Soal Pendalaman Pilihan Ganda Bahan Sosiologi Kelas Xi Potongan 4. Konflik, Kekerasan, Dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)

A. Pilihlah tanggapan yang paling tepat
1. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kekerasan didefinisikan sebagai perbuatan seseorang atau kelompok yang menjadikan cedera dan kerusakan fisik maupun barang orang lain. Namun, pandangan berdasarkan kaum humanis berbeda. Kekerasan berdasarkan kaum humanis adalah...
A. Suatu bentuk mencederai orang lain dengan sengaja dan tanpa belas kasih
B. Tindakan membiarkan atau menjerumuskan seseorang dalam sebuah kekerasan juga merupakan suatu bentuk kekerasan
C. Tindakan membiarkan suatu kelompok mencederai kelompok lain dengan tujuan yang jelas
D. Suatu tindakan yang merugikan orang lain baik dari sisi bahan maupun fisik
E. Aktivitas mencederai orang lain dengan alasan yang jelas

2. Suatu pandangan atau paham yang memperlihatkan sikap berpegang teguh pada hal-hal yang semenjak semula menempel pada diri individu, menyerupai ras, suku, dan agama, merupakan hakikat dari...
A. Etnosentrisme
B. Politik aliran
C. Primordialisme
D. Konsolidasi
E. Keberagaman


3. Todi tiap harinya tidak berguru dengan sungguh-sungguh sehingga saat ujian, ia tidak sanggup mengerjakan dengan benar. Akibatnya, ia tidak lulus ujian. Uraian tersebut menggambarkan konflik...
A. Dengan keluarga
B. Di sekolah
C. Peran sosial
D. Antarkelas
E. Antarteman

4. John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin melihat konflik sebagai kepingan dari proses interaksi sosial insan yang saling berlawanan (oppositional process). Maksud dari pandangan John Lewis Gillin dan John Phillip Gillin adalah...
A. Adanya perasaan primordial yang berpengaruh sehingga memunculkan konflik
B. Konflik akan menghasilkan dampak konkret dan negatif dalam masyarakat
C. Konflik merupakan hal yang masuk akal dalam kehidupan bermasyarakat
D. Konflik yaitu kepingan dari sebuah interaksi sosial yang terjadi sebab adanya perbedaan fisik, kebudayaan, dan perilaku
E. Konflik merupakan suatu bentuk pertahanan dari suatu kelompok minoritas terhadap kelompok mayoritas

5. Fanatisme suku bangsa atau primordialisme yang terlalu berlebihan akan menghasilkan sebuah pandangan subjektif pada pihak lain. Hal tersebut merupakan hakikat dari...
A. Diferensiasi
B. Stratifikasi
C. Etnosentrisme
D. Primordialisme
E. Sektarian

6. Sebagai proses sosial, konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu yang terlibat dalam suatu interaksi. Pada prinsipnya penyebab terjadinya konflik adalah...
A. Adanya pihak-pihak yang sengaja membuat konflik semoga tercapainya suatu tujuan tertentu
B. Apabila seseorang atau sekelompok orang terhalang upayanya dalam mencapai tujuan
C. Apabila kelompok dominan mendiskriminasi kelompok minoritas
D. Adanya kemampuan untuk mengendalikan suatu masyarakat
E. Menciptakan situasi yang diinginkan oleh sekelompok orang

7. Etnosentrisme merupakan pandangan yang lebih bersifat subjektif sebab hanya didasarkan pada...
A. Perasaan dan kebijaksanaan bersama
B. Pemikiran rasional dan pertimbangan
C. Diskriminasi dan ketidakadilan
D. Perasaan dan bukan berdasarkan pemikiran rasional
E. Rasa cinta yang berlebihan terhadap sesuatu

8. Dalam sejarah, tentu kita mengenal adanya politik Apartheid, yaitu masyarakat menganggap bahwa kulit putih lebih tinggi derajatnya daripada masyarakat kulit hitam. Mereka melaksanakan diskriminasi dan segregasi yang berlaku dalam kehidupan. Berdasarkan perkara tersebut, fenomena sosial yang terjadi adalah...
A. Primordialisme
B. Etnosentrisme
C. Rasisme
D. Fasisme
E. Sektarian

9. Keadaan saat sebuah kelompok atau organisasi tertentu dikelilingi oleh sejumlah organisasi masa, baik formal maupun informal dengan tali pengikat antara kelompok dan organisasi ini yaitu ideologi atau pemikiran disebut...
A. Fasisme
B. Politik aliran
C. Primordialisme
D. Rasisme
E. Etnosentrisme

10. Perhatikan dampak-dampak berikut
1) Dapat menjaga keutuhan dan kestabilan budaya
2) Terciptanya keadilan dalam masyarakat
3) Dapat membuat masyarakat yang tertib dan teratur
4) Dapat mempertinggi semangat patriotisme dan kesetiaan kepada bangsa
5) Dapat memperteguh rasa cinta terhadap kebudayaan atau bangsa
Dampak konkret etnosentrisme ditunjukkan nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 1), 4), dan 5)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

11. Berdasarkan bentuknya, Lewis A. Coser membedakan konflik atas dua bentuk, yakni...
A. Realistis dan konflik nonrealistis
B. Suku dan konflik agama
C. Pribadi dan konflik rasial
D. Kelas dan konflik rasial
E. Internasional dan konflik rasial

12. Berikut ini yang bukan bentuk konflik berdasarkan Ralf Dahrendorf adalah...
A. Antara peran-peran sosial
B. Antara satuan nasional
C. Antara kelas-kelas sosial
D. Antara kelompok-kelompok sosial
E. Antara kelompok terorganisir dan tidak terorganisir

13. Konflik dalam masyarakat menjadikan dampak konkret dan negatif. Berikut yang bukan dampak negatif konflik adalah...
A. Kerusakan harta benda
B. Adanya korban yang meninggal
C. Munculnya dominasi kelompok
D. Adanya adaptasi kembali norma-norma
E. Keretakan kekerabatan individu atau kelompok

14. Ketika adanya perselisihan, maka munculnya luapan perasaan benci, amarah, dan cita-cita untuk menghancurkan lawan atau pihak lain. Tindakan tersebut apabila diwujudkan akan menghasilkan...
A. Ketidakadilan
B. Kekerasan
C. Kebencian
D. Dendam
E. Konflik

15. Sebuah konflik yang berasal dari kekecewaan individu atau kelompok terhadap sistem dan tuntutan yang terdapat dalam kekerabatan sosial, merupakan bentuk konflik...
A. Kelas
B. Politik
C. Realistik
D. Golongan
E. Nonrealistik


16. Agresivitas sikap seseorang sanggup menjadikan timbulnya kekerasan, baik yang dilakukan oleh individu maupun kolektif. Berdasarkan hal tersebut, teori wacana kekerasan yang berlaku adalah...
A. Faktor individual
B. Faktor kelompok
C. Dinamika kelompok
D. Kelas sosial
E. Solidaritas

17. Suatu bentuk penyelesaian konflik yang dilakukan apabila kedua belah pihak yang berkonflik setuju untuk mendapatkan atau terpaksa mendapatkan hadirnya pihak ketiga yang akan menawarkan keputusan tertentu untuk menuntaskan konflik disebut...
A. Mediasi
B. Konsiliasi
C. Adjudikasi
D. Arbitrase
E. Konsolidasi

18. Salah satu bentuk pengendalian konflik yang dilakukan dengan menunjuk pihak ketiga sebagai perantara dan pihak ketiga ini akan menawarkan hikmah atau pikiran guna menuntaskan konflik di antara kedua belah pihak disebut...
A. Arbitrase
B. Mediasi
C. Konsiliasi
D. Adjudikasi
E. Konsolidasi

19. Dua pihak yang berkonflik sanggup memutuskan untuk tidak melanjutkan konflik sebab menyadari bahwa konflik tidak akan pernah berakhir. Berdasarkan hal tersebut, dampak konkret dari adanya konflik adalah...
A. Adanya adaptasi kembali norma-norma
B. Konflik memunculkan kompromi baru
C. Jalan dalam mengurangi ketergantungan antarindividu dan kelompok
D. Sebagai sarana untuk mencapai keseimbangan
E. Meningkatkan solidaritas

20. Suatu konflik yang terjadi akhir adanya perbedaan ciri badan, kepentingan, dan kebudayaan, merupakan jenis konflik...
A. Rasial
B. Pribadi
C. Antarkelas
D. Politik
E. Suku
 

Kunci Jawaban
Download

Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5. Integrasi dan Reintegrasi Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5. Integrasi dan Reintegrasi Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)

Baca juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai. Kelas XI. Bab 5. Integrasi dan Reintegrasi Sosial [Kurikulum 2013]
2. Soal Pendalaman Materi Esai. Kelas XI. Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Upaya Penyelesaiannya [Kurikulum 2013]
3. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 5. Integrasi dan Reintegrasi Sosial [Kurikulum 2013]
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 4. Konflik dan Penyelesaiannya [Kurikulum 2013]
5. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI. Evaluasi Semester 2 [Kurikulum 2013]

Materi Ajar
Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.1 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.2 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.3 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel