Jean Bodin. Teori Negara Berdaulat

Jean Bodin hidup pada tahun 1530-1596, lahir di Anjou, Prancis dari keluarga kelas menengah yang kaya. Pemikiran politik Bodin dibangun di bawah tekanan pengalaman pribadinya. Ia hidup pada masa kontradiksi agama yang sudah usang dan mencapai puncak dikala terjadi pembunuhan St. Barthomew tahun 1572 yang mengakibatkan Prancis berada diambang kehancuran. Untuk itulah ia bergabung dalam kelompok kecil pengacara dalam Politiques yang di dalamnya terdapat tokoh-tokoh ternama, menyerupai Michel de L’Hopital dan Duke Alencon.
Ia merasa sangat prihatin dengan perpecahan itu, sehingga ia menulis Six Books of Commonwealth. Sepuluh edisi karya ini dalam versi bahasa Prancis dan tiga dalam bahasa Latin. Inti teorinya yakni sebagai berikut.
a. Watak dan tujuan negara merupakan hal yang penting untuk diketahui sebelum beralih pada cara mencapai tujuan negara.

“Orang yang tidak memahami tujuan dan tidak sanggup memilih masalahnya dengan benar, tidak sanggup berharap akan menemukan cara-cara untuk meraihnya, sebagaimana orang yang melepaskan ke udara dengan cara serampangan tidak akan mengenai sasaran” (Bodin, 1957).

b. Negara sebagai pemerintahan yang tertata dengan baik dari beberapa keluarga serta kepentingan bersama mereka oleh kekuasaan yang berdaulat. Terdapat empat unsur dalam negara, yaitu tatanan yang benar; keluarga; kekuasaan yang berdaulat; tujuan bersama.

c. Keluarga merupakan unit dasar bagi negara, bukan individu. Keluarga yang serasi gambaran sejati dari commonwealth. Sebagaimana dalam keluarga di mana tunduk pada perintah ayah yakni penting bagi kesejahteraan keluarga, demikian pula patuh pada penguasa yakni penting bagi stabilitas negara.


d. Ayah yang mempunyai kekuasaan penuh dalam keluarga maka dalam penguasa commonwealth harus mempunyai yurisdikasi penuh terhadap warga negaranya. Karena keluarga itu menyerupai bernegara; hanya ada satu penguasa, satu pemimpin, dan satu tuan. Jika beberapa orang mempunyai otoritas, mereka akan merusak tatanan dan menimbulkan tragedi yang terus berlanjut.

e. Elemen yang membedakan negara dari semua bentuk asosiasi insan lainnya yakni kedaulatan. Tidak boleh ada commonwealth yang sejati tanpa kekuasaan yang berdaulat menyatukan semua anggota-anggotanya. Suatu otoritas yang mutlak dan tertinggi yang tidak tunduk pada kekuasaan insan lainnya harus ada dalam forum politik.


Download


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel