Teknik Brain Borrow
Tahapan pelaksanaan teknik ini yakni sebagai berikut.
a. Sebelum pertemuan, tanyakan pada sebagian anggota kelompok untuk berkonsultasi dengan jago pada topik masalah. Peserta didik sanggup melaksanakan hal ini dengan menghubungi orang yang mereka kenal sebagai jago atau mendapat kode dari orang lain. Peserta didik sanggup memakai Google untuk mencari jago atau rujukan tertulis dari saran mereka. Masing-masing penerima didik harus menciptakan catatan tertulis ihwal penyelidikan mereka.
b. Guru membentuk penerima didik menjadi kelompok-kelompok kecil dan meminta mereka untuk membandingkan catatan dengan anggota kelompok lainnya.
c. Guru meminta penerima didik memakai isu yang diperoleh untuk menyarankan ide-ide dan menuliskan inspirasi pada kertas ukuran kartu pos (post card)
d. Guru mengarahkan kelompok untuk menentukan tiga jawaban terbaik dan secara bergiliran melaporkan kekelompok besar atau kelas
e. Semua kelompok mendiskusikan ide-ide mereka sehabis mendengar dan menentukan tiga besar dari mereka
f. Guru menugaskan pada kelompok untuk menentukan respons terbaik, melaporkannya kekelompok besar, dan menentukan yang terbaik dari semua yang dilaporkan
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point
14. Belajar Berpasangan
15. Student Question
16. Teknik Merujuk Gambar
17. Ask the Winner
18. Berpunggungan (Back to Back)
19. Jeopardy
20. Cluster
21. Hot Seat
22. Opini Teman
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide
a. Sebelum pertemuan, tanyakan pada sebagian anggota kelompok untuk berkonsultasi dengan jago pada topik masalah. Peserta didik sanggup melaksanakan hal ini dengan menghubungi orang yang mereka kenal sebagai jago atau mendapat kode dari orang lain. Peserta didik sanggup memakai Google untuk mencari jago atau rujukan tertulis dari saran mereka. Masing-masing penerima didik harus menciptakan catatan tertulis ihwal penyelidikan mereka.
b. Guru membentuk penerima didik menjadi kelompok-kelompok kecil dan meminta mereka untuk membandingkan catatan dengan anggota kelompok lainnya.
c. Guru meminta penerima didik memakai isu yang diperoleh untuk menyarankan ide-ide dan menuliskan inspirasi pada kertas ukuran kartu pos (post card)
d. Guru mengarahkan kelompok untuk menentukan tiga jawaban terbaik dan secara bergiliran melaporkan kekelompok besar atau kelas
e. Semua kelompok mendiskusikan ide-ide mereka sehabis mendengar dan menentukan tiga besar dari mereka
f. Guru menugaskan pada kelompok untuk menentukan respons terbaik, melaporkannya kekelompok besar, dan menentukan yang terbaik dari semua yang dilaporkan
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point
14. Belajar Berpasangan
15. Student Question
16. Teknik Merujuk Gambar
17. Ask the Winner
18. Berpunggungan (Back to Back)
19. Jeopardy
20. Cluster
21. Hot Seat
22. Opini Teman
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide