Student Question
Teknik ini efektif dipakai kalau akseptor didik terlebih dahulu ditugaskan mempelajari bahan yang akan dibahas. Prosedur pelaksanaan pembelajaran ialah sebagai berikut.
a. Masing-masing akseptor didik menulis dua atau tiga pertanyaan pada secarik kertas dan menulis namanya pada kertas tersebut. Sebaiknya ada sebuah pertanyaan perihal konsep yang ditulis pada kertas.
b. Guru mengumpulkan kertas pertanyaan yang telah dibentuk dan menentukan pertanyaan mulai dari yang paling sederhana untuk dibacakan. Guru sanggup memanggil akseptor didik yang menulis pertanyaan untuk membaca pertanyaan tersebut.
c. Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan, dan balasan yang paling sempurna ditulis pada bab belakang kertas soal dengan menuliskan nama akseptor didik yang menjawab soal tersebut secara tepat.
d. Guru menentukan pertanyaan selanjutnya yang terkait dengan pertanyaan pertama dan melanjutkan sesi tanya jawab. Demikian seterusnya hingga beberapa konsep penting sanggup dipahami melalui teknik pertanyaan akseptor didik (student question).
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point
14. Belajar Berpasangan
15. Teknik Merujuk Gambar
16. Ask the Winner
17. Berpunggungan (Back to Back)
18. Jeopardy
19. Cluster
20. Hot Seat
21. Opini Teman
22. Teknik Brain Borrow
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide
a. Masing-masing akseptor didik menulis dua atau tiga pertanyaan pada secarik kertas dan menulis namanya pada kertas tersebut. Sebaiknya ada sebuah pertanyaan perihal konsep yang ditulis pada kertas.
b. Guru mengumpulkan kertas pertanyaan yang telah dibentuk dan menentukan pertanyaan mulai dari yang paling sederhana untuk dibacakan. Guru sanggup memanggil akseptor didik yang menulis pertanyaan untuk membaca pertanyaan tersebut.
c. Peserta didik yang lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan, dan balasan yang paling sempurna ditulis pada bab belakang kertas soal dengan menuliskan nama akseptor didik yang menjawab soal tersebut secara tepat.
d. Guru menentukan pertanyaan selanjutnya yang terkait dengan pertanyaan pertama dan melanjutkan sesi tanya jawab. Demikian seterusnya hingga beberapa konsep penting sanggup dipahami melalui teknik pertanyaan akseptor didik (student question).
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point
14. Belajar Berpasangan
15. Teknik Merujuk Gambar
16. Ask the Winner
17. Berpunggungan (Back to Back)
18. Jeopardy
19. Cluster
20. Hot Seat
21. Opini Teman
22. Teknik Brain Borrow
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide