Teknik Copy Cat
Teknik ini dipakai untuk melatih penerima didik membuatkan kreativitas menurut pekerjaan orang lain. Peserta didik diperbolehkan menyalin dari orang yang lain, walaupun pekerjaan orang disalin/dikopi mungkin saja salah. Tahapan pelaksanaan teknik ini yakni sebagai berikut.
a. Peserta didik membentuk kelompok-kelompok kecil, meminjam dasar-dasar wangsit kelompok lain, dan menyesuaikannya dengan situasi mereka. Guru mengarahkan penerima didik untuk berpikir wacana siapa yang melaksanakan hal serupa atau menciptakan produk serupa. Guru meminta pada penerima didik untuk menyelidiki apa yang dilakukan orang lain dan mencoba untuk membuatkan wangsit mereka menurut teladan tersebut.
b. Guru menugaskan setiap kelompok untuk memikirkan dongeng atau tragedi yang seakan-akan dengan dilema mereka, menjelaskan secara rinci, dan memakai deskripsi untuk memecahkan dilema kelompok
c. Masing-masing kelompok menuliskan wangsit pada kertas ukuran post card (satu wangsit per lembar kartu) dan menempelkannya pada flip card atau papan tulis untuk dievaluasi
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point
14. Belajar Berpasangan
15. Student Question
16. Teknik Merujuk Gambar
17. Ask the Winner
18. Berpunggungan (Back to Back)
19. Jeopardy
20. Cluster
21. Hot Seat
22. Opini Teman
23. Teknik Brain Borrow
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide
a. Peserta didik membentuk kelompok-kelompok kecil, meminjam dasar-dasar wangsit kelompok lain, dan menyesuaikannya dengan situasi mereka. Guru mengarahkan penerima didik untuk berpikir wacana siapa yang melaksanakan hal serupa atau menciptakan produk serupa. Guru meminta pada penerima didik untuk menyelidiki apa yang dilakukan orang lain dan mencoba untuk membuatkan wangsit mereka menurut teladan tersebut.
b. Guru menugaskan setiap kelompok untuk memikirkan dongeng atau tragedi yang seakan-akan dengan dilema mereka, menjelaskan secara rinci, dan memakai deskripsi untuk memecahkan dilema kelompok
c. Masing-masing kelompok menuliskan wangsit pada kertas ukuran post card (satu wangsit per lembar kartu) dan menempelkannya pada flip card atau papan tulis untuk dievaluasi
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point
14. Belajar Berpasangan
15. Student Question
16. Teknik Merujuk Gambar
17. Ask the Winner
18. Berpunggungan (Back to Back)
19. Jeopardy
20. Cluster
21. Hot Seat
22. Opini Teman
23. Teknik Brain Borrow
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide