Teknik Catatan Ide
Teknik ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas dengan cara mengumpulkan wangsit sekitar satu ahad sebelum pelajaran. Tahapan pelaksanaan pembelajaran yaitu sebagai berikut.
a. Peserta didik diminta untuk membuatkan wangsit dalam waktu satu ahad atau lebih. Ide perlu ditulis di buku catatan kecil, buku harian, atau memakai media perekam lainnya (seperti perekam suara). Ide yang ditulis harus menunjukkan tantangan. Peserta didik harus menuliskan ide-ide setiap kali berpikir perihal topik yang dipelajari pada buku catatan atau buku harian.
b. Guru membentuk akseptor menjadi kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 4 hingga 7 orang. Anggota kelompok diminta untuk membandingkan catatan mereka. Setiap anggota kelompok melaporkan apa yang dipelajari secara bergantian. Informasi atau wangsit yang sama hanya dicatat sekali saja.
c. Setelah semua wangsit dilaporkan, guru menginstruksikan pada kelompok untuk menentukan tiga wangsit terbaik yang mereka pikirkan dan melaporkan kekelompok besaratau kelas. Guru mengecek apakah semua kelompok telah mendiskusikan wangsit yang mereka laporkan pada kelompok dan menentukan tiga wangsit terbaik dari mereka.
d. Guru meminta kepada kelas untuk mendiskusikan prioritas wangsit yang terbaik dari yang telah dilaporkan dan menciptakan daftar prioritas
e. Guru mengumpulkan semua wangsit untuk kepentingan evaluasi, termasuk yang tidak dipilih dalam diskusi kelompok
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point
14. Belajar Berpasangan
15. Student Question
16. Teknik Merujuk Gambar
17. Ask the Winner
18. Berpunggungan (Back to Back)
19. Jeopardy
20. Cluster
21. Hot Seat
22. Opini Teman
23. Teknik Brain Borrow
24. Teknik Copy Cat
25. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
a. Peserta didik diminta untuk membuatkan wangsit dalam waktu satu ahad atau lebih. Ide perlu ditulis di buku catatan kecil, buku harian, atau memakai media perekam lainnya (seperti perekam suara). Ide yang ditulis harus menunjukkan tantangan. Peserta didik harus menuliskan ide-ide setiap kali berpikir perihal topik yang dipelajari pada buku catatan atau buku harian.
b. Guru membentuk akseptor menjadi kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 4 hingga 7 orang. Anggota kelompok diminta untuk membandingkan catatan mereka. Setiap anggota kelompok melaporkan apa yang dipelajari secara bergantian. Informasi atau wangsit yang sama hanya dicatat sekali saja.
c. Setelah semua wangsit dilaporkan, guru menginstruksikan pada kelompok untuk menentukan tiga wangsit terbaik yang mereka pikirkan dan melaporkan kekelompok besaratau kelas. Guru mengecek apakah semua kelompok telah mendiskusikan wangsit yang mereka laporkan pada kelompok dan menentukan tiga wangsit terbaik dari mereka.
d. Guru meminta kepada kelas untuk mendiskusikan prioritas wangsit yang terbaik dari yang telah dilaporkan dan menciptakan daftar prioritas
e. Guru mengumpulkan semua wangsit untuk kepentingan evaluasi, termasuk yang tidak dipilih dalam diskusi kelompok
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point
14. Belajar Berpasangan
15. Student Question
16. Teknik Merujuk Gambar
17. Ask the Winner
18. Berpunggungan (Back to Back)
19. Jeopardy
20. Cluster
21. Hot Seat
22. Opini Teman
23. Teknik Brain Borrow
24. Teknik Copy Cat
25. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)