Metode Peta Pikiran (Mind Mapping)

Mind mapping merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dipakai melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi dengan pemetaan pikiran (mind mapping). Mind map dikembangkan oleh Tony Buzan sebagai cara untuk mendorong penerima didik mencatat hanya dengan memakai kata kunci dan gambar.
Kegiatan ini sebagai upaya yang sanggup mengoptimalkan fungsi otak kiri dan kanan, yang lalu dalam aplikasinya sangat membantu untuk memahami problem dengan cepat dikarenakan telah terpetakan. Hasil mind mapping berupa mind map. Mind map ialah suatu diagram yang dipakai untuk merepresentasikan kata-kata, ide-ide, tugas-tugas, ataupun suatu yang lainnya yang dikatakan dan disusun mengelilingi kata kunci pandangan gres utama.

Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut
a. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai
b. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang memiliki alternatif jawaban
c. Bentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
d. Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif balasan hasil diskusi
e. Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan tulis dan mengelompokan sesuai kebutuhan guru
f. Peserta didik menciptakan peta pikiran atau diagram menurut alternatif balasan yang telah didiskusikan
g. Beberapa penerima didik diberi kesempatan untuk menjelaskan pandangan gres pemetaan konsep berpikirnya
h. Peserta didik diminta menciptakan kesimpulan dan guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan


Pembelajaran memakai peta pikiran sanggup dilakukan dengan taktik pembelajaran kelompok maupun individu. Mata pelajaran yang berpotensi untuk memakai metode mind mapping ialah mata pelajaran yang banyak membutuhkan pemahaman konsep. Contoh-contoh topik yang sanggup dibentuk mind mapping misalnya:
1. Penyebab banjir dan upaya mengatasinya
2. Faktor-faktor yang membentuk perilaku dan huruf manusia
3. Rumus-rumus kimia yang terdapat pada materi makanan
4. Proses terjadinya hujan, dan sebagainya

Berikut pola mind mapp yang dibentuk oleh seorang penerima didik

Peta pikiran berbeda dengan peta konsep (concept map) yang dipakai untuk mempermudah menguasai konsep. Contoh peta konsep yang dibentuk oleh seorang guru ialah sebagai berikut.

Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Baca Juga


Download

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel