Soal Sosiologi Pilihan Ganda Evaluasi Selesai Tahun (Pat) Kelas X Tahun 2018-2019

Soal Pilihan Ganda
1. Proses mempelajari nilai sosial oleh individu disebut...
a. Sosialisasi
b. Internalisasi
c. Enkulturasi
d. Akulturasi
e. Asimilasi

2. Menurut Prof. Notonegoro, nilai keindahan (estetika) bersumber pada unsur...
a. Cipta
b. Naluri
c. Kehendak
d. Rasa
e. Kepercayaan

3. Masyarakat yang religius sangat taat melakukan ibadah sesuai dengan anutan agama. Perilaku taat tersebut didasari nilai...
a. Vital
b. Logika
c. Material
d. Estetika
e. Spiritual

4. Perhatikan kejadian di bawah ini.
Pak Bambang paling tak tega jikalau melihat orang lain menderita. Ia tidak pernah segan-segan untuk menawarkan pemberian kepada mereka yang membutuhkan, bahkan tanpa perlu diminta terlebih dahulu. Di lingkungan tempat tinggalnya, ia dikenal sebagai sosok yang gemar memberi dan selalu memperhatikan hal-hal kecil yang mungkin terlupa dari perhatian warga. Memang, sulit mencari sosok yang sanggup menyamainya.
Tindakan Pak Bambang memperlihatkan bahwa ia berhasil menyebarkan nilai... dalam dirinya.
a. Kepedulian
b. Keserasian
c. Intelektual
d. Pengendalian diri
e. Hedonisme


5. Dalam hidupnya, individu berusaha untuk menjadi orang yang bernilai jujur, kaya, sejahtera, dan bertakwa kepada Tuhan. Berdasarkan kenyataan tersebut, sanggup diketahui bahwa nilai berfungsi sebagai...
a. Proses hidup
b. Tujuan hidup
c. Sarana sosial
d. Aturan masyarakat
e. Kontrol sosial

6. Nilai material yaitu segala sesuatu yang...
a. Menyangkut kebutuhan fisik manusia
b. Berguna untuk suatu kegiatan dalam hidup
c. Berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup
d. Berasal dari proses berpikir yang teratur
e. Berasal dari unsur rasa atau estetika manusia

7. Segala sesuatu yang berkhasiat bagi kegiatan insan disebut nilai...
a. Material
b. Vital
c. Kerohanian
d. Kebaikan
e. Kebenaran

8. Pada hakikatnya norma-norma sosial yang berisi tata tertib, aturan permainan, dan petunjuk standar sikap disusun untuk...
a. Menjamin ketertiban relasi antarindividu dalam masyarakat
b. Membentuk kelompok-kelompok yang berbeda-beda
c. Mencegah tindakan-tindakan sosial tradisional
d. Mencegah cita-cita individu atau keluarga yang bersifat kompetitif
e. Mencapai tujuan individu yang beraneka ragam

9. Memberikan atau mendapatkan sesuatu dengan ajun termasuk norma...
a. Kebiasaan
b. Kesopanan
c. Kesusilaan
d. Hukum
e. Kecendrungan

10. Norma kesopanan yaitu peraturan sosial yang mengarah pada hal-hal yang menyangkut...
a. Sesuatu yang dianggap baik dan benar
b. Sesuatu aturan yang mutlak
c. Aturan ihwal sikap yang diulang-ulang
d. Cara bertingkah laris yang wajar
e. Peraturan yang memaksa

11. Contoh tindakan yang menyimpang dari norma kesopanan ialah...
a. Meludah di sembarang tempat
b. Mencuri mangga di kebun tetangga
c. Perkelahian pelajar di sekolah
d. Merampok di pasar
e. Tidak pergi ke tempat ibadah

12. Pelanggaran atas suatu cara ditandai dengan adanya...
a. Sanksi yang berat berdasarkan aturan yang tertulis
b. Sanksi yang dikekalkan oleh sopan santun setempat
c. Adanya pengasingan dari warga masyarakat setempat
d. Sanksi formal dari pemerintah setempat
e. Cemoohan atau usikan dari masyarakat setempat

13. Sanksi atau eksekusi yang paling tegas diterapkan dalam norma...
a. Hukum
b. Kesopanan
c. Agama
d. Kesusilaan
e. Agama dan kesusilaan

14. Sanksi yang diberikan kepada seseorang bertujuan...
a. Agar si pelaku lebih terkenal
b. Untuk meningkatkan gengsi seseorang
c. Agar terjadi perubahan tingkah laku
d. Membuat rasa aib bagi si pelanggar
e. Membuat si pelaku kebal hukum

15. Suatu perbuatan yang diulang-ulang dalam bentuk yang sama sehingga menjadi pola masyarakat disebut...
a. Usage
b. Folksway
c. Adat istiadat
d. Habit
e. Custom

16. Norma yang daya pengikatnya lemah disebut...
a. Folksway
b. Mores
c. Usage
d. Habit
e. Custom

17. Perhatikan hal-hal berikut.
1) Proses belajar
2) Penyesuaian diri
3) Penanaman nilai dan norma
Uraian di atas merupakan aspek yang terkandung dalam proses...
a. Sosialisasi
b. Interaksi sosial
c. Pembudayaan
d. Perubahan sosial
e. Adaptasi

18. Individu banyak mengenal nilai, norma, dan kiprah sosial melalui proses pergaulan atau interaksi dengan masyarakat sekitar. Proses berguru tersebut dalam sosiologi dinamakan...
a. Integrasi
b. Enkulturasi
c. Sosialisasi
d. Konsolidasi
e. Interseksi

19. Sosialisasi primer berlangsung dalam lingkungan...
a. Keluarga
b. Teman bermain
c. Media massa
d. Masyarakat luas
e. Sekolah

20. Bandingkan beberapa pola sosialisasi berikut.
1) Membiasakan anak untuk berdiri pagi hari
2) Membimbing anak dalam mengenal kerabat dekat
3) Menasihati anak supaya tidak terlibat tawuran
4) Membelikan anak buku ilmu pengetahuan sosial
Di antara daftar tersebut yang termasuk sosialisasi primer yaitu nomor...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4

21. Di dalam kelas tidak dibedakan antara siswa yang berlatar belakang agama, suku, dan kelas sosial yang berbeda-beda. Siswa diajarkan bahwa mereka berstatus sama yaitu sebagai pelajar. Dalam hal ini, fungsi sekolah sebagai biro sosialisasi yaitu menyebarkan sikap dan nilai...
a. Disiplin ilmu pengetahuan alam dan sosial
b. Demokrasi dalam masyarakat majemuk
c. Keteraturan hidup di masyarakat
d. Keadilan di bidang ekonomi
e. Kerukunan bertetangga

22. Media massa sebagai biro sosialisasi membawa pengaruh positif dan negatif. Salah satu pengaruh positifnya...
a. Maraknya pergaulan bebas
b. Budaya konsumtif
c. Perilaku agresif
d. Maraknya kekerasan
e. Menambah wawasan


23. Kepribadian bersifat unik, artinya...
a. Mencakup cara orang lain bereaksi
b. Mengacu pada organisasi yang dinamis
c. Merupakan perpaduan kerja antara aspek psikis dan fisik
d. Tidak ada orang yang mempunyai kepribadian identik
e. Menyesuaikan diri dengan kepribadian lingkungan

24. Sistem kekerabatan matrilineal pada suku Minangkabau mempunyai tradisi bahwa warisan jatuh ke anak perempuan. Sedangkan anak pria dididik semoga lebih berdikari dalam memperoleh harta kekayaan, sehingga banyak yang merantau ke kawasan lain. Tradisi tersebut mendorong anak pria untuk menekuni perjuangan kuliner, menjahit atau berdagang. Dari masalah tersebut sanggup disimpulkan bahwa ada relasi antara proses sosialisasi pembentukan kepribadian dengan...
a. Sistem kekerabatan
b. Kebiasaan merantau
c. Kebudayaan masyarakat
d. Ketekunan berusaha
e. Kecakapan hidup

25. Sosialisasi sekunder terjadi melalui agen-agen sebagai berikut...
a. Keluarga, masyarakat, dan sekolah
b. Sekolah, media massa, dan keluarga
c. Teman bermain, sekolah, dan media massa
d. Ayah, ibu, dan anggota kerabat dekat
e. Tetangga, masyarakat, dan keluarga

26. Tahap seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan orang sampaumur dinamakan...
a. Preparatory stage
b. Play stage
c. Game stage
d. Generalized other
e. Labelling

27. Konsep diri seseorang berkembang melalui interaksinya dengan orang lain merupakan teori...
a. Labelling
b. Looking-glass self
c. Generalized stage
d. Preparatory stage
e. Game theori stage

28. Penyimpangan primer yaitu penyimpangan sosial yang...
a. Hanya merugikan diri sendiri
b. Bersifat sementara
c. Terjadi pada masyarakat kelas bawah
d. Melibatkan orang dalam jumlah banyak
e. Dilakukan terus-menerus

29. Semua bentuk pengendalian sosial berisi pencegahan terhadap terjadinya gangguan-gangguan pada keserasian antara kepastian dengan keadilan, disebut pengendalian sosial...
a. Preventif
b. Represif
c. Persuasif
d. Koersif
e. Efektif

30. Yang termasuk pengendalian sosial koersif adalah...
a. Polisi mengingatkan para pemakai jalan raya
b. Guru menegur siswa yang tidak mengerjakan kiprah perorangan
c. Menerapkan denda bagi sopir yang menurunkan penumpang di sembarang jalan
d. Menembakan gas air mata untuk membubarkan para demonstran
e. Menskors siswa yang tidak menggunakan seragam resmi

31. Contoh pengendalian sosial melalui forum resmi...
a. Pengeroyokan copet oleh masyarakat
b. Pembongkaran secara paksa permukiman oleh warga
c. Pembunuhan dukun palsu oleh sekelompok masyarakat
d. Perampasan barang oleh sekelompok perampok
e. Penembakan pelaku kejahatan yang mencoba menyerang polisi

32. Orang yang dihormati dalam masyarakat alasannya yaitu kegiatan dan kecakapannya serta sifat-sifatnya dan merupakan bab pranata sosial yang sanggup mengendalikan sikap menyimpang disebut...
a. Tokoh masyarakat
b. Polisi
c. Hakim
d. Lembaga pendidikan
e. Kepala desa

33. Contoh penyimpangan sebagai hasil proses sosialisasi tidak tepat adalah...
a. Seseorang yang tinggal di tempat pelacuran
b. Perempuan yang suka berpakaian ibarat laki-laki
c. Persaingan yang dilakukan di dalam suatu organisasi
d. Minum minuman keras sampai mabuk di diskotik
e. Penyelundup memberi uang kepada petugas yang korup

34. Dalam suatu masyarakat, terdapat norma bahwa perempuan tidak diperkenankan bekerja di malam hari. Seorang ibu terpaksa bekerja di malam hari demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Hal ini termasuk penyimpangan sosial...
a. Negatif
b. Buruk
c. Kelompok
d. Positif
e. Seksual

35. Lembaga yang berwenang menawarkan hukuman yang tegas dan mengikat bagi seluruh warga negara dalam pengendalian sosial adalah...
a. Pengadilan
b. Hukum
c. Jaksa
d. Hakim
e. Polisi

36. Untuk menanggulangi banjir pada ekspresi dominan penghujan, pemerintah kawasan mulai mengadakan penyuluhan jadwal kali higienis (prokasih). Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara dalam pengendalian sosial yang bersifat...
a. Persuasif
b. Koersif
c. Preventif
d. Represif
e. Antisipatif

37. Seseorang berperilaku menyimpang sehabis masyarakat mencapnya sebagai pelaku penyimpangan. Teori ini disebut...
a. Role theory
b. Status theory
c. Labelling theory
d. Conflict theory
e. Social theory

38. Nano yaitu seorang anak yang baik, sopan, dan patuh pada orang tua. Saat berguru di SMA, ia berteman dengan kelompok berandalan, dan mulai berguru merokok bahkan berkenalan dengan narkoba. Saat ini, Nano menjadi perokok dan pecandu narkoba. Perilaku menyimpang pada masalah tersebut terjadi alasannya yaitu adanya...
a. Kemajuan lingkungan pergaulan
b. Sosialisasi sub kebudayaan menyimpang
c. Keinginan untuk dipuji dan gaya-gayaan
d. Pelampiasan rasa kecewa dan putus asa
e. Dorongan penyimpangan alasannya yaitu broken home

39. Berikut ini yang bukan merupakan preposisi dalam teori diferential association ialah...
a. Perilaku menyimpang merupakan hasil dari proses belajar
b. Perilaku menyimpang dipelajari dalam interaksi
c. Perilaku menyimpang adakalanya diwariskan
d. Proses mempelajari penyimpangan terjadi dalam kelompok yang mempunyai pola-pola menyimpang
e. Bagian utama dari mempelajari sikap menyimpang terjadi di dalam kelompok personal yang intim dan akrab

40. Perhatikan hal-hal di bawah ini.
1) Sifatnya sementara
2) Tidak berulang
Hal tersebut yaitu ciri dari penyimpangan...
a. Primer
b. Sekunder
c. Positif
d. Negatif
e. Seksual


Download
Kunci Jawaban

Baca Juga

Soal Uraian

Materi Sosiologi
Semester 2
Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Soal-Soal Lain
1. Soal Pilihan Ganda
2. Soal Esai
3. Soal Pilihan Ganda. Evaluasi Semester 2
4. Soal Esai. Evaluasi Semester 2

Soal-Soal lain
1. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Pengendalian Sosial Klik di Sini
2. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Penyimpangan Sosial Klik di Sini
3. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Klik di Sini
4. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Nilai dan Norma Sosial Klik di Sini
5. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Pengendalian Sosial Klik di Sini
6. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Perilaku Menyimpang Klik di Sini
7. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Klik di Sini
8. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Nilai dan Norma Sosial Klik di Sini
9. Soal-Soal Sosiologi Kelas X. Kompetensi Penyimpangan dan Pengendalian Sosial Klik di Sini
10. Soal-Soal Sosiologi Kelas X. Kompetensi Nilai dan Norma Sosial Klik di Sini
11. Soal-Soal Sosiologi Kelas X. Kompetensi Sosialisasi Klik di Sini
12. Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas X Bab 6. Pengendalian Sosial Klik di Sini
13. Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas X Bab 5. Perilaku Menyimpang Klik di Sini
14. Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas X Bab 4. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian Klik di Sini
15. Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas X Bab 2. Nilai dan Norma Sosial Klik di Sini

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel