Protagoras. Riwayat Hidup

Protagoras lahir kira-kira pada tahun 485 di kota Abdera di kawasan Thrake. Demokritos ialah sewarga kotanya yang lebih muda. Seringkali ia tiba ke Athena dan di sana ia terhitung pada kalangan sekitar Perikles. Atas undangan Perikles ia mengambil bab dalam mendirikan kota perantauan Thurioi di Italia Selatan pada tahun 444. Pendirian kota itu dimaksudkan Perikles sebagai perjuangan pan-Hellen, berarti seluruh Hellas diperlukan mengambil bab dalamnya. Ada tokoh-tokoh terkemuka yang ikut dalam perjuangan itu, ibarat contohnya Herodotos, Hippodamos, dan Lysias.
Protagoras diminta untuk mengarang undang-undang dasar bagi polis gres itu. Menurut Diogenes Laertios, pada simpulan hidupnya Protagoras dituduh di Athena alasannya ialah kedurhakaann (asebeia) dan bukunya wacana agama dibakar di hadapan umum. Diceritakan pula bahwa Protagoras melarikan diri ke Sisilia, tetapi pada perjalanan ini ia tewas, akhir bahtera layar tenggelam. Tetapi alasannya ialah kesaksian Diogenes Laertios ini tidak sanggup dicocokan dengan data-data lain, kebanyakan sejarawan modern menyangsikan kebenarannya.

Protagoras mengarang sejumlah buku. Hanya beberapa fragmen pendek masih disimpan. Tetapi isi ajarannya sanggup ditetapkan, alasannya ialah gagasan-gagasan Protagoras ramai dipersoalkan di lalu hari. Plato* merupakan sumber yang utama, khususnya kedua dialognya yang berjudul Theaitetos dan Protagoras.


Download di Sini


Baca Juga
1. Protagoras. Ajaran wacana Pengenalan
2. Protagoras. Ajaran wacana Negara
3. Protagoras. Seni Berdebat
4. Protagoras. Ajaran wacana Dewa-Dewa
    
Sumber.
Bertens, K. 1999. Sejarah Filsafat Yunani. Kanisius. Yogyakarta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel