Teori Psikologi Perkembangan. Jean Jacques Rousseau

Jean Jacques Rousseau merupakan andal pendidikan beraliran liberal yang menjadi pendorong pembelajaran discovery. Rousseau mulai mengadakan kajian pada 1800 an. Menurut Rousseau, perkembangan anak terbagi menjadi empat tahap, yaitu:

1) Masa bayi/infancy (0-2 tahun)
Usia 0-2 yaitu masa perkembangan fisik. Kecepatan pertumbuhan fisik lebih lebih banyak didominasi dibandingkan perkembangan aspek lain, sehingga anak pada masa ini disebut sebagai hewan yang sehat.

2) Masa anak/childhood (2-12 tahun)
Masa antara 2-12 tahun disebut masa perkembangan sebagai insan primitif. Masih terjadi perkembangan fisik yang pesat, aspek lain sebagai insan juga mulai berkembang, contohnya kemampuan berbicara, berpikir, intelektual, moral, dll.

3) Masa dewasa awal/pubescence (12-15 tahun)
Masa usia 12-15 tahun, disebut masa dewasa awal/pubescence, ditandai dengan perkembangan pesat intelektual dan kemampuan bernalar juga disebut masa bertualang.

4) Masa remaja/adolescence (15-25)
Usia 15-25 tahun disebut masa remaja/adolescence. Pada masa ini terjadi perkembangan pesat aspek seksual, sosial, moral, dan nurani, juga disebut masa hidup sebagai insan beradab.


Download di Sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel