Pasar

Pasar ialah sebuah prosedur di mana para pembeli dan penjual berinteraksi untuk memilih harga dan melaksanakan pertukaran barang dan jasa (Samuelson dan Nordhaus: 2003; 29). Dengan demikian, pada hakikatnya pasar merupakan keseluruhan seruan dan penawaran barang serta jasa.
Walaupun sepintas terlihat menyerupai sebuah kumpulan penjual dan pembeli yang membingungkan dan prosedur yang rumit, namun sistem ini merupakan suatu alat komunikasi untuk menyatukan pengetahuan dan tindakan-tindakan dari jutaan individu yang berbeda untuk proses pemenuhan kebutuhan.

Jika ditinjau dari macam dan jenisnya, pasar sanggup dibedakan berdasarkan.
a. Barang-barang yang diperjualbelikan, sanggup dibedakan menjadi barang konsumsi dan pasar faktor produksi

b. Waktu terjadinya, sanggup dibedakan menjadi pasar harian, pasar mingguan, dan bulanan, untuk pasar tahunan biasanya dilaksanakan dalam bentuk pekan raya

c. Lingkup aktivitasnya, sanggup dibedakan menjadi pasar lokal, nasional, dan internasional

d. Strukturnya, sanggup dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik


Download


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel