Tindakan Sosial. Tindakan Rasional Instrumental
Rasionalitas instrumental, yakni tindakan sosial yang didasarkan atas pertimbangan dan pilihan yang sadar yang berafiliasi dengan tujuan tindakan dan ketersediaan alat yang dipergunakan untuk mencapainya. Contoh: kuliah murah alasannya tidak ada biaya.
Tindakan rasional instrumental merupakan tindakan sosial yang dilaksanakan seseorang, yang memperhitungkan kesesuaian antara cara yang dipakai dan tujuan yang akan dicapai melalui tindakannya. Aktor (pelaku) memperhitungkan efisiensi mau pun efektivitas tindakan dari sejumlah pilihan tindakan yang dimilikinya. Contoh, tindakan seorang pengusaha dalam menentukan merek sabun yang diproduksinya untuk pasar dalam negeri, diperhitungkan dengan cermat. Bagaimana gosip dikumpulkannya biar dipakai merek gres atau seolah-olah dengan merek sabun yang telah terkenal? Bagaimana dengan bentuk dan warna sabunnya? Jadi, banyak sekali hal dipertimbangkan biar tujuan tercapai, yakni sabunnya laris di pasaran.
Download
Baca Juga
1. Tindakan Sosial. Tindakan Afektif
2. Tindakan Sosial. Tindakan Tradisional
3. Tindakan Sosial. Tindakan Rasional Berorientasi Nilai
Sumber
Syarbaini, Syahrial dan Fatkhuri. 2016. Teori Sosiologi; Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
Tindakan rasional instrumental merupakan tindakan sosial yang dilaksanakan seseorang, yang memperhitungkan kesesuaian antara cara yang dipakai dan tujuan yang akan dicapai melalui tindakannya. Aktor (pelaku) memperhitungkan efisiensi mau pun efektivitas tindakan dari sejumlah pilihan tindakan yang dimilikinya. Contoh, tindakan seorang pengusaha dalam menentukan merek sabun yang diproduksinya untuk pasar dalam negeri, diperhitungkan dengan cermat. Bagaimana gosip dikumpulkannya biar dipakai merek gres atau seolah-olah dengan merek sabun yang telah terkenal? Bagaimana dengan bentuk dan warna sabunnya? Jadi, banyak sekali hal dipertimbangkan biar tujuan tercapai, yakni sabunnya laris di pasaran.
Download
Baca Juga
1. Tindakan Sosial. Tindakan Afektif
2. Tindakan Sosial. Tindakan Tradisional
3. Tindakan Sosial. Tindakan Rasional Berorientasi Nilai
Sumber
Syarbaini, Syahrial dan Fatkhuri. 2016. Teori Sosiologi; Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial