Georg Lukacs

Perhatian para sarjana Marxian* awal periode kedua puluh terbatas terutama kepada karya-karya Marx* yang belakangan, yang sebagian besar di bidang ekonomi, seperti Capital (1867/1967)*. Karya awal, khususnya The Economic and Philosopic Manuscript of 1844 (1932/1964)*, sangat dipengaruhi oleh subjektivisme Hegelian*, kebanyakan tidak dikenal oleh para pemikir Marxian. Penemuan kembali Manuscript dan penerbitannya pada 1932 yakni suatu titik balik utama.
Akan tetapi, pada 1920-an Lukacs telah menulis karya utamanya yang menekankan sisi subjektif teori Marxian*. Seperti dikatakan Martin Jay, “History and Class Consciousness dalam beberapa cara yang mendasar sudah mengantisipasi implikasi-implikasi filosofis Manuscript 1844-nya Marx*, meskipun diterbitkan hampir satu dasawarsa lebih awal” (1984:102). Kontribusi utama Lukacs kepada teori Marxian terletak pada karyanya mengenai dua wangsit utama—reifikasi* dan kesadaran kelas*.
 
Download di Sini


Teori 
1. Georg Lukacs. Kesadaran Kelas dan Kesadaran Palsu
2. Georg Lukacs. Reifikasi
 
Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel