Teori Bruner

Jerome Bruner* menyebarkan teori perkembangan mental, yang mendeskripsikan bahwa terjadinya proses berguru lebih ditentukan oleh cara mengatur bahan pelajaran. Proses berguru terjadi melalui tahap-tahap, yaitu: a) manipulasi objek pribadi (enactive); b) representasi gambar (iconic); c) manipulasi simbol (symbolic). Tahap enaktif yakni acara akseptor didik untuk memahami lingkungan melalui observasi pribadi terhadap realitas.
Tahap ikonik terjadi ketika akseptor didik mengobservasi realitas secara tidak langsung, tetapi melalui sumber sekunder, contohnya melalui gambar-gambar atau tulisan. Tahap simbolik terjadi ketika akseptor didik menciptakan abstraksi berupa teori, penafsiran, analisis terhadap realitas yang telah diamati dan dialami. Contoh aplikasi teori Bruner* dalam proses berguru mengajar adalah:
a. Menentukan tujuan-tujuan instruksional
b. Memilih bahan pelajaran
c. Menentukan topik yang sanggup dipelajari secara induktif oleh akseptor didik
d. Mencari contoh, tugas, ilustrasi, dan sebagainya
e. Mengatur topik-topik pembelajaran mulai dari yang faktual ke abstrak, dari yang sederhana ke kompleks, dari tahap enaktif, ikonik ke simbolik
f. Mengevaluasi proses dan hasil belajar

Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga

Baca Juga
1. Jerome Bruner. Biografi
2. Teori Belajar dari Bruner
3. Jerome Bruner. Empat Tema wacana Pendidikan
4. Jerome Bruner. Model dan Kategori
5. Jerome Bruner. Belajar Sebagai Proses Kognitif
6. Jerome Bruner. Belajar Penemuan

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel