Soal Pendalaman Pilihan Ganda Bahan Sosiologi Kelas X Potongan 5. Pengumpulan Data Dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
A. Pilihlah balasan yang paling tepat
1. Artefak merupakan sumber data yang menunjang penelitian historik. Metode pengumpulan data yang bersumber dari artefak adalah...
A. Observasi
B. Kuesioner
C. Wawancara
D. Studi kepustakaan
E. FGD (Focus Group Discussion)
2. Rina sedang melaksanakan penelitian mengenai janji nikah dini. Jenis pengumpulan data yang sesuai untuk penelitian Rina adalah...
A. Angket
B. Observasi
C. Studi kasus
D. Studi kepustakaan
E. In-depth interview
3. Ketika melaksanakan penelitian, seseorang terkadang menemui kesulitan dalam mendapat data sehingga terpengaruhi untuk memanipulasi data. Untuk menghindari hal tersebut peneliti harus memiliki...
A. Etika penelitian
B. Topik penelitian
C. Metode penelitian
D. Instrumen penelitian
E. Keterbatasan penelitian
4. Seorang peneliti luar negeri tertarik untuk meneliti upacara Ngaben di Bali. Karena prosesi adab Ngaben yang panjang, peneliti tersebut harus mengikutinya dari awal hingga akhir. Hal tersebut termasuk dalam...
A. Kelebihan observasi
B. Kelemahan observasi
C. Kelebihan penelitian sosial
D. Kelemahan penelitian sosial
E. Konsekuensi penelitian sosial
5. Sebelum melaksanakan wawancara, seorang peneliti seharusnya menyadari faktor apa saja yang akan memengaruhi hasil wawancaranya. Berikut yang bukan termasuk faktor-faktor tersebut adalah...
A. Informan
B. Pewawancara
C. Topik penelitian
D. Situasi wawancara
E. Alat perekam wawancara
6. Sikap pewawancara yang tidak menunjukkan komentar terhadap pernyataan informan meskipun dirinya tidak oke adalah...
A. Adil
B. Netral
C. Ramah
D. Terbuka
E. Profesional
Bacalah ilustrasi berikut untuk menjawab soal No. 7, 8, dan 9
Dalam sebuah penelitian mengenai efek rokok terhadap kesehatan, seorang peneliti menemukan beberapa pertanyaan dalam kuesioner yang belum diisi oleh responden. Padahal data yang utuh sangat diharapkan untuk menunjang analisis dalam penelitian ini. Peneliti tersebut menunjukkan kuesioner kepada setiap orang yang dijumpainya di depan sebuah swalayan, sehingga sulit untuk mencari dan menemui kembali respondennya.
7. Terkait dengan masalah tersebut, yang seharusnya dilakukan peneliti sebelum input data dari kuesioner adalah...
A. Pengujian data
B. Klarifikasi data
C. Konsistensi data
D. Pembersihan data
E. Pengumpulan data
8. Sebagai seorang peneliti yang mempunyai etika penelitian, hal yang harus dilakukan saat mengalami masalah ibarat di atas adalah...
A. Mengeliminasi pertanyaan kuesioner yang kosong
B. Mengganti pertanyaan kuesioner yang masih kosong
C. Mengisi sendiri pertanyaan kuesioner yang masih kosong
D. Mencari responden yang sama untuk mengisi pertanyaan kuesioner yang masih kosong
E. Menyuruh responden berbeda untuk mengisi pertanyaan kuesioner yang masih kosong
9. Untuk mengantisipasi kejadian ibarat ilustrasi di atas, dalam kuesioner perlu mencantumkan kolom pertanyaan mengenai...
A. Usia responden
B. Agama responden
C. Pekerjaan responden
D. Pendidikan responden
E. Nomor telepon responden
10. Data yang didapatkan sebatas menggambarkan fenomena sosial yang diteliti dan cenderung kurang bisa menggali warta secara mendalam alasannya yaitu data yang disajikan berupa angka. Hal tersebut merupakan kelemahan dari...
A. Kuesioner
B. Observasi
C. Studi kasus
D. Wawancara
E. Studi kepustakaan
11. Dalam penelitian kualitatif yang baik, data yang dikumpulkan melalui wawancara harus mendalam dan menyeluruh. Namun dalam masalah tertentu, topik yang diangkat peneliti terkadang bersifat sensitif sehingga hal yang harus dilakukan peneliti adalah...
A. Memberikan imbalan/hadiah kepada informan
B. Mengganti informan yang sulit untuk diwawancara
C. Memperhatikan nilai-nilai sosial yang dimiliki oleh informan
D. Mengganti topik penelitian sehingga bisa diterima oleh informan
E. Membangun kedekatan dengan informan sehingga membuat rasa percaya
12. Pengumpulan data primer ibarat survei memerlukan instrumen berupa angket atau kuesioner yang harus benar-benar mewakili apa yang menjadi tujuan penelitian. Hal ini karena...
A. Adanya kesamaan pandangan peneliti terhadap situasi dan kondisi lapangan
B. Perlunya relevansi antara isi pertanyaan dengan topik penelitian
C. Agar seluruh pertanyaan dalam angket gampang dipahami responden
D. Prinsip penelitian yang mengutamakan realita lapangan daripada waktu penelitian
E. Faktor biaya dan kemampuan peneliti yang harus diperhitungkan
13. Winda sedang melaksanakan penelitian mengenai efektivitas penggunaan alat transportasi, dalam kuesioner terdapat kolom jawaban:
1. Mobil
2. Sepeda
3. Motor
4. ... (Tuliskan)
Jenis kuesioner di atas adalah...
A. Terbuka
B. Tertutup
C. Terstruktur
D. Semi terbuka
E. Semi tertutup
14. Sekarang ini penyebaran kuesioner sanggup dilakukan melalui internet. Jenis kuesioner ini bisa disebut dengan e-kuesioner. Kelebihan e-kuesioner tersebut adalah...
A. Bisa menjangkau lebih banyak responden dengan cakupan wilayah yang luas
B. Peneliti bisa mengubah pertanyaan di kuesioner kapan saja
C. Peneliti harus selalu terhubung dengan koneksi internet
D. Bisa melihat konsistensi balasan responden
E. Bisa dibentuk dengan cepat
15. Dalam sebuah observasi partisipasi, peneliti harus tinggal bersama objek penelitiannya. Hal yang harus selalu dilakukan oleh peneliti setiap harinya adalah...
A. Memengaruhi kegiatan objek penelitiannya
B. Menyiapkan literatur untuk penelitiannya
C. Menulis fieldnote atau catatan lapangan
D. Membuat daftar pertanyaan wawancara
E. Membuat skala pengukuran
16. Tahun 2016 ini Indonesia sedang melaksanakan sensus ekonomi, data yang didapat dari sensus tersebut berupa...
A. Studi kepustakaan
B. Kuantitatif
C. Kualitatif
D. Observasi
E. Verbatim
17. Untuk mendapat data yang baik, mendalam, dan komprehensif, dalam sebuah penelitian tidak jarang memakai kuesioner dan wawancara secara bersamaan, hal ini disebut dengan...
A. Mix method
B. Sinergy method
C. Accomplish method
D. Collaborative research
E. Comprehensive method
18. Berikut yang bukan termasuk kriteria observasi yang baik adalah...
A. Pengamatan sanggup dicek dan dikontrol
B. Perencanaan pengamatan yang sistematis
C. Pencatatan hasil pengamatan dengan sistematis
D. Kesesuaian antara pengamatan dan tujuan penelitian
E. Pengamatan harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama
19. Dalam pengumpulan data memakai studi kepustakaan, dibutuhkan ketekunan peneliti untuk mengumpulkan literatur. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah...
A. Penulis atau pengarang buku
B. Jenis kertas yang digunakan
C. Bahasa yang digunakan
D. Ketebalan buku
E. Harga buku
20. Perbedaan antara kuesioner dengan pertanyaan terbuka dan tertutup terletak pada...
A. Fungsi pertanyaan
B. Jumlah pertanyaan
C. Kualitas pertanyaan
D. Kuantitas pertanyaan
E. Pilihan balasan pertanyaan
Kunci Jawaban
Download
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 7. Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 7. Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 6. Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
6. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 6. Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
7. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
8. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
9. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
10. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
Baca Juga
1. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial [Kurikulum 2013]
2. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat [Kurikulum 2013]
Materi Ajar
Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.1 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.2 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
1. Artefak merupakan sumber data yang menunjang penelitian historik. Metode pengumpulan data yang bersumber dari artefak adalah...
A. Observasi
B. Kuesioner
C. Wawancara
D. Studi kepustakaan
E. FGD (Focus Group Discussion)
2. Rina sedang melaksanakan penelitian mengenai janji nikah dini. Jenis pengumpulan data yang sesuai untuk penelitian Rina adalah...
A. Angket
B. Observasi
C. Studi kasus
D. Studi kepustakaan
E. In-depth interview
3. Ketika melaksanakan penelitian, seseorang terkadang menemui kesulitan dalam mendapat data sehingga terpengaruhi untuk memanipulasi data. Untuk menghindari hal tersebut peneliti harus memiliki...
A. Etika penelitian
B. Topik penelitian
C. Metode penelitian
D. Instrumen penelitian
E. Keterbatasan penelitian
4. Seorang peneliti luar negeri tertarik untuk meneliti upacara Ngaben di Bali. Karena prosesi adab Ngaben yang panjang, peneliti tersebut harus mengikutinya dari awal hingga akhir. Hal tersebut termasuk dalam...
A. Kelebihan observasi
B. Kelemahan observasi
C. Kelebihan penelitian sosial
D. Kelemahan penelitian sosial
E. Konsekuensi penelitian sosial
5. Sebelum melaksanakan wawancara, seorang peneliti seharusnya menyadari faktor apa saja yang akan memengaruhi hasil wawancaranya. Berikut yang bukan termasuk faktor-faktor tersebut adalah...
A. Informan
B. Pewawancara
C. Topik penelitian
D. Situasi wawancara
E. Alat perekam wawancara
6. Sikap pewawancara yang tidak menunjukkan komentar terhadap pernyataan informan meskipun dirinya tidak oke adalah...
A. Adil
B. Netral
C. Ramah
D. Terbuka
E. Profesional
Bacalah ilustrasi berikut untuk menjawab soal No. 7, 8, dan 9
Dalam sebuah penelitian mengenai efek rokok terhadap kesehatan, seorang peneliti menemukan beberapa pertanyaan dalam kuesioner yang belum diisi oleh responden. Padahal data yang utuh sangat diharapkan untuk menunjang analisis dalam penelitian ini. Peneliti tersebut menunjukkan kuesioner kepada setiap orang yang dijumpainya di depan sebuah swalayan, sehingga sulit untuk mencari dan menemui kembali respondennya.
7. Terkait dengan masalah tersebut, yang seharusnya dilakukan peneliti sebelum input data dari kuesioner adalah...
A. Pengujian data
B. Klarifikasi data
C. Konsistensi data
D. Pembersihan data
E. Pengumpulan data
8. Sebagai seorang peneliti yang mempunyai etika penelitian, hal yang harus dilakukan saat mengalami masalah ibarat di atas adalah...
A. Mengeliminasi pertanyaan kuesioner yang kosong
B. Mengganti pertanyaan kuesioner yang masih kosong
C. Mengisi sendiri pertanyaan kuesioner yang masih kosong
D. Mencari responden yang sama untuk mengisi pertanyaan kuesioner yang masih kosong
E. Menyuruh responden berbeda untuk mengisi pertanyaan kuesioner yang masih kosong
9. Untuk mengantisipasi kejadian ibarat ilustrasi di atas, dalam kuesioner perlu mencantumkan kolom pertanyaan mengenai...
A. Usia responden
B. Agama responden
C. Pekerjaan responden
D. Pendidikan responden
E. Nomor telepon responden
10. Data yang didapatkan sebatas menggambarkan fenomena sosial yang diteliti dan cenderung kurang bisa menggali warta secara mendalam alasannya yaitu data yang disajikan berupa angka. Hal tersebut merupakan kelemahan dari...
A. Kuesioner
B. Observasi
C. Studi kasus
D. Wawancara
E. Studi kepustakaan
11. Dalam penelitian kualitatif yang baik, data yang dikumpulkan melalui wawancara harus mendalam dan menyeluruh. Namun dalam masalah tertentu, topik yang diangkat peneliti terkadang bersifat sensitif sehingga hal yang harus dilakukan peneliti adalah...
A. Memberikan imbalan/hadiah kepada informan
B. Mengganti informan yang sulit untuk diwawancara
C. Memperhatikan nilai-nilai sosial yang dimiliki oleh informan
D. Mengganti topik penelitian sehingga bisa diterima oleh informan
E. Membangun kedekatan dengan informan sehingga membuat rasa percaya
12. Pengumpulan data primer ibarat survei memerlukan instrumen berupa angket atau kuesioner yang harus benar-benar mewakili apa yang menjadi tujuan penelitian. Hal ini karena...
A. Adanya kesamaan pandangan peneliti terhadap situasi dan kondisi lapangan
B. Perlunya relevansi antara isi pertanyaan dengan topik penelitian
C. Agar seluruh pertanyaan dalam angket gampang dipahami responden
D. Prinsip penelitian yang mengutamakan realita lapangan daripada waktu penelitian
E. Faktor biaya dan kemampuan peneliti yang harus diperhitungkan
13. Winda sedang melaksanakan penelitian mengenai efektivitas penggunaan alat transportasi, dalam kuesioner terdapat kolom jawaban:
1. Mobil
2. Sepeda
3. Motor
4. ... (Tuliskan)
Jenis kuesioner di atas adalah...
A. Terbuka
B. Tertutup
C. Terstruktur
D. Semi terbuka
E. Semi tertutup
14. Sekarang ini penyebaran kuesioner sanggup dilakukan melalui internet. Jenis kuesioner ini bisa disebut dengan e-kuesioner. Kelebihan e-kuesioner tersebut adalah...
A. Bisa menjangkau lebih banyak responden dengan cakupan wilayah yang luas
B. Peneliti bisa mengubah pertanyaan di kuesioner kapan saja
C. Peneliti harus selalu terhubung dengan koneksi internet
D. Bisa melihat konsistensi balasan responden
E. Bisa dibentuk dengan cepat
15. Dalam sebuah observasi partisipasi, peneliti harus tinggal bersama objek penelitiannya. Hal yang harus selalu dilakukan oleh peneliti setiap harinya adalah...
A. Memengaruhi kegiatan objek penelitiannya
B. Menyiapkan literatur untuk penelitiannya
C. Menulis fieldnote atau catatan lapangan
D. Membuat daftar pertanyaan wawancara
E. Membuat skala pengukuran
16. Tahun 2016 ini Indonesia sedang melaksanakan sensus ekonomi, data yang didapat dari sensus tersebut berupa...
A. Studi kepustakaan
B. Kuantitatif
C. Kualitatif
D. Observasi
E. Verbatim
17. Untuk mendapat data yang baik, mendalam, dan komprehensif, dalam sebuah penelitian tidak jarang memakai kuesioner dan wawancara secara bersamaan, hal ini disebut dengan...
A. Mix method
B. Sinergy method
C. Accomplish method
D. Collaborative research
E. Comprehensive method
18. Berikut yang bukan termasuk kriteria observasi yang baik adalah...
A. Pengamatan sanggup dicek dan dikontrol
B. Perencanaan pengamatan yang sistematis
C. Pencatatan hasil pengamatan dengan sistematis
D. Kesesuaian antara pengamatan dan tujuan penelitian
E. Pengamatan harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama
19. Dalam pengumpulan data memakai studi kepustakaan, dibutuhkan ketekunan peneliti untuk mengumpulkan literatur. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah...
A. Penulis atau pengarang buku
B. Jenis kertas yang digunakan
C. Bahasa yang digunakan
D. Ketebalan buku
E. Harga buku
20. Perbedaan antara kuesioner dengan pertanyaan terbuka dan tertutup terletak pada...
A. Fungsi pertanyaan
B. Jumlah pertanyaan
C. Kualitas pertanyaan
D. Kuantitas pertanyaan
E. Pilihan balasan pertanyaan
Kunci Jawaban
Download
Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 7. Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 7. Laporan Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 6. Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
6. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 6. Pengolahan dan Analisis Data (Kurikulum Revisi 2016)
7. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
8. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
9. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
10. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
Baca Juga
1. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X Bab 3. Ragam Gejala Sosial [Kurikulum 2013]
2. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat [Kurikulum 2013]
Materi Ajar
Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.1 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 5.2 Pengumpulan Data dalam Penelitian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)