Belajar Berpasangan

Teknik ini dipakai untuk mempersiapkan penerima didik berguru di rumah dan berusaha memahami apa yang telah dipelajarinya di kelas. Masing-masing penerima didik harus menciptakan ringkasan ihwal topik yang diminta guru untuk dipelajari di rumah. Prosedur pembelajaran di kelas yakni sebagai berikut.

a. Guru tetapkan pasangan berguru untuk masing-masing penerima didik
b. Pada setiap kelompok dilakukan penyampaian warta yang telah dipelajari, contohnya penerima didik A membaca ringkasan bahan yang telah dibuatnya di rumah, dan penerima didik B bertanya untuk memahami. Diskusi sanggup dilakukan dengan menawarkan contoh, klarifikasi terperinci lebih rinci, dan sebagainya.
c. Peserta didik berganti tugas sebagai pembicara, yakni B menawarkan klarifikasi pada A dan A bertanya untuk memahami warta yang disampaikan oleh B.

Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan 
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point 
14. Student Question 
15. Teknik Merujuk Gambar
16. Ask the Winner
17. Berpunggungan (Back to Back)
18. Jeopardy
19. Cluster
20. Hot Seat
21. Opini Teman
22. Teknik Brain Borrow
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel