Teori Psikologi Perkembangan. Robert J. Havighurst
Robert J. Havighurst dari Universitas Chicago mulai membuatkan konsep developmental task (tugas perkembangan) pada tahun 1940-an, yang menggabungkan antara dorongan tumbuh/berkembang sesuai dengan kecepatan pertumbuhannya dengan tantangan dan kesempatan yang diberikan oleh lingkungannya.
Havigurst menyusun tahap-tahap perkembangan menjadi lima tahap menurut problema yang harus dipecahkan dalam setiap fase. Yaitu:
1) Masa bayi/infancy (0-1/2 tahun)
2) Masa anak awal/early chilhood (2/3-5/7 tahun)
3) Masa anak/late childhood (5/7 tahun-pubesen)
4) Masa adolescence awal/early adolescence (pubesen-pubertas)
5) Masa adolescence/late adolescence (pubertas-dewasa)
Menurut teori ini, dalam perkembangan, anak melewati delapan tahap perkembangan (developmental stage). Ada sepuluh kiprah perkembangan yang harus dikuasai anak pada setiap fase, yaitu:
1) Ketergantungan—kemandirian
2) Memberi—menerima kasih sayang
3) Hubungan sosial
4) Perkembangan kata hati
5) Peran biososio dan psikologis
6) Penyesuaian dengan perubahan badan
7) Penguasaan perubahan tubuh dan motorik
8) Memahami dan mengendalikan lingkungan fisik
9) Pengembangan kemampuan konseptual dan sistem simbol
10) Kemampuan melihat korelasi dengan alam semesta
Dikuasai atau tidaknya kiprah perkembangan pada setiap fase akan menghipnotis penguasaan tugas-tugas pada fase berikutnya.
Download di Sini
1) Masa bayi/infancy (0-1/2 tahun)
2) Masa anak awal/early chilhood (2/3-5/7 tahun)
3) Masa anak/late childhood (5/7 tahun-pubesen)
4) Masa adolescence awal/early adolescence (pubesen-pubertas)
5) Masa adolescence/late adolescence (pubertas-dewasa)
Menurut teori ini, dalam perkembangan, anak melewati delapan tahap perkembangan (developmental stage). Ada sepuluh kiprah perkembangan yang harus dikuasai anak pada setiap fase, yaitu:
1) Ketergantungan—kemandirian
2) Memberi—menerima kasih sayang
3) Hubungan sosial
4) Perkembangan kata hati
5) Peran biososio dan psikologis
6) Penyesuaian dengan perubahan badan
7) Penguasaan perubahan tubuh dan motorik
8) Memahami dan mengendalikan lingkungan fisik
9) Pengembangan kemampuan konseptual dan sistem simbol
10) Kemampuan melihat korelasi dengan alam semesta
Dikuasai atau tidaknya kiprah perkembangan pada setiap fase akan menghipnotis penguasaan tugas-tugas pada fase berikutnya.
Download di Sini