Hasil Mencar Ilmu Berdasarkan Gagne

Dalam mengajar, kita selalu sudah mengetahui tujuan yang harus kita capai dalam mengajarkan suatu pokok bahasan. Untuk itu, kita merumuskan Tujuan Instruksional Khusus, yang didasarkan pada Taksonomi Bloom wacana tujuan-tujuan sikap (Bloom, 1956), yang mencakup tiga domain: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Gagne mengemukakan lima macam hasil belajar, tiga di antaranya bersifat kognitif, satu bersifat afektif, dan satu lagi bersifat psikomotorik.

Penampilan-penampilan yang sanggup diamati sebagai hasil-hasil berguru disebut kemampuan (Gagne, 1988). Menurut Gagne, ada lima kemampuan. Ditinjau dari segi-segi yang dibutuhkan dari suatu pengajaran atau instruksi, kemampuan itu perlu dibedakan alasannya yaitu kemampuan itu memungkinkan banyak sekali macam penampilan insan dan juga alasannya yaitu kondisi-kondisi untuk memperoleh banyak sekali kemampuan itu berbeda.

Sebagai pola misalnya, suatu pelajaran dalam sains sanggup memiliki tujuan umum untuk memperoleh hasil-hasil berguru sebagai: (1) memecahkan masalah-masalah wacana kecepatan, waktu, dan percepatan; (2) menyusun eksperimen untuk menguji secara ilmiah suatu hipotesis; (3) menawarkan nilai-nilai pada kegiatan-kegiatan sains. Kemampuan pertama disebut keterampilan intelektual alasannya yaitu keterampilan itu merupakan penampilan yang ditunjukkan oleh siswa wacana operasi intelektual yang sanggup dilakukannya. Kemampuan kedua mencakup penggunaan strategi kognitif alasannya yaitu siswa perlu memperlihatkan penampilan yang kompleks dalam suatu situasi baru, di mana sedikit diberikan sedikit bimbingan dalam menentukan dan menerapkan hukum dan konsep yang telah dipelajari sebelumnya. Nomor tiga berafiliasi dengan sikap atau mungkin sekumpulan sikap yang sanggup ditunjukkan oleh sikap yang mencerminkan pilihan tindakan terhadap kegiatan-kegiatan sains. Nomor empat pada hasil berguru Gagne ialah informasi verbal, dan yang terakhir keterampilan motorik. Perlu dikemukakan bahwa berdasarkan Gagne urutan antara kelima hasil berguru atau kemampuan ini tidak perlu dipermasalahkan.

Sumber
Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga. Jakarta


Download

Baca Juga

Baca Juga

1. Robert Gagne. Biografi Psikolog
2. Robert Gagne. Keterampilan Intelektual 
3. Robert Gagne. Strategi Kognitif, Informasi Verbal, Sikap, dan Keterampilan Motorik
4. Robert Gagne. Kejadian Belajar
5. Robert Gagne. Kejadian Instruksional

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel