Komponen Lembar Kerja
Komponen LK/LT yang dikenal yaitu ‘informasi’/’Konteks Permasalahan’ dan ‘Pertanyaan’/’Perintah’ dengan ciri-ciri sebagai berikut :
• Informasi/Konteks Permasalahan hendaknya ‘menginspirasi’ siswa untuk menjawab/mengerjakan tugas; tidak terlalu sedikit atau kurang terang sehingga siswa ‘tak berdaya’ untuk menjawab/mengerjakan tugas, tetapi juga tidak terlalu banyak sehingga mengurangi ‘ruang kreativitas’ siswa
Informasi sanggup dilengkapi dengan gambar, teks, tabel, atau benda konkret
• Pertanyaan/Perintah hendaknya memicu siswa untuk melaksanakan percobaan, menyelidiki, menemukan, memecahkan dilema dan/atau berimajinasi/mengkreasi.
Usahakan jumlah pertanyaan dibatasi paling banyak 3 buah sehingga LK/LT tidak menyerupai ‘hutan belantara’ yang menjadi beban baca bagi siswa. Sering kita mengajukan banyak pertanyaan padahal ada pertanyaan yang sudah terkandung/’implisit’ dalam pertanyaan lain. Misal, jikalau sudah ada pertanyaan: “Mana berdiri yang paling panjang kelilingnya?” tidak perlu lagi ada pertanyaan: “Mana berdiri yang paling pendek kelilingnya?”
Bila guru mempunyai lebih dari 3 pertanyaan bagus, pertanyaan lebih tersebut hendaknya disimpan dalam pikirannya dan gres diajukan secara ekspresi kepada siswa sebagai perhiasan jikalau diperlukan.
Download di Sini
• Informasi/Konteks Permasalahan hendaknya ‘menginspirasi’ siswa untuk menjawab/mengerjakan tugas; tidak terlalu sedikit atau kurang terang sehingga siswa ‘tak berdaya’ untuk menjawab/mengerjakan tugas, tetapi juga tidak terlalu banyak sehingga mengurangi ‘ruang kreativitas’ siswa
Informasi sanggup dilengkapi dengan gambar, teks, tabel, atau benda konkret
• Pertanyaan/Perintah hendaknya memicu siswa untuk melaksanakan percobaan, menyelidiki, menemukan, memecahkan dilema dan/atau berimajinasi/mengkreasi.
Usahakan jumlah pertanyaan dibatasi paling banyak 3 buah sehingga LK/LT tidak menyerupai ‘hutan belantara’ yang menjadi beban baca bagi siswa. Sering kita mengajukan banyak pertanyaan padahal ada pertanyaan yang sudah terkandung/’implisit’ dalam pertanyaan lain. Misal, jikalau sudah ada pertanyaan: “Mana berdiri yang paling panjang kelilingnya?” tidak perlu lagi ada pertanyaan: “Mana berdiri yang paling pendek kelilingnya?”
Bila guru mempunyai lebih dari 3 pertanyaan bagus, pertanyaan lebih tersebut hendaknya disimpan dalam pikirannya dan gres diajukan secara ekspresi kepada siswa sebagai perhiasan jikalau diperlukan.
Download di Sini