Tindakan Sosial. Tindakan Rasional Berorientasi Nilai

Rasionalitas yang berorientasi nilai, yakni alat-alat yang ada hanya merupakan pertimbangan dan perhitungan yang sadar, sedangkan tujuannya sudah ada dalam hubungannya dengan nilai-nilai individu yang bersifat absolut. Contoh: Beribadah.
Tindakan rasional berorientasi nilai merupakan tindakan sosial yang bersifat rasional dan memperhitungkan kemanfaatan. Kelihatannya berbeda dengan tindakan rasional instrumental, dalam tindakan rasional berorientasi nilai, tujuan tindakan tidak dipersoalkan oleh aktor. Tanpa diperhitungkan terlebih dahulu, kemanfaatan tujuan diputuskan sebagai hal yang baik, benar dan perlu dicapai dalam kehidupan. Persoalan dan perhitungan pemain drama hanyalah ihwal cara pencapaian tujuan. Tindakan ini biasanya berupa tindakan-tindakan sosial yang berkaitan dengan nilai-nilai dasar dalam masyarakat. Contohnya, tindakan beragama. Tujuan beragama dianggap penting dalam kehidupan. Orang pada umumnya tidak mewaspadai arti pentingnya, seberapa besar arti pentingnya atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan sejenis yang intinya mempertanyakan tindakan beragama. Di sini, yang lebih dipertahankan yaitu cara melakukan tindakan beragama. Berdoa sendiri di dalam hati, berdoa bersama, berinfak kepada fakir miskin, menjaga kebersihan, dan sebagainya merupakan beberapa pilihan yang tersedia.

Download


Baca Juga
1. Tindakan Sosial. Tindakan Afektif
2. Tindakan Sosial. Tindakan Tradisional
3. Tindakan Sosial. Tindakan Rasional Instrumental 

Sumber
Syarbaini, Syahrial dan Fatkhuri. 2016. Teori Sosiologi; Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia. Jakarta.


Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel