tolok ukur keberhasilan pemberdayaan komunitas berikutnya
d. Adanya pemikiran dan pijakan bagi pemberdayaan komunitas
e. Keinginan untuk mencari solusi bila pemberdayaan komunitas bertikai
10. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1. Mengikuti karakteristik komunitas
2. Objektif menurut fakta yang ada di masyarakat
3. Menggunakan pemikiran yang telah mempunyai standar
4. Menggunakan parameter tertentu
5. Menggunakan alat ukur yang tepat
Prinsip-prinsip penilaian agresi pemberdayaan komunitas yaitu nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
11. Perhatikan pernyataan berikut ini!
1) Terjalin komunikasi yang baik dengan komunitas
2) Memiliki tujuan yang terang dan spesifik
3) Menggunakan instrumen yang sempurna dan teliti
4) Evaluasi harus praktis
5) Memerlukan wawancara secara mendalam
Berdasarkan hal-hal di atas, yang termasuk syarat penilaian agresi pemberdayaan komunitas yaitu nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
12. Salah satu alasan pelaksanaan penilaian agresi pemberdayaan komunitas diharapkan yaitu...
a. Bermanfaat bagi masyarakat penerimanya
b. Sudah bersiklus dalam agenda kemasyarakatan
c. Praktis dilaksanakan oleh komunitas apa pun
d. Sesuai dengan karakteristik komunitas yang bersangkutan
e. Berguna bagi komunitas di setiap daerah
13. Salah satu cara pendekatan yang paling murah dalam pelaksanaan penilaian pemberdayaan komunitas adalah...
a. Pendekatan survei
b. Pendekatan indikator
c. Pendekatan lembaga masyarakat
d. Pendekatan kebutuhan
e. Pendekatan informan kunci
14. Perhatikan hal-hal berikut ini!
1) Evaluasi kebijaksanaan
2) Evaluasi proses
3) Evaluasi logistik
4) Evaluasi operasional
5) Evaluasi program
Dari hal-hal berikut ini yang termasuk aktivitas penilaian dalam pendekatan sistem terhadap program-program agresi pemberdayaan komunitas yaitu nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
15. Pelaksanaan pemantauan atau monitoring agresi pemberdayaan komunitas sangat efektif dilakukan yaitu...
a. Setelah selesai aktivitas dilaksanakan
b. Pada awal aktivitas sampai gampang di evaluasi
c. Pada simpulan agenda aktivitas saja
d. Kegiatan pelaksanaan agenda sedang dilaksanakan
e. Ketika aktivitas mengalami problem pendanaan
16. Pendekatan ini dinilai sangat objektif dan alhasil sanggup digeneralisasi yaitu...
a. Pendekatan yang berorientasi pada tujuan
b. Pendekatan yang berfokus pada keputusan
c. Pendekatan eksperimental
d. Pendekatan yang berorientasi pada pemakai
e. Pendekatan yang responsif
17. Perhatikan ciri-ciri berikut ini!
1) Aktif
2) Pasif
3) Reaktif
4) Adaptif
5) Netralitas
Ciri-ciri tersebut di atas yang hampir sama dengan pendekatan yang berorientasi kepada pemakai yakni nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 4, dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
18. Evaluasi yang sangat komprehensif dan memakai pendekatan endemik atau memakai ukuran setempat adalah...
a. Pendekatan yang berorientasi pada tujuan
b. Pendekatan yang berfokus pada keputusan
c. Pendekatan eksperimental
d. Pendekatan yang berorientasi pada pemakai
e. Pendekatan yang responsif
19. Salah satu model penilaian pemberdayaan komunitas sanggup menggambarkan entitas dalam bentuk verbal dan goresan pena yaitu...
a. Model naratif
b. Model fisik
c. Model grafik
d. Model matematik
e. Model deskriptif
20. Perhatikan ciri-ciri berikut ini!
1) System Assesment
2) Programe E-Budgeting
3) Programe Planning
4) Programe Certification
5) System Emprovment
Pernyataan tersebut di atas yang termasuk 3 (tiga) model penilaian UCLA yang sempurna yakni nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 5
e. 3, 4, dan 5
Soal Esai dan Skala Sikap Klik di Sini
Baca Juga
- Soal Pendalaman Pilihan Ganda Bahan Sosiologi Kelas Xii Kepingan 4. Kearifan Lokal Dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
- Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas Xii Kepingan 3. Ketimpangan Sosial Sebagai Efek Perubahan Sosial Di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
- Soal Pendalaman Esai Bahan Sosiologi Kelas Xii. Penilaian Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum 2013)
2. Soal Pendalaman Materi Esai, Skala Sikap, Penilaian Diri, dan Kecakapan Hidup Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Soal Pendalaman Materi Esai, Skala Sikap, Penilaian Diri, dan Kecakapan Hidup Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013)
5. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
6. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013)
7. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 6. Evaluasi Aksi Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
8. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 5. Perencanaan Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
9. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
10. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial [Kurikulum 2013]
11. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 5. Perencanaan Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
12. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 4. Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]
13. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial [Kurikulum 2013]
Baca Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XII. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4. Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
6. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
Materi Ajar
Materi Kelas XII Bab 6. Evaluasi Aksi Pemberdayaan Komunitas [Kurikulum 2013]