Opini Teman
Teknik ini dilakukan untuk menuntaskan duduk masalah atau pertanyaan divergen, misalnya: bagaimana mengatasi peredaran narkoba di masyarakat? Bagaimana mengatasi kekerasan yang dilakukan oleh masyarakat? Bagaimana mengatasi kekerasan yang dilakukan oleh geng motor? Prosedur pelaksanaan teknik ini ialah sebagai berikut.
a. Guru menjelaskan wacana pentingnya melibatkan orang lain dalam menuntaskan sebuah permasalahan sebab masing-masing individu mempunyai latar belakang dan pengalaman yang berbeda
b. Guru mengajukan pertanyaan yang bersifat divergen atau permasalahan yang perlu diselesaikan
c. Masing-masing akseptor didik menulis pendapat atau opini pada kertas kerjanya mengenai permasalahan yang ditanyakan
d. Peserta didik bergerak berkeliling untuk berdiskusi dengan akseptor didik lainnya dan menulis opini mereka kalau pendapatnya berbeda. Pengumpulan opini dilakukan hingga diperoleh lima opini yang berbeda
e. Masing-masing akseptor didik menentukan pendapatnya yang paling sempurna dengan menuliskan alasannya pada kertas kerjanya
f. Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk memodifikasi pendapatnya dan memberikan kertas kerjanya
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point
14. Belajar Berpasangan
15. Student Question
16. Teknik Merujuk Gambar
17. Ask the Winner
18. Berpunggungan (Back to Back)
19. Jeopardy
20. Cluster
21. Hot Seat
22. Teknik Brain Borrow
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide
a. Guru menjelaskan wacana pentingnya melibatkan orang lain dalam menuntaskan sebuah permasalahan sebab masing-masing individu mempunyai latar belakang dan pengalaman yang berbeda
b. Guru mengajukan pertanyaan yang bersifat divergen atau permasalahan yang perlu diselesaikan
c. Masing-masing akseptor didik menulis pendapat atau opini pada kertas kerjanya mengenai permasalahan yang ditanyakan
d. Peserta didik bergerak berkeliling untuk berdiskusi dengan akseptor didik lainnya dan menulis opini mereka kalau pendapatnya berbeda. Pengumpulan opini dilakukan hingga diperoleh lima opini yang berbeda
e. Masing-masing akseptor didik menentukan pendapatnya yang paling sempurna dengan menuliskan alasannya pada kertas kerjanya
f. Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk memodifikasi pendapatnya dan memberikan kertas kerjanya
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point
14. Belajar Berpasangan
15. Student Question
16. Teknik Merujuk Gambar
17. Ask the Winner
18. Berpunggungan (Back to Back)
19. Jeopardy
20. Cluster
21. Hot Seat
22. Teknik Brain Borrow
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide