Komponen Lembar Kerja

Komponen LK/LT yang dikenal yaitu ‘informasi’/’Konteks Permasalahan’ dan ‘Pertanyaan’/’Perintah’ dengan ciri-ciri sebagai berikut :

• Informasi/Konteks Permasalahan hendaknya ‘menginspirasi’ siswa untuk menjawab/mengerjakan tugas; tidak terlalu sedikit atau kurang terang sehingga siswa ‘tak berdaya’ untuk menjawab/mengerjakan tugas, tetapi juga tidak terlalu banyak sehingga mengurangi ‘ruang kreativitas’ siswa

Informasi sanggup dilengkapi dengan gambar, teks, tabel, atau benda konkret


• Pertanyaan/Perintah hendaknya memicu siswa untuk melaksanakan percobaan, menyelidiki, menemukan, memecahkan dilema dan/atau berimajinasi/mengkreasi.


Usahakan jumlah pertanyaan dibatasi paling banyak 3 buah sehingga LK/LT tidak menyerupai ‘hutan belantara’ yang menjadi beban baca bagi siswa. Sering kita mengajukan banyak pertanyaan padahal ada pertanyaan yang sudah terkandung/’implisit’ dalam pertanyaan lain. Misal, jikalau sudah ada pertanyaan: “Mana berdiri yang paling panjang kelilingnya?” tidak perlu lagi ada pertanyaan: “Mana berdiri yang paling pendek kelilingnya?”

Bila guru mempunyai lebih dari 3 pertanyaan bagus, pertanyaan lebih tersebut hendaknya disimpan dalam pikirannya dan gres diajukan secara ekspresi kepada siswa sebagai perhiasan jikalau diperlukan.


Download di Sini

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel