Karakteristik Pengelolaan Pembelajaran Efektif

1. Pengelolaan kelas yang bervariasi (klasik, kelompok/berpasangan, dan individual)
• Klasikal : di awal pembelajaran dalam apersepsi, proteksi tujuan, dan penugasan; di bab final dalam perumusan kesimpulan/rangkuman dan proteksi konfirmasi


• Kelompok/berpasangan: untuk kerja kooperatif (misalnya: diskusi pemecahan problem bersama, menyebarkan informasi, peer tutor)


• Individual: dilakukan pada bab inti berupa proteksi kiprah kreatif sesuai potensi individu siswa. Pengelolaan individu juga dilakukan pada proses sesmen pencapaian kompetensi

2. Strategi pembelajaran yang mengaktifkan semua siswa, menumbuhkan kreativitas, berpikir, berbuat, efektif mencapai tujuan, dan menyenangkan (tidak menciptakan anak stres/tertekan)

3. Pemberian kiprah yang bermakna, yaitu:
• Memotivasi dan menantang untuk belajar


• Memberi ruang setiap siswa untuk menggali warta dan menuangkan gagasan sebagai bentuk aktualisasi pemikiran


• Mendorong siswa menghasilkan karya yang bervariasi (siswa berani menampilkan karyanya dalam aneka macam bentuk) sesuai tujuan dan kompetisi yang ditetapkan,
a. Kualitas kiprah sesuai dengan bentuk pengelolaan kelas
b. Siswa difasilitasi untuk bertanggungjawab terhadap pencapaian kompetisi

Alur Pengelolaan Pembelajaran yang Efektif

Baca Juga



Download di Sini

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel