Soal Pendalaman Pilihan Ganda Bahan Sosiologi Kelas X. Penilaian Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
A. Pilihlah tanggapan yang paling tepat
1. Tokoh yang melihat struktur sosial sebagai sebuah hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan antara peranan-peranan sosial adalah...
A. James Samuel Coleman
B. Soerjono Soekanto
C. William Kornblum
D. George C. Homan
E. Talcott Parsons
2. Pelaku penyimpangan primer mempunyai hubungan jelek terhadap masyarakat sekitarnya. Hal ini ditandai dengan...
A. Penolakan kembalinya pelaku penyimpangan
B. Ketidakmampuan pelaku penyimpangan bergaul kembali dengan masyarakat
C. Masyarakat sekitarnya berupaya melaksanakan pengasingan
D. Adanya cita-cita masyarakat untuk menghilangkan jejak pelaku
E. Tidak adanya halangan untuk kembali ke masyarakat
3. Berikut yang bukan termasuk ciri-ciri masyarakat modern adalah...
A. Menerima perubahan secara kritis
B. Bersifat tertutup terhadap hal-hal baru
C. Menggunakan perencanaan dalam segala hal
D. Berorientasi pada masa sekarang dan masa yang akan datang
E. Peka terhadap masalah-masalah yang terjadi di lingkungannya
4. Perhatikan tingkatan norma berikut
1) Adat istiadat (custom)
2) Kebiasaan (folkways)
3) Cara (usage)
4) Tata kelakuan (mores)
Urutkanlah tingkatan norma tersebut berdasarkan norma yang mempunyai daya ikat yang lemah sampai yang paling kuat
A. 1, 3, 2, 4
B. 2, 4, 3, 1
C. 2, 3, 4, 1
D. 3, 2, 4, 1
E. 4, 2, 1, 3
5. Seseorang bisa berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat dikarenakan telah memahami kiprahnya dan tugas orang lain. Hal tersebut merupakan salah satu referensi dari tahap perkembangan diri insan berdasarkan Mead. Tahapan yang dimaksud adalah...
A. Play stage
B. Game stage
C. Looking-glass self
D. Preparatory stage
E. Generalized others
6. Dalam rangka menanggulangi persoalan banjir pada demam isu penghujan, pemerintah kawasan mengadakan penyuluhan agenda kali bersih. Kegiatan tersebut yaitu bentuk pengendalian sosial yang bersifat...
A. Persuasif
B. Koersif
C. Preventif
D. Represif
E. Antisipatif
7. Dalam melaksanakan penelitian, seorang peneliti harus sanggup memisahkan perasaan pribadi dan fakta supaya sanggup menghasilkan penelitian yang baik. Sikap yang dimaksud dari pernyataan tersebut adalah...
A. Kompeten
B. Subjektif
C. Objektif
D. Faktual
E. Jujur
8. Langkah pertama yang harus dilakukan peneliti dalam memulai penelitian adalah...
A. Studi pendahuluan
B. Memilih pendekatan
C. Merumuskan masalah
D. Merumuskan anggapan dasar
E. Menentukan persoalan yang akan diteliti
9. Seorang peneliti melaksanakan penelitian mengenai perubahan sosial ekonomi masyarakat di sebuah desa. Peneliti itu pun terjun pribadi ke desa tersebut untuk mengetahui citra perihal kehidupan masyarakat di sana sekaligus untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Berdasarkan metodenya, penelitian tersebut termasuk dalam penelitian...
A. Survei
B. Historik
C. Observasi
D. Eksploratif
E. Eksperimen
10. Kuesioner ataupun fatwa wawancara merupakan metode pengumpulan data berisi pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan berdasarkan...
A. Tujuan dan manfaat penelitian
B. Latar belakang masalah
C. Pertanyaan penelitian
D. Landasan teori
E. Hipotesis
11. Seorang peneliti ingin melaksanakan penelitian mengenai efek kompetensi guru terhadap prestasi mencar ilmu siswa di suatu sekolah. Subjek yang akan diteliti yaitu siswa jurusan IPS Kelas X, XI, dan XII. Teknik pengambilan sampel yang cocok dalam penelitian tersebut yaitu sampel...
A. Wilayah
B. Berstrata
C. Kelompok
D. Acak sederhana
E. Proporsi/imbangan
12. Metode pengumpulan data dan warta dari subjek penelitian dengan memakai instrumen berupa angket atau kuesioner disebut...
A. Survei
B. Observasi
C. Wawancara
D. Sampel acak
E. Diskusi terfokus
13. Berikut yang bukan merupakan beberapa kelebihan angket dibandingkan instrumen pengumpulan data lainnya adalah...
A. Isi pertanyaan seragam untuk semua responden
B. Dapat menjangkau responden dalam jumlah banyak
C. Dapat dijawab berdasarkan kesempatan yang dimiliki responden
D. Dapat berkomunikasi pribadi dengan responden sambil bertatap muka
E. Dapat dibentuk anonim (tanpa menyebutkan identitas responden) sehingga responden bebas menjawab
14. Angket yang jawabannya berisi sejumlah alternatif tanggapan (pilihan ganda) dan responden tidak diberi kesempatan menawarkan tanggapan lain merupakan angket dengan...
A. Kombinasi pertanyaan tertutup dan terbuka
B. Pertanyaan semiterbuka
C. Pertanyaan berstruktur
D. Pertanyaan tertutup
E. Pertanyaan terbuka
15. Pewawancara tidak berkomentar jikalau ada ketidaksetujuan terhadap tanggapan yang diutarakan oleh responden. Hal tersebut merupakan sikap yang harus dimiliki oleh pewawancara, yaitu...
A. Adil
B. Sopan
C. Netral
D. Ramah
E. Hindari ketegangan
16. Catatan acak yang dibentuk peneliti setiap kali mengamati sikap luar biasa yang ditampilkan responden termasuk salah satu instrumen observasi, yaitu...
A. Check list
B. Rating scales
C. Anecdotal record
D. Mechanical device
E. Human instrument
17. Kegiatan meneliti atau menilik kembali data yang telah dikumpulkan dari lapangan merupakan acara pengolahan data yang disebut...
A. Revisi
B. Coding
C. Editing
D. Tabulasi
E. Evaluasi
18. Peneliti sama sekali dihentikan memperbaiki atau mengubah kuesioner maupun tanggapan responden karena...
A. Dapat memengaruhi hasil penelitian
B. Hasil penelitian menjadi tidak orisinal
C. Responden akan merasa tidak dihargai
D. Dapat menciptakan kuesioner menjadi tidak valid
E. Peneliti akan melanggar instruksi etik penelitian, yakni kejujuran ilmiah
19. Kegiatan memasukkan data yang diperoleh dari lapangan ke dalam bentuk tabel disebut...
A. Coding
B. Editing
C. Tabulasi
D. Daftar cek (check list)
E. Skala penilaian (rating scale)
20. Perhatikan data nilai ulangan harian sosiologi berikut
Mean data nilai ulangan harian sosiologi di atas, yaitu...
A. 75
B. 80, 6
C. 82, 5
D. 85
E. 87
21. Berikut yang bukan merupakan bab pendahuluan dalam laporan penelitian adalah...
A. Latar belakang masalah
B. Kata pengantar
C. Halaman judul
D. Daftar gambar
E. Daftar tabel
22. Bab yang berisi inti laporan penelitian yang ingin diketahui oleh pembaca, yaitu...
A. Pendahuluan
B. Kerangka teori
C. Metodologi penelitian
D. Pelaksanaan penelitian
E. Hasil penelitian dan pembahasan
23. Bab yang menawarkan citra kepada pembaca mengenai hal yang telah dirintis oleh peneliti lain untuk menawarkan penitikberatan pentingnya permasalahan dan menawarkan petunjuk kepada pembaca untuk sanggup mempelajari persoalan tersebut lebih lanjut merupakan bab dari...
A. Pendahuluan
B. Kerangka teori
C. Metodologi penelitian
D. Pelaksanaan penelitian
E. Hasil penelitian dan pembahasan
24. Diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang yang membahas satu topik yang menjadi perhatian umum dan biasanya menghadirkan beberapa pakar termasuk ke dalam jenis diskusi...
A. Panel
B. Umum
C. Seminar
D. Kelompok
E. Simposium
25. Tugas notulen dalam acara diskusi adalah...
A. Memimpin jalannya diskusi
B. Bertanya kepada penyaji diskusi
C. Menanggapi dan membahas isi laporan
D. Menyampaikan isi laporan yang akan didiskusikan
E. Mencatat pertanyaan, hal-hal penting selama diskusi, dan hasil-hasil diskusi
Kunci Jawaban
Download
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 7. Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 7. Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 6. Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 6. Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
6. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
7. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
8. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
9. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
10. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
Baca Juga
1. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial [Kurikulum 2013]
2. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat [Kurikulum 2013]
Materi Ajar
Semester 2
Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.1 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.2 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Bab 6. Pengolahan dan Analisis Data
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.1 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.2 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Bab 7. Laporan Penelitian
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.1 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.2 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
1. Tokoh yang melihat struktur sosial sebagai sebuah hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan antara peranan-peranan sosial adalah...
A. James Samuel Coleman
B. Soerjono Soekanto
C. William Kornblum
D. George C. Homan
E. Talcott Parsons
2. Pelaku penyimpangan primer mempunyai hubungan jelek terhadap masyarakat sekitarnya. Hal ini ditandai dengan...
A. Penolakan kembalinya pelaku penyimpangan
B. Ketidakmampuan pelaku penyimpangan bergaul kembali dengan masyarakat
C. Masyarakat sekitarnya berupaya melaksanakan pengasingan
D. Adanya cita-cita masyarakat untuk menghilangkan jejak pelaku
E. Tidak adanya halangan untuk kembali ke masyarakat
3. Berikut yang bukan termasuk ciri-ciri masyarakat modern adalah...
A. Menerima perubahan secara kritis
B. Bersifat tertutup terhadap hal-hal baru
C. Menggunakan perencanaan dalam segala hal
D. Berorientasi pada masa sekarang dan masa yang akan datang
E. Peka terhadap masalah-masalah yang terjadi di lingkungannya
4. Perhatikan tingkatan norma berikut
1) Adat istiadat (custom)
2) Kebiasaan (folkways)
3) Cara (usage)
4) Tata kelakuan (mores)
Urutkanlah tingkatan norma tersebut berdasarkan norma yang mempunyai daya ikat yang lemah sampai yang paling kuat
A. 1, 3, 2, 4
B. 2, 4, 3, 1
C. 2, 3, 4, 1
D. 3, 2, 4, 1
E. 4, 2, 1, 3
5. Seseorang bisa berinteraksi dengan orang lain dalam masyarakat dikarenakan telah memahami kiprahnya dan tugas orang lain. Hal tersebut merupakan salah satu referensi dari tahap perkembangan diri insan berdasarkan Mead. Tahapan yang dimaksud adalah...
A. Play stage
B. Game stage
C. Looking-glass self
D. Preparatory stage
E. Generalized others
6. Dalam rangka menanggulangi persoalan banjir pada demam isu penghujan, pemerintah kawasan mengadakan penyuluhan agenda kali bersih. Kegiatan tersebut yaitu bentuk pengendalian sosial yang bersifat...
A. Persuasif
B. Koersif
C. Preventif
D. Represif
E. Antisipatif
7. Dalam melaksanakan penelitian, seorang peneliti harus sanggup memisahkan perasaan pribadi dan fakta supaya sanggup menghasilkan penelitian yang baik. Sikap yang dimaksud dari pernyataan tersebut adalah...
A. Kompeten
B. Subjektif
C. Objektif
D. Faktual
E. Jujur
8. Langkah pertama yang harus dilakukan peneliti dalam memulai penelitian adalah...
A. Studi pendahuluan
B. Memilih pendekatan
C. Merumuskan masalah
D. Merumuskan anggapan dasar
E. Menentukan persoalan yang akan diteliti
9. Seorang peneliti melaksanakan penelitian mengenai perubahan sosial ekonomi masyarakat di sebuah desa. Peneliti itu pun terjun pribadi ke desa tersebut untuk mengetahui citra perihal kehidupan masyarakat di sana sekaligus untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Berdasarkan metodenya, penelitian tersebut termasuk dalam penelitian...
A. Survei
B. Historik
C. Observasi
D. Eksploratif
E. Eksperimen
10. Kuesioner ataupun fatwa wawancara merupakan metode pengumpulan data berisi pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan berdasarkan...
A. Tujuan dan manfaat penelitian
B. Latar belakang masalah
C. Pertanyaan penelitian
D. Landasan teori
E. Hipotesis
11. Seorang peneliti ingin melaksanakan penelitian mengenai efek kompetensi guru terhadap prestasi mencar ilmu siswa di suatu sekolah. Subjek yang akan diteliti yaitu siswa jurusan IPS Kelas X, XI, dan XII. Teknik pengambilan sampel yang cocok dalam penelitian tersebut yaitu sampel...
A. Wilayah
B. Berstrata
C. Kelompok
D. Acak sederhana
E. Proporsi/imbangan
12. Metode pengumpulan data dan warta dari subjek penelitian dengan memakai instrumen berupa angket atau kuesioner disebut...
A. Survei
B. Observasi
C. Wawancara
D. Sampel acak
E. Diskusi terfokus
13. Berikut yang bukan merupakan beberapa kelebihan angket dibandingkan instrumen pengumpulan data lainnya adalah...
A. Isi pertanyaan seragam untuk semua responden
B. Dapat menjangkau responden dalam jumlah banyak
C. Dapat dijawab berdasarkan kesempatan yang dimiliki responden
D. Dapat berkomunikasi pribadi dengan responden sambil bertatap muka
E. Dapat dibentuk anonim (tanpa menyebutkan identitas responden) sehingga responden bebas menjawab
14. Angket yang jawabannya berisi sejumlah alternatif tanggapan (pilihan ganda) dan responden tidak diberi kesempatan menawarkan tanggapan lain merupakan angket dengan...
A. Kombinasi pertanyaan tertutup dan terbuka
B. Pertanyaan semiterbuka
C. Pertanyaan berstruktur
D. Pertanyaan tertutup
E. Pertanyaan terbuka
15. Pewawancara tidak berkomentar jikalau ada ketidaksetujuan terhadap tanggapan yang diutarakan oleh responden. Hal tersebut merupakan sikap yang harus dimiliki oleh pewawancara, yaitu...
A. Adil
B. Sopan
C. Netral
D. Ramah
E. Hindari ketegangan
16. Catatan acak yang dibentuk peneliti setiap kali mengamati sikap luar biasa yang ditampilkan responden termasuk salah satu instrumen observasi, yaitu...
A. Check list
B. Rating scales
C. Anecdotal record
D. Mechanical device
E. Human instrument
17. Kegiatan meneliti atau menilik kembali data yang telah dikumpulkan dari lapangan merupakan acara pengolahan data yang disebut...
A. Revisi
B. Coding
C. Editing
D. Tabulasi
E. Evaluasi
18. Peneliti sama sekali dihentikan memperbaiki atau mengubah kuesioner maupun tanggapan responden karena...
A. Dapat memengaruhi hasil penelitian
B. Hasil penelitian menjadi tidak orisinal
C. Responden akan merasa tidak dihargai
D. Dapat menciptakan kuesioner menjadi tidak valid
E. Peneliti akan melanggar instruksi etik penelitian, yakni kejujuran ilmiah
19. Kegiatan memasukkan data yang diperoleh dari lapangan ke dalam bentuk tabel disebut...
A. Coding
B. Editing
C. Tabulasi
D. Daftar cek (check list)
E. Skala penilaian (rating scale)
20. Perhatikan data nilai ulangan harian sosiologi berikut
Mean data nilai ulangan harian sosiologi di atas, yaitu...
A. 75
B. 80, 6
C. 82, 5
D. 85
E. 87
21. Berikut yang bukan merupakan bab pendahuluan dalam laporan penelitian adalah...
A. Latar belakang masalah
B. Kata pengantar
C. Halaman judul
D. Daftar gambar
E. Daftar tabel
22. Bab yang berisi inti laporan penelitian yang ingin diketahui oleh pembaca, yaitu...
A. Pendahuluan
B. Kerangka teori
C. Metodologi penelitian
D. Pelaksanaan penelitian
E. Hasil penelitian dan pembahasan
23. Bab yang menawarkan citra kepada pembaca mengenai hal yang telah dirintis oleh peneliti lain untuk menawarkan penitikberatan pentingnya permasalahan dan menawarkan petunjuk kepada pembaca untuk sanggup mempelajari persoalan tersebut lebih lanjut merupakan bab dari...
A. Pendahuluan
B. Kerangka teori
C. Metodologi penelitian
D. Pelaksanaan penelitian
E. Hasil penelitian dan pembahasan
24. Diskusi yang dilakukan oleh sekelompok orang yang membahas satu topik yang menjadi perhatian umum dan biasanya menghadirkan beberapa pakar termasuk ke dalam jenis diskusi...
A. Panel
B. Umum
C. Seminar
D. Kelompok
E. Simposium
25. Tugas notulen dalam acara diskusi adalah...
A. Memimpin jalannya diskusi
B. Bertanya kepada penyaji diskusi
C. Menanggapi dan membahas isi laporan
D. Menyampaikan isi laporan yang akan didiskusikan
E. Mencatat pertanyaan, hal-hal penting selama diskusi, dan hasil-hasil diskusi
Kunci Jawaban
Download
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 7. Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 7. Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 6. Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 6. Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
6. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
7. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
8. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
9. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
10. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
Baca Juga
1. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial [Kurikulum 2013]
2. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat [Kurikulum 2013]
Semester 2
Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.1 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.2 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Bab 6. Pengolahan dan Analisis Data
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.1 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 6.2 Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Bab 7. Laporan Penelitian
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.1 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 7.2 Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)