Pranata Dan Lembaga

Pranata* dan lembaga* sanggup dibedakan, di mana pranata yakni sistem norma atau hukum yang menyangkut suatu acara masyarakat yang bersifat khusus, sedangkan forum yakni tubuh yang melaksanakannya.

Istilah pranata sosial* berasal dari bahasa Inggris, yaitu social institution. Perbedaan istilah ini terjadi alasannya yakni masing-masing pengguna memperlihatkan tekanan yang berbeda. Penggunaan istilah “pranata” menekankan perlunya hukum main menyangkut banyak sekali kebutuhan hidup dalam masyarakat yang saling berkaitan. Kata “social” dalam pranata sosial tidak ada hubungannya dengan kegiatan sukarela, departemen sosial atau hal-hal sejenisnya menyerupai istilah interaksi sosial, kehidupan sosial dan lain-lain. Penggunaan kata “social” dimaksudkan untuk menegaskan bahwa pranata apa pun tidak ada dalam masyarakat dengan sendirinya dan tidak ada yang terlepas dari manusia.


Pranata dibentuk, dipertahankan dan diubah hanya oleh manusia. Pranata mempengaruhi cara berpikir, bertindak dan bahkan berperasaan manusia. Sekarang timbul pertanyaan: apakah yang dimaksud dengan pranata sosial itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut definisi para hebat klik di sini.

Berdasarkan banyak sekali pengertian tersebut, sanggup disimpulkan bahwa unsur-unsur yang termasuk dalam pranata sosial yakni sebagai berikut.
a. Pranata sosial merupakan seperangkat norma yang saling berkaitan, saling bergantungan dan saling mempengaruhi

b. Pranata sosial dibentuk, dipertahankan dan diubah untuk memenuhi kebutuhan hidup tertentu

c. Agar relasi di antara warga masyarakat yang membutuhkan dan yang menyediakan pemenuhan kebutuhan tersebut sanggup berjalan dengan tertib

d. Agar relasi mereka dengan warga masyarakat pada umumnya sanggup berjalan dengan baik dan tertib

e. Masyarakat secara keseluruhan berada dalam keadaan tertib

Pranata* dan lembaga*, keduanya sebagaimana diuraikan di atas mempunyai pengertian yang berbeda. Banyak orang salah mengartikan bahwa pranata dan forum yakni identik. Pranata intinya merupakan sistem norma atau aturan-aturan mengenai suatu acara masyarakat yang khusus, sedangkan forum lazim disebut sebagai institute merupakan tubuh atau organisasi yang melakukan acara itu. Dari pengertian tersebut sanggup dengan gampang kita bedakan antara pranata* dan lembaga*. Untuk lebih terperinci memahami perbedaan tersebut, berikut ini akan diperlihatkan tabel yang menguraikan secara gamblang perbedaan antara pranata dan lembaga.

Download

Sumber
Syarbaini, Syahrial dan Fatkhuri. 2016. Teori Sosiologi; Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia. Jakarta.


Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 3. Lembaga Sosial (KTSP)
2. Materi Ujian Nasional Kompetensi Lembaga Sosial
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel