Muddiest Point

Teknik ini merupakan teknik penilaian yang dipakai untuk mengetahui topik yang belum dikuasai penerima didik dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya, atau untuk memantapkan penyampaian warta atau latihan yang belum dikuasai. Teknik ini pada umumnya dilakukan pada tahap simpulan pembelajaran. Prosedur pelaksanaan teknik ini yakni sebagai berikut.

a. Guru memilih umpan balik apa yang akan dilakukan dan mengajukan pertanyaan. Contoh pertanyaan: apa saja hal-hal yang ada dalam pikiran dan belum terjawab pada hari ini?
b. Peserta didik ditugaskan untuk menulis warta penting yang belum dikuasai atau menulis pertanyaan mereka yang belum terjawab pada secarik kertas. Guru memberi batasan lamanya waktu untuk menulis respons.
c. Guru mengumpulkan kertas yang telah ditulis oleh penerima didik dan menilik secara sekilas untuk mengetahui permasalahan penerima didik
d. Guru menugaskan penerima didik untuk mempelajari hal-hal yang masih belum dipahami untuk dibahas pada pertemuan selanjutnya

Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Teknik Inovatif dalam Pembelajaran

Baca Juga

1. Teknik Matriks Perbandingan 
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Belajar Berpasangan 
14. Student Question
15. Teknik Merujuk Gambar
16. Ask the Winner
17. Berpunggungan (Back to Back)
18. Jeopardy
19. Cluster
20. Hot Seat
21. Opini Teman
22. Teknik Brain Borrow
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel